Hanif Pramono Saya suka menulis seputar pelajaran di sekolah, dengan menulis saya merasa senang dan dapat memberikan informasi ke banyak orang, selamat membaca.

Jurnal Umum: Pengertian, Fungsi, Bentuk, Manfaat, Contoh

6 min read

jurnal umum

Bidang yang populer dan paling banyak peminatnya saat ini adalah bidang akuntansi. Di bidang akuntansi, kita belajar banyak hal terutama hal – hal yang berkaitan dengan keuangan tentunya. Salah satu hal yang berkaitan dengan bidang akuntansi adalah jurnal.

Jurnal sendiri sering digunakan dan disebut sebagai tempat pertama kali dalam mencatat sebuah tranksaksi. Dan salah satu materi yang sering dipelajari dalam bidang akuntansi adalah jurnal umum. Karena pentingnya jurnal umum tersebut, maka kalian harus paham tentang arti dari jurnal umum itu seperti pengertiannya, fungsinya, bentuknya, manfaat, dan juga contohnya.

Apabila kalian sudah paham tentang penjelasan – penjelasan tersebut maka kalian akan paham tentang jurnal umum. Nah di pembahasan kali ini saya akan membahas tentang jurnal umum tadi secara lengkap dan jelas untuk memudahkan kalian dalam belajar jurnal umum, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

 

Pengertian Jurnal Umum

Jurnal umum berasal dari kata Jour yang memiliki arti hari dan kata itu sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa perancis. Sehingga jurnal umum dapat diartikan sebagai buku harian atau sebuah tranksaksi yang ada secara kronologis dan juga sesuai dengan urutan tanggal. Di dalam jurnal umum tercantum nama tranksaksi, kelompok dari akun, dan juga nominal yang ada di kolom kredit atau sebuah debit.

Apabila kita menggunakan buku jurnal maka harus disesuaikan dengan kebutuhan dari masing – masing pengguna sehingga kalian jangan heran karena orang yang satu dengan orang yang lainnya atau perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lainnya akan melakukan pembukuan jurnal dengan isi yang berbeda – beda pula. Apabila kita ingin memilih buku jurnal maka harus mempertimbangkan efektivitas perusahaan dan juga faktor efisiensi.

 

 

Tujuan Jurnal Umum

Setelah kita membahas tentang pengertian dari jurnal umum, selanjutnya kita akan membahas tentang tujuan dari jurnal umum. Jurnal umum sendiri memiliki tujuan yaitu untuk melakukan penilaian, pencatatam dampak ekonomi, dan identifikasi dari sebuah tranksaksi atau dari banyak tranksaksi di dalam sebuah perusahaan.

Pencatatan yang sudah dilakukan tersebut juga memiliki tujuan supaya memudahkan di dalam proses pemindahan dari dampak tranksaksi yang terjadi ke dalam akun yang sesuai dengan tranksaksi nya.

 

 

Prinsip Dasar Pembuatan Jurnal Umum

Nah di dalam membuat jurnal umum juga tidak sembarangan, kalian yang ingin membuat jurnal maka harus mengetahui prinsip dasar dari pembuatannya. Hal itu supaya memudahkan di dalam proses pembuatan nantinya.

Apa saja prinsip dasar dari pembuatan jurnal umum ? langsung saja simak uraian berikut ini.

  • Memilih pengurangan atau penambahan atas hukum – hukum yang terkait dengan sebuah tranksaksi yang sedang dilakukan
  • Harus selalu mencatat tranksaksi yang ada ke dalam jurnal umum sesuai dengan isi dari bukti tranksaksi
  • Harus melaksanakan identifikasi dari bukti tranksaksi keuangan yang harus dilakukan perusahaan. Contohnya adalah memo, faktur, kuitansi, nota, dan masih banyak lagi lainnya
  • Harus cermat dalam memilih akun yang terpengaruh dengan adanya tranksaksi yang terjadi dan bisa juga membaginya ke dalam jenis mode, harta, atau hutang
  • Harus pandai dalam memilih debit atau dengan kredit akun yang sudah terkait dengan sebuah tranksaksi yang sedang dilakukan. Catatannya yaitu menguasai dahulu tentang cara menentukan debit kredit pada suatu akun

 

 

Fungsi Jurnal Umum

Setelah tahu tentang prinsip dasar dari pembuatan jurnal umum, selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi dari jurnal umum, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

 

Fungsi Instruktif

Fungsi instruktif yang ada pada jurnal umum memiliki arti bahwa bisa untuk memberikan petunjuk atau perintah di dalam proses saat memasukan data ke dalam buku besar.

Perintahnya sesuai untuk kredit akun dan juga debit yang terkait dan juga sesuai dengan catatan yang ada di jurnal. Sebuah pencatatan yang ada di jurnal umum bukan sebatas dokumen tranksaksi saja yang ada di dalam perusahaan, tetapi harus bersifat instruksi.

 

Fungsi Historis

Fungsi yang selanjutnya akan dibahas yaitu fungsi historis. Fungsi ini memiliki arti bahwa setiap ada tranksaksi maka harus dilakukan secara kronologis dan juga berurutan sesuai pada tanggal terjadi tranksaksi itu sendiri. Jurnal disini menggambarkan tentang kegiatan perusahaan secara berurutan dan juga terus menerus dilakukan setiap harinya.

 

Fungsi Informatif

Fungsi informatif memiliki pengertian dan arti bahwa jurnal umum disini memberikan informasi yang terkait adanya tranksaksi yang sedang terjadi supaya cepat – cepat dilakukan adanya pencatatan berdasarkan pada keterangan yang sedang ada.

 

Fungsi Analisis

Fungsi ini akan menunjukan bahwa sebuah pencatatan jurnal ini sebenarnya merupakan hasil dari analisa yang berupa kredit akun dan juga debit yang sedang terkait beserta dengan jumlah atau beserta nominalnya.

Analisis yang dimaksudkan tadi, menyangkut oleh pembagian nama akun, saat pencatatannya di dalam debit bisa juga kredit beserta dengan jumlahnya tadi.

 

Fungsi Mencatat

Sebelumnya kita harus tahu bahwa jurnal umum gunanya adalah untuk mencatat segala tranksaksi yang ada di dalam suatu perusahaan jadi kita harus teliti jangan sampai ada bagian yang tidak tercatat nantinya.

Contoh hal yang tidak boleh terlewat saat mencatat jurnal umum adalah kekayaan, modal, pendapatan, dan juga biaya harus di catat terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan agar dalam pembuatan keuangan perusahaan menjadi lebih lengkap dan lebih mudah.

 

 

Bentuk Jurnal Umum

bentuk jurnal umum

Seperti yang sesuai dengan gambar diatas, bentuk jurnal umum sudah dijabarkan dan untuk lebih mudah menganalisa nya maka sudah kita beri nomor di setiap bagian – bagiannya, simak penjelasannya berikut ini.

  • Bagian nomor 1 berisi tentang tanggal, bulan, tahun dari terjadinya tranksaksi. Untuk menulisnya ditulis pada halaman judul dan cukup 1x saja apabila ada pergantian bulan atau tahun boleh ditulis lebih dari 1x
  • Bagian nomor 2 berisi tentang nomor bukti dari dokumen tranksaksi
  • Bagian nomor 3 berisi tentang akun yang mana terkait dengan adanya tranksaksi yang sedang terjadi, yang nantinya akan di kredit atau di debet
  • Bagian nomor 4 berisi tentang kode akun yang angkanya sudah dipindahkan atau sudah tertera di bagian buku besar
  • Bagian nomor 5 berisi tentang nilai dari nominal akun yang nantinya akan di debet
  • Bagian nomor 6 berisi tentang nilai dari nominal akun yang nantinya akan di kredit
  • Bagian yang terakhir yaitu nomor 7 berisi tentang keterangan singkat dari tranksaksi dan sifatnya opsional

Saat proses dari pencatatan sudah selesai maka proses yang selanjutnya yaitu melakukan proses pencatatan tentang pemindahan masing – masing akun ke buku besar nantinya.

 

Manfaat Jurnal Umum

Sebelum kita masuk ke contoh dari jurnal umum, kita terlebih dahulu akan membahas tentang manfaat dari jurnal umum, simak manfaat nya berikut dibawah ini.

  • Adanya tanda referensi agar kita bisa mengetahui sebuah jumlah yang sudah di posting ke perkiraan yang ada di buku besar dan sesuai dengan perkiraannya
  • Supaya bisa mengetahui jumlah yang nantinya akan dicatat di satu atau bisa juga lebih dari perkiraan
  • Supaya bisa mengetahui jumlah yang telah di debet atau telah di kredit bahwa mesti bisa seimbang
  • Supaya bisa mengetahui tentang hal yang akan timbul did alam pengurangan atau dalamm pertambahan di dalam suatu perkiraan

 

Contoh Jurnal Umum Singkat

contoh jurnal umum

PT Sanjaya Sentosa melakukan sebuah tranksaksi pada bulan Februari 2020, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Tanggal 4 yaitu pembelian tentang peralatan sekolah secara tunai dengan dana sebesar Rp.1.500.000
  • Tanggal 10 yaitu pembelian tentang sewa ruangan AC secarra tunai dengan dana sebesar Rp.100.000

Sehingga akan menghasilkan bentuk jurnal sebagai berikut.

Apabila kalian sudah bisa dan sudah paham tentang jurnal umum maka kalian tidak akan kesusahan lagi dalam membuatnya, semua uraian diatas sudah saya jelaskan secara lengkap dan semoga saja bisa dengan mudah untuk dipahami.

Terlebih lagi apabila kalian sekolah di dalam bidang yang membahas tentang akuntansi maka persoalan tentang jurnal umum sangat perlu untuk dipelajari dan diketahui.

Coba kalian bayangkan apabila kalian sekolah di dalam bidang yang berkaitan dengan akuntansi tetapi kalian tidak tahu tentang jurnal umum bukankah sangat malu dan sangat aneh?.

 

Rumus Jurnal Umum

Untuk mengetahui rumus jurnal umum, pastikan juga simak yang diatas tadi ya. Berikut ini rumusnya.

 

Demikian artikel tentang Pengertian, Fungsi, Bentuk, Manfaat, Contoh Soal Jurnal Umum semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua khususnya di dalam bidang jurnal umum di akuntansi. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah disediakan dibawah ini ya.

Hanif Pramono Saya suka menulis seputar pelajaran di sekolah, dengan menulis saya merasa senang dan dapat memberikan informasi ke banyak orang, selamat membaca.
Baca Lainya PantaiNesia:
  1. Pantai Cibangban
  2. Pantai Karang Hawu
  3. Pantai Ujung Genteng
  4. Pantai Watu Leter
  5. Pantai Tamban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight