Limit Fungsi

Di jenjang SLTA kita pasti akan bertemu dengan materi limit fungsi dan limit tak hingga di dalam pelajaran matematika, limit ini sering digunakan untuk menjabarkan sebuah fungsi matematika yang ada.

Setelah sebelumnya di Pintar Nesia pernah berbagi artikel mengenai Pengertian Integral Tentu, Integral Tak Tentu, dan Integral Trigonometri (baca disini : Pengertian Integral dan Rumus Integral).

Dan dii kesempatan kali ini Pintar Nesia akan berbagi artikel mengenai limit mulai dari Pengertian Limit, Rumus Limit serta Contoh Soal Limit! Berikut pembahasan artikelnya :

  1. Pengertian Limit Matematika
  2. Pengertian Teorema Limit Matematika
    1. Rumus Teorema Limit Utama
  3. Rumus Limit Matematika dan Contoh Soal
    1. Rumus Limit Bentuk 0/0
    2. Limit Bentuk ∞/∞ (limit tak hingga/tak hingga)
    3. Limit Bentuk ∞/∞
    4. Limit Bentuk ∞-∞ (limit tak hingga-tak hingga)

Pengertian Limit Matematika

Di dalam matematika ini limit merupakan suatu konsep yang sering digunakan untuk menjabarkan sebuah fungsi atau sifat yang ada di dalam matematika, ketika argumen sudah mendekati suatu titik, dan bisa juga dalam bentuk tak hingga, atauoun sifat barisan saat sudah mendekati tak hingga.

Pengertian Teorema Limit Matematika

Secara umum teorema limit ini bisa kita artikan sebagai batas, namun tidak sedikit juga orang yang mengartikan limit ini merupakan suatu pendekatan. Limit ini bisa di definisikan jika ada fungsi f(x) mendekati suatu nilai, dan jika x mendekati suatu nilai.

Baca Juga : Pengertian Integral

Rumus Teorema Limit Utama

Untuk bentuk umum teorema limit utama ini bisa juga kita definiskan sebagai berikut yang ada di bawah ini. Rangkuman Teorema Limit Utama :

rumus teorema limit

Rumus Limit Matematika dan Contoh Soal

Di dalam matematika ini rumus merupakan hal yang menghasilkan angka pasti, namun jenis jenis rumus yang ada ini cukup beragam dan bermacam macam, tidak sedikit juga ada orang orang pintar yang membuat rumus cepat untuk mengerjakan limit matematika.

Rumus Limit Bentuk 0/0

rumus limit matematika 0/0

Untuk menyelesaikan bentuk soal yang seperti itu, alangkah bagusnya jika kita bisa mencoret beberapa komponen yang ada sehingga bisa menghasilkan bentuk yang lebih sederhana untuk dikerjakan. Jika soal tersebut dalam bentuk persamaan kuadrat bisa kita lakukan dengan memfaktorkan bilangan yang ada, atau bisa juga dengan cara asosiasi.

Contoh Soal

soal limit bentu 0/0 dan pembahasan

Limit Bentuk ∞/∞ (limit tak hingga/tak hingga)

Bentuk limit seperti itu umum terjadi pada fungsi matematika yang memiliki jumlah suku yang banyak atau polinom seperti berikut ini :

limit tak hingga rumus

Contoh Soal

Tentukan nilai limit dari soal berikut ini :

soal limit tak hingga

Jawaban :

pembahasan soal limit tak hingga

Baca Juga : Pertidaksamaan Linier 2 Variabel

Limit Bentuk ∞/∞

rangkuman limit tak hingga
  • Jika n>m maka L adalah 0.
  • Jika n=m maka L adalah a/p.
  • Jika n<m maka L adalah ∞ (tak hingga).

Limit Bentuk ∞-∞ (limit tak hingga-tak hingga)

Limit dengan bentuk seperti ini sebenarnya cara penyelesaiannya cukup sederhana bisa dengan melalui proses penyederhanaan bilangan yang ada di soal tersebut.

Contoh Soal

Tentukan nilai limit dari soal di bawah ini :

soal limi tak hingga - tak hingga

Jawaban :

pembahasan soal limit tak hingga-limit tak hingga

Nah baik seperti itulah artikel dari Pintar Nesia kali ini

mengenai Pengertian Limit, Rumus Limit Fungsi Matematika, Rumus Matematika Limit Tak Hingga, Beserta Contoh Soal Limit.

Mudah mudahan bisa berguna dan bermanfaat untuk kawan kawan Pintar Nesia semuanya ya. Jika ada yang kurang paham bisa teman teman tuliskan di kolom komentar yang ada di bawah artikel limit ini.

Originally posted 2020-05-22 10:32:18.