Jenis Penelitian

Penelitian merupakan kegiatan pengumpulan data untuk kemudian data tersebut diolah dan dianalisis dan selanjutnya data yang telah melewati beberapa proses tersebut disajikan. Penelitian dilakukan untuk memecahkan suatu teori.

Penelitian yang dapat dilakukan memiliki jenis yang cukup banyak dengan berbagai metode yang dapat digunakan. Untuk mengetahui penelitian apa saja, dibawah ini terdapat jenis-jenis penelitian antara lain.

  1. Jenis-Jenis Penelitian
    1. a. Berdasarkan Tujuannya
    2. b. Berdasarkan Jenis Data dan Analisisnya
    3. c. Berdasarkan Metodenya
    4. d. Berdasarkan Tingkat Eksplanasinya

Jenis-Jenis Penelitian

Dibawah ini terdapat jenis-jenis penelitian yang masing-masingnya dikelompokkan berdasarkan ketegori tersendiri antara lain.

a. Berdasarkan Tujuannya

Jenis Penelitian Berdasarkan Tujuan
Jenis Penelitian Berdasarkan Tujuan

Jenis penelitian berdasarkan tujuannya dibagi menjadi dua yaitu

1. Penelitian Murni

Penelitian murni atau penelitian dasar merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan pengetahuan ilmiah dan bisa juga untuk menemukan sesuatu yang baru tanpa adanya tujuan untuk memecahkan suatu teori. Biasanya hasil dari penelitian murni ini tetap akan berlaku bahkan dalam jangka waktu yang lama.

2. Penelitian Terapan

Penelitian terapan merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengambangkan pengetahuan ilmiah dengan adanya suatu tujuan sehingga hasil penelitian akan dapat langsung digunakan secara praktis.

Baca Juga : Contoh Proposal Penelitian

b. Berdasarkan Jenis Data dan Analisisnya

Jenis Penelitian Berdasarkan Jenis Data
Jenis Penelitian Berdasarkan Jenis Data

Jenis penelitian berdasarkan jenis data dan analisisnya dibagi menjadi dua yaitu

1. Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan data kualitatif seperti kata, kalimat, pernyataan, skema, gambar, indeks dan pendapat reponden namun tidak termasuk angka.

Baca Juga : Metode Penelitian Kualitatif

2. Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang menggunakan data kuantitatif berupa angka maupun data diskrit (nominal) dan data kontinum yang dapat dikonversikan menjadi angka baik angka biasa maupun konversi data yang berupa angka seperti amat baik=10, baik=7, kurang=4 dan sebagainya.

c. Berdasarkan Metodenya

Jenis Penelitian Berdasarkan Metode
Jenis Penelitian Berdasarkan Metode

Jenis penelitian berdasarkan metodenya dibagi menjadi sepuluh yaitu

1. Penelitian Survei

Penelitian survei merupakan penelitian yang dilakukan untuk meneliti suatu populasi dengan sumber data berupa sampel yang diambil dari populasi yang diteliti tersebut untuk merumuskan keseluruhan populasi penelitian. Sampel yang diambil dari populasi ini merupakan hal yang sangat penting karena merupakan generalisasi dan penentu kesimpulan populasi yang diteliti

2. Penelitian Historis

Penelitian historis atau penelitian sejarah merupakan penelitian yang dilakukan pada peristiwa yang telah berlalu dengan cara analisis yang berfokus pada pemahaman, penyelidikan dan penjelasan keadaan yang telah terjadi untuk merumuskan kesimpulan sebab-akibat, dampak ataupun perkembangan lebih lanjut dari kejadian yang telah terjadi tersebut untuk menjelaskan kejadian serupa yang terjadi saat ini maupun sebagai antisipasi yang akan datang.

3. Penelitian Eksperimen

Penelitian eksperimen merupakan penelitian yang dilakukan untuk mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain dalam kontrol yang ketat dengan cara mengisolasi masing-masing situasi untuk selanjutnya diamati dengan empat metodenya yaitu pre experimental, true experimental, factorical ataupun quai experimental.

4. Penelitian Evaluasi

Penelitian evaluasi merupakan penelitian yang dilakukan untuk menjelaskan suatu hal agar dapat dievaluasi dengan masukan, saran, kritik maupun yang lainnya untuk mendukung kesimpulan yang akan diambil.

5. Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dilakukan untuk merumuskan deskripsi yang akurat, faktual dan sistematis mengenai sifat suatu populasi atau daerah dengan mendeskripsikan fakta dan peristiwa yang ada dari masa lalu hingga sekarang tanpa melakukan perubahan pada variabel bebasnya.

6. Penelitian Pengembangan

Penelitian pengembangan atau research development merupakan penelitian yang biasanya dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mengembangkan suatu produk agar lebih baik dan lebih berkualitas dengan memformulasi atau menguji hipotesis yang akan menghasilkan produk baru.

7. Penelitian Tindakan

Penelitian tindakan atau action research merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan metode kerja bukan pengetahuan ilmiah agar lebih efisien sehingga biaya produksi dapat ditekan dan produktivitas meningkat.

8. Penelitian Kebijakan

Penelitian kebijakan atau policy research merupakan penelitian yang dilakukan terhadap masalah dasar sehingga penemuannya dapat dijadikan referensi kepada pembuat kesimpulan untuk menyelesaikan masalah dengan cara penelitian aktivitas pada masyarakat yang dilakukan oleh instansi untuk membantu penyelesaian permasalahan pada masyarakat tersebut.

9. Penelitian Naturalistik

Penelitian naturalistik merupakan penelitian yang dilakukan untuk meneliti kondisi objek alamiah dengan metode kualitatif yang lebih menekankan pada makna bukan generalisasi atau kesimpulan dengan cara triangulasi dan analis data bersifat induktif dimana peneliti bertindak sebagai instrumen kunci.

10. Penelitian Ex Post Facto

Penelitian ex post facto merupakan penelitian yang dilakukan untuk meneliti suatu peristiwa yang telah terjadi untuk mengetahui penyebab dan variabel peristiwa tersebut yang bisa saja mempengaruhi dan berdampak secara signifikan.

Baca Juga : Metode Penelitian

d. Berdasarkan Tingkat Eksplanasinya

Jenis Penelitian Berdasarkan Tingkat Eksplanasi
Jenis Penelitian Berdasarkan Tingkat Eksplanasi

Jenis penelitian berdasarkan tingkat eksplanasinya dibagi menjadi tiga, antara lain.

1. Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri dari satu veriabel atau lebih (independent) tanpa adanya perbandingan maupun menghubungkannya dengan variabel lain dengan cara mengumpulkan data yang akan digunakan untuk menguji hipotesis ataupun menjawab pertanyaan mengenai objek penelitian untuk mendapatkan deskripsi lengkap dan akurat.

2. Penelitian Komparatif

Penelitian komparatif merupakan penelitian yang dilakukan untuk membandingkan atau mengkomparasi dua atau lebih objek tertentu yang akan menentukan pengambilan keputusan mengenai objek penelitian.

3. Penelitian Asosiatif

Penelitian asosiatif merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengathui ada atau tidaknya hubungan antar variabel secara signifikan.

Demikian sedikit informasi mengenai 17+ Jenis-Jenis Penelitian: Contoh, Pengertian Lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terima kasih.