150+ Jenis-Jenis Kucing di Dunia: Lengkap

By

jenis jenis kucing

Kucing, siapa yang tidak mengenal teman manusia yang satu ini. Kucing sudah akrab biasa disebut teman manusia karena hewan peliharaan ini banyak disukai banyak orang. Bahkan populasi kucing di dunia ini terhitung banyak yaitu lebih dari 500 juta ekor di dunia.

Pada kesempatan kali ini, Pintarnesia akan membahas tentang kucing atau lebih tepatnya yaitu tentang jenis – jenis kucing yang ada di dunia. Simak baik – baik ya supaya wawasan kalian semakin bertambah.

Hewan yang masih satu keluarga dengan harimau ini memang banyak yang menyerupai indukan besarnya itu, namun kebanyakan kucing berukuran kecil dan tidak sebanding dengan besarnya harimau.

Kenapa banyak orang menyukai kucing karena memang hewan bernama ilmiah felis silvestris catus ini tergolong hewan yang menggemaskan dan juga hewan yagn cerdas sehingga asik diajak untuk bermian. Keberadaaan kucing di dunia ini terbilang sudah cukup tua yaitu berawal dari 6000 taun lalu sebelum masehi.

Hewan karnivora ini memiliki jenis, ras, karakteristik, perilaku yang berbeda antara jenis satu dengan jenis yang lainnya mengingat juga banyaknya jenis kucing yang ada di dunia serta banyaknya kegiatan persilangan – persilangan gen antara jenis kucing yang satu dengan jenis kucing yang lain guna mendapatkan jenis kucing baru yang diharapkan. Dengan demikian, mari kita pelajari perihal banyaknya jenis kucing yang ada di dunia ini.

 

Jenis Kucing di Dunia

Berikut ini adalah 30 lebih jenis kucing yang terkenal yang ada di dunia, antara lain.

 

1. Kucing Snowshoe

Kucing ini berasal dari Amerika yang rupanya sering muncul dalam film – film Hollywood serta kerap dijadikan tokoh animasi anak. Ciri khas dari kucing ini terletak pada warna bulu tubuhnya yang berwarna gelap namun cakarnya berwarna putih cerah nan bersih.Kucing sepatu salju ini merupakan hasil persilangan antara kucing jenis bulu pendek amerika dan jenis kucing Siamese.

Meskipun sudah dikenal banyak orang di khalayak ramai, namun kucing jenis ini tergolong jenis kucing yang langka karena memiliki naluri alamiah atau sifat gen nya yang amat resesif. Lucunya, kucing ini bisa memiliki warna bulu kebiru – biru an, coklat, bahkan ungu sekaligus dengan disertai tiitk – titik yang menambah kesan menawan pada kucing ini.

Kucing sepatu salju ini termasuk dalam golongan kucing dengan besar yang sedang, karena pada ukuran dewasa kucing ini hanya mencapai kisaran massa 6 kg. Meskipun tergolong kucing yang masih lagnka, namun harga yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan seekor kucing snowshoe dewasa ini tidak terlalu menguras kantong bagi para pecinta dan pengincar snowshoe yaitu hanya berkisar 1 juta – 3 juta.

2. Kucing Bengal

Kucing hutan, ialah sebutan lain dari kucing bengal yang merupakan hasil persilangan dari kucing jenis asian leopard serta kucing american short hair. Kucing bengal ini merupakan kucing langka yang mana hargany a membuat geleng – geleng kepala yaitu berkisar 10 – 40 juta rupiah hanya seekor kucing bengal dewasa.

Namun tidak sedikit paca pecinta kucing yang memburu kucing jenis ini meskipun dengan harga yang bukan main. Pasalnya karakteristik fisik dari blacan ini cukup unik dengan besar dan gagahnya tubuh yang dimiliki serta terlihat berotot yang merupakan hasil turunan dari kucing – kucing terdahulunya yang merupakan kucing liar. Warna bulu tubuhnya ini memiliki keunikan tersendiri seperti macan tutul dengan warna dominan coklat dan disertai bintik – bintik hitam. Karena tergolong kucing besar, kucing bengal ini saat dewasa bisa mencapai 5 kg untuk betina dan 10 kg untuk jantan.

 

3. Kucing Rex Devon

Kucing yang satu ini merupakan kucing yang memiliki bulu yang keriting, pendek serta teksturnya yang sangat lembut. Kucing asal Inggris ini juga kerap memiliki kumis yang pendek dan cenderung keriting sama halnya seperti jenis bulunya. Kucing Rex Devon ini memiliki nama lain yaitu kucing pudel, kucing peri dan juga kucing alien, kenapa demikian ? Karena Rex Devon memiliki keunikan pada telinganya yang berbentuk bulat besar.

 

4. Kucing Lykoi

Kucing serigala, itulah sebutan lain dari kucing lykoi ini karena genetik lykoi mengalami permutasian yang menyebabkan rupanya yang mirip menyerupai serigala. Kucing yang berasal dari Amerika Serikat memiliki karakteristik fisik yang unik karena pada bagian hidung, telinga, mata, dan moncong yang tidak memiliki bulu, di lain sisi, bulu yang menyelimuti sekujur tubuhnya ini hampir menyerupai tupai yang berwarna hitam

pekat. Tidak hanya nama lainnya saja yang terlihat ganas, namun perilaku kucing ini juga menyerupai serigala yang amat lincah dalam mecari mangsa atau berburu.

 

5. Kucing Ragamuffin

Kucing jenis ini merupakan hasil variasi dari keturunan kucing jenis ragdoll, tidak jauh berbeda dari ragdoll rupanya, ragamuffin juga memiliki bulu lebat, lembut, halus, serta panjang. Bedanya dengan ragdoll berada dalam ukuran tubuhnya yang mana ragamuffin ini memiliki ukuran tubuh yang kecil mungil serta imut.

Keimutannya juga ditunjang dengan bulu yang terdapat dalam pipi serta bentuk matanya yang unik menyerupai buah kenari. Informasi mengenai harga, kucing asal Amerika Serikat yang masih balita ini dihargai kurang lebih 15 juta.

 

6. Kucing Himalaya

Kucing hasil keturunan persilangan antara persia dan siam ini berasal dari Amerika Serikat yang memiliki karakteristik menyerupai kucing jenis persia namun dengan pola warna yang menyerupai kucing jenis siam. Kucing ini memiliki mata yang cantik dengan warna biru serta pola warna poin dan jenis mukanya yang datar serta berhidung pesek.

 

8. Kucing Manx

Kucing manx atau kucing rumpi merupakan kucing yang identik dengan ukuran ekornya yang pendek dan terkadang tidak memiliki ekor sekaligus. Hal ini merupakan kelainan yang diakibatkan karena bentuk tulang punggung nya yang tidak seperti kucing pada umumnya. Keunikan lain dari jenis kucing ini terletak pada bentuk kepalanya yang bundar serta dominan memiliki bentuk pipi yang chubby sehingga terlihat menggemaskan. Jenis manx ini banyak dipelihara oleh warga Britania Raya dengan harga yang cukup mahal yaitu kisaran harga 10 – 40 juta.

 

9. Kucing Singapura

Sama halnya seperti namanya, kucing ini berasal dari Singapura yang merupakan kucing dengan kategori bentuk tubuh terkecil di dunia. Mata dan telinganya yang besar serta berekor tumpul dan warna bulu tubuhnya sepia agouti berpola bintik – bintik ini merupakan ciri khusu dri kucing jenis ini.

Kucing jenis ini merupakan hewan yang dibanggakan di negara asalnya yaitu Singapura yang mana mahluk ini dijadikan sebagai maskot pariwisata dan banyaknya patung – patung bentuk kucing jenis ini yang tersebar di tepian sungai daerah setempat.

 

10. Kucing Russian Bluel

Satu – satunya kucing asal Russia dengan warna perak ke abu biruan ini lah yang menyebabkan banyak orang menyukai dan memelihara jenis russian blue ini. Berbanding terbalik dengan warna bulunya, matanya memiliki warna hijau cerah dengan bercak putih diatas matanya. Russian Blue ini memiliki keunikan pada sifat dan perilakunya yang mana merupakan kucing yang raman nan pemalu serta cerdas, rasa ingin taunya besar, namun kucing jenis ini bersifat sensitif.

 

11. Kucing Bali

Dengan namanya yang Bali, bukan berarti kucing ini berasal dari Bali, Indonesia. Namun, pada kenyataanya kucing ini berasal dari Amerika Serikat yang merupakan kucing ras oriental atau kucing dengan bentuk tubuh yang panjang serta langsing. Kucing ini merupakan hasil mutasi genetik dari jenis kucing siam, namun bentuk bulunya yang dominan panjang tidak seperti umunya ras siam.

Kucing jenis ini memiliki jenis yang terbagi menjadi 2 yaitu kucing bali modern dan juga kucing bali tradisional. Yang memberdakan antara kedua jenis tersebut ialah terletak pada ukuran bulunya.

 

12. Kucing Bulu Pendek Britania

Ras kucing terua di dunia ini telat diyakini bahwa telah ada keberadaanya saat terjadinya penjajahan Britania oleh bangsa romawi. Tubuhnya yang gempal serta warna bulunya yang abu ke biruan seperti russian blue, namun bedanya kucing ini berasal dari Inggris. Populasi kucing jenis ini termasuk sedikit di dunia karena memang kucing yang ada terlebih dahulu dibanding jenis kucing lainnya.

 

13. Kucing Chausie

Terlihat tidak berbeda dengan kucing jalanan yang tak terawat, karakteristik jenis kucing yang berasal dari Amerika Serikat ini memang panjang langsing dengan warna bulu coklat dan hita mbertutul yang membuat rupanya tampak biasa saja. Namun kucing ini merupakan hasil persilangan dari kucing domestik dan kucing hutan yang masuk dalam kategori ras hibrida.

Baca Juga : Jenis-Jenis Hewan

 

14. Kucing Munchkin

Permutasian genetiknya lah yang menyebabkan munchkin memiliki ukuran kaki yang pendek, namun hal ini tidak merubah struktur tulang sehingga munchkin tidak tergolong kucing cacat. Munchkin dikategorikan kucing ras kecil karena pada ukuran jantan dewasa, kucing ini hanya mencapai massa tubuh kisaran 3 -4 kg. Jenis kucing ini berasal dari Amerika Serikat yang terkadang berbulu pendek, namun ada juga yang berbulu panjang.

 

15. Kucing Anggora Turki

Sudah terpampang jelas di namanya, anggora turki berasal dari Turki yang memiliki sebutan di daerah setempat yaitu kucing angkara kedisi. Meskipun asalnya jauh dari negara Indonesia, akan tetapi kucing yang masuk ke dalam ras domestik alami ini sangat marak ditemukan di Indonesia.

Karakteristik fisiknya terlihat unik pada bulunya yang lebat serta panjang yang dipercaya merupakan hasil dari pengadaptasian alam di kawasan pegunungan Ankara, Turki, keunikan lainnya meliputi bentuk hidungnya yang mancung serta kepala berbentuk segitiga dengan dagu dan moncong yang runcingn serta tubuh yang asalinya ramping.

 

16. Kucing Persia

Kucing dengan wajah yang datar serta bulat dan memiliki moncong yang pendek ini berasal dari Iran ( Persia ). Karakteristik kucing persia pada umunya yaitu memiliki postur tubuh yang gemuk besar serta mempunyai hidung yang pesek.

Awalnya kucing jenis persia ini dominan dengan warna perak cerah ataupun perak cerah, namun seiring berjalannya waktu, banyak paca pecinta kucing yang menyilangkannya dengan kucing jenis lain sehingga saat ini kucing jenis persia ini sudah memiliki banyak warna yang bervariasi.

 

17. Kucing Toyger

Ras bengal dan ras kucing domestik merupakan jenis kucing yang dimutasikan genetiknya dengan hasil kucing jenis toyger. Seperti kata hasil penyelewengan dari tiger, kucing ini juga hampir sama persis dengan harimau, hanya saja dengan versi bentuk tubuh yang kecil dan sifatnya yang bertolak belakang dengan tiger yang ganas, toyger justru sangat friendly sehingga asik jika diajak bermain.

Selain friendly sifat lain dari toyger adalah ramah, interaktif, serta jenis kucing yang cerdas. Bentuk bulu tubuhnya bercorak belang tidak jauh berbeda dengan harimau dengan panjang bulu yang dominan pendek.

 

18. Kucing Sphynx

Berawal dengan nama Canadian Hairless yang saat ini berubah menjadi sphynx merupakan jenis kucing yang tidak memiliki bulu, sebenarnya pada tubuhnya terdapat bulu namun dengan kuantitas yang sangat sedikit dan juga pendek yang membuat kucing jenis ini terlihat seperti tak berbulu, itulah sebab mengapa nama awal dari kucing ini terdapat kata hairless. Bulu pendek sphynx ini dapat jelas terliat pada bagian telinga, kaki, ekor, serta organ kelamin.

Daerah asal kucing botak adalah Kanada,, namun populasinya banyak ditemui di daerah Meksiko, Maroko, Perancis, Australia, Rusia serta Amerika Serikat. Tubuh yang tidak berbulu ini menjadi ciri khas khusus yang membedakan antara jenis sphnx dengan jenis lainnya.

 

19. Kucing Rex Cornish

Berbeda ddengan kucing pada umumnya, rex cornish ini memiliki bulu yang keriting dan memiliki bentuk tubuh kurus panjang hampir sama dengan jenis rex devon. Warna bulu rex cornish ini kebanyakan merupakan warna – warna solid meliputi hitam, coklat, putih, jingga, krem seperti warna kucing pada umumnya. Bulu keritinya tidak menyebabkan alergikarena alergen yang dihasilkan oleh tubuh kucing ini terbilang sedikit bila dibandingkan dengan bulu jenis kucing yang lainnya.

 

20. Kucing Siam

Berasal dari Thailand, meezer atau kucing siam ini merupakan suatu jenis kucing yang berjenis oeriental. Karatkeristiknya yang lucu membuat kucing ini banyak ditemui di seluruh dunia. Tubuhnya yang ramping dengan kaki ekor yang panjang serta warna mata kebiruan ini lah yang menyebabkan jenis siam mudah di kenali oleh sebagian masyarakat di dunia.

Bulu siam pun memiliki keunikan tersendiri yang mana warnanya putih dengan corak warna lain pada bagian muka, telinga, kaki serta ekornya. Massa tubuh dari kucing siam ini tidak terlalu gempal yang hanya mencapai titik 4 -7 untuk siam jantan dan berkisar 5 kg untuk siam betina. Jenis siam juga terbagi menjadi 3 yaitu siam tradisional, siam klasik, serta siam modern. Bedanya terletak pada bentuk tubuh dan juga warna bulunya yang mana lebih pekat atau lebih cerah.

 

21. Kucing Nebelung

Satu lagi jenis kucing yang terbilang langka ini bernama nebelung yang berasal dri Amerika Serikat. Nama nebelung sendiri diambil dari kata ‘nebel’ yang berasal dari Jerman dan memiliki arti kabut. Karakteristik tubuhnya hampir memiliki persamaan dengan jenis russian blue yang warna bulunya perak ke abu biru an. Ia memiliki ukuran ekor yang panjang serta mata yang besar bulat.

 

22. Kucing Telinga Lipat Skotlandia

Memiliki bentuk wajah yang mirip dengan burung hantu ini lah yang menjadikan keunikan tersendiri dari jenis telinga lipat skotlandia, telinganya yang melipat juga menambah kesan akan kemiripannya tersebut. Meskipun demikian, genetik kucing jenis ini belum bisa dipastikan dan diakui karena gen nya masih mengalami kelabilan. Asalnya ialah Skotlandia, mata dan kepalanya yang bulat, kaki leher yang pendek, serta hidung yang pesek merupakan karakteristik fisik yang lain selain dari bentuk wajah.

 

23. Kucing Laperm

Kucing jenis laperm sebenarnya masuk dalam ktegori jenis rex, namun karena sifat genetiknya yang unik serta beda dari kebanyakan kucing jenis rex, maka laperm tidak tergolong jenis rex. Salah satu yang kucing dari Amerika Serikat ini dominan dengan bentuk bulunya yang keriting kusut, namun masih terlihat menggemaskan.

Meskipun memiliki bulu yang terkesan anggun, namun tubuhnya ini kekar berotot serta tergolong jenis kucing dengan ukuran besar karena bentuk tubuhnya lebih besar dari pada kucing lain pada umumnya. Tidak terpaku pada satu ukuran, jenis laperm ini bisa memiliki bulu yang panjang serta ada pula jenis laperm yang memiliki bulu pendek.

Bulu yang terdapat pada beberapa bagian seperti perut, sekitar telinga, dan leher ini memiliki tingkat ketebalan yang berbeda dengan bagian tubuh lain yang mana pada bagian itu bulunya akan lebih tebal. Sifatnya yang cerdas serta aktif ini lah yang menjadi penunjang utama kenapa kucing laperm banyak dipelihara oleh sebagian orang.

 

24. Kucing Telinga Ikal Amerika

Kucing American curl yang berasal dari California, Amerika ini merupakan jenis kucing yang mengalami mutasi alami dan sesuai namanya keunikan atau ciri khas kucing jenis ini memiliki telinga yang ikal atau telinga yang melengkung. Awalnya, kucing ini hanya boleh dipelihara dan hanya bisa ditemukan di beberapa negara yang ada di Eropa, namun seiring berjalannya waktu, kucing telinga ikal amerika ini sudah bisa ditemui di banyak egara di dunia ini tidak hanya negara – negara kawasan Eropa.

Karena telingnya yang ikal, tulang telinga kucing ini rentan patah, maka dari itu kita harus sangat berhari – hati jika sedang bermain dengan kucing jenis yang satu ini. Anehnya, saat baru terlahir, telinga kucing ini lurus, namun setelah beberapa hari hidup, telinganya lambat laun melengkung.

 

25. Kucing Sabana

Jenis kucing yang dinobatkan sebagai kucing terpanjang di dunia ini memiliki tampilan fisik yang terlihat buas, namun tampilannya tersebut tidak menjadi patokan khusus bagaimana sifat kucing sabana. Nyatanya sifatnya yang ramah, cerdas, serta friendly ini sangat bertolak belakang dengan tampiln karakteristik fisiknya.

Berasal dari Amerika Serikat dan merupakan jenis kucing dari persilangan banyak jenis kucing dari kucing liar serval dan kucing domesti seperti ras siam, mau mesir, dan juga bengal. Untuk anda yang hendak memelihara kucing jenis ini, siapkanlah kantong yang tebal terlebih dahulu karena harga dari kucing ini terbilang tidak murah yaitu berkisar antara 126 – 343 juta rupiah.

 

26. Kucing Hutan Norwegia

Meskipun bernama kucing hutan, namun kucing ini tidak liar dan ganas. Bulunya yang menggemaskan justru menjadi ciri khas dari kucing jenis ini. Uniknya bulu dari kucing ini dapat memanjang saat musim dingin, serta merontok saat musim semi. Tubuhnya yang gempal serta cakarnya yang kuat ini lah yang menjadikan kucing hutan norwegia lihai dalam memanjat pohon. Kucing yang berasal dari norwegia ini memiliki harga kisaran 77 hingga 111 juta rupiah.

Baca Juga : 7+ Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

 

27. Kucing Maine Coon

Kucing asal Amerika Serikat yang keberadaannya paling tua daripada jenis kucing asal Amerika Seikat lainnya ini merupakan suatu jenis kucing terbesar hingga tinggi yang mencapai kurang lebih 1 meter. Ekor serta bulunya yang menyerupai rakut membuat banyak masyarakat yang percaya bahwa maine coon ini merupakan hasil persilangan antara ucing setengah liat dengan rakun.

Sesuai dengan gempal tubuhnya dan juga tinggi adannya, maine coon merupakan jenis kucing yang kuat serta berotot. Karakteristik lainnya eliputi wajahnya yang lebar, matanya yang berukuran besar, menonjolnya tulang pipi, idung yang besar nan melengkung, serta telinganya yang lebar dengan ujung yang lancip.

 

28. Kucing Ragdoll

Awalnya, kucing ini dikembangkan oleh Ann Baker di Amerika Serikat, Ann Baker ini adalah peternak kucing persia yang menggagas penyilangan jenis hingga menghasilkan ragdoll ini. Ciri fisiknya terletak pada panggul serta dada yang lebar. Ragdoll ini merupakan genetik dasil persilangan antara persia, birman, serta burmese.

 

29. Kucing Abisinia

Terglong kucing dengan bulu yang pendek, abisinia merupakan jenis tertua dari golongan tersebut. Asalnya dari Samudra Hindia Mesir yang pada awalny bangsa Mesir melarang keras perdagangan kucing jenis ini.

Tidak hanya itu, kucing ini sangat dilindungi oleh bangsa mesir yang sempat dibawa ke Inggris guna melindungi ladang gandum dari tikus – tikus yang ganas dan banyaknya ditemukan mumi abisinia di permakaman bangsa romawi yang dipercaya bahwa matinya kucing ini juga dihormati hingga dimakamkan layaknya manusia.

Baca Juga : 40+ Hewan Peliharaan

 

30. Kucing Birman

Berasal dari Perancis dengan ukuran tubuh yang terbilang karena massa tubuhnya hanya mencapai 4 -6 kg ini merupakan kucing yang mempunyai hubungan dengan legenganda kuil lao – tsun yang terletak di Birma yang mana banyak masyarakat setempat bahwa ada pendeka yang menemani kucing ini saat kematiannya. Matanya berwarna biru serta bulu tubuhnya yang berwarna putih keemasan ini membuat daya pikat dari kucing ini sangat kuat dan menawan.

 

31. Kucing Chartreux

Sama dengan Birma, kucing ini juga berasal dari Perancis yang karakteristiknya hampir memiliki kesamaan dengn kucing jenis bulu pendek britania raya. Tubuhnya yang besar namun bulunya yang tipis ini membuat kucing ini mempunya bobot tubuh yang lumayan.

Kelihaiannya dalam memburu chartreux sudah tidak bisa diragukan lagi karena memang sifat nalurinya yang sedikit ganas serta temperamental, namun jangan takut, karena chartreux ini tidak memiliki sifat agresif. Karakteristik tubuhnya yaitu matanya yang mempunyai bentuk oval dengan warna unik yaitu tembaga serta rahang kepalanganya yang tidak sama dengan kucing lain pada umumnya yang memberikan kesan bahwa chartreux selalu tersenyum.

 

Ternyata banyak ya jenis kucing yang dapat kita temui di dunia ini, jenisnya juga sangat beragam mulai dari yang langsing dan juga yang gemuk gempal menggemaskan. Jika ingin memelihara kucing, semua jenis kucing diatas masih dapat kita temui di dunia ini dengan harga yang berbeda sesuai dengan tingkat populasinya di dunia ini.

Sekian yang dapat Pintarnesia sampaikan, semoga wawasan kalian semakin bertambah ya! Bila terdapat kesalahan kata mohon dimaafkan dan dimaklumi.

Wiwit Febriandari Penyuka desain dan kreasi visual, selamat membaca artikel saya ya :)
Baca Lainya Tastynesia:
  1. Nastar Gulung
  2. Nastar Keranjang
  3. Nastar Nanas
  4. Nastar Keju
  5. Opor Ayam Tanpa Santan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *