Mario Andris Suka hal-hal yang berbau jepang, tapi bukan seorang wibu. Hanya penikmat animasi jepang keren.

Ilmu Ekonomi: Pengertian, Konsep Dasar dan Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

4 min read

ilmu ekonomi

Ilmu Ekonomi – Apa si yang dimaksud dengan ilmu ekonomi? Pengertian Ilmu Ekonomi adalah suatu ilmu yang memperdalam  mencerna atau mempelajari mengenai pengelolaan sumber daya, secara perorangan, kelompok, atau negara, dengan tujuan untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan.

Secara bahasa kata “Ekonomi” berasal dari bahasa yunani, “Oikos” yang bermaksud “Keluarga atau rumah tangga” serta “Nomos” yang berarti “Hukum atau tata aturan”. Sehingga dapat disimpulkan dalam bahasa kita bahwa Ekonomi berarti pengelolaan rumah tangga atau tata aturan rumah tangga. Ilmu ekonomi disebut juga sebagai kajian terhadap perbuatan manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Ahli

Sesudah kita mengenal sedikit tentang pengertian ilmu ekonomi secara umum diatas tadi, nah sekarang mimin kasih tau tentang pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli nih, simak baik-baik berikut ini ya.

 

1. Karl Marx

Menurut Karl Marx, ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari hal hal yang di upayakan manusia untuk menyambung hidup dalam sebuah struktur kelas sosial yang ditentukan dalam pemanfaatan sarana produksi.

 

2. John Stuart Mill

Menurut John Stuart Mill, arti dari ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari segala hal tentang penagihan dan pengeluaran.

 

3. Adam Smith

Menurut Adam Smith, pengertian ilmu ekonomi sendiri adalah suatu ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam mengelola sumber daya yang gunanya untuk mencapai tujuan tujuan tertentu dalam hidupnya.

 

4. Jean-Baptise Say

Menurut Jean-Baptise Say, pengertian ilmu ekonomi ialah ilmu yang menjadi cabang dari  kerajinan mengenai segala peraturan yang dapat mengukur kekayaan seseorang.

 

5. Thorstein Veblen

Menurut Torstein Veblen, ilmu ekonomi berarti ilmu yang mempelajari kemampuan manusia dalam menentukan pilihan produksi, distribusi, dan konsumsi sesuai keinginan, selera dan nilai budaya dalam di lingkunganya.

 

6. Mohammad Hatta

Menurut Mohammad Hatta, definisi ilmu ekonomi ialah suatu ilmu yang mempelajari proses-proses teraihnya kesejahteraan dan keadilan sosial di dalam masyarakat.

 

7. Max Weber

Menurut Max Weber, pengertian ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari pembentukan pola tindak sosial dan tindak ekonomi individu yang didasari oleh nilai-nilai yang diyakininya.

 

8. John Maynard Keynes

M. Keynes mengartikan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkatan kemakmuran sebuah negara yang butuh intervensi pemerintah sehingga mencapai suatu keadaan perekonomian tertentu.

 

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Dalam penerapanya, ada beberapa konsep ilmu ekonomi. Berikut adalah penjelasanya:

 

1. Kegiatan Ekonomi

dalam kegiatan ekonomi terdapat tiga aktivitas, yaitu:

  • Produksi, ialah kegiatan yang berkaitan dengan berbagai macam usaha untuk menambah nilai dari barang atau jasa. Kegiatan ini merupakan pengumpulan sumber daya (SDA dan SDM), modal, dan keahlian.
  • konsumsi, aktivitas yang berkaitan dengan penggunaan barang dan jasa. Hal ini ditentukan dengan tingkat dari hasil dan nilai budaya masyarakat.
  • Distribusi, merupakan kegiatan yang berkaitan dengan penyebrangan barang atau jasa yang diolah atau diproduksi.

 

2. Tindakan Ekonomi

Hal ini adalah usaha manusia dalam memilih hal-hal terbaik dan menguntungkan bagi mereka sesuai dengan kemampuan masing masing. Ada dua aspek yang mendasari tindakan ekonomi, yaitu:

  • Tindakan Rasional, merupakan hal yang berkaitan dengan usaha yang dilakukan oleh manusia dalam memilih pilihan terbaik dan menguntungkan serta sesuai dengan kenyataan.
  • Tindakan Irasional, adalah hal yang berkaitan dengan upaya dari manusia untuk menentukan pilihan terbaik dan menguntungkan, hanya saja tidak sesuai dengan kenyataan.

 

3. Motif Ekonomi

Hal ini adalah tujuan atau alasan manusia dalam hal melakukan kegiatan ekonomi. Terdapat dua aspek didalam motif ekonomi, yaitu:

  • Motif Intrinsik, hal ini adalah sebuah alasan atau tujuan yang bersumber dari dalam diri orang itu sendiri untuk melaksanakan kegiatan ekonomi.
  • Motif Ekstinsik, hal ini merupakan alasan atau tujuan yang bersumber dari luar atau orang lain untuk melakukan kegiatan ekonomi.

 

4. Metodologi Ilmu Ekonomi

  • Metode Induksi, merupakan metode yang dilakukan dengan dasar berbagai kejadian ekonomi yang penyusunanya sistematis sehingga dapat memperoleh kesimpulan secara umum.
  • Metode Deduksi, merupakan metode yang dilakukan dengan dasar teori ekonomi yang dipelajari dan dianalisis dengan maksud mendapatkan kesimpulan khusus.

 

Manfaat Ilmu Ekonomi

Yang namanya ilmu pastilah memiliki kegunaan dan tujuanya. Mengacu pada pengertian ilmu ekonomi, kegunaan ilmu ekonomi sangat besar perannya untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh manusia. Dibawah ini adalah beberapa kegunaan dan manfaat ilmu ekonomi bagi manusia:

  1. Memberi masukan didalam pengambilan keputusan terhadap perilaku-perilaku ekonomi
  2. Membantu manusia dalam memahami pola kegiatan ekonomi suatu masyarakat
  3. Membantu memberikan penjelasan tentang keterbatasan dan potensi suatu kebijakan ekonomi
  4. meningkatkan kepekaan manusia dalam menghadapi masalah ekonomi dan global

 

Ruang lingkup Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi yang terdiri dari ekonomi makro dan mikro. Tujuan dari pembagian itu adalah untuk memberikan batasan dan asumsi secara jelas agar ilmu ekonomi dapat dipelajari dengan cara yang mudah.

 

1. Ekonomi Makro (Macroeconomic)

Ekonomi makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang memperdalam atau mempelajari tentang keseluruhan (aggregate) kegiatan ekonomi melalui penggunaan efisien berbagai faktor produksi demi meraih kemakmuran masyarakat secara maksimal.

Lalu inti dari ekonomi makro sendiri adalah penentuan tingkatan kegiatan ekonomi yang cara pengukuranya berdasarkan pendapatan. hal ini yang menjadikan mengapa  makroekonomi dikenal juga sebagai teori pendapatan (income theory).

 

2.Ekonomi Mikro (Microeconomic)

Ekonomi mikro ialah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang aspek individual yang berasal dari suatu aktivitas ekonomi. Ekonomi mikro memakai analisis dari konsumen dan analisis dari produsen dalam suatu pasar. Kemudian inti dari ekonomi mikro ialah penentuan harga. Hal ini yang menjadikan alasan mengapa mikroekonomi dapat disebut juga sebagai teori harga (price theory).

 

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian ilmu ekonomi, konsep dasar, ruang lingkup, dan juga manfaat ilmu ekonomi bagi umat manusia. Semoga dengan adanya artikel ini dan dengan kamu membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan serta wawasan kamu. Semoga bermanfaat.

Mario Andris Suka hal-hal yang berbau jepang, tapi bukan seorang wibu. Hanya penikmat animasi jepang keren.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight