Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

10+ Macam-Macam Jenis Penelitian: Pengertian dan Contoh

3 min read

jenis penelitian

Jenis Penelitian – Hal yang paling perlu kamu ketahui adalah pengertian dari penelitian itu sendiri. Penelitian merupakan suatu usaha yang secara sistematik terkait dengan kegiatan mengembangkan juga menemukan pengetahuan yang benar dengan adanya pernyataan dan contohnya.

Kegiatan penelitian pada berbagai bidang iptek jika menurut substansinya ada 4 hal yaitu usaha yang memiliki sifat sistematik hasil penemuan pemanfaatan serta tindak lanjut penyebarluasan temuan. Berikut ini merupakan jenis-jenis penelitian dan contohnya.

 

 

Macam Macam Jenis Penelitian

Pada dasarnya penelitian dibagi menjadi 2 yaitu penelitian kualitatif dan juga penelitian kuantitatif. Dibawah ini merupakan berbagai macam penelitian yang sampai sekarang masih eksis:

 

  • Eksperimen

Penelitian eksperimen merupakan jenis penelitian percobaan yang berupaya mengisolasi dan mengontrol di masing-masing dengan situasi yang sesuai dengan keadaan yang hendak diteliti.

Kemudian mengamati efek maupun pengaruh saat conditional sentence memanipulalsi kondisi-kondisi yang ada kemudian jenis penelitian yang satu ini terbagi menjadi 4 jenis yaitu : pre experimental design, true experimental design, dan design faktorial.

 

  • Korelasional

Penelitian ini yang meliputi kegiatan pengumpulan data pemilih,memilih dan menentukan antara hubungan dan tingkat hubungan dua variabel ataupun lebih.

Keberadaan hubungan serta tingkat variabel adalah penting karena dengan mengetahui dengan lanjut tentang tingkat hubungan yang ada, peneliti dapat memuaskanya sesuai dari penelitian.

Penelitian ex post facto atau kasual komperatif merupakan suatu penelitian empiris artis yang dimana mematikan kreatifitas secara langsung dikarenakan adanya variabel tersebut sudah terjadi.

Beberapa kegiatan pendekatan dasar komparatif ialah berbagai aktifitas peneliti yang bermula pada meneliti efek variabel yang satu dengan variabel lainya kemudian ia berupaya mencari atau menemukan kemungkinan variabel penyebabnya.

Penelitian komparatif melaksanakan perbandingan agar situasi masa lalu dan dengan masa yang saat ini maupun juga kondisi-kondisi paralel yang berbeda terlebih lagi apabila peneliti tidak punya pengendalian terkait akan situasi yang akan diidentifikasi.

 

  • Deskriptif

Penelitian yang satu ini merupakan metode penelitian yang dimaksudkan agar mendeskripsikan kejadian-kejadian yang ada dan yang masih terjadi sampai saat ini atau waktu yang sudah berlalu. Jenis penelian yang satu ini berbeda dengan eksperimen karena tidak melakukan berubahan terhadap variabel-variabel bebas .

 

  • Evaluasi

Penelitian evaluasi merupakan suatu upaya yang digunakan untuk mengukur hasil atau dampak dari sebuah aktifitas, program atau project dengan cara membandingkan dengan suatu tujuan yang sudah ditetapkan, dan bagaimanakah cara pencapaianya.

 

  • Simulasi

Penelitian simulasi merupakan jenis penelitian yang mempunyai tujuan untuk mencari suatu gambaran melewati suatu sistem dengan skala kecil ataupun sederhana yang mana pada sistem tersebut akan digunakannya manipulalsi atau pengendalian untuk mendapatkan efeknya.

Penelitian ini mirip dengan penelitian eksperimental ada juga perbedaanya yaitu pada penelitian simulasi perlu suatu lingkungan yang sangatlah mirip dengan kondisi yang asli.

 

  • Studi Kasus

Studi kasus adalah strategi penelitian, penyelidikan empiris yang memiliki fenomena didalam konteks kehidupan nyata. Penelitian studi kasus dapat berarti studi kasus tunggal dan ganda dapat mencakup bukti kuantitatif, bergantung pada berbagai sumber bukti, serta manfaat pengembangan sebelumnya dari proporsi teoristis.

 

  • Teori Dasar

Teori dasar merupakan suatu pendekatan untuk memastikan peneliti guna menemukan dan juga mengembangkan teori yang relevan berkaitan dengan studi fenomena.

Dengan mengaplikasikan teori dasar peneliti secara sengaja mencari serta yang menjalani fenomena yang sedang dikaji, mengidentifikasi data meliputi dokumen wawancara dan catatan. Melakukan pendekatan fenomena yang akan dikaji dengan tidak disertai prasangka pengertian.

 

  • Cultural

Jenis penelitian yang satu ini merupakan suatu penelitian yang dioperasikan kepada objek berbentuk unsur ataupun fenomena-fenomena budaya dengan menggunakan alat metodologis yang terdapat pada ilmu pengetahuan budaya.

 

  • Etnografi

Merupakan kegiatan analisa secara mendalam dari kelompok sosial yang umumnya melakukan mengumpulan data observasi wawancara dan juga dokumen. Jenis penelitian yang satu ini membangun karakter tingkah laku dan juga kepercayaan yang berasal dari suatu kelompok dari masa ke masa.

 

  • Historis

Jenis penelitian yang satu ini mempunyai tujuan guna mendeskripsikan fakta dan juga mengambil kesimpulan terkait peristiwa atau fenomena masa lampau.

Data utama dari penelitian ini merupakan data sejarah yang bersifat historis contohnya diantara kalangan arkeolog menggunakan sumber data dokumentasi mengenai masa yang telah lampau.

 

  • Etnologi

Dalam penelitian etnologi, dikerjakan berbagai kegiatan pengumpulan bahan serta keterangan secara sistematis mengenai cara hidup serta berbagai kegiatan sosial yang berkaitan dengan unsur budaya dan juga suatu masyarakat. Kemudian aspek-asoek tersebut harus digambarkan secara menyeluruh.

 

  • Survei

Penelitian survei digunakan untuk mengoleksi informasi maupun data tentang populasi yang besar dengan menggunakan sampel yang dapat terbilang relatif kecil. Populasi dapat mengikuti serta dapat berhubungan dengan instansi lembaga organisasi ataupun unit-unit kemasyarakatan dan lainya tetapi yang paling utama adalah orang atau manusia.

 

 

Demikianlah penjelasan tentang berapa jenis penelitian. Penelitian perlu dilakukan guna memastikan kebenaran dan fakta dari sesuatu yang sedang dikaji atau dikerjakan guna menghindari kesalahpahaman atau ketidakpastian dalam menghadapi suatu pertikaian.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight