Sandy Kurnia Fajar Hobi ngegame, jadi top player dan disayang mamah. Biar jadi orang yang berguna bagi banyak orang.

Rumus Luas Lingkaran: Contoh Soal, Cara Mengerjakan

3 min read

rumus lingkaran

Lingkaran adalah salah satu bangun datar yang mempunyai bentuk satu sisi dengan memiliki simetri lipat serta simetri putar yang tidak terhingga. Bangun datar lingkaran mempunyai titik sudut tengah dengan besar 360 derajat, hal ini sama dengan bangun datar lainnya. Pada simetri lipat dan putar lingkaran sendiri juga berjumlah tak terhingga.

Sebelumnya kita pernah membahas aljabar, Biasanya ketika kita memasuki bangku sekolah menengah atas atau sekolah menengah pertama pada pendidikan formal di Indonesia, kita akan disuruh untuk mempelajari bangun datar lingkaran, salah satunya adalah menghitung luas lingkaran.

Mungkin teman – teman sedang ada pada masa tersebut, di bawah ini pintarnesia ingin memberikan artikel yang berisi Rumus Luas Lingkaran, Cara Mencari Luas Lingkaran, Contoh Soal, dan Cara Mengerjakannya. Simak dengan baik di bawah ini ya!

 

Rumus Luas Lingkaran

π x r² atau π (½d)²

Bangun datar lingkaran memiliki rumus π x r² atau π (½d)²dimana untuk π = phi = 22/7 = 3,14= jari – jari lingkaran, dan d = diameter lingkaran. Dengan rumus tersebut kalian bisa mencari luas dari bangun datar lingkaran dengan menggunakan jari – jari ataupun diameter, tergantung dari yang diketahui pada luas lingkaran yang ingin dicari.

Sedikit catatan, jika kalian menghitung luas lingkaran yang memiliki ukuran diameter atau jari – jarinya kelipatan dari angka 7 maka gunakanlah phi = 22/7 supaya lebih mudah, sedangkan jika ukuran diameter atau jari – jarinya bukan kelipatan dari angka 7, maka lebih mudah untuk menggunakan phi = 3,14.

Baca Juga: Rumus Luas Persegi.

 

 

Contoh Soal Menghitung Luas Lingkaran

Supaya kalian bisa lebih dalam memahami bagaimana cara untuk menghitung luas lingkaran, akan lebih baik jika kalian mau mencoba mengerjakan contoh soal yang pintarnesia berikan di bawah ini,

Kemudian setelah itu cocokan jawabannya dengan yang ada di bawah. Beberapa Contoh Soal Mencari Luas Lingkaran :

 

Contoh Soal Luas Lingkaran 1

Hitunglah berapa luas dari bangun datar lingkaran yang memiliki ukuran diameter 200 cm! (phi=3,14)

Jawab :

Diketahui untuk diameter lingkaran tersebut adalah 200 cm, jadi jari – jarinya adalah 200/2 = 100 cm. Karena jari – jari dari lingkaran tersebut bukan kelipatan dari 7, maka kita tidak menggunakan phi = 22/7, melainkan menggunakan phi = 3,14 supaya bisa lebih mudah untuk menghitungnya. Jadi luas dari lingkaran tersebut adalah :

Luas lingkaran = p × r²

Luas lingkaran = 3,14 × 100²

Luas lingkaran = 314 x 100

Luas lingkaran = 314 x 100 = 31.400 cm² = 314 m². Jadi untuk luas lingkaran yang memiliki diameter 200 cm di atas adalah seluas 314 m² atau 31.400 cm².

 

Contoh Soal Luas Lingkaran 2

Hitunglah berapa luas dari bangun datar lingkaran yang memiliki ukuran diameter 14 cm! (phi=22/7)

Jawab :

Diketahui untuk diameter lingkaran tersebut adalah 14 cm, jadi jari – jarinya adalah 14/2 = 7 cm. Karena jari – jari memiliki ukuran kelipatan dari 7, maka akan lebih mudah menggunakan phi = 22/7. Jadi luas lingkaran tersebut adalah :

Luas lingkaran = p × r²

Luas lingkaran = 22/7 × 7²

Luas lingkaran = 22/7 x 7 x 7

Luas lingkaran = 22 × 7 = 154 cm². Jadi untuk luas lingkaran yang memiliki diameter 14 cm di atas adalah seluas 154 cm².

Contoh Soal Luas Lingkaran 4

Sebuah mobil memiliki jari – jari sebesar 21 cm, berapakah ukuran luas dari roda mobil  tersebut? (phi=22/7)

Jawab :

Diketahui untuk jari – jari dari roda tersebut adalah 21 cm. Seperti pada contoh soal sebelumnya, untuk menghitung luas lingkaran yang memiliki jari – jari kelipatan dari 7 maka akan lebih mudah jika menggunakan phi = 22/7. Jadi luas dari lingkaran tersebut adalah :

Luas lingkaran = p × r²

Luas lingkaran = 22/7 × 21²

Luas lingkaran = 22/7 x 21 x 21

Luas lingkaran = 22 × 3 x 21 = 1386 cm². Jadi untuk luas dari roda pada mobil tersebut yang memiliki jari – jari 21 cm di atas adalah seluas 1386 cm² atau 13,86 m.

 

Contoh Soal Luas Lingkaran 4

Hitunglah luas dari bangun datar lingkaran yang mempunyai ukuran jari – jari 10 cm dengan menggunakan phi=3,14, carilah luasnya!

Jawab :

Diketahui jari – jari bangun lingkaran tersebut adalah 10 cm. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika jari – jari 10 cm, maka akan lebih mudah dengan menggunakan phi = 3,14. Jadi luas dari lingkaran tersebut adalah :

Luas lingkaran = p × r²

Luas lingkaran = 3,14 × 10²

Luas lingkaran = 3,14 x 10 x 10

Luas lingkaran = 3,14 x 100 = 314 cm² = 3,14 m². Jadi untuk luas lingkaran yang memiliki diameter 200 cm di atas adalah seluas 3,14 m² atau 314 cm².

 

Baik seperti itulah artikel kali ini dari pintarnesia yang membahas mengenai lingkaran, mulai dari Rumus Luas Lingkaran, Cara Mencari Luas Lingkaran, Contoh Soal, sampai Cara Mengerjakannya.

Mudah – mudahan setelah teman – teman membaca artikel di atas sekarang bisa paham dan mengerti bagaimana cara menghitung luas lingkaran. Terimakasih telah berkunjung di pintarnesia.

Sandy Kurnia Fajar Hobi ngegame, jadi top player dan disayang mamah. Biar jadi orang yang berguna bagi banyak orang.
DarkLight