Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

1001+ Kosakata Bahasa Jepang: Artinya, A-Z Lengkap

7 min read

kosa kata bahasa jepang

Kosa Kata Bahasa Jepang – Bahasa Jepang memang saat ini telah banyak diterapkan di sekolah-sekolah hal tersebut untuk berguna untuk menambah pengetahuan bahasa internasional setiap siswa, terutama bagi anak bahasa tentunya tidak asing lagi dengan bahasa Jepang.

Akan tetapi hal tersebut bukan berarti orang yang tidak masuk sekolah dengan jurusan bahasa dan di sekolahnya tidak terdapat pelajaran bahasa Jepang yang, bukan berarti mereka juga tidak bisa untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Jepang.

Selain bahasa Inggris bahasa Jepang juga penting dan sangat baik jika kita fasih dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Jepang. Kau ini pintar nih saya akan memberikan beberapa contoh kosakata bahasa Jepang yang yang sering dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi dengan sesama.

Banyak kita ketahui bahwa saat ini bahasa Inggris juga sudah banyak dikuasai oleh orang Indonesia bahkan orang yang tidak pandai bahasa Inggris pasti tahu bahwa terdapat kalimat yang umum digunakan antara lain yaitu:

  • How are you?
  • Hi!
  • Hello?

Selain itu terdapat pula kosakata bahasa Jepang yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk memulai percakapan antara lain yaitu:

  • Konnichiwa
  • Arigatou gozaimashita
  • Irashimase

 

Contoh Kosakata Bahasa Jepang

contoh kosakata nahasa jepang

 

Untuk dapat mengetahui contoh kosakata sehari-hari bahasa Jepang saat sedang berada di restoran, karena pada umumnya seseorang yang sedang berada di restoran tentu akan mengeluarkan obrolan terutama saat akan memesan makanan. Berikut ini merupakan berikut ini merupakan turunan bahasa Jepang saat sedang berada di restoran. Simaklah uraian yang lebih lengkap di bawah ini.

Percakapan Orang Saat sedang di Restauran

  • Irashaimase = Selamat Datang
  • Konniciiwa = Selamat siang
  • Dozo suwate kudasai = Mari silakan duduk
  • Hai, arigato gozaimashita = Iya, terima kasih.
  • Kore menvu kudasai. Nanika rabemasuka? = Ini menunya silakan. Mau makan apa?
  • Watashi no messēji no rāmen = Saya pesan mie ramen

Pada umumnya kosakata adalah suatu kumpulan kata-kata yang merupakan bagian yang termasuk ke dalam suatu kalimat dalam bahasa. dengan kata lain pengertian dari kosakata merupakan himpunan dari keseluruhan kata-kata yang dapat dimengerti oleh seseorang atau yang memungkinkan untuk digunakan oleh seseorang untuk disusun ke dalam suatu kalimat baru.

 

 

1001 Kosakata Bahasa Jepang dan Artinya

 

Untuk menambah perbendaharaan kata atau menambah kosakata supaya kamu lebih memahami itu lebih lancar dalam berbahasa Jepang berikut ini merupakan penjelasan tentang kosakata bahasa Jepang dan artinya secara lengkap.

 

a. Aisatsu yang Memiliki Arti Salam

Sebelum memulai obrolan atau percakapan dengan orang lain alangkah baiknya untuk membuka percakapan tersebut kita menggunakan kata salam. Oleh karena itu jika kamu ingin belajar bahasa Jepang maka kamu pun juga harus mengetahui kosakata bahasa Jepang untuk mengawali percakapan salah satunya adalah salam.

Salam dalam bahasa Jepang umumnya sama dengan salam biasa kita gunakan sehari-hari untuk memulai percakapan. Berikut ini merupakan salam yang dapat kamu gunakan untuk memulai percakapan atau memulai obrolan dalam kehidupan sehari-hari menggunakan bahasa Jepang. .

  • おはようございます (Ohayou Gozaimasu) = Selamat Pagi (Pukul 06.00 – 10.30)
  • こんにちは (Konnichiwa) = Selamat Siang (Pukul 10.30 – 17.00)
  • こんばんは (Konbanwa) = Selamat Malam (Pukul 17.00 – 22.00)
  • おやすみなさい (Oyasuminasai) = Selamat Tidur
  • さようなら (Sayounara) = Selamat Tinggal

Berikut ini merupakan penjelasan dari kalimat salam lainnya yang biasa diucapkan oleh orang Jepang untuk memulai suatu percakapan atau obrolan.

 

1. Konnichiwa (こんにちは)

Konnichiwa adalah salah satu contoh kata atau kosakata yang biasa diucapkan oleh seseorang untuk memulai awal pembicaraan atau aisatsu. Arti dari konnichiwa sendiri adalah Selamat siang atau selamat sore. Seperti artinya selamat siang atau selamat sore, kosakata ini biasanya digunakan oleh seseorang untuk memulai pembicaraan atau dolan dengan orang lain di waktu sore hari.

 

2. Genki Desu (げんきです)

Genki Desu adalah salah satu kata atau kosakata yang termasuk ke dalam kelompok aisatsu. Ari dari Genki Desi sendiri adalah aku baik-baik saja. Biasanya kosakata ini digunakan apabila mendapatkan pertanyaan ” Ikaga desu ka (いかがですか” atau ” apa kabar?”. Biasanya kalimat ini atau kosakata ini digunakan oleh seseorang yang telah lama tidak bertemu dengan orang lain.

 

3. Oyasiminasai

Kata oyasuminasai merupakan kosakata aisatsu yang biasanya diucapkan dalam percakapan kepada orang lain. Arti dari oyasuminasai adalah “selamat tidur” biasanya kosakata ini sering diucapkan oleh seseorang kepada orang lain yang ingin tidur. Kosa kata oyasuminasai maknanya yaitu salam yang diucapkan oleh seseorang kepada orang terdekat.

 

b. Daimeishi atau Kata Ganti Orang

Dalam bahasa Indonesia sendiri penggunaan ganti orang biasanya berupa, kamu, dia, saya, aku, mereka dan yang lainnya. dan kata ganti orang pun juga digunakan oleh orang Jepang tahu dengan bahasa Jepang. Terdapat beberapa kata ganti dalam bahasa Jepang yang secara umum banyak digunakan saat kita berbicara dalam suatu percakapan. Berikut ini merupakan macam-macam kata ganti dalam bahasa Jepang.

 

1. Kata Ganti Orang Pertama

Untuk kata ganti orang pertama umumnya menggunakan kata saya, aku, gue dan lainya. Kata ganti ini merupakan kata ganti yang mewakilkan orang yang ingin berbicara. Kata ganti orang pertama dalam bahasa Jepang seperti berikut ini.

  • Boku (ぼく) : Aku merupakan kata ganti orang pertama untuk menunjukkan dia atau orang yang ber gender laki-laki.
  • Ore (おれ) : Sama halnya dengan kata ganti orang pertama ” Boku”, kata ganti Ore juga berarti kan atau mewakilkan seseorang yang yang gender laki-laki, akan tetapi kosakata ini biasa digunakan oleh seseorang untuk meninggikan status sosialnya. Dalam bahasa Indonesia sendiri dapat diartikan dengan gue.
  • Atashi (あたし) : kata si merupakan kata ganti orang pertama untuk menunjukkan dia atau orang yang ber gender perempuan.
  • Watashi (わたし) : watashi merupakan kata ganti orang pertama yang paling sering diucapkan atau paling umum digunakan dalam berbagai macam situasi. Kata ganti ini memiliki arti atau sama dengan kata “aku” atau “saya” dalam bahasa Indonesia.
  • Watakushi (わたくし) : kemudian yang selanjutnya merupakan watakushi yang artinya adalah “saya”. Biasanya kata ganti orang pertama ini umum digunakan pada saat situasi yang formal, dalam acara-acara resmi untuk menghormati orang yang belum dikenal.

 

2. Kata Ganti Orang Kedua Tunggalkosa kata bahasa jepang

Secara umum penggunaan bahasa Jepang juga sama dengan yang lainnya terutama bahasa Indonesia. Untuk kata ganti orang kedua tunggal dalam bahasa Indonesia dapat berupa: kamu, anda. Begitupun dalam bahasa Jepang terdapat pula kata ganti orang kedua tunggal yang akan dijelaskan seperti berikut ini.

  • Omae (おまえ) :omae merupakan kata ganti orang kedua yang termasuk kata yang memiliki sifat atau biasa digunakan oleh orang-orang yang telah akrab, jika dalam bahasa Indonesia arti dari kata omae sama halnya dengan “Loe”. Kata ganti orang kedua tunggal ini dapat dibilang merupakan kata ganti gaul bagi orang Jepang.
  • Kimi (きみ) : Kimi merupakan kata ganti orang kedua yang biasa digunakan dalam acara-acara formal atau dalam situasi formal. Secara umum kimia biasa digunakan oleh seseorang yang begender laki-laki.
  • Anata (あなた) : untuk kata ganti orang kedua tunggal yang selanjutnya adalah Anata. Kata ganti ini merupakan pasangan dari kata ganti orang pertama tunggal yaitu watashi. Arti dari Anata adalah “kamu” atau “anda”.
  • Anta (アンタ) : kemudian untuk kata ganti ini biasa digunakan dalam situasi yang santai atau informal. Kata ganti ini biasa diucapkan oleh orang-orang yang memulai percakapan dengan orang lain yang telah akrab.

 

3. Kata Ganti Orang Ketiga Tunggal

Untuk kata ganti orang ketiga tunggal biasa diucapkan dengan menggunakan kata dari nama orang tersebut. kata ganti orang ketiga tunggal dalam bahasa Jepang antara lain adalah sebagai berikut.

  • Kare : merupakan kata ganti orang ketiga tunggal “kare” yang artinya yaitu mewakilkan seseorang yang mempunyai jenis kelamin laki-laki atau dapat pula seorang pacar laki-laki.
  • Ano Kata : biasanya kata ganti orang ketiga tunggal ini sering digunakan dalam keadaan yang formal untuk menghormati orang yang diajak berbicara.
  • Ano Hito : untuk kata “Ano Hito”  merupakan kata ganti yang berlawanan dengan “Ano Kata” . Untuk jenis kata ganti ini dapat kamu gunakan pada keadaan atau situasi yang formal ataupun informal.
  • Kanojo : kanojo untuk kata ganti orang ketiga tunggal dalam bahasa Jepang mempunyai dua makna. Kata ganti ini hanya dapat digunakan untuk kata ganti orang yang mempunyai jenis kelamin perempuan.

Baca Juga : 3500+ Kosakata Bahasa Korea: Lengkap, Arti dan Terjemahan

 

c. Nama Hari Dalam Bahasa Jepang

Nama-nama hari merupakan kosakata bahasa Jepang yang wajib dikuasai Jika kamu benar-benar ingin pandai dalam berbahasa Jepang, karena kata ini umum atau sering pula digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau dalam percakapan. Dalam bahasa Jepang kosakata nama hari dinamakan dengan HIBI yang artinya nama hari atau keterangan hari. Berikut ini merupakan nama-nama hari dalam bahasa Jepang beserta artinya.

  1. Senin : Getsuyoubi (げつようび)
  2. Selasa : Kayoubi (かようび)
  3. Rabu : Suiyoubi (すいようび)
  4. Kamis : Mokuyoubi (もくようび)
  5. Jumat : Kinyoubi (きんようび)
  6. Sabtu : Doyoubi (どようび)
  7. Minggu : Nichiyoubi (にちようび)

Baca Juga :

 

d. Keterangan Waktu Dalam Bahasa Jepang

Untuk melakukan percakapan atau obrolan selain terdapat nama-nama hari, pasti disertai juga dengan keterangan waktu yang berkaitan dengan nama-nama hari. Berikut ini merupakan keterangan waktu dalam bahasa Jepang beserta artinya.

  • Pagi : Asa  (あさ)
  • Tadi pagi : Kesa (けさ)
  • Hari ini : Kyoo (きょう)
  • Kemarin : Kinoo (きのう)
  • Lusa : Asatte (あさって)
  • Tadi malam : Yuube (ゆうべ)
  • Besok : Ashita ( あした)
  • Setiap hari : Mainichi (まいにち)
  • Minggu depan : Raishuu (らいしゅう)
  • Minggu lalu : Senshuu ( らいしゅう)
  • Malam : Ban (ばん/よる)

 

e. Angka Dalam Bahasa Jepang

Kosakata yang penting yang wajib kamu kuasai jika ingin pandai dalam berbahasa Jepang selanjutnya adalah angka. Dalam percakapan sehari-hari atau dalam melakukan obrolan pasti selalu ada hubungannya dengan angka. Berikut ini merupakan angka dengan menggunakan bahasa Jepang dan artinya.

  • Satu : Ichi (いち)
  • Dua : Ni (に)
  • Tiga : San (さん)
  • Empat : Shin / Yon (よん / し)
  • Lima : Go (ご)
  • Enam : Roku (ろく)
  • Tujuh  : Shici / Nana ( なな / しち)
  • Delapan : Hachi (はち)
  • Sembilan : Ku / Kyuu  (きゅう)
  • Sepuluh : Juu (じゅう)

 

f. Nama Warna Dalam Bahasa Jepang

Di dalam kehidupan tentunya tidak terlepas pandangan kita terhadap warna-warna yang menghiasi kehidupan kita. Berikut ini merupakan nama berbagai macam warna dengan menggunakan bahasa Jepang beserta artinya.

  1. Putih : Shiroi (白い)
  2. Hitam : Kuroi (黒い)
  3. Merah : akai 赤い
  4. Kuning : Kiiro (黄色)
  5. Hijau : Midori (緑)
  6. Biru : Aoi (青い)
  7. Pink : Pinku (ピンク)
  8. Ungu : Murasaki (紫)
  9. Abu-abu : Haiiro (灰色)

 

 

Tabel Kosakata Bahasa Jepang

JapaneseRomajiBahasa Indonesia
起きるokirubangun
眠るnemurutidur
浴びるabirumandi
洗うaraumencuci
泣くnakumenangis
笑うwarautertawa
死ぬshinumati
行くikupergi
来るkurudatang
帰るkaerupulang
食べるtaberumakan
飲むnomuminum
買うkaumembeli
売るurumenjual
払うharaumembayar
言うiuberkata
話すhanasuberbicara
聞くkikubertanya
答えるkotaerumenjawab
歩くarukuberjalan
読むyomumembaca
するsurumelakukan
電話するdenwa surumenelpon
書くkakumenulis
使うtsukaumenggunakan
料理するryouri surumemasak
運転するunten surumenyetir
携帯電話keitai denwatelpon genggam
パソコンpasokonpersonal komputer
テレビterebitelevisi
カメラkamerakamera
インターネットintaanettointernet
友達tomodachiteman
家族kazokukeluarga
otokolaki-laki
onnaperempuan
子供kodomoanak-anak
chichiayah
hahaibu
anekakak perempuan
anikakak laki-laki
imoutoadik perempuan
otoutoadik laki-laki
kazeangin
soralangit
tsukibulan
hoshibintang
mizuair
kipohon
kawasungai
yamagunung
tsuchitanah
hiapi
uchirumah
部屋heyakamar
台所daidokorodapur
トイレtoiretoilet
学校gakkousekolah
大学daigakuuniversitas
自転車jitenshasepeda
自動車jidoushamobil
honbuku
鉛筆enpitsupensil
ボールペンboorupenpulpen
misetoko
制服seifukuseragam
kabantas
kutsusepatu
靴下kutsushitakaus kaki
果物kudamonobuah-buahan
野菜yasaisayuran
食べ物tabemonomakanan
飲み物nomimonominuman
お皿osarapiring
椅子isubangku
tsukuemeja
karadatubuh
atamakepala
tetangan
ashikaki
速いhayaicepat
遅いosoilambat
大きいookiibesar
小さいchiisaikecil
嬉しいureshiisenang
悲しいkanashiisedih
好きsukisuka
嫌いkiraibenci
欲しいhoshiiingin
黒いkuroihitam
赤いakaimerah
青いaoibiru
白いshiroiputih
走るhashiruberlari
洗うaraumencuci
見るmirumelihat
観るmirumenonton/menyaksikan
信じるshinjirupercaya
感じるkanjirumerasa
座るsuwarududuk
立つtatsuberdiri
着るkirumengenakan (pakaian)
切るkirumemotong
割るwarumembagi
悪いwaruiburuk
良いyoibagus, baik
被るkaburumemakai (topi, helm dll)
脱ぐnugumelepas (pakaian)
あげるagerumemberi (kepada orang lain)
くれるkurerumemberi (kepada kita)
もらうmoraumenerima
喋るshaberumengobrol
考えるkangaerumemikirkan
思うomouberpikir
思い出すomoidasumengingat
入るhairumasuk
出るderukeluar
歌うutaubernyanyi
踊るodorumenari
驚くodorokukaget
触れるfurerumenyentuh
会うaubertemu
愛するaisurumencintai
住むsumutinggal
遊ぶasobubermain
生きるikiruhidup
産むumumelahirkan
謝るayamarumenyesal, meminta maaf
取るtorumengambil
拾うhiroumemungut
amehujan
晴れharecerah
曇りkumorimendung, berawan
天気tenkicuaca
見えるmieruterlihat
聞こえるkikoeruterdengar
聞くkikumendengar, bertanya
きれいkireicantik, indah
ハンサムhansamutanpan, ganteng
有名yuumeiterkenal
金持ちkanemochikaya
貧乏binboumiskin
苦しむkurushimumenderita
困るkomarubermasalah
眠いnemuimengantuk
sekibatuk
臭みkusamibersin
鼻水hanamizuflu, ingusan
kusuriobat
お菓子okashimakanan ringan, permen
memata
眼鏡meganekacamata
mimitelinga
広いhiroiluas
狭いsemaisempit
hasamigunting
ナイフnaifupisau
フォークfookugarfu
スプーンsupuunsendok
電気denkilistrik
kamirambut
痛いitaisakit
優しいyasashiibaik hati
易しいyasashiimudah
難しいmuzukashiisulit
静かshizukatenang, hening
地球chikyuubumi
tsuchitanah
バイクbaikusepeda motor
yubijari
hanahidung
hanabunga
多いooibanyak
少ないsukunaisedikit
急ぐisogubergegas
遅れるokureruterlambat
kuchimulut
kuchibirubibir
言葉kotobakata-kata
木の葉konohadaun
得るerumendapat
kabantas
kutsusepatu
運動するundou suruberolah raga
変えるkaerumengganti
返すkaesumengembalikan
utalagu
新しいatarashiibaru
古いfuruikuno, lama
深いfukaidalam
浅いasaidangkal
鋭いsurudoitajam
umilaut
海岸kaiganpantai
動物doubutsuhewan
sakanikan
mushiserangga
toriburung
黙るdamaruberdiam
一人hitorisendiri
二人futariberdua
三人sanninbertiga
ichisatu
nidua
santiga
shi, yonempat
golima
rokuenam
hyakuseratus
senseribu
madojendela
ドアdoapintu
写真shashinfoto
動画dougavideo
テレビterebiTV
番組bangumiacara, program
kumoawan
yukisalju
akimusim gugur
harumusim semi
natsumusim panas
fuyumusim dingin
登るnoborumendaki, memanjat
頑張るganbaruberusaha, berjuang
勉強benkyoubelajar
tekimusuh
スマホsumahosmartphone
手帳techoubuku catatan
教室kyoushitsukelas
甘いamaimanis
辛いkaraipedas
苦いnigaipahit
酸っぱいsuppaiasem
塩辛いshiokaraiasin
若者wakamonoanak muda
kokorohati
心配shinpaikhawatir
高いtakaitinggi
低いhikuirendah
探すsagasumencari

 

Demikian artikel ini dapat saya buat tentang bang kosakata bahasa Jepang. Kosakata ini merupakan bagai macam kata yang sering diucapkan dalam percakapan atau obrolan di kehidupan sehari-hari. Jika kamu benar-benar ingin belajar tentang bahasa Jepang maka kamu harus memperdalam dan giat belajar serta menambah perbendaharaan kata dalam bahasa Jepang. Semoga artikel yang saya buat dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Sekian, terima kasih.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight