Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

250+ Macam-Macam Warna: Hijau, Biru, Pink, Merah, Kuning, Cokelat, Ungu, Abu-Abu Dan Lainya

13 min read

macam-macam warna

Macam-macam warna – Dalam kehidupan sehari-hari tentunya peran warna sangatlah berpengaruh dan dalam melakukan berbagai aktivitas tentunya warna tidak pernah terlepas dalam kehidupan kita segala sesuatu yang kita pakai, segala sesuatu yang kita makan, dan segala sesuatu yang kita gunakan, misalnya seperti perabotan rumah tangga, benda-benda yang ada di lingkungan, makanan dan minuman, dan benda-benda yang lainnya.

Di dalam ilmu seni rupa sendiri warna adalah salah satu unsur yang sangat menonjol dalam kehidupan manusia. berbagai jenis warna akan diserap oleh pandangan manusia dengan wujud keindahan, sehingga dapat terciptalah warna merah, warna kuning, warna hijau, warna biru dan yang lainnya.

Kali ini pintarnesia akan menjelaskan tentang macam-macam warna. Akan tetapi sebelum itu terlebih dahulu alangkah baiknya kamu mengetahui pengertian warna tahu definisi warna. Untuk lebih jelasnya lagi maka simaklah uraian di bawah ini.

 

Pengertian Warna

Warna adalah kesan yang ditimbulkan yang berasal dari pantulan cahaya pada mata. Warna merupakan salah satu unsur seni rupa apa yang yang terbuat mat atau terbuat dari zat warna. Pengertian zat warna sendiri adalah bahan kimia yang mempunyai efek atau kesan warna untuk dapat dinikmati keindahannya melalui indra penglihatan.

Suatu warna dapat terbuat dari hasil percampuran antara warna dasar dengan jenis warna yang lainnya. Seperti misalnya warna ungu merupakan percampuran antara warna biru dan warna merah. Dan untuk membuat berbagai jenis warna yang lainnya simaklah uraian tentang macam-macam warna yang akan dijelaskan berikut ini.

 

 

Macam-Macam Warna

macam macam warna

Merupakan sebuah pigmen yang mempunyai ciri khas tertentu yang bersifat unik yang mana apabila pigmen ini memantul apabila terdapat sinar maka akan menghasilkan warna tersendiri. Warna dapat terbagi menjadi beberapa macam atau jenis yaitu warna primer, warna sekunder, warna tersier, warna kuarter, dan warna intermediate.

Dan dari setiap warna tentunya mempunyai arti atau makna yang berbeda-beda. Warna sendiri dapat melambangkan suatu karakter atau kepribadian bahkan sifat yang dimiliki oleh setiap manusia. Berikut ini merupakan macam-macam warna dan dijelaskan pula arti atau makna yang terkandung dalam suatu warna.

NoNama warnaMakna/ Artinya


1



Warna Putih


Arti warna putih adalah melambangkan jiwa yang bersih, suci, dan sifat-sifat yang baik. Warna ini menggambarkan kepribadian seseorang yang baik, sopan dan santun.



2



Warna Hitam


Arti warna hitam yaitu melambangkan jiwa yang gelap, buruk, dan sifat-sifat yang tidak baik. Warna hitam berkebalikan dengan warna putih. Warna hitam menggambarkan kepribadian yang buruk, jahat, dan sejenisnya.



3



Warna Merah


Warna merah berarti berani, kuat, tegas, semangat berkobar, semangat membara, aktif, dominan, hidup, bahkan cinta kasih. Warna merah ini menggambarkan kepribadian yang berani, kuat, sehingga cocok jadi pemimpin.



4



Warna Kuning


Warna kuning berarti bahagia, semangat, ceria, kehangatan dan optimisme. Warna kuning ini menggambarkan kepribadian seseorang yang ceria, bahagia, hangat, dan penuh percaya diri.



5



Warna Biru


Arti warna biru berdasarkan cara pandang ilmu psikologi merupakan warna yang dapat merangsang pemikiran yang jernih. Warna ini juga dipercaya dapat merangsang kemampuan berkomunikasi, ekspresi artistik dan simbol kekuatan. Warna biru menggambarkan kepribadian yang melankolis.



6



Warna Hijau


Arti warna hijau yaitu selaras, seimbang, ketenangan, perdamaian, dan kepuasan. Warna hijau menggambarkan kepribadian seseorang yang tenang, sopan, dan berfikir dewasa.



7



Warna Coklat


Arti warna coklat adalah hangat, aman dan nyaman. Secara prikologis warna ini berkesan kuat dan dapat diandalkan. Namun, sayang penggunaan warna coklat secara berlebihan dapat berkesan dominan yang kaku, kolot, dan tidak berperasaan.



8



Warna Ungu



Arti warna ungu yaitu kesetiaan, kepuasan, menarik perhatian dan bahkan dianggap mampu memancarkan kekuatan. Kesan lain yang sering diartikan dari warna ungu yaitu seperti independen, ambisius, visioner, dan kemewahan. Namun, pengunaan warna ungu secara berlebihan sering diartikan kurang teliti dan kesendirian.




9



Warna Abu-abu


Arti warna abu-abu yaitu tanggung jawab, mandiri, dan keseriusan. Namun, warna abu-abu ini juga sering dimaknakan abstrak, tidak jelas, dan bersifat labil. Warna abu-abu juga diartikan secara negatif 



10



Warna Oranye


Arti warna oranye yaitu berkesan hangat dan bersemangat. Warna ini merupakan simbol petualangan, optimisme, percaya diri dan kemampuan bersosialisasi. Warna oranye sering dipakai untuk memperingati sebuah kenangan manis, karena warna hangat mampu menarik perhatian tanpa mengintimidasi atau menakut-nakuti seperti warna merah.



11


Warna Merah muda/ PinkArti warna pink/ merah muda yaitu sering diidentikkan dengan wanita, warna ini berkesan lemah lembut, menarik, dan cantik. Warna pink menggambarkan kepribadian yang feminim, romantis, peduli, dan lemah lembut.

Berdasarkan dari bermacam-macam warna yang telah dijelaskan warna dan dijelaskna pula arti atau makna yang terkandung di dalam masing-masing warna yang ada di dalam tabel, kemudian warna tersebut masih dapat dijabarkan lagi menjadi beberapa macam warna. Di mana warna yang dijelaskan di dalam tabel di atas merupakan warna-warna dasar yang masih dapat dibagi menjadi beberapa warna lagi.

Contohnya seperti warna biru yang dapat dibagi lagi menjadi warna biru tua, warna biru dongker, biru muda, biru langit serta masih terdapat bermacam-macam lagi jenis warna yang merupakan turunan dari warna dasar. Berikut ini yang merupakan penjelasan macam-macam warna secara lengkap.

 

Macam-Macam Warna Biru

macam macam warna

Adalah salah satu warna primer atau yang biasa disebut dengan warna dasar, Selain warna biru warna dasar juga mencangkup warna lain seperti warna merah dan warna kuning. Warna biru sendiri dapat dibagi menjadi beberapa macam warna dapat diturunkan lagi jadi warna-warna yang masih mirip dengan warna biru dasar.

Seperti yang telah diketahui bahwa terdapat warna biru muda, biru tua, biru Dongker, biru langit dan masih terdapat beraneka ragam jenis macam warna biru yang lainnya. Berikut ini merupakan penjabaran macam-macam warna biru yang  akan dijelaskan dalam bentuk tabel seperti dibawah ini.

 

Macam – Macam Warna Merah

macam macam warna

Warna merah pada dasarnya merupakan warna yang sangat identik dengan cinta dan kasih sayang. Selain itu warna merah juga banyak digunakan untuk melambangkan kondisi seseorang yang emosi atau marah. Sehingga hal ini yang membuat warna merah merupakan salah satu warna yang unik dibandingkan dengan jenis warna yang lainnya.

Warna merah adalah warna yang ada pada frekuensi cahaya dengan tingkatan yang paling rendah dan dapat ditangkap oleh padandangan mata manusia. Panjang dari gelombang cahaya warna merah mempunyai jangkauan yaitu sekitar 630-760 mm. Warna merah sendiri merupakan warna dasar yang warna ini tidak tercipta dari percampuran warna apapun.

Warna merah sendiri mempunyai banyak sekali jenisnya warna merah yang kekuning-kuningan atau warna jingga, dan warna kamera yang kebiru-biruan yang mendekati warna ungu, bahkan terdapat warna merah pucat yang biasa disebut dengan warna merah muda, serta warna merah yang pekat warna tersebut disebut dengan nama warna merah tua. dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat bermacam-macam warna yang dapat diturunkan dari warna dasar merah.

Terdapat bermacam-macam warna merah selain yang disebutkan di atas terdapat pula warna merah yang lainnya seperti pada gambar berikut ini.

 

Macam-Macam Warna Kuning

macam macam warna

Warna kuning adalah salah satu dari jenis warna yang cerah, warna kuning ini juga disebut-sebut merupakan warna yang melambangkan perdamaian dan juga melambangkan keceriaan. Selain itu warna kuning juga dipercaya merupakan warna yang dapat memberikan rangsangan terhadap sel kerucut merah dan hijau pada retina mata manusia. Akan tetapi warna kuning tidak dapat memberikan rangsangan terhadap sel kerucut biru.

Warna kuning adalah warna yang letaknya berada pada derajat frekuensi cahaya yang paling tinggi bahasa Inggris mata manusia lebih sering mengasosiasikan warna kuning sebagai warna yang paling cerah dibandingkan dengan jenis warna yang lainnya.

Warna kuning juga termasuk kedalam salah satu dari 3 jenis warna primer selain warna merah dan warna biru. warna kuning sendiri mempunyai bermacam-macam jenis warna yang berasal dari turunan warna dasar kuning. turunan warna kuning didapatkan dari pencampuran warna dasar kuning dan macam-macam warna yang lainnya.

 

Macam-Macam Warna Hijau

macam macam warna

Warna hijau merupakan warna yang paling banyak Kita temui pada orang-orang yang tinggal di daerah pedesaan. Mungkin banyak diantara kalian yang belum tahu karena ia jauh sendiri mempunyai arti atau makna tertentu. Warna hijau dapat dipercaya memberikan rasa santai dan juga rasa tenang dalam hati. Selain itu warna hijau juga merupakan simbol dari kehidupan dan juga simbol kesuburan.

Warna hijau berasal dari komplemen dari magenta yang merupakan percampuran antara dua warna yaitu warna kuning dan warna biru. Warna hijau mempunyai turunan warna atau macam warna yang pada dasarnya warnanya mirip dengan warna hijau. Macam-macam warna tersebut antara lain yaitu warna hijau muda, warna hijau tua, warna hijau toska, hijau army, hijau lumu, dan beraneka ragam macam warna hijau yang lainnya.

Dasar dari adanya warna hijau merupakan campuran antara warna kuning dan warna biru, dan kemudian di lambangkan dengan campuran warna lain untuk dapat menghasilkan warna hijau yang berbeda jenis yang masih dalam turunan warna hijau dasar. Berikut ini merupakan gambar macam-macam warna hijau.

 

Macam-Macam Warna Ungu

macam macam warna

Warna ungu merupakan sebuah warna yang menunjukkan adanya suatu pengaruh, aspirasi yang begitu tinggi, pengetahuan yang tersembunyi, dapat juga sebagai simbol kebangsawanan, magic dan lain sebagainya. Berenang adalah warna yang tergolong ke dalam jenis warna sekunder, warna merupakan warna tengah-tengah antara warna violet dan warna magenta. Kita dapat membuat warna ungu dengan mencapurkan warna merah dan warna biru sesuai dengan porsi yang ditentukan.

Terdapat beragam macam warna ungu yang merupakan warna sebenarnya adalah warna turunan dari warna dasar ungu, seperti lavender, magenta, violet, dan macam-macam warna ungu yang lainnya. Berikut ini merupakan macam-macam warna ungu beserta nama yang dapat kamu jadikan sebagai referensi atau pengetahuan tentang macam-macam warna ungu.

 

Macam-Macam Warna Pink

macam macam warna

kamus warna

Warna pink adalah warna yang dibuat dari campuran antara warna merah dan warna putih. Meskipun warna pink merupakan warna yang yang merupakan campuran dari kedua warna tersebut akan tetapi mempunyai arti yang berbeda dengan warna merah dan warna putih.

Gradasi warna pink atau yang biasa disebut dengan warna merah muda ini merupakan warna yang hangat dan juga memegang rasa emosional. Warna pink sendiri merupakan lambang dari kasih sayang, cinta kasih yang lainnya.

Warna pink sendiri merupakan salah satu jenis warna yang paling banyak disukai atau menjadi warna favorit bagi kaum wanita. Hal tersebut dikarenakan warna pink merupakan satu warna yang menyiratkan sesuatu yang lembut serta menenangkan. Akan tetapi warna pink merupakan warna yang memberikan efek kurang bersemangat dan membuat suatu energi menjadi lemah.

Macam-macam warna pink merupakan warna yang melambangkan sisi feminitas dan rasa kasih sayang dan cinta. Oleh karena itu warna pink adalah warna yang memiliki sifat lembut. Berikut ini merupakan macam-macam warna pink dalam bentuk gambar.

 

Macam-Macam Warna Oranye

macam macam warna

Seperti yang kalian tahu bahwa warna oranye merupakan campuran antara kedua warna dasar itu percampuran antara warna merah dan warna kuning. Warna oranye adalah elemen warna yang yang paling dominan yang ada di dalam kehidupan. Menurut pandangan psikologi warna orange mempunyai arti atau dapat menunjukkan perasaan terhadap adanya sesuatu, cayaha, objek dan lainya.

Warna orange juga menggambarkan kegembiraan dan juga kreativitas. Macam-macam warna orange dapat memberikan energi yang positif terhadap lingkungan sekitar, sehingga seseorang dapat merasa gembira atau menghilangkan rasa sedih saat menangkap warna orange.

Terdapat bermacam-macam warna orange mulai dari warna orange kemerahan, ada pula warna orange kekuningan. Berikut ini merupakan macam-macam warna orange dalam bentuk gambar.

Macam-Macam Warna Cokelat

macam macam warna

Warna coklat adalah jenis warna yang pada umumnya merupakan percampuran antara dua warna itu warna kuning gelap dan warna orange atau warna merah. Warna coklat merupakan salah satu warna yang dapat memberikan makna atau pesan yang elegan dan anggun, dikarenakan warna coklat merupakan salah satu warna yang netral.

Arti dari warna coklat sendiri sangat bervariasi tergantung pada percampuran warna untuk dapat menghasilkan warna coklat. Karakter atau sifat yang dimiliki oleh warna coklat yaitu merupakan warna yang dapat memenangkan, hangat, jujur, percaya diri, nyaman. Secara umum warna coklat merupakan warna yang hampir mirip seperti warna orange, akan tetapi warna coklat agak lebih sedikit dibandingkan dengan warna orange dan lebih hangat.

Untuk warna coklat sendiri terdapat macam-macam jenis warnanya. Mulai dari warna Rosy brown, Tan, Maroon, Brown, Sienna, Dark Goldenrod dan masih banyak lagi. Di bawah ini lupakan macam-macam warna cokelat yang di jelaskan dalam bentuk gambar.

 

Macam-Macam Warna Putih

macam macam warna

Pada dasarnya warna putih merupakan warna yang merepresentasikan keseluruhan warna dasar dalam keadaan yang maksimum yaitu dengan menggunakan perbandingan yang sama besar. Warna putih merupakan orang yang tidak dapat didefinisikan sebagai jenis warna tertentu, hal tersebut dikarenakan warna putih merupakan warna yang sama halnya dengan warna hitam serta warna abu-abu.

Sejarah pengertian atau sejarah definisi warna putih adalah warna yang merepresentasikan keseluruhan warna oleh mata ataupun oleh sensor kamera. di dalam dunia fotografi, warna putih merupakan pewarna yang mempunyai arti sebagai tanda bahwa suatu film atau sensor telah melebihi batas kemampuannya untuk dapat menangkap suatu cahaya.

Warna putih merupakan warna yang menggambarkan suatu kesederhanaan, rasa tidak bersalah, kesucian dan kesempurnaan. Warna putih juga termasuk warna yang melambangkan absolut atau sesuatu yang steril. untuk dapat menghasilkan bermacam-macam warna putih atau warna turunan dari warna dasar putih, debat dengan cara menambahkan campuran warna lain namun dengan Porsche yang ringan bahkan dapat dibilang sedikit.

Terdapat banyak macam-macam warna putih antara lain seperti beige, snow floral white dan yang lainnya. Berikut ini merupakan macam-macam warna putih yang ditunjukkan dalam bentuk gambar.

 

Macam-Macam Warna Abu-abu

macam macam warna

Secara umum warna abu-abu merupakan salah satu jenis warna yang memiliki sifat, Sama halnya dengan warna putih dan warna hitam. Dapat dikatakan bahwa bahwa warna abu-abu merupakan titik warna hitam jam yang tidak sempurna, mungkin sebagian besar orang banyak yang mengira atau berpendapat bahwa warna abu-abu merupakan warna percampuran antara warna hitam dan warna putih.

Akan tetapi selain itu untuk dapat menghasilkan warna abu-abu kamu juga dapat mencampur kan warna komplementer dengan macam warna primer yang lainnya. Jadi warna abu-abu tidak harus percampuran antara warna putih dan hitam.

 

 

Macam-Macam Jenis Warna

macam macam warna

Menurut pendapat yang dikemukakan oleh Brewster Papua warna dapat dikategorikan ke dalam empat kelompok, keempat kelompok tersebut antara lain yaitu warna primer (warna dasar), warna sekunder (warna turunan),  warna tersier (warna turunan dan setelah warna sekunder), dan warna netral.  Berikut ini merupakan penjelasan mengenai keempat jenis warna tersebut.

 

1. Warna Primer

Warna primer adalah warna pokok atau warna pertama yang mana pembentukannya tidak disertai dengan warna yang lain. Warna primer digunakan sebagai bahan pokok campuran untuk menghasilkan warna warna lain. Sejarah teknis warna primer tidak dapat dibuat dengan warna campur yang lain, dengan kata lain dia itu warna primer merupakan warna yang berdiri sendiri. Yang termasuk kedalam warna primer antara lain yaitu:

  • Biru, memiliki nama Cyan yaitu biru semua hijau.
  • Merah, yang memiliki nama Magenta yang merupakan merah sama ungu.
  • Kuning, yang bernama Yellow.

Dari ke 3 warna-warna primer tersebut sering disingkat di dalam dunia percetakan dengan nama CMY atau Cyan, Magenta, Yellow. Yang mana apabila warna dasar tersebut dicampurkan maka akan menghasilkan warna sekunder.

 

2. Warna Sekunder

Warna sekunder adalah warna yang dihasilkan dari adanya percampuran dua warna primer. Biasanya percampuran warna primer akan menghasilkan warna sekunder yang mungkin banyak dilupakan oleh orang bahwa warna tersebut adalah warna sekunder. Seperti contohnya warna biru  yang dicampur dengan warna merah maka akan menjadi warna ungu. Di bawah ini adalah warna sekunder antara lain:

  • Warna merah dicampur dengan warna kuning maka akan menjadi warna orange atau jingga.
  • Warna biru dicampur dengan warna kuning maka akan menghasilkan warna hijau.
  • Warna biru dicampur dengan warna merah akan menghasilkan warna ungu atau violet.

 

3. Warna Tersier

Jenis warna yang selanjutnya adalah warna tersier. Warna tersier adalah warna yang berasal dari percampuran antara warna primer dan juga warna sekunder. Warna tersier merupakan warna turunan dari warna sekunder, atau dapat diartikan bahwa warna tersier merupakan warna yang dibuat dengan tiga warna campuran. Di bawah ini bermacam-macam dari warna tersier antara lain yaitu:

  • Orange kekuning-kuningan merupakan hasil warna yang berasal dari campuran antara warna kuning (primer) dengan warna orange (sekunder).
  • Kuning kehijau-hijauan yang merupakan percampuran antara warna biru yang merupakan warna primer dan juga warna hijau yang merupakan warna sekunder.
  • Merah orange adalah pergabungan warna yang dihasilkan antara warna merah yaitu warna primer dengan warna orange yang merupakan warna sekunder.

 

4. Warna Netral

Warna netral merupakan warna yang dapat dengan mudah padupadankan dengan jenis-jenis warna yang lainnya. Ada warna-warna yang tidak memiliki pemurnian warna atau bukan warna primer dan bukan juga termasuk dalam warna sekunder. Warna netral terdiri dari warna putih, cokelat, abu-abu dan juga hitam, yang berguna untuk memudahkan warna atau membuat warna menjadi lebih terang atau dapat juga gelap.

Baca Juga : 250+ Gambar Mewarnai untuk Anak, Bagus: Lengkap 2020

 

 

Sistem Warna

Menurut hasil penemuan dari Luois Prang pada tahun 1876, semua warna adalah istilah yang digunakan untuk dapat membagi warna dalam beberapa bagian. Di bawah ini merupakan bagian-bagian yang ada di dalam warna atau sistem warna.

 

1. Saturation

Saturation adalah identitas dalam warna, yang merupakan lemah atau kuatnya suatu warna. Untuk dapat mengetahui lemah atau kuatnya suatu warna harga dapat di dengan seberapa jauh atau seberapa dekat sebuah warna dari pigmen yang asli. Seperti halnya pada warna biru primer akan dapat dikatakan mempunyai intensitas yang lebih kuat dibandingkan dengan warna biru muda yang mana intensitasnya lebih lemah atau rendah.

 

2. Hue

Hue adalah istilah yang digunakan untuk dapat menunjukkan identitas yang dimiliki oleh suatu warna. Dalam hal ini fungsi dari hue itu untuk membedakan warna yang satu dengan warna yang lainnya supaya suatu jenis warna dapat diketahui diidentifikasikan dengan jelas.

Baca Juga : Pengertian Warna: Macam, Jenis Warna, Istilah dan Karakter Warna

 

3. Value (Gelap Terang)

Value atau perantara adalah tingkat kegelapan atau tingkat terangnya dari suatu warna. Untuk warna yang mempunyai tingkatan paling terang warna putih, Sedangkan untuk warna yang mempunyai tingkatan kegelapan paling tinggi adalah warna hitam. Apabila semakin terang membuat warna, maka akan semakin tinggi pula value yang dimiliki oleh suatu warna.

 

4. Monokrom

Monokrom adalah warna yang dihasilkan dari adanya dari warna primer atau warna dasar dengan warna hitam atau warna putih. Secara umum warna yang dimiliki oleh warna monokrom hampir mirip dengan hue seperti contohnya yaitu berbagai jenis komponen warna merah yang terdiri dari warna cokelat, merah muda, merah jambu dan dan merah primer.

 

5. Polikromatis

Warna polikromatis adalah berbagai macam jenis warna yang berasal dari campuran warna sekunder dengan warna putih atau warna hitam. Sejarah hukum polikromatis hampir sama dengan warna monokrom itu sama-sama menunjukkan hasil percampuran dari warna yang mempunyai intensitas yang dimiliki oleh suatu warna pembentuk.

 

6. Warna Analogus

Warna analogus adalah warna yang apabila dilihat sekilas mata merupakan warna yang yang mempunyai kemiripan atau sebenarnya warna yang sama, akan tetapi sebenarnya apabila dilihat secara lebih mendetail warna tersebut berbeda. Seperti misalnya itu antara warna kuning dengan warna hijau.

 

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang macam-macam warna. Semoga apa yang telah dijelaskan dalam artikel ini dapat dijadikan sebagai referensi pembelajaran. Apabila dalam penulisan terdapat kalimat atau kata-kata yang salah mohon maaf. Terimakasih.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight