Kasti

Kalian semua pasti sudah tidak asing lagi dengan olahraga kasti bahkan mungkin menjadikan olahraga kasti ini sebagai favorit. Olahraga ini telah diajarkan sejak sekolah dasar yang dimainkan secara beregu dengan peralatannya yaitu bola dan juga pemukul.

Olahraga ini sering disebut mirip dengan olahraga baseball namun bolanya berbeda. Nah untuk mengetahui lebih banyak mengenai olahraga kasti ini simak penjelasannya dibawah.

  1. Pengertian Kasti
  2. Sejarah Kasti
  3. Teknik Kasti
    1. 1. Teknik Melempar Bola
    2. 2. Teknik Menangkap Bola
    3. 3. Teknik Melambungkan Bola
    4. 4. Teknik Memukul Bola
  4. Cara Bermain Kasti
  5. Peraturan Kasti
  6. Lapangan

Pengertian Kasti

pengertian bola kasti

Kasti adalah salah satu jenis olahraga menggunakan bola dan juga alat pemukul yang dimainkan oleh dua regu dengan teknik tertentu

Olahraga ini biasanya dimainkan pada lapangan atau lahan yang luas oleh orang-orang dari semua usia namun lebih banyak anak-anak muda yang memainkannya, sedangkan untuk perlombaan resmi ada standar dan aturan tersendirinya.

Baca Juga : Sejarah Bola Basket

Sejarah Kasti

sejarah bola kasti

Kasti merupakan salah satu jenis olahraga tertua karena keberadaannya diketahui sejak sebelum masa penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia. Karena permainannya menyenangkan dan beregu sehingga saat ini olahraga kasti menjadi pelajaran olahraga wajib sejak sekolah dasar.

Meskipun dijadikan sebaga pelajaran olahraga wajib bagi anak-anak namun untuk saat ini olahraga kasti ini sudah jarang dilombakan dalam ajang resmi.

Teknik Kasti

teknik bola kasti

Setiap permainan ataupun olahraga pasti memiliki teknik yang berbeda, tujuannya agar tidak terjadi cidera pada saat melakukannya. Dibawah ini terdapat beberapa teknik dasar dalam permainan kasti.

1. Teknik Melempar Bola

teknik melempar bola kasti

Teknik melempar bola terbagi atas empat cabang antara lain sebagai berikut.

a. Melempar Bola Mendatar

Melempar bola mendatar ini dilakukan dengan cara memegang bola pada bagian pangkal ruas jari tangan dan posisi badan dicondongkan kebelakang lalu lengan diayunkan dari bawah keatas dengan diikuti gerakan melempar bola setinggi dada ke arah sasaran.

b. Melempar Bola Melambung

Melempar bola melambung ini dilakukan dengan cara memegang bola pada bagian pangkal ruas jari tangan dan posisi badan dicondongkan kebelakang lalu lengan diayunkan dari bawah keatas diikuti gerakan melempar bola dengan tangan terkuat dan posisi kaki didepan,

Jika menggunakan tangan kanan maka posisi kaki yang didepan adalah kaki kiri sebaliknya jika menggunakan tangan kiri maka posisi kaki yang didepan adalah kaki kanan. Lalu setelah bola akan dilempar kaki belakang melangkah maju kedepan dan fokuskan padangan ke arah sasaran.

c. Melempar Bola Menyusur Tanah

Melempar bola menyusur tanah ini dilakukan dengan cara memegang bola pada bagian pangkal ruas jari tangan dan posisi badan membungkuk lalu lengan diayunkan dari belakang kedepan dengan tetap pada bagian bawah dengan diikuti gerakan melempar bola ke arah sasaran.

d. Melempar Bola Memantul Tanah

Melempar bola memantul tanah ini dilakukan dengan cara memegang bola pada bagian pangkal ruas jari dan posisi badan dicondongkan kedepan dengan posisi kaki yang ditekuk lalu lengan diayunkan dari depan bawah diikuti gerakan melempar bola yang akan memantul dan mengenai arah sasaran.

2. Teknik Menangkap Bola

teknik menangkap bola

Teknik dalam menangkap bola terbagi atas empat cabang yaitu menangkap bola mendatar, menangkap bola melambung, menangkap bola menyusur tanah dan juga menangkap bola memantul tanah.

Meskipun kedengarannya berbeda namun sebenarnya teknik dalam menagkap bola ini sama pada dasarnya antara lain sebagai berikut

  • Fokuskan pandangan mata dari arah bola datang
  • Tangkap bola dengan menggunakan kedua tangan dengan telapak tangan dibuka dan ditempelkan sehingga berbentuk setengah lingkaran
  • Perkenaan bola awal yaitu telapak tangan agar bola berhasil ditangkap maka tangan harus sedikit ditarik kebelakang

3. Teknik Melambungkan Bola

Teknik dalam melambungkan memiliki peran penting karena digunakan sebagai umpan kepada pemukul. Teknik yang digunakan dalam melambungkan bola yaitu menegakkan badan tangan dan kaki menggunakan posisi yang sama,

Jika menggunakan tangan kanan kaki juga kanan sebaliknya jika menggunakan tangan kiri maka kaki kiri, bola yang dipegang diletakkan pada atas paha dengan posisi badan condong kedepan.

Setelah itu lengan diputar 360 derajat dengan memegang bola diikuti kaki belakang melangkah kedepan kemudian lengan diayunkan kedepan dan lepaskan bola pada saat sampai disamping paha diiringi lecutan pergelangan tangan.

Baca Juga : Permainan Bulu Tangkis

4. Teknik Memukul Bola

teknik memukul bola

Teknik memukul bola terbagi atas tiga cabang yaitu memukul bola mendatar, memukul bola melambung dan juga memukul bola memantul tanah.

Meskipun kedengarannya berbeda namun sebenarnya teknik dalam memukul bola ini sama pada dasarnya antara lain sebagai berikut

  • Salah satu tangan memegang alat pemukul dan yang tangan lainnya memegang pada bagian pemukul lainnya pada bagian lebih kecil
  • Posisi badan berdiri menyamping dan posisi kaki dibuka selebar bahu, bola akan melambung pada sisi samping badan
  • Posisikan alat pemukul diatas bahu dan tangan yang memegang pemukul ditekuk
  • Fokuskan pandangan ke arah pelambung karena merupakan arah bola datang
  • Selanjutnya alat pemukul diayunkan dan posisi siku lurus diikuti lecutan pergelangan tangan pada saat bola pada posisi pukulan
  • Gerakan lanjutannya adalah kaki belakang dilangkahkan kedepan

Cara Bermain Kasti

Seperti permainan lainnya permainan kasti dilakukan berdasarkan teknik yang telah dipelajari diikuti peraturan yang berlaku. Karena permainan ini merupakan permainan beregu sehingga diperlukan kerjasama yang baik antar anggotanya, para anggota tim harus bertanggung jawab atas peran dalam tim masing-masing.

Anggota tim kasti biasanya berjumlah 12 orang tiap regunya. Sebelum mulai bertanding harus ditentukan regu manakah yang akan bermain terlebih dahulu, selain itu permainan harus dilakkan secara sportif.

Baca Juga : Sejarah Sepak Bola

Peraturan Kasti

Dalam olahraga permainan kasti ini terdapat beberapa peraturan didalamnya antara lain sebagai berikut

  1. Wasit : wasit merupakan orang yang memimpin permainan kasti ini, wasit ini tidak bekerja sendiri melainkan dibantu oleh tiga orang penjaga garis dan seorang pencatat waktu.
  2. Jumlah Pemain : kasti dilombakan dengan dua regu yang masing-masing regunya berisi 12 orang anggota termasuk seorang kapten, masing-masing anggotanya harus menggunakan nomor dada dari 1 hingga 12, ada pula pemain cadangan yang biasanya berjumlah 6 orang.
  3. Waktu Permainan : permainan kasti dibagi menjadi dua babak yang tiap babaknya berdurasi 20 hingga 30 menit dengan durasi istirahat 15 menit.
  4. Tim Penjaga : tim penjaga bertugas mematikan lawan dengan melemparkan bola kepada pemukul tim lawan ataupun dapat langsung menangkap bolanya dari pemukul bukan hanya itu tim pemukul juga akan menempati ruang kosong dalam lapangan.
  5. Tim Pemukul : setiap pemain kasti akan diberi kesempatan memukul satu kali kecuali pemain terakhir yang diberi kesempatan memukul tiga kali.
  6. Pelambung : pelambungan bola akan dilakukan sesuai dengan permintaan pemukul , jika pelambung melemparkan bolanya tidak sesuai dengan permintaan maka pemukul boleh tidak memukul bola tersebut hingga 3 kali berturut-turut maka pemukul dapat berlari bebas menuju tiang pemberhentian pertama.
  7. Perolehan Nilai : pemain yang sukses memukul harus segera berlari ke pemberhentian I,II,III dan ruang bebas secara bertahap, jika sudah maka timnya akan memperoleh 1 poin. Jika pemain yang sukses memukul berhasil melewati tiang-tiang pemberhentian dan kembali ke ruang bebas dengan pukulannya sendiri tersebut maka timnya akan memperoleh 2 poin. Jika tim penjaga dapat menangkap bola yang melambung secara langsung maka timnya akan memperoleh 1 poin. Pemenang akan ditentukan berdasarkan tim yang paling banyak memperoleh poin.
  8. Pergantian Tempat : pergantian tempat akan dilakukan oleh tim panjaga dan tim pemukul jika salah satu anggota tim pemukul terkena lemparan bola atau saat alat pemukul lepas dari tangan pemukul.

Lapangan

Lapangan kasti memiliki standar ukuran ukuran panjang 40 meter, lebar 70 meter dan 10 meter untuk bagian ruang tunggunya. Berikut ini adalah gambar untuk lebih jelasnya.

lapangan bola kasti

Demikian sedikit informasi mengenai KASTI: Pengertian, Sejarah, Teknik, Cara Bermain, Peraturan, Lapangan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.

Originally posted 2020-07-24 05:14:43.