Fanesh Penikmat senja dan pelajar smk jurusan rekayasa perangkan lunak, yang gemar menulis.

Lari Jarak Menengah: Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Ukuran Lapangan

4 min read


Lari jarak menengah salah satu cabang olahraga atletik yang menggunakan kaki sebagai kekuatan dan pernafasan yang benar. Para pelari profesional sendiri memiliki berbagai pelatihan khusus dan menguasai teknik dasar dalam berlari.

Maka tak heran para pelari bisa sangat cepat bahkan bisa mengendalikan pernafasan saat berlari agar tidak cepat lelah. Sebelumnya kita membahas lari estafet yang sudah kita rangkum materi lengkapnya.

Olahraga lari juga cukup digemari oleh banyak dari penjuru dunia dan sampai diperlombakan dalam tingkat naisonal hingga internasional.Lari jarak menengah sangat berbeda dengan lari jarak pendek atau lari jarak jauh. Karena jarak lari menengah mencapai 800 meter dan 1500 meter dan persiapan oleh pelari juga berbeda.

 

Pengertian Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah adalah lari dimana harus mencapai titik yang sudah ditentukan dengan menggunakan 800 meter atau 1500 meter sebagai garis finish. Para pelari juga berpandai – pandai mengatur energi, pernafasan dan kecepatnya agar bisa stabil saat berlari jarak menengah.

Awalan lari jarak menengah tidak mengularkan seluruh tenaga atau energinya dan tidak langsung berlari menggunakan kecepatan tinggi, namun para pelari menggunakan sedikit demi sedikit tenaganya saat hampir mencapai garis finish. Karena para pelari harus terlebih dulu mempertahankan kecepatan mereka agar tenaga mereka tidak cepat habis.

 

 

Teknik Lari Jarak Menengah

Sebelum para pelari melangkahkan kakinya ke dalam arena perlombaan, terlebih dulu harus mengetahui teknik – teknik lari jarak menengah. Berikut adalah teknik lari jarak menengah :

 

Awalan Lari

  • Jika aba – aba sudah dibunyikan para atlet pelari mulai berlari. Bagian ini adalah posisi badan tegak lurus dan rileks agar tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan nafas tetap stabil.
  • Kepala harus menatap ke depan dan tidak boleh menunduk karena bisa mengakibatkan pernafasan menjadi terganggu.
  • Bagian lengan diayunkan dengan perlahan dan mengikuti alur gerakan tubuh. Saat berlari dengan kencang bagian ayunan tangan ke depan tapi tidak melebihi bahu dan jika mengayun kebelakang tidak melebihi pinggul.
  • Saat berlari posisi lutut jangan melebihi tinggi pinggul dan pada bagian kaki harus mendarat dengan tumpuan bagian tumit dan menolak dengan bagian kaki depan atau ujung jari – jari kaki.
  • Saat berlari juga jangan menggunakan kecepatan penuh, namun tetap tenang supaya kecepatan dan nafas tetap stabil. Saat berlari pandangan fokus ke depan dan jika sudah hampir mencapai garis finish gunakan kecepatan maksimal.

 

Lari Saat di Tikungan

  • Gunakan lintasan bagian kiri.
  • Badan agak condong miring ke kiri.
  • Kepala juga agak condong miring ke kiri.
  • Lengan kanan lebih lebar dari lengan kiri guna untuk menjaga keseimbangan agar saat berlari tetap stabil dan tidak jatuh.

 

Lari Saat Mendekati Garis Finish

  • Saat hampir mencapai garis finish dada dicondongkan ke depan dengan kepala menunduk.
  • Pada bagian lengan mengayun lebih kencang untuk menambah kecepatan saat berlari menuju garis finish.
  • Menggunakan kecepatan penuh dan fokus ke depan.
  • Ketika mencapai garis finish, bagian dada diputar ke satu sisi sehingga bagian bahu bisa maju dan menabrak pita sebagai garis finish.

Baca Juga: Lari Jarak Jauh.

 

 

Peraturan Lari Jarak Menengah

Setelah mengetahui teknik dan pengertianya, Berikut adalah peraturan lari jarak menengah :

  1. Seorang atlet pelari harus berada di posisi yang sudah ditentukan dan bergerak sesuai aba  – aba.
  2. Jika seorang atlet pelari medahului aba – aba atau berlari terlebih dahulu maka akan mendapatkan peringatan. Biasanya para pelanggar ditarget mencapai tiga pelanggaran dan langsung didiskualifikasi dari perlombaan.
  3. Para atlet pelari akan berlari sesuai dengan lintasan dan setelah melewati tanda breakline, para atlet tersebut diperbolehkan berlari di lintasan yang dipilihnya.
  4. Jika seorang atlet dengan sengaja mengganggu atau bermain curang terhadap para atlet lain, maka akan langsung didiskualifikasi.
  5. Sebelum para atlet berlari akan diberi undian untuk lintasan mereka berlari. Pada babak berikutnya para atlet akan berada pada posisi mereka mendapatkan peringkat.
  6. Saat event lomba lari jarak menengah kelas nasional dan kelas internasional akan diberi seragam lari yang telah disediakan oleh panitia yang bertujuan untuk menyesuaikan daerah masing – masing.
  7. Baju yang disediakan tidak boleh berat dan yang lain – lain. Harus ringan, tidak mengganggu pandangan juri dan mudah untuk bergerak saat berlari.
  8. Sepatu yang dikenakan oleh setiap para atlet pelari harus sesuai dengan ketentuan.

 

 

Ukuran Lapangan Lari Jarak Menengah

lapangan lari jarah menengah

Lapangan lari memiliki 8 lintasan dengan lebar lintasan masing – masing adalah 1,22 meter dan tinggi tiang finish adalah 1,5 meter. IAAF menetapkan standar lapangan lari adalah 400 meter dengan satu garis finish.

Karena hanya memiliki satu garis finish, maka garis start yang disediakan untuk lari dengan jarak 800 meter dan lari dengan jarak 1500 meter berbeda.

 

 

Sejarah Lari Jarak Menengah

Atletik lari merupakan salah satu jenis olah raga tertua yang pernah dilombakan dengan berdasar pada aktivitas manusia, yakni berjalan, berlari dan melompat serta layaknya manusia baru mengenal aktivitas berburu.

Seiring berkembangnya zaman, atletik lari sering dilombakan karena diminati banyak orang karena pada dasarnya dahulu hanya para prajurit yang menggunakan olah raga semacam ini untuk pelatihan, berikut ini sejarah lari jarak menengah.

Sejarahnya lomba lari berada di Yunani dan dibagi menjadi tiga macam, yaitu Stade atau lari cepat pada arah jalur lurus sejauh 185 meter. Diaulos atau lari jarak menengah sejauh dua kali dari lari jarak cepat. Dan Dolichos atau lari jarak jauh dengan 7 sampai dengan 24 kali lari cepat dengan cara mengelilingi sebuah stadion di Yunani.

Pada tahun 1896 di stadion Panathinaiko, Athena untuk olimpiade modern yang pertama kali di gelar dan termasuk lari jarak menengah menjadi ajang bergengsi pada waktu itu yang diperlombakan. Pada tahun 1912, organisasi internasional yang mencangkup cabang lari membentuk sebuah 0rganisasi mengenai altetik di seluruh dunia dan mengenal diri dengan nama IAAF atau International Athletic Amateur Federation.

 

Nah kurang lebih itu penjelasan tentang Lari Jarak Menengah. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kalian semua dan memberikan pelajaran penting mengenai olahraga cabang atletik lari.Sekian dan terima kasih.

Fanesh Penikmat senja dan pelajar smk jurusan rekayasa perangkan lunak, yang gemar menulis.
DarkLight