Komunikasi Daring: Jenis, Manfaat, Contoh, Tujuan, Kelebihan, Komponen

12 min read

tujuan komunikasi daring

Komunikasi Daring – sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial tentunya kita tidak terlepas dari yang namanya komunikasi si dengan makhluk sosial lainnya.

Komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai makhluk sosial, Karena tanpa melakukan komunikasi dapat dimungkinkan bahwa manusia tidak bisa untuk saling mengenal satu sama lain.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman semakin meningkat terutama pada bidang teknologi, komunikasi daring saat ini lebih banyak digunakan. Di zaman yang modern ini banyak manusia lebih memilih untuk berkomunikasi melalui komunikasi daring yang lebih mudah jangkauannya.

Mungkin diantara kamu masih belum memahami apa yang dimaksud dengan komunikasi daring, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang komunikasi daring yang di awali dengan pengertian komunikasi, jenis komunikasi daring, manfaat, contoh komunikasi daring, tujuan, kelebihan, komponen, fungsi secara lengkap.

 

Pengertian Komunikasi

daring

Sebelum membahas mengenai pengertian komunikasi daring, alangkah lebih baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa itu komunikasi.

Pengertian komunikasi adalah suatu proses di mana pada proses tersebut terdapat seseorang atau bahkan lebih dari satu orang, baik itu kelompok ataupun organisasi si dan masyarakat menciptakan serta menggunakan informasi supaya dapat terhubung dengan lingkungan dan dengan makhluk sosial.

Komunikasi yang dilakukan oleh manusia sebagai makhluk sosial dapat berupa komunikasi secara verbal ataupun komunikasi secara non verbal.

Seiring majunya perkembangan zaman komunikasi yang awalnya hanya melingkupi komunikasi pada lingkungan daerah saja, namun sekarang jangkauan untuk melakukan komunikasi menjadi semakin luas terutama karena adanya komunikasi daring atau komunikasi dalam jaringan.

Baca Juga : Pengertian Pergaulan Bebas

 

 

Pengertian Komunikasi Daring

daring

Pengertian komunikasi daring atau komunikasi dalam jaringan adalah suatu proses untuk melakukan komunikasi dengan cara mengirimkan pesan kepada penerima yang dilakukan melalui jaringan internet.

Salah satu contoh atau bentuk komunikasi daring adalah pada penggunaan internet. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pada zaman yang canggih ini internet adalah alat komunikasi yang efektif dan juga efisien untuk dapat digunakan.

Komunikasi daring dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai layanan internet misalnya seperti Gmail, Facebook, WhatsApp, Line, Instagram dan masih banyak lagi. Saat ini telah tersedia banyak sekali media online yang dapat dijadikan sebagai perantara untuk melakukan komunikasi daring.

Melalui media online tersebut seseorang dapat mengirimkan pesan baik itu berupa teks atau bahkan gambar dan video kepada seseorang atau penerima.

 

 

Jenis – Jenis Komunikasi Daring

daring

Komunikasi daring yang dapat dilakukan dengan melalui berbagai media online ternyata terbagi menjadi dua jenis, diantaranya adalah komunikasi daring sinkron (bersamaan) dan komunikasi daring asinkron (tidak bersamaan). Di bawah ini akan dijelaskan tentang kedua jenis komunikasi daring tersebut.

 

1. Komunikasi Daring Sinkron (Bersamaan)

Komunikasi daring sinkron atau komunikasi dalam jaringan secara bersamaan merupakan suatu proses komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan komputer sebagai salah satu media yang dapat dilakukan secara bersamaan, dengan waktu yang nyata atau real time. Terdapat beberapa contoh proses aplikasi daring secara bersamaan diantaranya adalah sebagai berikut:

 

a. Text Chat

Contoh komunikasi daring sinkron yang pertama adalah teks chat. Teks chat sendiri adalah salah satu fitur aplikasi atau sistem dan program pada jaringan internet yang dapat berfungsi untuk bisa melakukan komunikasi secara langsung dengan pengguna internet yang sedang dalam jaringan atau daring yang sama-sama terhubung pada jaringan internet.

Pada aplikasi text chat pengguna jaringan internet hanya dapat mengirim pesan yang berupa teks saja. Komunikasi dengan melalui teks chat akan mengirimkan suatu teks kepada ada seseorang yang dituju atau seseorang yang sedang daring yang dalam jaringan internet, dan kemudian orang yang dikirimkan pesan yang kemudian orang yang dikirimkan suatu teks tersebut membalas dengan menggunakan teks chat juga dan begitu seterusnya.

 

b. Video Chat

Untuk komunikasi daring sinkron atau secara bersamaan yang kedua ada videi chat. Video chat adalah salah satu bentuk teknologi yang digunakan untuk melakukan interaksi audio video pada waktu yang nyata atau real time antara pengguna pada tempat yang berbeda.

Pada umumnya video chat dilakukan melalui perangkat komputer atau dapat juga dilakukan pada tablet atau pada smartphone.

Terdapat beberapa jenis atau bentuk video chat yang dapat digunakan antara lain dapat berupa interaksi point to point ( satu-satu) seperti contohnya adalah face Time, Skype dan lain sebagainya.

Interaksi isi bentuk lain misalnya seperti multipoint (satu ke banyak, atau banyak ke ke banyak) Seperti contohnya adalah Hangouts Google plus dan lain sebagainya.

Definisi video chat masih belum banyak diketahui oleh orang, sehingga masih saja banyak yang salah mengartikan bahwa video chat merupakan video conference.

Tentunya terdapat perbedaan antara video chatting dengan video conference. Di mana pengertian video chat sendiri secara umum merujuk pada komunikasi dengan video antara dua orang individu (point to point).

Sedangkan pengertian video conference secara umum lebih mengacu kepada komunikasi antara 3 pihak atau bahkan lebih (multipoint).

 

2. Komunikasi Daring Asinkron (Tidak Bersamaan)

Untuk jenis komunikasi asinkron atau komunikasi yang dilakukan secara tidak bersamaan pengertiannya adalah komunikasi yang menggunakan perangkat komputer atau perangkat yang lainnya namun dijalankan secara tunda.

Contoh bentuk kegiatan komunikasi daring secara singkat atau sejarah tidak persamaan misalnya adalah komunikasi yang dilakukan pada suatu forum, email, rekaman simulasi visual, membaca serta menulis dokumen pada jaringan dengan melalui sebuah website.

 

 

Manfaat Komunikasi Daring

kelebihan komunikasi daring

Komunikasi daring yang saat ini telah banyak digunakan oleh sebagian besar orang untuk menjalankan kewajibannya yang merupakan makhluk sosial terdapat beberapa manfaat bagi pengguna komunikasi daring tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang diberikan kepada para pengguna yang menjalankan komunikasi dari atau komunikasi dalam jaringan.

  • Komunikasi daring dapat dijadikan sebagai salah satu sarana e-commerce untuk melakukan perdagangan atau jual beli online.
  • Dengan menggunakan komunikasi daring agar dapat lebih mempermudah para peserta didik atau pelajar dan juga guru atau pengajar dalam melakukan interaksi dan komunikasi pembelajaran.
  • Dengan menggunakan komunikasi daring akan dapat lebih mempermudah mendapatkan informasi yang ada pada tempat yang jauh atau sulit di jangkau.
  • Komunikasi daring merupakan salah satu media atau sarana untuk melakukan interaksi atau komunikasi.
  • Komunikasi daring juga dapat dijadikan sebagai media atau sarana E-learning atau pembelajaran online bagi para pelajar atau mahasiswa.
  • Dapat juga dijadikan sebagai salah satu sarana E-Banking atau perbankan online.
  • Dengan menggunakan komunikasi daring akan dapat lebih mempermudah dan dapat dijadikan sebagai suatu sarana riset.
  • Komunikasi daring dapat dimanfaatkan sebagai suatu media atau sarana hiburan interaktif.

 

 

Contoh Komunikasi Daring

contoh komunikasi daring

Terdapat beberapa media online yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi daring atau komunikasi dalam jaringan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Text chat dan video call melalui WhatsApp
  • Text chat San video call melalui Line
  • Text chat melalui Messenger
  • Video call melalui google hangouts
  • Video chat melalui Skype
  • Text chat melalui Facebook dan lain sebagainya.

 

 

Tujuan Komunikasi Daring

tujuan komunikasi daring

Komunikasi daring dapat digunakan dimana saja dan kapan pun kita berada. Kita dapat berkomunikasi dengan banyak orang dengan menggunakan komunikasi daring atau komunikasi dalam.

Hal itu menunjukkan Salah satu bukti bahwa semakin majunya perkembangan zaman maka semakin tinggi pula teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi.

Namun tentunya kita harus mengetahui apa saja tujuan menggunakan komunikasi daring agar kita dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan tujuan yang. Berikut ini merupakan beberapa tujuan komunikasi daring secara umum:

 

1. Untuk Media Komunikasi

Seperti yang kita ketahui bahwa komunikasi daring adalah salah satu media komunikasi yang canggih seiring dengan majunya perkembangan zaman. Dengan adanya komunikasi daring, maka proses komunikasi yang kita lakukan akan menjadi lebih mudah, efektif dan efisien.

Media komunikasi yang digunakan berupa media komunikasi dalam jaringan misalnya smartphone, komputer dan lain sebagainya.

Meskipun penggunaan komunikasi yang sangat luas, namun tetap ada aturan undang-undang ite yang dijadikan sebagai Undang-Undang ITE yang dijadikan sebagai acuan dan batasan dalam melakukan komunikasi dalam jaringan.

 

2. Untuk Integrasi Data

Tujuan komunikasi daring yang berikutnya adalah untuk integrasi data. Informasi atau data yang ada pada komputer pusat dapat diintegrasikan ke komputer lain yang memiliki jaringan internet agar dbisa mengakses data dan informasi tersebut. Jadi sebagai pemilik laptop atau PC kita menjadi tidak ketergantungan pada komputer pusat.

 

3. Menghemat Tenaga

Salah satu tujuan untuk komunikasi daring adalah untuk menghemat tenaga Apabila kita ingin berkomunikasi dengan orang yang sedang berada jauh dengan kita. Akan tetapi, dengan menggunakan komunikasi daring maka kita dapat berkomunikasi dengan mudah tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga.

 

4. Menghemat Waktu

Selain menghemat tenaga dengan komunikasi daring juga akan lebih menghemat waktu. dengan menggunakan komunikasi daring atau komunikasi dalam jaringan maka kita dapat interaksi dengan saya efektif dan seefisien mungkin.

Dengan begitu, kita tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk dapat berkomunikasi dengan banyak orang di berbagai tempat yang berbeda.

 

5. Kritis

Komunikasi daring juga akan membuat para penggunanya menjadi lebih kritis. Hal tersebut dapat terjadi karena seringnya muncul informasi atau berita yang tersebar luas dengan akses yang mudah oleh siapapun menjadikan kita dapat lebih kritis lagi untuk menghadapi kehidupan sosial yang ada disekitar kita.

 

6. Media Ekspresi

Adanya komunikasi daring ini kita dapat mengekspresikan diri kita yang diwakili dengan melalui berbagai media seperti misalnya pada tulisan, gambar atau video. dengan demikian maka kita akan menjadi seseorang yang lebih terbuka dengan berbagai persoalan yang kita hadapi.

Tujuan komunikasi daring menjadi media ekspresi dapat kita lihat melalui contoh seperti pembuatan status atau stori yang di buat oleh pengguna jaringan internet. Yang merupakan ungkapan hati yang dialami oleh pengguna.

 

7. Bermasyarakat

Dengan adanya komunikasi daring maka kita akan lebih mudah untuk bersosial atau lebih mudah untuk bermasyarakat. Dengan melalui berbagai media komunikasi dari misalnya seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya kita akan dapat lebih mudah untuk bersosialita.

 

8. Web Browsing

Komunikasi daring juga bertujuan untuk mendapatkan berbagai informasi melalui suatu media misalnya dengan weh browsing. Dengan web browsing maka kita dapat mengetahui segala hal yang ingin kita ketahui. Contoh media untuk melakukan web browsing diantaranya adalah Google Chrome, Mozilla, Internet Explorer, Opera Dan lain sebagainya.

 

9. Otoritas Norma

Komunikasi daring juga dapat digunakan untuk menyebarkan berbagai informasi kebijakan pemerintah. Komunikasi daring dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan segala kebijakan pemerintah berupa norma dan aturan yang berlaku di negara. Dengan adanya komunikasi daring, maka pemerintah tidak perlu menginformasikan segala aturan secara langsung.

 

10. Adaptasi Sosial

Adanya komunikasi dari akan memudahkan seseorang untuk beradaptasi sosial dengan sesama. Hal ini dikarenakan sifat keterbukaan yang dimiliki oleh para pengguna karena adanya internet positif.

Baca Juga : Contoh Berpikir Kritis

 

 

Fungsi Komunikasi Daring

daring

Melakukan komunikasi daring atau komunikasi dalam jaringan juga memiliki beberapa fungsi dari penggunaanya tersebut. Berikut ini merupakan beberapa fungsi yang dimiliki pada komunikasi dari atau dalam jaringan seperti berikut:

  • Komunikasi daring dapat dbeefungsi sebagai media informasi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan dan juga informasi kepada para penerima informasi.
  • Sebagai ekspresi emosional, artinya komunikasi daring dapat dijadikan sebagai perwakilan dari suatu individu atau kelompok.
  • Dengan menggunakan komunikasi daring dapat lebih menghemat waktu dan lebih efisien untuk dilakukan
  • Komunikasi daring dapat mengendalikan dan juga sekaligus untuk mengatur suatu informasi sebagai kewenangan dari individu atau kelompok. .
  • Sebagai motivasi untuk dapat mengajukan pada pekerjaan dan juga semangat kerja dari para karyawan untuk melakukan pekerjaannya.
  • Untuk menghemat biaya untuk dapat berkomunikasi dengan orang yang jauh kita tidak perlu harus berada di samping orang tersebut dengan mengeluarkan biaya yang banyak untuk perjalanan. Dengan menggunakan komunikasi daring kita dapat melakukan interaksi atau komunikasi dimana saja dengan biaya yang lebih terjangkau.
  • Komunikasi daring dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, artinya komunikasi daring dapat dilakukan sesuai keinginan dari si pengguna tanpa adanya batasan waktu atau tempat.
  • Dengan melakukan komunikasi daring juga dapat dijadikan sebagai kontrol yang diawasi oleh menteri komunikasi sebagai badan pengawasan komunikasi dalam negeri.
  • Berfungsi sebagai ilmu teknologi bahwa komunikasi daring bermula dari ilmu pendidikan yang pada saat itu dijadikan sebagai bahan penelitian.
  • Kemudahan untuk dapat melakukan komunikasi menjadikan intensitas komunikasi menjadi lebih bertambah tanpa adanya batasan.
  • Berfungsi sebagai partisipasi, bahwa dengan menggunakan komunikasi daring dapat menjadikan peningkatan partisipasi di dalam diri individu atau pada kelompok dalam melakukan proses komunikasi.
  • Seseorang dapat terdorong semangatnya untuk dapat bekerja karena lebih mudah untun mengakses informasi dan akses komunikasi.
  • Sebagai penyalur ide, informasi yang diberikan pada jaringan internet dapat menjadi salah atau sumber ide bagi individu untuk menjadi lebih kreatif.
  • Dapat dijadikan sebagai salah satu media melakukan kegiatan sosial. Misalnya melalui media online kita dapat menggalang dana untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah.
  • Fungsi untuk negara sendiri dapat membantu pemerintah dalam menyampaikan berbagai informasi kepada publik atau masyarakat umum.

 

 

Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Daring

pengertian komunikasi daring

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan komunikasi daring, antara lain.

1. Kelebihan Komunikasi Daring

Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki jika menggunakan interaksi atau komunikasi daring atau Salma jaringan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Komunikasi lebih efisien dalam penggunaan biaya karena komunikasi ini tidak mengharuskan seseorang untuk bertatap muka secara langsung. Oleh karena itu Interaksi seperti pada komunikasi daring ini lebih menghemat penggunaan biaya.
  • Meningkatkan mutu partisipasi dari masyarakat karena jalur komunikasi terbuka lebar dan semua orang dapat berpartisipasi dalam diskusi.
  • Efisien dalam hal waktu, komunikasi daring lebih menghemat waktu penggunaan serta lebih dapat untuk memanfaatkan waktu tanpa membuang waktu untuk menghabiskanya di dalam perjalanan.
  • Dengan komunikasi daring telah terintegrasi dengan layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) lainya.
  • Meningkatkan intensitas komunikasi masyarakat. Untuk tipe orang yang memiliki sifat Dian dalam dunia nyata akan lebih bisa mengekspresikan dirinya melalui dunia maya dan lebih aktif untuk melakukan komunikasi dari melalui media online.

 

2. Kelemahan Komunikasi Daring

Selain memiliki kelebihan, komunikasi daring juga memiliki kelemahan yang mungkin dapat cukup mengganggu bagi sebagian orang. Apa saja kelemahan yang dimiliki saat akan melakukan komunikasi daring? Berikut ini merupakan penjelasannya:

  • Apabila kita ingin melakukan interaksi melalui komunikasi daring atau komunikasi dalam jaringan salah satu syaratnya adalah harus menggunakan perangkat khusus, komunikasi daring membutuhkan beberapa komponen seperti software dan juga hardware.
  • Pada komunikasi daring seringkali terdapat beberapa informasi yang malah tidak terlalu dibutuhkan bagi pengguna. Informasi yang terlalu banyak tersebut justru akan membuat bingung si penerima pesan.
  • Dengan menggunakan komunikasi daring maka penerima pesan tidak bisa mendapatkan atau tidak tahu emosi dari si pengguna komunikasi daring yang lain. Meskipun mereka sedang melakukan interaksi.
  • Komunikasi daring juga cukup menyita konsentrasi karena melakukan komunikasi dalam jaringan dilakukan pada waktu dan pada tempat yang tepat, sehingga hal itu dapat membahayakan diri sendiri dan bahkan orang lain.

 

 

Komponen Pendukung Komunikasi Daring

kelebihan komunikasi daring

Terdapat beberapa komponen yang harus tersedia dan harus ada sebelum melakukan komunikasi daring atau komunikasi dalam jaringan. Berikut ini merupakan komponen pendukung komunikasi daring yang dikelompokkan menjadi 3 bagian diantaranya yaitu:

 

1. Komponen perangkat keras (hardware)

Komponen yang pertama untuk bisa melakukan komunikasi daring atau komunikasi dalam jaringan adalah komponen perangkat keras atau hardware. Komponen perangkat keras adalah komponen yang bentuknya dapat dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung.

Contoh dari perangkat keras yang kamu butuhkan untuk melakukan interaksi atau komunikasi dari diantaranya seperti komputer, headset, smartphone, dan perangkat pendukung koneksi jaringan internet.

 

2. Komponen perangkat lunak (software)

Setelah membutuhkan perangkat keras atau hardware, untuk bisa melakukan komunikasi daring atau komunikasi dalam jaringan juga membutuhkan perangkat lunak atau software yang berguna untuk bisa menjalankan suatu proses yang diinginkan.

Komponen perangkat lunak atau software sangat dibutuhkan sebagy jembatan atau penghubung antara pengguna (brainware) dan perangkat keras (hardware). Contoh perangkat lunak yang biasa digunakan untuk melakukan komunikasi daring atau komunikasi dalam jaringan diantaranya seperti google+, hangouts, webconference dan lain sebagainya.

 

3. Pengguna atau Brainware

Brainware atau pengguna juga merupakan komponen terpenting agar komunikasi daring dapat dilakukan. Manusia merupakan orang yang terlibat dalam penggunaan dan juga pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras agar bisa melakukan komunikasi daring atau komunikasi dalam jaringan.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai komunikasi daring atau yang biasa disebut dengan komunikasi dalam jaringan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Apabila terdapat kesalahan atau kekurangan dalam penulisan atau penjelasan, mohon dimaklumi.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.
Baca Lainya PantaiNesia:
  1. Pantai Legian
  2. Pantai Srau
  3. Pantai Watu Karung
  4. Pantai Watu Bale
  5. Pantai Teleng Ria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight