Kalimat Persuasif: Pengertian, Contoh, Ciri, Fungsi, Paragraf

Kalimat persuasif – kalimat ini biasa digunakan untuk dapat membujuk ataupun meyakinkan seseorang terhadap suatu hal. Kalimat persuasif yang biasanya berupa paragraf banyak digunakan dalam teks iklan agar seseorang yang membaca ataupun melihat kalimat persuasif tersebut menjadi tertarik. Banyak diketahui ataupun tidak bahwa kalimat persuasif banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Namun apakah kamu sudah paham apa yang dimaksud dengan kalimat persuasif? apabila pengetahuan kamu tentang kalimat persuasif dirasa masih kurang maka akan dapat mencari penjelasannya dalam artikel ini. Kalimat persuasif akan dijelaskan pada artikel kali ini terkait dengan pengertian, contoh, ciri-ciri, fungsi dan paragraf.

 

  1. Pengertian Kalimat Persuasif
  2. Contoh Kalimat Persuasif
  3. Ciri - Ciri Kalimat Persuasif
  4. Fungsi Kalimat Persuasif
    1. 1. Perintah
    2. 2. Himbauan
    3. 3. Sosialisasi Kebijakan
    4. 4. Instruksi
    5. 5. Dakwah
    6. 6. Promosi
    7. 7. Simulasi
    8. 8. Pendidikan Kesehatan
  5. Paragraf Persuasif
    1. 1. Contoh Paragraf Persuatif Tema Kebersihan
    2. 2. Contoh Paragraf Persuasif Tema Pendidikan
    3. 3. Contoh Paragraf Persuasif Tema Teknologi

Pengertian Kalimat Persuasif

kalimat persuasif

Kalimat persuasif adalah kalimat yang sifatnya membujuk atau menyakinkan seseorang terhadap suatu hal dengan harapan atau pun tujuan supaya para pembaca mau untuk mengikuti apa yang diinginkan oleh si penulis kalimat persuasif dengan cara memberikan penulisan yang disertai dengan alasan dan prospek dari apa yang diinginkan penulis yang baik.

Kalimat persuasif merupakan istilah yang berasal dari bentuk kata persuasion di dalam bahasa Inggris. Bentuk kata dari persuation merupakan turunan dari kata persuade yang memiliki arti yaitu membujuk atau menyakinkan.

Kalimat persuasif biasanya digunakan di dalam teks periklanan agar orang lain yang membaca teks tersebut dapat tertarik dan berkenan untuk membeli produk yang diiklankan. kalimat persuasif haruslah dibuat dengan menggunakan kata-kata yang disusun secara menarik agar dapat menjadi daya tarik bagi para konsumen.

Secara umum kalimat persuasif hampir juga dengan slogan, namun memiliki perbedaan mitos slogan terdiri dari beberapa kata saja yang lebih singkat dibandingkan dengan kalimat persuasif. Untuk kalimat persuasif tidak dibatasi terdiri dari beberapa kata pakan dapat dalam bentuk paragraf.

Digunakan sebagai bahan promosi, kalimat persuasif juga biasa digunakan sebagai kalimat perintah. Akan tetapi, kalimat perintah dengan menggunakan kalimat persuasif tentunya memiliki perbedaan tata cara penulisannya dengan kalimat perintah. Perbedaan penggunaan pada kedua kalimat tersebut terletak pada sifatnya, kalimat perintah menjadi kalimat perintah secara langsung apabila menggunakan kalimat persuasif.

Baca Juga : Pengertian Kalimat Efektif

 

 

Contoh Kalimat Persuasif

kalimat persuasif

Berikut ini terdapat beberapa contoh kalimat persuasif yang dapat kamu pelajari sebagai referensi Jika kamu ingin membuat kalimat persuasif. Beberapa contoh kalimat persuasif diantaranya sebagai berikut:

  • Mari kita bersama menjaga kebersihan dimulai dati lingkungan rumah!
  • Ayo sebagai umat muslim kita tingkatkan iman dan taqwa kita terhadap Allah SWT supaya selalu mendapat rahmat-Nya!
  • Ayo kita meminimalisir penggunaan plastik agar menghindari penumpukan sampah plastik di dunia!
  • Mari belajarlah dengan sungguh-sungguh agar kamu dapat meraih cita-citamu setinggi langit!
  • Mari kita bergotong-royong membersihkan sampah yang ada di desa Kalipelus agar terhindar dari penyakit!
  • Ayo ajak sahabat dan keluargamu berwisata di tempat ini!
  • Ayo ikutlah senam pagi setiap hari Minggu di lapangan desa Kalipelus!
  • Mari kita melestarikan tumbuhan dan hewan langka agar tidak mengalami kepunahan!
  • Ayo jauhkan diri dari narkoba, dekatkan diri pada taqwa!
  • Marilah kita wujudkan budaya sopan dan santun terhadap sesama manusia!
  • Ayo jangan sia-siakan kesempatan dan gunakan hak pilih kamu dan keluarga kamu dengan baik dan benar pada pemilu tahun ini!
  • Ayo kita hidup dengan rukun agar selalu tercipta lingkungan yang tentram dan damai!
  • Mari biasakan diri selalu membuang sampah pada tempatnya agar lingkungan selalu bersih!
  • Mari kita sisakan sebagian dari rezeki kita untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah!
  • Ayo kita sisakan uang jajan kita untuk ditabung!
  • Mari kita bekerja sama untuk menggapai cita-cita dan tujuan bersama!
  • Ayo semua jangan suka untuk menunda pekerjaan, jika bisa dikerjakan sekarang cepat selesaikan!
  • Mari kita budayakan salat lima waktu tepat pada waktunya!
  • Ayo kita buktikan kepada semua orang yang bawa kita dapat mengemban tugas dan tanggung jawab yang mulia ini!
  • Ayo membiasakan untuk olahraga secara rutin dan teratur agar tubuh tetap sehat!
  • Ayo, lebih giat belajar untuk mengahadapi ujian nasional!
  • Marilah kita berada di rumah selama 14 hari untuk menghindari menyebaran virus Corona!
  • Marilah terapkan makan makanan 5 sehat 4 sempurna!
  • Ayo biasakan diri membuang sampah pada tempatnya!
  • Marilah kita terapkan penanaman seribu pohon, untuk menyelamatkan bumi!

Baca Juga : Jenis – Jenis Teks Editorial

 

 

Ciri – Ciri Kalimat Persuasif

ciri - ciri kalimat persuasif

Kalimat persuasif juga memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang dapat membedakan kalimat persuasif dengan jenis kalimat yang lainnya. Sebuah kalimat akan dapat dikategorikan sebagai kalimat persuasif apabila memiliki ciri-ciri dibawah yaitu:

  • Kalimat persuasif biasanya sering digunakan dalam teks berbentuk klan atau promosi dan slogan.
  • Sebuah kalimat dapat dikatakan sebagai kalimat persuasif apabila memiliki sifat yang mengajak.
  • Kalimat persuasif harus dibuat dengan menggunakan kalimat dan bahasa yang menarik, agar pembaca dapat mau mengikuti apa yang diinginkan oleh si penulis.
  • Kalimat persuasif juga dapat dijadikan sebagai kalimat perintah. Oleh karena itu kalimat persuasif haruslah menggunakan penulisan dengan tanda seru yang identik dengan kalimat perintah.
  • Sebuah kalimat dapat dikatakan sebagai kalimat persuasif apabila menggunakan rima kalimat, sehingga harga para pembaca teks tersebut akan dapat mudah untuk mengingatnya.
  • Kalimat persuasi selalu ditandai dengan penggunaan kata seperti: ati, marilah, mari dan kata persuasif yang sifatnya membujuk yang lain.

 

 

Fungsi Kalimat Persuasif

fungsi kalimat persuasif

Kalimat persuasif dibuat dengan tujuan atau memiliki beberapa fungsi bagi kehidupan sehari-hari, baik itu disadari atau bahkan yang tidak disadari sebenarnya kita sering menggunakan kalimat persuasif dengan berbagai jenis. Berikut ini merupakan beberapa fungsi kalimat persuasif, antara lain yaitu:

 

1. Perintah

Fungsi kalimat persuasif yang pertama yautu dapat dijadikan sebagai perintah dari seseorang kepada yang lainnya. Strategi dengan menggunakan kalimat persuasif dapat dilakukan untuk membuat suatu perintah yang yang sifatnya berupa ajakan.

 

2. Himbauan

Hampir mirip dengan sosialisasi, himbauan bertujuan untuk dapat melakukan perintah ataupun aturan yang dapat dilaksanakan dengan cara melalui komunikasi dalam kalimat persuasif. Biasanya fungsi kalimat persuasif sebagai himbauan sering kita jumpai apabila berada di dalam suatu organisasi atau lembaga, saat mengadakan rapat atau evaluasi biasanya terdapat kalimat persuasif yang digunakan dalam hal ini.

 

3. Sosialisasi Kebijakan

Kalimat persuasif dapat dijadikan sebagai sosialisasi kebijakan tentang kebijakan baru misalnya yang diterapkan maka dapat dengan menggunakan kalimat persuasif. Kebijakan yang berupa kebijakan dapat dituliskan melalui kalimat persuasif sehingga orang yang mendapatkan kebijakan ini akan lebih mudah untuk bisa mengetahui informasi yang disampaikan.

 

4. Instruksi

Fungsi kalimat persuasif sebagai instruksi secara detail memiliki perbedaan dengan kalimat persuasif sebagai perintah. Instruksi dapat berupa kalimat persuasif untuk mengajak seseorang ke dalam suatu hal. Teknik komunikasi dengan menggunakan kalimat persuasif yang tepat dapat memberikan instruksi yang lebih mudah untuk dipahami oleh para pendengar atau para pembaca.

 

5. Dakwah

Kalimat persuasif dapat berfungsi sebagai ajakan dalam berdakwah. Di dalam suatu organisasi tertentu misalnya seperti organisasi keagamaan, biasanya jenis komunikasi yang digunakan adalah komunikasi persuasif dengan melalui nilai-nilai dakwah yang ada di dalamnya.

 

6. Promosi

Kalimat persuasif yang dapat berfungsi sebagai media promosi dan salah satu hal yang paling sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah promosi kesehatan dengan menggunakan kalimat persuasif. Kamus yang dilakukan dengan menggunakan kalimat persuasif sifat yang mengajak dan tidak terdapat unsur pemaksaan di dalamnya.

 

7. Simulasi

Masing-masing merupakan salah satu fungsi yang dimiliki oleh kalimat persuasif yang biasa dilakukan dalam komunikasi suatu organisasi terutama saat melakukan pelatihan atau training. Dalam suatu organisasi pelatihan yang yang lebih banyak menggunakan gerakan maka akan menggunakan simulasi. Di dalam emosi tersebut tentunya terkandung kalimat persuasif yang berupa ajakan untuk mengikuti apa yang disimulasikan.

 

8. Pendidikan Kesehatan

Penggunaan kalimat persuasi di dalam pendidikan kesehatan, pada umumnya hampir sama dengan sosialisasi namun terkait dengan bidang kesehatan. Pendidikan kesehatan dapat mencangkup mengenai tingkat pengelolaan pada waktu sakit. Pendidikan kesehatan berfungsi untuk dapat menambah pengetahuan dan informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat umum terkait kesehatan.

Pendidikan kesehatan dapat dilakukan dengan menggunakan kalimat persuasif untuk menumbuhkan kesadaran bagi setiap manusia untuk menjaga kesehatan.

Baca Juga : Ciri – Ciri Kalimat Utama dan Penjelas

 

 

Paragraf Persuasif

contoh paragraf persuasif

Tidak hanya berupa kalimat, kalimat persuasif juga dapat berbentuk paragraf persuasif. Pengertian paragraf persuasif adalah bentuk karangan atau pun paragraf yang memiliki tujuan untuk dapat meyakinkan orang lain agar mau untuk melakukan hal-hal yang diinginkan oleh penulis dengan cara memberikan alasan dan prospek yang baik dan meyakinkan.

Pada bagian ini pintarnesia akan menjelaskan dan memberikan contoh paragraf persuasif yang terdiri dari beberapa susunan kalimat persuasif. Dibawah ini merupakan contoh paragraf persuasif, diantaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Contoh Paragraf Persuatif Tema Kebersihan

Saat ini sedang maraknya berita dengan kasus virus Corona atau yang disebut dengan nama Covid-19. Dan belakangan ini Indonesia juga telah terindikasi virus Corona yang yang ditularkan oleh warga negara asing yang masuk ke negara Indonesia. Virus korona bukanlah virus yang memiliki penanganan mudah, ban yang telah kita ketahui bahwa virus ini sudah banyak merenggut nyawa.

Tentunya kekhawatiran dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia, karena coronavirus mudah untuk menular apabila kita tidak memiliki imun tubuh dan tidak melakukan pencegahan dengan cukup. Meskipun begitu, bukan berarti masyarakat Indonesia harus menghawatirkan penyebaran virus Corona secara berlebihan yang menyebabkan kepanikan.

Terdapat penanganan sedari dini untuk mencegah kita agar tidak tertular virus Corona. Salah satu cara yang paling penting adalah menjaga kebersihan, terutama kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar tempat tinggal. Biasakan cuci tangan dengan benar menggunakan sabun atau bersihkan tangan dengan menggunakan tisu basah. Jadi ayo kita berani melawan virus Corona dengan membiasakan hidup bersih dan sehat.

 

2. Contoh Paragraf Persuasif Tema Pendidikan

Indonesia merupakan salah satu negara yang memberikan kewajiban kepada semua anak di Indonesia untuk menempuh pendidikan minimal selama 12 tahun atau sampai pada jenjang SMA sederajat. Pendidikan merupakan hal yang penting yang seharusnya dimiliki oleh setiap anak di Indonesia. Dengan pendidikan maka pemikiran anak akan terbuka luas.

Namun tidak semua anak di Indonesia dapat memperoleh pendidikan dengan layak, ternyata masih banyak teman teman kita diluar sana yang kesehariannya digunakan untuk bekerja membantu kedua orang tua. Jangankan menempuh pendidikan, untuk hidup sehari-hari mereka saja terkadang cukup sulit.

Pasti semua anak ingin bersekolah herasama temannya dan pulang bisa mendapatkan ilmu dari setiap apa yang di jelaskan oleh guru di sekolah. Seharusnya bagi kita yang memiliki kesempatan untuk bisa bersekolah, janganlah kalian sia-siakan hak itu.

Apalagi bagi anak-anak yang malas untuk bersekolah. Ingat masih banyak anak-anak diluar sana yang menginginkan kesempatan seperti yang kamu miliki. Jadi jangan sia-siakan kesempatan itu dan rajianlah belajar agar kamu dapat meraih cita-cita yang kamu harapkan.

 

3. Contoh Paragraf Persuasif Tema Teknologi

Semakin majunya perkembangan zaman, semakin canggih pula teknologi baru yang tercipta. Canggihnya teknologi terutama gadget saat ini banyak mencuri perhatian para remaja. Bahkan di sadari atau tidak disadari bahwa sebagain orang memenuhi hidupnya hanya berada di depan gadgetnya. Sayangnya tidak semuanya remaja atau pengguna gadget menggunakan gadget dengan sebaik mungkin. Masih saja terdapat beberapa orang yang menyalahkan kegunaan dari fungsi gadget itu sendiri.

Cyber bullying merupakan salah satu dampak yang dihasilkan dari penyalahggunaan gadget. Bentuk dari cyber bullying sendiri dapat berupa ancaman, gangguan ataupun hal-hal yang dapat dilakukan orang lain. Biasanya saya berguling dilakukan melalui media sosial. Cyber bullying dalam bentuk pelecehan juga banyak dilakukan oleh Magnum Magnum tidak bertanggungjawab untuk menghina seseorang yang sudah dijadikan sebagai target.

Perlakuan yang dapat dikatakan sebagai cyber bullying tersebut dapat menjadikan korban merasakan gangguan fisik bahkan sampai mental yang muncul dalam diri korban bahkan cyber bullying dapat mengakibatkan korbannya meraskan depresi yang berlebihan dan berujung keinginan untuk bunuh diri.

Sudah seharusnya kita tanamkan pendidikan akan pentingnya menghormati satu sama lain dan belajar mengetahui baik tidaknya suatu hal sebelum kita melakukannya. Jadi marilah kita memanfaatkan perkembangan teknologi dengan sebaik mungkin tanpa harus merugikan orang lain.

 

Demikian pembahasan kali ini yang dapat pintarnesia sampaikan tentang kalimat persuasif. Semoga pembahasan tersebut dapat memberikan kamu pengetahuan atau wawasan baru. Apabila terdapat kekurangan dalam penulisan ataupun penjelasan, mohon dimaklumi. Terimakasih.