Kalimat Syahadat: Pengertian, Bacaan, Arab, Arti

By

pengertian syahadat

Kalimat syahadat diucapkan oleh seseorang yang ingin berpindah agama dari agama lain untuk menjadi agama Islam jam dan kemudian akan memeluk agama Islam atau yang disebut dengan mualaf. Bagi seseorang yang ingin memeluk agama islam dan ingin menjadi seorang muslim maka wajib hukumnya bagi orang tersebut untuk mengucapkan dua kalimat syahadat.

Seseorang yang ingin mengucapkan dua kalimat syahadat tersebut harus didampingi atau dibimbing dengan bantuan dari seorang ahli agama seperti ustad atau ulama.

Pada pertemuan kali ini pintarnesia akan menjelaskan mengenai kalimat syahadat mulai dari pengertian, bacaan kalimat syahadat dengan tulisan Arab, dan artinya sejarah lengkap. bagi kamu yang ingin tahu penjelasan selengkapnya simak uraian berikut ini.

 

Pengertian Kalimat Syahadat

Syahadat

Pengertian kalimat syahadat adalah kalimat yang diucapkan oleh seseorang secara lisan yang membenarkan dari dalam hati dan kemudian mengamalkannya dengan baik, baik itu secara perilaku ataupun perbuatan. Kalimat syahadat merupakan salah satu rukun Islam yang harus diamalkan oleh setiap umat muslim, karena kalimat syahadat memiliki keutamaan yang sangat penting bagi umat Islam. Sehingga kalimat syahadat ditempatkan pada urutan pertama di dalam rukun Islam.

Selain yang kita ketahui bahwa kalimat syahadat biasa diucapkan oleh seseorang dari agama lain yang ingin memeluk agama Islam (mualaf), kalimat syahadat juga diucapkan kan pada saat proses akad nikah. Di dalam pernikahan mengucapkan kalimat syahadat merupakan salah satu syarat agar pernikahan tersebut dapat sah. Dengan mengucapkan kalimat syahadat maka pasangan pengantin setelah melakukan perjanjian untuk selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangannya.

Baca Juga : bacaan Dzikir Setelah Sholat

 

 

Bacaan Kalimat Syahadat

syahadat

Bacaan syahadat sering disebut juga dengan kalimat syahadatain karena terdiri dari dua kalimat syahadat. Kata-kata makan bersama dalam syahadat memiliki kandungan sebagai kalimat tauhid uluhiyah. Sedangkan pada kalimat kedua merupakan kesaksian dari diri kita terhadap Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Bagi sebagian umat sering kali mereka keliru dalam mengucapkan dua kalimat syahadat. Membaca dua kalimat syahadat yang baik dan benar tersebut terkadang masih saja belum secara menyeluruh diketahui oleh seluruh umat muslim. Oleh karena itu, berikut ini terdapat bacaan kalimat syahadat yang dapat kamu pelajari.

 

1. Bacaan kalimat syahadat Arab

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ

Bacaan Kalimat Syahadat Latin

Asyhadu al laa ilaaha illallaah.

Arti Bacaan Kalimat Syahadat

“Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selian Allah”

 

2. Bacaan Kalimat Syahadat Arab

وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Bacaan Kalimat Syahadat Latin

Wa asyhadu anna muhammadar rasuulullaah.

Arti Bacaan Kalimat Syahadat

” Dan aku bersaksi dengan sebenar-benarnya bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah”

 

 

Kandungan Kalimat Syahadat

syahadat

Berikut ini terdapat beberapa kandungan dari kalimat syahadat. Kandungan tersebut akan dijelaskan seperti berikut ini.

 

1. Janji

Syahadat memiliki makna janji yang artinya yaitu setiap orang atau setiap umat muslim merupakan termasuk orang yang berserah diri hanya kepada Allah SWT dan berjanji untuk selalu taat dalam segala keadaan dan segala perintah dari Allah SWT serta semua pesan yang disampaikan oleh Allah SWT melalui utusan-Nya Nabi Muhammad SAW.

 

2. Ikrar

Syahadat juga merupakan ikrar. makna ikrar dalam syahadat ini adalah pernyataan dari seorang muslim mengenai suatu hal yang dia yakini.

Pada saat seseorang telah mengucapkan kalimat syahadat, maka orang tersebut telah mengemban kewajiban untuk dapat menegakkan dan memperjuangkan apa yang telah dia ikrarkan melalui dua kalimat syahadat dan menegakkan sedang memperjuangkan apa yang dia yakini.

 

3. Sumpah

Syahadat juga dapat mengandung makna sumpah. Seseorang yang telah melakukan atau mengucapkan sumpah, maka orang tersebut telah tersedia untuk dapat menerima apapun akibat dan resiko dalam menjalankan sumpah yang dia ucapkan tersebut.

 

4. Persaksian

Kalimat syahadat juga mengandung persaksian. Arti dari bahasa Korea dalam mengucapkan kalimat syahadat adalah setiap umat muslim menjadi saksi atas pernyataan atau ikrar, janji atom untuk sumpah yang telah seseorang dinyatakan dan ucapkan tersebut.

Baca Juga : 12 Hukum Bacaan Tajwid Lengkap

 

 

Syarat Sah Syahadat

syahadat

Mengucapkan kalimat syahadat haruslah dengan kebenaran yang telah disyariatkan. Apabila seseorang mengucapkan kalimat syahadat tanpa memenuhi syarat-syarat tersebut, kalimat syahadat yang diucapkan tidak sah. Di bawah ini terdapat beberapa syarat sah untuk mengucapkan kalimat syahadat.

 

1. Memiliki ilmu pengetahuan

Ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang merupakan salah satu syarat sah bagi seseorang untuk mengucapkan kalimat syahadat. seseorang yang ingin mengucapkan kalimat syahadat tersebut haruslah mengetahui dan paham secara jelas terkait dengan isi dari kedua kalimat yang nantinya akan diucapkan tersebut, dan bersedia untuk dapat menerima konsekuensi apapun atas apa yang telah diucapkannya.

 

2. Ikhlas

Seseorang yang mengucapkan dua kalimat syahadat tersebut haruslah dibarengi dengan rasa ikhlas dan dengan niat yang lurus untuk dapat menjauhi segala macam niat yang buruk.

 

3. Yakin

Yakin merupakan salah satu hal harus seseorang melakukan sebelum ucapkan dua kalimat syahadat. Seseorang yang akan berisi adat terlebih dahulu harus memiliki keyakinan yang sempurna, dengan memiliki keyakinan maka pengucapan syahadat tersebut tidak didampingi oleh rasa ragu yang dapat menyebabkan pengucapan syahadat menjadi tidak sah.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Teks Ceramah

 

 

Hal – Hal Yang Membatalkan Syahadat

syahadat

Menurut pandangan sebagian orang syahadat merupakan salah satu amalan yang paling sederhana dan tidak sulit untuk dilakukan namun memiliki kandungan atau makna yang luar biasa. Namun terdapat beberapa hal yang juga dapat membatalkan syahadat yang diucapkan oleh seseorang. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat membatalkan syahadat seseorang, antara lain.

  • Segala bentuk perbuatan atau perkataan yang memiliki atau mengandung makna pengingkaran terhadap Rubiyah Allah SWT.
  • Segala sesuatu yang dilakukan untuk mencela Uluhiyah Allah SWT.
  • Dapat membatalkan syahadat apabila melakukan segala sesuatu yang mengandung pengingkaran terhadap sifat dan nama Allah SWT.
  • Melakukan segala bentuk pengingkaran terhadap risalah Rasulullah dan termasuk pula pelecehan terhadap keluarga dan para sahabat Nabi.

Baca Juga : Doa Pagi Hari Islam Lengkap

 

 

Fungsi Kalimat Syahadat

syahadat

Pada umumnya hakikat syahadat bagi seorang muslim atau hamba Allah SWT merupakan salah satu bentuk penghambaan secara sempurna kepada Allah SWT yang dilambangkan dengan cara mengucapkan dua kalimat syahadat dalam bentuk aqidah, syariah dan juga akhlak. Serta juga menerima aturan dan tata cara penyembahan tersebut dari Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Berikut ini terdapat beberapa fungsi isi serta peranan dari kalimat syahadat yang berpengaruh terhadap kehidupan dari seorang hamba Allah SWT, antara lain :

  • Syahadat sebagai landasan kehidupan dari seorang muslim.
  • Sebagai tanda proklamasi atau deklarasi dari seorang hamba atau umat muslim
  • Syahadat sebagai pengikat dan juga pemersatu bagi umat muslim yang satu dengan yang lainnya.
  • Sebagai pemisah atau pemutus antara umat muslim dengan orang kafir.
  • Syahadat merupakan gerbang utama untuk dapat memasuki wilayah keislaman.
  • Syahadat merupakan rukun iman yang pertama di dalam rukun Islam.

 

Itulah pembahasan kali ini tentang kalimat syahadat. Penting bagi seluruh umat muslim untuk mengetahui dan paham terhadap kalimat syahadat. Semoga apa yang telah pintarnesia sampaikan dapat bermanfaat. Apabila terdapat kekurangan mohon dimaklumi. Terimakasih.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.
Baca Lainya Tastynesia:
  1. Opor Ayam Kuning
  2. Dalgona Coffee
  3. Tongseng Sapi
  4. Rawon Daging Sapi
  5. Rendang Daging Sapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *