Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

150+ Contoh Kalimat Imperatif: Lengkap, Terbaru 2020

9 min read

Kalimat Imperatif

Kalimat imperatif merupakan salah satu jenis kalimat yang banyak digunakan dalam percakapan ataupun pembicaraan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Baik disadari maupun yang tidak disadari bahwa contoh kalimat imperatif banyak digunakan oleh kita untuk melakukan suatu perintah.

Apabila kamu ingin mengetahui penjelasan secara lengkap tentang contoh kalimat imperatif cz zatmaka simak uraian berikut ini.

Sebelum kita mengetahui contoh kalimat imperatif terlebih dahulu kita mengetahui apa yang dimaksud dengan kalimat imperatif itu sendiri.

 

Pengertian Kalimat Imperatif

Pengertian kalimat imperatif adalah kalimat yang mengandung maksud dengan tujuan untuk memerintah atau memberikan perintah dan meminta kepada seseorang untuk menuruti sesuatu yang diinginkan oleh si peminta.

Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia pengertian kalimat imperaktif adalah suatu kalimat yang sifatnya memberikan perintah kepada yang mempunyai hak untuk memberikan perintah dan sifat dari perintah yang diberikan tersebut berupa pembiaran.

Sedangkan untuk pengertian menurut pendapat dari Rahardi bahwa pengertian kalimat imperatif adalah sebuah kalimat yang mengandung maksud untuk dapat memerintah atau meminta suatu hal kepada orang lain.

Dengan tujuan supaya ya orang lain tersebut mau menuruti permintaan yang diinginkan oleh si peminta. Agar pengertian dapat lebih mudah diingat maka kamu dapat menyebutnya sebagai kalimat perintah.

Isi yang ada di dalam kalimat imperatif terdapat saja berisikan mengenai kalimat perintah yang keras atau kasar, dan dapat pula berisikan mengenai kalimat perintah dengan menggunakan permohonan yang halus.

 

 

Ciri Ciri Kalimat Imperatif

Kalimat Imperatif

Ciri-ciri yang dimiliki oleh kalimat imperatif pentingnya akan membedakan contoh kalimat imperatif dengan contoh dari jenis kalimat lainnya.

Suatu kalimat alat yang dapat disebut sebagai contoh kalimat imperatif apabila memenuhi kriteria yang sesuai dengan ciri-ciri dari kalimat imperatif. Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri kalimat imperatif:

  • Di dalam contoh kalimat imperatif akan ditemukan salah satu keterangan berupa penegasan, kalimat halus, sebuah ajakan, larangan akan suatu hal, harapan dan dapat juga permintaan.
  • Pada contoh kalimat imperatif tokoh atau pelaku yang diperintahkan tidaklah selalu terungkap.
  • Susunan kalimat imperatif berupa inervasi, oleh karena itu di dalam contoh kalimat imperatif subjek dan predikatnya tidak pasti.
  • Ciri yang paling khusus yang melekat pada jenis kalimat imperatif adalah pada akhir kalimat biasanya menggunakan tanda baca seperti tanda seru (!) atau dapat pula tanda tanya (?).
  • Kalimat imperatif biasanya pada bagian akhir kalimat dibuat dengan menggunakan intonasi yang rendah.
  • Kalimat imperatif apabila di ucapkan dengan lisan menggunakan nada tinggi, maka jika dibuat menjadi sebuah kalimat akan diakhiri dengan menggunakan tanda seru (!).

 

 

Fungsi Kalimat Imperatif

Fungsi dari penggunaan kalimat imperatif bermacam-macam dan memiliki banyak sekali bentuk fungsi atau tujuan dalam penyampaian kalimat imperatif. Seperti apa yang telah dijelaskan di atas bahwa fungsi utama dari contoh kalimat imperatif adalah sebagai kalimat perintah.

Namun di dalam kehidupan sehari-hari secara umum penggunaan kalimat imperatif tidak hanya seputar hal-hal yang terkait dengan periintah. Terdapat banyak sekali bentuk penggunaan dari kalimat imperatif secara luas.

Cara penyampaian dari kalimat imperatif juga beraneka macam, seperti misalnya pada kalimat perintah yang berisikan mengenai ajakan, kemudian pada kalimat perintah yang berisikan mengenai hal yang tidak wajib.

Fungsi dari kalimat imperatif sendiri dapat disimpulkan yaitu untuk memberikan izin kepada seseorang untuk mengerjakan sesuatu hal, baik itu berupa kegiatan atau aktivitas yang cukup serius atau hanya sekedar hiburan.

 

 

Macam Macam Kalimat Imperatif

Kalimat imperatif atau yang biasa disebut sebagai kalimat perintah merupakan jenis kalimat yang terdiri dari beberapa jenis. Berikut ini yang merupakan penjelasan dari macam-macam kalimat imperatif antara lain yaitu:

 

1. Kalimat imperatif transitif

Jenis kalimat imperatif yang pertama adalah kalimat imperatif transitif. Pengertian kalimat imperatif transitif adalah tulis kalimat imperatif predikat verba transitif di mana jenis kalimat tersebut merah mirip dengan konstruksi deklaratif pasif.

 

2. Kalimat Imperatif Halus

Jenis kalimat imperatif yang kedua selanjutnya adalah kalimat imperatif halus. Pengertian jenis kalimat imperatif halus adalah bentuk kalimat yang menggunakan pemilihan kosakata yang lebih lembut. Seperti contohnya sebuah kalimat yang menggunakan kata tolong, coba, mari, sekiranya, silahkan, dan sudilah.

 

3. Kalimat imperatif takransitif

Jenis kalimat imperatif berikutnya adalah kalimat imperatif itaktransitif. Untuk pengertian dari jenis kalimat imperatif taktransitif adalah jenis kalimat yang dibuat dengan menggunakan bentuk kalimat deklaratif tidak transitif yang dapat mempunyai verba atau kata kerja dasar, frasa verbal dan juga frasa adjektiva yang memiliki prediksi ber- , meng- , atau frasa preposional.

 

4. Kalimat Imperatif Permintaan

Terdapat pula jenis kalimat imperatif yang lainnya yaitu jenis kalimat imperatif permintaan. Pengertian kalimat imperatif permintaan adalah sebuah kalimat digunakan untuk dapat mengungkapkan suatu permohonan atau permintaan.

Jenis kalimat imperatif permintaan ini dapat ditandai dengan menggunakan kata permintaan misalnya seperti kata minta tolong, mohon dan lain sebagainya.

 

5. Kalimat Imperatif Larangan

Pengertian dari jenis kalimat imperatif larangan adalah sebuah kalimat imperatif yang memiliki maksud dan tujuan untuk memberikan suatu larangan.

Ciri khas yang dimiliki dari jenis kalimat imperatif larangan adalah pada akhir kalimat tersebut berisikan kata negatif, misalnya pada kalimat imperatif larangan terdapat kata “jangan” dan lain sebagainya.

 

6. Kalimat Imperatif Pembiaran

Jenis kalimat imperatif pembiaran apakah jenis kalimat imperatif yang menginginkan untuk lawan bicaranya tidak melarang atau membiarkan melakukan sesuatu dengan tujuan agar sang pembicara, kalimat ini dinyatakan dengan kata biarlah, dan biarkanlah.

Kalimat imperatif pembiaran juga dapat diartikan sebagai sebuah kalimat yang berfungsi memerintahkan untuk membiarkan sesuatu hal terjadi, dalam hal ini contoh dari kalimat pembiaran adalah membiarkan untuk meminta izin agar sesuatu hal jangan dihalangi.

 

7. Kalimat imperatif ajakan dan harapan

jenis kalimat imperatif yang terakhir adalah kalimat imperatif ajakan dan harapan. Pengertian kalimat imperatif ajakan dan harapan adalah jenis kalimat yang didalamnya berisikan mengenai suatu harapan atau permintaan untuk mengajak.

Biasanya kalimat ini diawali dengan menggunakan kata, ayopah, marilah, harap dan hendaknya.

 

 

Contoh kalimat imperatif

Tahap selanjutnya penjelasan tentang kalimat imperatif akan diberikan beberapa contoh kalimat imperatif secara umum.

Contoh-contoh kalimat imperatif yang diberikan dikelompokkan sesuai dengan macam-macam kalimat imperatif. Berikut ini yang merupakan beberapa contoh kalimat imperatif yang dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

 

1. Contoh Kalimat Imperatif Secara Umum

Di bawah ini akan diberikan beberapa contoh kalimat imperatif secara umum, yang masih belum dikelompokkan menjadi masing-masing jenis dari kelompok kalimat imperatif. Contoh kalimat imperatif secara umum antara lain adalah sebagai berikut:

  • Mari anak-anak kelas 12, silahkan masuk ke ruangan ujian!
  • Untuk informasi yang lebih lanjut, kamu bisa membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu ke ruangan administrasi!
  • Kamu tidak usah merasa malu, anggap saja penonton sebagai keluarga terdekat kamu!
  • Mohon perhatian, harap tenang sedang dilaksanakan ujian!
  • Silahkan mengambil nomor antrean terlebih dahulu, sebelum masuk ruangan pemeriksaan!
  • Jangan sia-siakan waktu kamu hanya untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat!
  • Belikanlah aku sayur untuk sarapan!
  • Tolong masukan cucian kotor itu ke dalam mesin cuci!
  • Tolong cicipilah roti panggang rasa coklat buatanku ini!
  • Anak-anak duduklah yang rapih, sebentar lagi kepala sekolah akan mengecek kedisiplinan siswa!
  • Sebelum kalian pergi, ayo mampirlah kerumah ku!
  • Ayo kita masuk ke dalam kelas, sebelum bel masuk berbunyi!
  • Bersihkan kelas sekarang, karena besok akan digunakan untuk tempat ujian!
  • Tolong berikan surat pesan ini kepada Anissa!
  • Cucilah sepatu kotor itu!

 

2. Contoh Kalimat Imperatif Transitif

Untuk jenis kalimat imperatif transitif terdapat pula beberapa contoh yang akan di berikan oleh pintarnesia kali ini. Berikut adalah contoh kalimat imperatif intransitif diantaranya yaitu:

  • Ambilah kue itu jika kamu mau!
  • Menikahlah dengan wanita Sholehah!
  • Belikanlah ayah, dan ibumu baju baru di toko baju yang bagus itu!
  • Lakukanlah hal yang membuat kamu senang!
  • Perbaikilah sikap dan perilaku kamu terhadap kedua orang tua!
  • Meminta maaflah kepada siapapun jika kamu berbuat salah!
  • Doakanlah ayah dan ibu kamu di setiap waktu terutama setelah kamu selesai sholat!
  • Ungkapkanlah perasaan yang kamu miliki kepada dia!
  • Tidurlah sebelum pukul 10 malam!
  • Rapikan lemari yang berantakan itu!
  • Jangan buang sampah di sungai!
  • Taati rambu rambu lalu lintas!
  • Bangunlah, adzan subuh sudah terdengar!
  • Buanglah sampah pada tempatnya!
  • Belajarlah agar kelak kamu bisa meraih cita-cita yang kamu inginkan!

 

3. Contoh Kalimat Imperatif Halus

Jenis kalimat imperatif halus penggunanya dapat bermacam-macam bentuk kalimat. Beberapa contoh kalimat imperatif halus diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tolong sampaikan surat ijin ini ke wali kelas saya.
  • Silahkan bapak dan ibu wali murid untuk duduk ditempat yang telah disediakan.
  • Tamu undangan dipersilahkan menikmati jamuan makan siang di belakang.
  • Tolong angkat semua jemuran karena sudah mulai turun hujan.
  • Silahkan bapak dan ibu sekalian duduk di bagian depan.
  • Sekiranya mau silahkan untuk mencicipi masakan baru kami.
  • Tolong gunakanlah wajan saat akan menggoreng makanan.
  • Mohon menunggu sebentar sampai dokter datang.
  • Sampaikan surat ini untuk Rika.
  • Tolong buatkan aku makan malam.
  • Tolong sampaikan bahwa saya tidak bisa datang di pesta ulang tahunnya.
  • Sampaikan salam dari saya untuk putra.
  • Cobalah selesaikan masalah selaku dengan kepala dingin
  • Cobalah tunggu beberapa menit
  • Tolong kembalikan meja ini pada tetangga sebelah

 

4. Kalimat Imperatif Taktransitif

  • Hari sudah larut malam, pergilah tidur!
  • Belajarlah yang giat agar kamu menjadi anak yang pintar!
  • Rapihkan barang barang kamu, jangan sampai kita terlambat!
  • Matikan kompor gas itu!
  • Belilah sayur di pasar sekarang!
  • Keluar dari kamar!
  • Diamlah dirumah selama beberapa hari!
  • Bersihkan tempat tidurmu!
  • Pergilah ke tempat Putri!
  • Rapikan alat-alat belajar setelah selesai belajar!
  • Bersihkan halaman rumah dari sampah!
  • Berlibulah kamu ketempat pamanmu!
  • Berangkatlah ke sekolah!
  • Duduklah dengan tenang!
  • Tunjukan bahwa kamu serius!

 

5. Kalimat Imperatif Permintaan

  • Mohon perhatian semuanya sebentar lagi ujian akan segera di mulai
  • Untuk para wali murid, mohon untuk melunasi tanggungan sebelum dilaksanakan ujian
  • Patuhilah tata tertib sekolah
  • Tunggu sebentar sampai ayah menjemputmu
  • Di mohon kepada para siswa segera menuju ke lapangan upacara
  • Jagalah kebersihan lingkungan sekitar kita dengan baik
  • Bagi yang meminjam buku di perpustakaan di mohon untuk segera mengembalikan ke perpustakaan sebelum tanggal yang telah ditentukan
  • Minta maaflah kepada Rina atas apa yang sudah kamu ucapkan
  • Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan artikel ini
  • Mintalah uang jmsaku kepada kedua orang tua sebelum berangkat sekolah
  • Mohon maafkan perlakuan saya
  • Tunggu, jangan gunakan payung rusak itu
  • Istirahatlah dengan cukup
  • Mohon kembalikan buku yang kamu pinjam
  • Mohon simpan bukti pembayaran

 

6. Kalimat Imperatif Larangan

  • Jangan sentuh arca Budha itu!
  • Jangan berisik, di dalam kelas sedang ada ujian!
  • Jangan membuang sampah di sungai!
  • Jangan suka mengambil barang yang bukan milik kamu!
  • Jangan berbicara kasar kepada orang yang lebih tua!
  • Jangan pernah merasa kamu lebih hebat dibandingkan dengan teman-teman kamu!
  • Dilarang merokok di tempat pengisian bahan bakar!
  • Jangan meletakkan barang berharga di sembarang tempat!
  • Jangan biarkan anak-anak menyebrang sendiri!
  • Jangan pernah sekali-kali menggunakan barang haram seperti narkoba!
  • Jangan keluar rumah, kamu sedang sakit!
  • Jangan lakukan hal yang merusak moral kamu!
  • Jangan tanyakan lagi, cepat kerjakan!
  • Jangan menyontek, jawablah dengan jujur!
  • Jengan dengarkan kata orang lain!

 

7. Kalimat Imperatif Pembiaran

  • Biarkan saja dia pergi ke rumah neneknya
  • Biarkan agar dia tidak mengganggu kegiatan ini
  • Biarkan saja orang lain tau semua masalah yang terjadi diantara kita
  • Biarkan saja dia yang memilih antara aku atau kamu
  • Biarkan dia menjadi apa yang dia inginkan
  • Biarkan saja dia menjadi dirinya sendiri apa adanya
  • Biarkan agar acara itu berlangsung dengan baik
  • Biarkan supaya dia yang mencari jalannya sendiri
  • Biarkanlah dia suka dengan sepak bola
  • Biarkan saja dia pergi untuk menggapai cita-citanya

 

8. Kalimat Imperatif Ajakan dan Harapan

  • Marilah kita membantu sesama kita yang sedang terkena musibah tanah longsor dengan menyisihkan sebagian uang jajan ke kotak amal
  • Ayo kita gotong royong membersihkan selokan di sekitar tempat tinggal
  • Marilah kita tunaikan sholat lima waktu tepat waktu
  • Aku berharap kamu segera membalas surat yang aku kirimkan
  • Harap senang sedang berlangsung ujian
  • Marilah junjung rasa solidaritas kita terhadap sesama manusia
  • Harap matikan keran setelah digunakan
  • Hendaknya dahulukan orang yang lebih tua saat sedang berada di angkot
  • Harap rapikan kembali tempat tidur setelah bangun tidur
  • Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT

 

Itulah contoh kalimat imperatif lengkap terbaru tahun 2020. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Apabila terdapat kekurangan, mohon maaf.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.
DarkLight