Listrik Statis: Pengertian, Rumus, Contoh, Materi

By


Pernahkah kamu mengetahui apa yang dinamakan dengan listrik statis? Secara umum listrik statis adalah ketidakseimbangan antara muatan listrik pada permukaan benda. Salah satu contoh yang paling dasar dan paling sering kita jumpai saat membahas mengenai listrik statis adalah potongan kertas yang telah dipotong kecil-kecil yang menempel pada permukaan sebuah penggaris.

Pada kesempatan kali ini pintarnesia akan membahas tentang listrik statis secara lengkap. Pembahasan tentang listrik statis mulai dari pengertian, rumus, contoh, materi tentang listrik statis. Penjelasan selengkapnya seperti dibawah ini.

 

Pengertian Listrik Statis

listrik

Pengertian listrik statis adalah kumpulan dari muatan listrik yang memiliki jumlah tertentu yang tetap (statis), ketidakseimbangan dari muatan listrik tersebut ada di dalam permukaan suatu benda. Listrik statis dapat disebut juga sebagai salah satu dari gejala kelistrikan yang ada di dalam suatu benda namun tidak secara langsung, atau benda tersebut tidak dialiri oleh listrik.

Gejala gejala listrik tersebut banyak ditemui pada kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, gejala listrik ini hanya dapat dirasakan dalam waktu yang singkat. Pada umumnya gejala listrik ini dapat terjadi karena adanya kumpulan dari harus atau muatan listrik dengan jumlah yang tetap atau disebut statis. Biasanya gejala listrik statis ini dapat dilakukan terhadap benda-benda yang mati atau pasir yang tidak dapat dialiri oleh listrik.

 

 

Konsep Listrik Statis

Muatan listrik pada benda yang timbul disebabkan karena adanya perpindahan elektron dari satu benda ke benda yang lainnya. Terdapat dua muatan listrik yaitu muatan positif dan muatan negatif. suatu benda dapat dikatakan memiliki muatan yang positif apabila memiliki jumlah proton yang lebih banyak dibandingkan jumlah elektron. Suatu benda dapat dikatakan memiliki muatan yang negatif apabila jumlah elektron lebih banyak dibandingkan dari jumlah proton. Sedangkan benda dapat dikatakan memiliki muatan yang netral apabila memiliki jumlah proton dan elektron yang sebanding atau sama.

Terdapat 3 penyusun atom yaitu proton, elektron dan neutron.  Pengertian Proton adalah partikel subatomik yang menyusun atom bermuatan positif. Sedangkan untuk pengertian elektron adalah partikel subatomik penyusun atom yang memiliki muatan negatif. Dan neutron adalah penyusun atom yang tidak memiliki muatan atau elektron.

Suatu benda yang memiliki muatan yang sama maka benda tersebut akan saling tolak menolak apabila saling didekatkan satu sama lain. Sedangkan untuk benda yang memiliki muatan yang berbeda apabila didekatkan maka benda tersebut akan saling tarik-menarik. Tarik menarik atau tolak menolak antara dua benda yang bermuatan listrik merupakan bentuk dari gaya listrik yang disebut dengan nama gaya coulomb.

Baca Juga : Pengertian Resistor

 

 

Rumus Listrik Statis

Berikut ini merupakan beberapa rumus dari persamaan yang berhubungan dengan listrik statis. Rumus-rumus tersebut akan di jelas seperti dibawah ini:

 

1. Bola Kapasitor

listrik statis

 

2. Energi Kapasitor

listrik statis

 

3. Kapasitor Keping Sejajar (C)

listrik statis

 

4. Usaha (W)

listrik statis

 

5. Potensial Listrik (V)

listrik statis

 

6. Energi Potensial (EP)

listrik statis

 

7. Kuat Medan Listrik (E)

listrik statis

 

8. Gaya Couloumb

listrik statis

 

 

Contoh Listrik Statis

Setelah pembahasan di atas tentang listrik statis dan rumus persamaan dari listrik statis, kemudian selanjutnya akan diberikan contoh listrik statis. berikut ini merupakan beberapa contoh listrik statis yang dapat kita jumpai dalam kegiatan sehari-hari:

  • Penggaris plastik yang digosok-gosokkan pada rambut yang kering, kemudian didekatkan pada kertas yang telah disobek kecil-kecil. Dan hasilnya kertas tersebut akan tertarik oleh penggaris.
  • Saat kita sedang menyisir rambut, terkadang beberapa rambut akan terbawa sendiri hitungan gerakan dari sisir. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya interaksi dari muatan antara sisir dengan rambut kita.
  • Terjadinya petir atau halilintar. Dapat terjadi karena adanya perbedaan potensial antara awan dengan bumi yang cukup besar. Perbedaan potensial tersebut akan mengakibatkan perpindahan muatan listrik negatif atau elektron dari awan secara berlebihan menuju ke bumi untuk bisa mencapai kesetimbangan.
  • Kain sutra digosok gosokkan pada batang kaca, kemudian akan terjay saling tarik-menarik antara lain dengan batang kaca. adanya saling tarik-menarik antara kain dan kaca tersebut dikarenakan terjadi loncatan elektron dari batang kaca menuju ke kain sutra yang akan mengakibatkan batang kaca bermuatan positif dan kain sutra memiliki muatan negatif.
  • Penggaris plastik yang digosok-gosokkan ke kain wol, kemudian terjadinya perpindahan elektron dari kain wol menuju penggaris plastik sehingga penggaris plastik jadi memiliki muatan yang negatif. Sedangkan untuk kain wol sendiri menjadi bermuatan positif.
  • Balon dengan dan kain wol yang digosok gosokan nantinya akan mengakibatkan elektron yang berasal dari kain wol berpindah menuju ke balon, sehingga akan terjadi tarik-menarik antara balon dan kain wol karena bahwa memiliki muatan negatif dan kain wol akan memiliki muatan positif.
  • Berdirinya bulu tangan apabila kita didekatkan ke layar TV yang baru saja dimatikan.

Baca Juga : Contoh Listrik Dinamis

 

 

Pemanfaatan Listrik Statis

Berikut ini merupakan beberapa pemanfaatan atau penerapan dari listrik statis di dalam kehidupan manusia sehari-hari antara lain yaitu:

 

1. Alat Penggumpal Asap untuk dapat Mengurangi Polusi

Seorang ahli kimiawi yang berasal dari Amerika yang bernama Gardner Cottrel pada tahun 1906 yang berhasil menemukan suatu alat yang berfungsi untuk dapat menggumpalkan asap yang keluar dari cerobong asap yang berasal dari pabrik yang dapat menyebabkan polusi udara. Penggunaan alat ini yaitu dengan menggunakan prinsip dari gaya coulomb dan juga induksi muatan.

Cara untuk dapat memasang penghumpal asap yaitu kedua logam yang memiliki muatan dengan besar yang berlawanan tanda pada cerobong pabrik.kemarin partikel asap yang mengalir melewati teropong makan terinduksi sehingga akan mempunyai muatan induksi.

Muatan induksi tersebut berfungsi untuk dapat menginduksi partikel asap yang mengalir melewati cerobong. partikel-partikel asap yang berupa muatan positif dan negatif kemudian akan ditarik sampai membentuk partikel yang lebih besar. Semakin besarnya partikel asap yang dihasilkan maka akan jatuh pada dasar cerobong.

 

2. Proses Cat Mobil

Mobil akan dicat dengan menggunakan cat mobil, maka butiran halus dari zat tersebut akan menghasilkan muatan karena bergesekan dengan udara. kemudian permukaan mobil yang akan dicat diberi muatan yang berlawanan dengan muatan butir-butir cat agar butiran tersebut dapat tertarik menuju ke permukaan mobil.

Menempelnya butiran halus cat tersebut dikarenakan diikuti oleh medan listrik yang ada. dengan menempelnya butiran halus pada zat tersebut maka permukaan mobil akan dapat tertutupi oleh cat sehingga akan menghasilkan cat yang rata pada mobil.

 

3. Mesin Fotocopy

Contoh penerapan listrik statis yang selanjutnya terdapat pada mesin fotocopy. Mesin fotocopy sendiri memiliki bagian utama yang berupa pelat foto konduktif. Lagu definisi akan bekerja mengantarkan listrik apabila dikenai oleh cahaya. Sedangkan untuk ruangan gelap maka alat ini tidak mampu menghantarkan listrik.

cara kerja dari mesin fotocopy yaitu konduktif diinduksi dengan cara menggerakkan kawat yang bermuatan listrik negatif pada sepanjang permukaannya. Sehingga pada permukaan pelat foto akan membentuk muatan induksi yang bermuatan positif. Saat kertas akan difotocopy disinari, apakah pantulan cahaya dari sinar tersebut akan mengenai pelat foto konduktif yang telah mengandung muatan induksi.

Setelah itu, kemudian tinta yang bermuatan negatif akan disemprotkan pada pelat. Dan tinta tersebut dipindahkan ke kertas lain untuk dapat membuat fotokopian dari kertas yang akan difotocopy. Kertas tersebut dipanaskan supaya tinta dapat menempel dengan kuat.

 

Itulah penjelasan tentang listrik statis mulai dari pengertian, rumus listrik statis, contoh listrik statis dan materi yang membahas mengenai listrik statis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan ataupun keterangan, mohon dimaklumi. Terima kasih.


Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

 


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *