Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Lembaga Sosial: Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh, Syarat, Karakter

11 min read

lembaga sosial

Lembaga sosial – di dalam masyarakat pasti mempunyai suatu lembaga sosial yang berperan penting terhadap keberlangsungan hidup dari tiap-tiap individu di dalam suatu daerah.

Tujuan dari lembaga sosial untuk dapat mengatur setiap aktivitas yang dijalani oleh masyarakat. Berikut ini merupakan secara lebih jelas tentang apa itu lembaga sosial.

 

Pengertian lembaga sosial

Lembaga Sosial

Secara umum pengertian lembaga sosial adalah lembaga yang anggotanya terdiri dari masyarakat yang berkumpul hingga menjadi satu kesatuan karena adanya suatu kesamaan puisi dan juga misi dari masing-masing anggota. Lembaga sosial juga biasa disebut dengan lembaga kemasyarakatan.

Selain terdapat visi dan misi dari lembaga sosial terdapat pula nilai-nilai dan juga norma serta adat dan unsur kemasyarakatan yang dianut oleh masyarakat yang sama. Dan di dalam lembaga sosial tersebut nantinya akan memiliki peraturan yang harus di disetujui atau disepakati secara bersama sehingga dapat menjalankan keinginan bersama untuk mencapai suatu tujuan.

Masing-masing anggota yang termasuk ke dalam lembaga sosial laku6 dengan peraturan yang ada ada di dalam suatu lembaga sosial. Selain itu bagi para anggota dari lembaga sosial tidak hanya harus menaati peraturan yang ada ada juga anggotanya harus mengetahui tradisi yang dimiliki oleh suatu lembaga sosial dan melaksanakan tradisi tersebut sebagai salah satu kegiatan yang ada di dalam lembaga sosial.

Baca Juga: Dampak Perubahan Sosia.

Dengan kata lain atau dapat disimpulkan bahwa pengertian dari lembaga sosial sendiri adalah suatu organisasi baik itu yang resmi ataupun yang tidak resmi yang tujuan dari diciptakannya suatu organisasi tersebut yaitu untuk diciptakannya suatu landasan sosial yang mempunyai tujuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup di dalam masyarakat.

Lembaga sosial mempunyai peranan sebagai lembaga pemersatu, lembaga pendidik, pemerintah, penghukum, dan lembaga pembentuk sekaligus sebagai pengayom bagi masyarakat yang ada di lingkungan sekitar lembaga sosial tersebut.

 

 

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

Terdapat pula beberapa pengertian yang dijelaskan oleh para ahli tentang lembaga sosial antara lain adalah sebagai berikut:

W.G. Summer

Berdasarkan dari penjelasan yang disampaikan oleh W.G. Summer tentang pengertian dari lembaga sosial adalah apabila lembaga sosial dilihat dari sudut kebudayaan maka dapat didefinisikan sebagai cita-cita, perbuatan sikap dan juga berbagai perlengkapan kebudayaan, yang memiliki sifat kekal dan mempunyai tujuan untuk dapat memenuhi semua kebutuhan yang ada di dalam masyarakat.

 

Soerjono Soekanto

Sedangkan untuk pengertian lembaga sosial yang dijelaskan oleh Soerjono Soekanto bahwa pengertian dari lembaga sosial adalah himpunan norma yang berasal dari segala tingkatan an-nisa pada suatu kebutuhan pokok di dalam kehidupan masyarakat.

 

Koentjaraningrat

Menurut penjelasan yang disampaikan oleh Koentjaraningrat tentang pengertian lembaga sosial yaitu suatu sistem tata kelakuan dan juga hubungan yang berpusat kepada ada aktivitas untuk dapat memenuhi kompleksitas kebutuhan khusus di dalam suatu kehidupan manusia dalam masyarakat.

 

Roucek dan Warren

Menurut pendapat yang disampaikan oleh Roucek dan Warren tentang pengertian dari lembaga sosial adalah berbagai jenis pola yang sudah mempunyai posisi yang pasti atau tetap dengan satu tujuan untuk dapat mempersatukan berbagai kebutuhan dari manusia yang muncul dari kebiasaan-kebiasaan dengan mendapatkan persetujuan dan dilakukan menggunakan berbagai cara yang sudah tidak terelakkan lagi.

 

Paul Horton dan Chester L.Hunt

Menurut gagasan yang disampaikan oleh Paul Horton dan Chester L.Hunt tentang pengertian lembaga sosial adalah sistem norma-norma sosial dan juga hubungan yang menyatukan nilai-nilai dan prosedur-prosedur tertentu dalam rangka untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar dari masyarakat.

 

 

Fungsi Lembaga Sosial

Keberadaan dari lembaga sosial di dalam masyarakat tentunya mempunyai pengaruh dan peranan bagi masyarakat. Berikut ini merupakan beberapa fungsi si atau peranan penting dari lembaga sosial:

 

1. Bertanggung jawab atas keutuhan dan juga kesatuan masyarakat

Lembaga sosial memiliki peranan atau fungsi itu bertanggung jawab terhadap keutuhan dan juga Kesatuan masyarakat supaya terciptanya integrasi sosial didalam masyarakat. Integrasi sosial tersebut antara lain yaitu kesepakatan yang terjalin antara kelompok yang berbeda di dalam masyarakat

 

2. Membuat dan memberikan pedoman kepada masyarakat

Fungsi lain dari lembaga sosial juga berperan untuk memberikan pedoman dan membuat pedoman kepada masyarakat tentang tata cara berperilaku di dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya seperti yang berkaitan dengan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Selain itu di jadikan sebagai pedoman supaya mengatur tata cara bertingkah laku dan bersikap untuk menghadapi berbagai masalah yang timbul dan berkembang di dalam lingkungan masyarakat.

 

3. Membuat dan memberikan pedoman pengendalian sosial

fungsi yang selanjutnya adalah membuat dan memberikan pedoman pengendalian sosial kepada masyarakat tentang tata cara cara supaya berperilaku di dalam masyarakat menjadi lebih terkendali.

 

 

Jenis Lembaga Sosial

Di dalam suatu masyarakat tentunya terdapat lembaga sosial, badan lembaga sosial dapat dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya yaitu sebagai berikut.

 

1. Lembaga Keluarga

Dapat dikatakan bahwa urutan lembaga sosial mulai dari tingkatan yang paling dasar adalah lembaga keluarga. Di dalam lembaga keluarga yang termasuk ke dalam lembaga sosial yang dimiliki oleh setiap dari awal manusia lahir. Oleh karena itu peranan dari setiap anggota peran penting terhadap sukses atau tidaknya suatu lembaga keluarga.

Di dalam lembaga keluarga mempunyai anggota yang terdiri dari yaitu ayah, ibu dan anak-anak. Peran dari ayah lembaga keluarga yaitu sebagai kepala keluarga. Sedangkan peran dari seorang ibu dalam lembaga keluarga yaitu sebagai sekretaris, wakil kepala keluarga, bendahara. Untuk peran dari anak-anak sebagai anggota dalam lembaga keluarga.

 

2. Lembaga pendidikan

Lembaga pendidikan adalah lembaga yang mempunyai peranan untuk dijadikan sebagai tempat berlangsungnya pendidikan atau pembelajaran bagi seseorang yang mempunyai tujuan untuk dapat mengubah dan mengatur tingkah laku agar bisa menjadi individu atau pribadi yang lebih baik. Di dalam bisnis lembaga pendidikan sangat berpengaruh dalam terciptanya suatu inovasi yang didasari atas dasar kemampuan analisis yang baik.

Karena pendidikan sejatinya tidak hanya harus ditempuh di dalam bangku sekolah, kita dapat mendapatkan pengetahuan dari mana saja termasuk dari luar sekolah misalnya dengan melatih keterampilan an untuk dapat mendorong seseorang supaya lebih berpikir secara kreatif dan dapat menghasilkan sesuatu hal yang seseorang inginkan.

 

3. Lembaga ekonomi

Lembaga ekonomi adalah lembaga yang bertugas untuk menangani segala hal kegiatan yang berhubungan dengan bidang ekonomi yang mempunyai tujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan dari masyarakat. Tugas dari lembaga ekonomi yaitu untuk menangani secara langsung kegiatan yang berkaitan dengan produksi, promosi dan distribusi serta bahaya terhadap barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Dalam hal ini peranan dari lembaga ekonomi sangat berpengaruh dalam penyelenggaraan UMKM di Indonesia. Peranan lain dari lembaga ekonomi seperti koperasi simpan pinjam, perbankan ataupun yang lainnya dapat untuk dijadikan salah satu sumber dana bagi masyarakat untuk memulai bisnis UMKM.

  • Memberikan pedoman untuk mendapatkan bahan pangan.
  • Memberikan identitas kepada masyarakat.
  • Memberikan pedoman mengenai tata cara penggunaan tenaga kerja.
  • Memberikan pedoman tentang harga jual beli barang.
  • Memberikan pedoman tentang cara pemutusan hubungan kerja.

 

 4. Lembaga politik

tujuan diciptakannya lembaga politik yaitu untuk dapat menangani berbagai permasalahan administrasi, tata tertib serta aturan aturan tertulis yang lainnya untuk mencapai keamanan dan juga ketentraman bersama dalam kehidupan bermasyarakat. Lembaga politik juga membantu masyarakat dalam berbagai dan juga  dapat dijadikan sebagai tempat berkumpulnya orang-orang yang mempunyai visi dan misi yang sama dalam bidang politik.

Selain dari fungsi lembaga politik di atas apabila fungsi lain yang dimiliki oleh lembaga politik yaitu:

  • Menyelesaikan konflik yang terjadi di antara masyarakat yang berkaitan.
  • Pelembagaan norma melalui undang-undang yang telah disebutkan oleh badan-badan legislatif.
  • Menyelenggarakan pelayanan soalnya seperti jasa terhadap kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya.
  • Melakukan undang-undang yang sudah disepakati sebelumnya.
  • Melindungi warga masyarakat dan juga negara dari berbagai macam tindak kejahatan atau serangan yang berasal dari bangsa lain.

 

5. Lembaga agama

Lembaga agama adalah suatu lembaga yang berhubungan negara dengan kepercayaan atau agama tertentu yang terdiri dari para anggota yang mempunyai keyakinan atau agama tersebut. Dalam lembaga agama ini para anggotanya saling berbagi ilmu yang berhubungan dengan keagamaan sesuai dengan keyakinan dari agama tersebut.

Terdapat pula fungsi atau peranan dari lembaga agama di dalam masyarakat diantaranya yaitu:

  • untuk mengatur tata cara hubungan antara manusia dengan manusia yang lain dan hubungan antara manusia dengan Tuhannya.
  • pedoman untuk mengungkapkan perasaan kebersamaan di dalam setiap agama atau keyakinan yang diucapkan dan senantiasa untuk melakukan perbuatan yang baik kepada sesama.
  • Download pedoman keyakinan manusia untuk selalu melakukan perbuatan yang baik, yang sesuai dengan kepercayaan dan kewajiban yang sesuai dengan perintah Tuhan yang mendapatkan pahala.
  • Pedoman yang dijadikan sebagai rekreasi dan juga hiburan, contoh baju kerja di kantor sebagai kepuasan batin melalui hiburan tanpa melanggar berbagai kaidah agama yang ada.
  • Tuntutan tentang penjelasan berbagai prinsip yang benar dan prinsip yang salah.

 

6. Lembaga budaya

Lembaga budaya merupakan suatu lembaga yang ada di masyarakat yang berperan dalam membantu mengembangkan dan juga melestarikan budaya yang ada di lingkungan masyarakat sekitar. Peran dari lembaga budaya juga salah satunya yaitu untuk membantu masyarakat bisa mengenal berbagai macam adat mat dan budaya yang terdapat di dalam lingkungan masyarakat.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang mempunyai keanekaragaman budaya yang banyak dan salah satu fungsi dari lembaga budaya itu untuk menjaga keutuhan dan kelestarian dari budaya yang ada.

 

7. Lembaga hukum

Lembaga hukum merupakan lembaga yang bertugas untuk mengatur tata tertib di dalam masyarakat dan juga memberikan bantuan dalam bidang hukum kepada para masyarakat yang membutuhkan. akan tetapi belum tentu semua masyarakat mengerti tentang hukum dan saat berada di dalam lingkungan hukum mereka kesulitan maka akan diberi bantuan oleh lembaga hukum.

Fungsi lain atau peranan yang lain dari lembaga hukum di dalam masyarakat adalah sebagai berikut:

  • Sebagai alat atau sebagai media untuk melakukan berbagai penyelesaian sengketa, misalnya seperti pasang kenyataan harta warisan yang telah diatur di dalam hukum perdata.
  • Sumber hukum dijadikan sebagai sarana atau media untuk mewujudkan keadilan sosial lahir dan juga batin.
  • Sebagai alat untuk mengatur dan menentukan tata tertib di dalam hubungan bermasyarakat.
  • Sebagai penentuan alokasi wewenang secara terperinci siapa yang dapat melakukan pelaksanaan hukum dan siapa yang harus menaati hukum tersebut serta siapa saja yang memiliki sanksi yang tepat dan juga adil.

 

 

Contoh Lembaga Sosial

Lembaga Sosial

Lembaga sosial l mempunyai banyak sekali contoh yang ada di dalam kehidupan masyarakat. lembaga-lembaga ini nantinya akan membagi masyarakat ke dalam beberapa kelompok yang berbeda, sesuai dengan pemahaman dan keterampilan yang dimiliki oleh masyarakat tersebut tentang suatu hal.

Terdapat banyak dari jenis lembaga yang berdiri di dalam lingkungan masyarakat untuk mendukung keperluan atau kebutuhan dari masyarakat untuk dapat memajukan hidup dan kesejahteraan dari masyarakat.

Contoh dari lembaga sosial misalnya yaitu terdapat yayasan pendidikan, hiasan pendidikan adalah salah satu dari contoh lembaga sosial di dalam bidang pendidikan atau lembaga pendidikan.

 

Contoh Lembaga Agama

Terdapat pula contoh dari lembaga agama, yang ada di dalam lingkungan masyarakat sebagai berikut:

  • Islam: Majelis ulama Indonesia (MUI)
  • Katolik: konferensi wali gereja Indonesia (KWI)
  • Buddha: perwakilan umat Buddha Indonesia (WALUBI)
  • Hindu: Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI)
  • Kristen: persekutuan gereja-gereja Indonesia (PGI)

 

 

Syarat Lembaga Sosial

Menurut Koentjaraningrat bahwa dirinya menyampaikan gagasan tentang lembaga sosial yaitu aktivitas manusia ataupun aktivitas kemasyarakatan untuk menjadi lembaga sosial haruslah sesuai atau memenuhi berbagai syarat-syarat tertentu. Syarat-syarat lembaga sosial diantaranya adalah sebagai berikut:

  • kelompok-kelompok manusia yang melakukan aktivitas bersama dan saling melakukan interaksi atau komunikasi menurut sistem atau norma-norma yang berlaku.
  • suatu pusat aktivitas yang mempunyai tujuan untuk dapat memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan tertentu, yang sekaligus juga dilandasi tentang pemahaman dari kelompok yang bersangkutan.
  • Mempunyai perlengkapan dan juga peralatan.
  • sistem aktivitas harus disadarkan dan juga harus dibiasakan kepada kelompok-kelompok yang berkaitan di dalam suatu masyarakat dalam kurun waktu yang lama.
  • Suatu tata kelakuan yang baku yang dapat diwujudkan dalam norma dan juga adat istiadat yang berlaku di dalam kehidupan bermasyarakat.

 

 

Karakter Lembaga Sosial

J.P Gillian menyampaikan pendapatnya tentang ciri-ciri dan juga karakter yang dimiliki oleh lembaga sosial yang dimasukkan ke dalam karyanya yang berjudul “Ciri-ciri Umum Lembaga Sosial” (General Features Of Social Institution). Ciri-ciri atau karakter lembaga sosial antara lain sebagai berikut:

  • Secara umum lembaga sosial dapat ditandai dengan beberapa lambang atau simbol-simbol tertentu. Lambang dari Tri lembaga sosial tersebut secara simbolis mengartikan suatu tujuan sekaligus juga fungsi lembaga yang berkaitan.
  • Lembaga sosial memiliki tradisi tertulis dan juga tradisi yang tidak tertulis yang merangkai suatu tujuan, tata tertib dan yang lainnya.
  • Lembaga sosial mempunyai karakteristik oleh suatu tingkat kekekalan tertentu. Oleh karena itu, lembaga sosial merupakan suatu himpunan dari norma yang berkisar dari kebutuhan pokok, jadi sudah sewajarnya apabila Lembaga ini terus dipelihara dan dibakukan.
  • Lembaga sosial memiliki beberapa atau satu tujuan tertentu.
  • Lembaga sosial adalah suatu organisasi yang mempunyai pola pemikiran yang beragam serta perilaku yang terwujud melalui berbagai aktivitas dari masyarakat dan hasil-hasilnya. Lembaga ini terdiri dari berbagai aktivitas atau kebiasaan, tata cara kelakuan dari berbagai unsur kebudayaan yang lainnya yang tergabung ke dalam suatu unit yang fungsional.

 

 

Ciri-Ciri Lembaga Sosial

Selain itu terdapat pula gagasan mengenai ciri atau karakteristik dari lembaga sosial yang disampaikan dari seorang ahli yaitu John Conen. Menurut dia ciri atau karakteristik dari lembaga sosial antara lain adalah sebagai berikut:

  • Di dalam lembaga sosial terdapat berbagai pola perilaku yang mana sifatnya permanen dan telah menjadi bagian dari tradisi serta kebudayaan yang ada dan disadari oleh anggotanya.
  • Lembaga sosial mempunyai tujuan untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan khusus dari masyarakat.
  • Tiap-tiap lembaga sosial mempunyai nilai pokok yang berasal dari anggotanya.
  • Setiap lembaga sosial dirangkai secara terorganisir sampai sempurna pada setiap rangkaian norma, pola, nilai dan juga perilaku.
  • Rasa saling ketergantungan diantara tiap lembaga sosial yang ada di dalam masyarakat, perubahan dari lembaga sosial yang satu dapat mengakibatkan pada perubahan kepada lembaga sosial yang lainnya.
  • Suatu lembaga sosial mempunyai paham ideologi sebagai landasan atau dasar untuk orientasi suatu kelompok yang dimiliki.
  • Berbagai ide lembaga sosial dapat diterima oleh mayoritas anggota masyarakat.
  • Setiap lembaga sosial mempunyai keberagaman simbol kebudayaan tertentu.
  • Suatu lembaga sosial mempunyai bentuk tata krama dalam berperilaku.

 

Demikian yang dapat pintarnesia kali ini sampaikan tentang penjelasan dari lembaga sosial, mulai dari pengertian, macam-macam lembaga sosial, fungsi lembaga sosial, contoh dan karakteristik dari lembaga sosial. Semoga penjelasan yang saya berikan dapat bermanfaat. Sekian, Terima kasih.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight