Hewan Omnivora: Pengertian, Ciri, Contoh Lengkap

By

hewan omnivora lengkap

Klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya terbagi menjadi tiga kelompok yaitu herbivora (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging) dan juga omnivora (pemakan segala). Nah pada kali ini kita akan belajar bersama mengenai hewan omnivora atau hewan pemakan segala.

 

Pengertian Omnivora

Omnivora berasal dari kata omne berarti makanan dan vorera berarti semua, sehingga omnivora dapat diartikan sebagai hewan pemakan segala maksudnya hewan ini dapat memakan berbagai jenis makanan baik tumbuhan maupun daging.

 

 

Ciri – Ciri Hewan Omnivora

Dibawah ini adalah beberapa ciri-ciri yang dimiliki pada hewan golongan omnivora antara lain

  • Dapat makan tumbuhan dan daging
  • Memiliki sistem pencernaan yang kompleks
  • Memiliki gigi tajam pada bagian depan dan gigi datar pada bagian belakang
  • Berkembang biak dapat secara beranak dan bertelur

 

 

Kumpulan Contoh Hewan

Berikut ini adalah contoh – contoh hewan omnivora, antara lain.

 

1. Monyet

hewan-monyet.jpg

Monyet merupakan hewan mamalia berekor panjang yang masuk kedalam golongan omnivora yang dapat makan buah, sayur, hewan kecil dan berbagai makanan lain.

 

2. Orang Utan

hewan-orangutan.jpg

Orang utan atau pongo adalah salah satu mamalia yang terancam kebaradaanya karena sering diburu. Hewan ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan monyet namun berkuran lebih besar dengan bulu yang coklat kemerahan. Sama seperti monyet, orang utan ini termasuk kedalam golongan hewan omnivora karena dapat makan sayur, buah, hewan kecil dan sebagainya.

 

3. Simpanse

hewan-simpanse.jpg

Simpanse sekilas mirip dengan orang utan hanya saja bulunya berwarna hitam pekat, selan itu simpanse ini juga masuk kedalam golongan hewan omnivora dan memakan apa saja yang terdapat pada habitatnya.

Baca Juga : Hewan Vertebrata Lengkap

 

4. Gorila

hewan-gorila.jpg

Hampir serupa dengan hewan primata diatas hanya saja gorila ini memiliki bentuk paling besar dan bisa berdiri layaknya manusia. Dengan bulunya yang hitam pekat dan jumlahnya yang semakin berkurang, hewan ini termasuk kedalam golongan hewan omnivora.

 

5. Ayam

hewan-ayam.jpg

Jenis unggas yang satu ini termasuk kedalam golongan hewan omnivora karena dapat memakan tumbuhan maupun daging berupa serangga. Hewan ini merupakan salah satu hewan peliharaan favorit karena pemeliharaannya yang mudah.

 

6. Babi

hewan-babi.jpg

Hewan khas yang satu ini memiliki warna bulu yang berbeda tergantung jenisnya. Babi atau lham sus ini memiliki ciri khas hidungnya yang bulat besar dengan kecerdasan yang lebih dari kucing dan anjing. Babi juga merupakan hewan omnivora.

 

7. Lumba-lumba

hewan-lumbalumba.jpg

Hewan lumba-lumba ini termasuk kedalam mamalia yang dikenal sebagai hewan paling pintar yang tubuhnya dilengkapi oleh sistem sonar yang digunakan untuk mendeteksi sekitar. Lumba-lumba juga dikenal ramah dengan manusia dan termasuk hewan omnivora.

 

8. Beruang Hitam

hewan-beruang.jpg

Beruang merupakan salah satu hewan buas yang memiliki bergam jenis dengan ukuran besar dan bulu yang menutupi seluruh tubuhnya. Hewan ini biasanya hidup bebas dengan makan yang ada di alamnya sehingga hewan ini termsuk golongan hewan omnivora.

 

9. Musang

hewan-musang.jpg

Musang atau yang lebih dikenal dengan sebagai luwak merupakan hewan yang memiliki bntuk tubuh dan corak menyerupai kucing. Luwak dikenal sebagai pemakan biji kopi namun sebenarnya luwak dapat memakan apa saja yang hidup dan masuk kedalam golongan hewan omnivora.

Baca Juga : Kumpulan Hewan Peliharaan

 

10. Burung Flamingo

hewan-flamingo.jpg

Burung flamingo atau phoenicopterusewan ini merupakan salah satu burung yang sangat cantik dengan berbagai warna bulunya. Hewan ini biasanya hidup secara bergerombol dengan sesamanya dan termasuk kedalam golongan hewan omnivora.

 

Demikian sedikit informasi mengenai Hewan Omnivora. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.


Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *