Sandy Kurnia Fajar Hobi ngegame, jadi top player dan disayang mamah. Biar jadi orang yang berguna bagi banyak orang.

200+ Contoh Majas: Pengertian, Macam-Macam Majas

20 min read

contoh majas

Pengertian majas adalah merupakan suatu bentuk gaya bahasa yang biasanya digunakan para penulis untuk memaparkan / menyampaikan pesan dengan gaya imajinatif dan biasanya lebih bersifat kias.

Penggunaan majas ini biasanya dilakukan dengan tujuan karena si penulis / seniman ingin pembaca / audiens nya bisa merasakan emosional yang lebih bagus atau bisa mendapatkan efek rasa tertentu dari penggunaan gaya bahasa tersebut. Umumnya majas ini memiliki arti yang kias (tidak sebenarnya / konotasi).

Nah di artikel kali ini Pintarnesia ingin berbagi artikel yang berhubungan dengan majas. Artikel kali ini akan mengulas mengenai Pengertian Majas, Macam Macam Majas, dan Contohnya. Oke, silakan teman teman simak pembahasan artikelnya di bawah ini dengan baik ya.

 

Pengertian Majas Personifikasi

Defisinis Majas personifikasi adalah merupakan suatu jenis majas yang melakukan perbandingan terhadap benda (objek) mati hingga seakan-akan benda (objek) mati tersebut bersifat layaknya makhluk hidup.

Majas personifikasi ini memberikan kesan kepada pembaca / audiens jika benda mati yang di gambarkan seakan-akan bisa melakukan hal hal yang dapat dilakukan makhluk hidup entah itu manusia atau hewan. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas personifikasi yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Personifikasi

  1. Bayangan Dirimu selalu melayang layang dipikiranku.
  2. Dedaunan hijau disekitar pinggir jalan melambai lambai seakan memanggilku untuk berteduh.
  3. Kabut tebal gelap terlihat sudah menyelimuti langit tanda akan terjadi hujan.
  4. Banjir yang terjadi di Jakarta hari senin, menelan korban jiwa.
  5. Pagi ini langit terlihat mendung seperti tidak ceria layaknya pagi kemaren.
  6. Anginpun ikut berbisik untuk memberitahukan kabar itu.
  7. Terlihat hujan sedang memeluk mereka yang sedang merasakan kesedihan pada dirinya.
  8. Awan terlihat menari dengan ceria di langit siang yang cerah ini.
  9. Burung burung itu bernyanyi sembari terlihat kebahagian di wajah mereka pagi hari ini.
  10. Awan mendung sudah mulai datang dan berbicara bahwa sebentar lagi akan terjadi hujan deras.

 

 

Pengertian Majas Metafora

Definisi Majas metafora adalah merupakan suatu jenis majas yang mengungkapkan suatu perbandingan antara dua obyek tertentu, yang dimana sebenarnya objek tersebut berbeda menjadi suatu paduan persamaan (seperti menyamakan objek yang berbeda). Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas metafora yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Metafora

  1. Banyak manusia senang menyaksikan dewi malam sudah datang.
  2. Lihatlah sang Raja hutan sedang berburu mangsanya dengan garang.
  3. Si kembang desa menjadi pujaan hati para pemuda di sekitarnya.
  4. Pasar itu sudah terlalap si jago merah mulai dari jam 3 pagi waktu setempat.
  5. Masih banyak terlihat tikus kantor yang berkeliaran dengan bebas di negeri kita ini.
  6. Raja hutang mengaum dengan cukup keras hingga terdengar di seluruh penjuru hutan untuk membangunkan hewan lain di pagi hari.
  7. Anak itu sepertinya akan menjadi bintang di kelasnya.
  8. Orang itu terus saja mencari alasan dan mengkambing hitamkan orang lain pada masalah yang sedang ia hadapi.
  9. Lintah darat itu terlihat akan datang untuk mencari mangsa lagi.
  10. Anak itu mati kutu ketika sedang dimarahi oleh orang tuanya karena berbuat nakal terus menerus.

Baca Juga: Contoh Majas Metafora.

 

Pengertian Majas Repetisi

Defisinis Majas repetisi adalah merupakan suatu jenis majas yang di dalamnya menggunakan suatu bentuk pengulangan kata / bahasa / frasa / klausa dalam suatu kalimat yang dibuat dengan sama dalam suatu susunan tertentu di dalam kalimat. Biasanya Majas repetisi berfungsi untuk memberi suatu penegasan terhadap suatu hal. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas repetisi yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Repetisi

  1. Selamat tinggal desaku tercinta, selamat tinggal kampung halaman masa kecil.
  2. Kucinta dia, Kusayang dia (Dari bagian lagu Dia yang di populerkan oleh Anji).
  3. Rindu dia, Inginkan dia (Dari bagian lagu Dia yang di populerkan oleh Anji).
  4. Aku butuh dirimu, aku rindu kamu, aku cinta kamu.
  5. Dia yang kunanti, dia yang kutunggu dia, yang ku harap.
  6. Mari kita sambut para idola kita, mari kita sambut para pahlawan kita, mari kita sambut pemuda bangsa.
  7. Cinta merupakan pengorbanan, cinta merupakan kesetiaan, cinta merupakan misteri.

 

 

Pengertian Majas Sinekdode

Defisinis Majas sinekdode adalah merupakan suatu jenis majas yang dimana biasanya digunakan untuk mengungkapkan bagian tertentu dari keseluruhan atau bisa juga untuk mengungkapkan keseluruhan untuk bagian tertentu.

Majas sinekdode ini ada 2 macam yaitu majas sinekdode pars pro toto dan majas sinekdode totem pro parte. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas sinekdode pars pro toto dan contoh majas sinekdode totem pro parte yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Sinekdode Pars Pro Toto

Majas Sinekdode Pars Pro Toto adalah merupakan suatu jenis majas yang digunakan untuk menjelaskan bagian sebagai wakil dari keseluruh bagian. Berikut di bawah ini merupakan contoh majas Sinekdode Pars Pro Toto :

  1. Dari hari kamis, aku belum lagi melihat batang hidung orang yang memakai kacamata itu.
  2. Harga tiket sepak bola itu untuk setiap orang 120 ribu rupiah.

 

Contoh Majas Sinekdode Totem Pro Parte

Majas Sinekdode Totem Pro Parte adalah merupakan suatu jenis majas yang digunakan untuk menjelaskan keseluruhan untuk mewakili sebagian tertentu. Berikut di bawah ini merupakan contoh Majas Sinekdode Totem Pro Parte :

  1. Jakarta tahun lalu menjadi pemenang olahraga dalam olimpiade PON di cabang olahraga voli.
  2. Ingris merupakan negara yang sering mendominasi pertandingan di piala dunia.

 

 

Pengertian Majas Sarkasme

Defisinis Majas sarkasme adalah merupakan suatu jenis majas yang biasanya digunakan untuk melakukan sindiran dan umumnya menggunakan kalimat yang bisa dibilang relatif kasar.

Majas sarkasme biasanya digunakan untuk menyampaikan sesuatu dengan / disaat kondisi emosi sedang marah. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas sarkasme yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Sarkasme

  1. Orang itu sangat pantas menjadi sampah jalanan.
  2. Dasar orang otak udang, seperti itu saja tidak bisa.
  3. Kau perlu berkaca terlebih dahulu sebelum mengatakan itu.
  4. Pergi saja dari rumah dan jadi gembel jalanan.
  5. Babu tidak berguna dan membantu sama sekali, bikin masalah saja.
  6. Melihatmu memuatku muak, seperti kotoran anjing saja.
  7. Aku sudah jijik melihat muka kamu.
  8. Anak tidak punya hati, berbuat sesuka diri terhadap orang tua yang sedang sakit.
  9. Biasakan menjadi orang yang hemat dalam menggunakan uang, dasar tikus got!
  10. Apa kau tidak punya mata, sampai sampai jalan menabrak tiang.

 

 

Pengertian Majas Eufemisme

Defisinis Majas eufemisme adalah merupakan suatu jenis majas yang dapat digunakan untuk mengganti suatu ungkapan kata yang relatif kasar menjadi ungkapan kata yang relatif lebih halus. Umumnya fungsi majas Eufemisme ini ditujukan supaya audiens / pendengar / pembacanya bisa tidak tersinggung ataupun emosi.

Misal tetap emosi, setidaknya penggunaan majas eufemisme ini bisa sedikit mengurangi rasa emosi atau rasa tersinggung para audiens / pendengar / pembacanya dibandingkan ketika tidak menggunakan majas eufemisme ini. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas eufemisme yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Eufemisme

  1. Saat sudah lulus SMK, Anak itu kini menjadi seorang pramusaji membantu di restoran makan depan sekolanya. (Pramusaji adalah orang yang menjadi pelayan di rumah makan).
  2. Ayah dari Ibu Guru yang menjadi wali kelas kita, pagi hari tadi sudah pergi untuk berpulang ke Ilahi. (Berpulang adalah meninggal).
  3. Andi ijin kepada ibu guru untuk pergi ke kamar kecil (Kamar kecil adalah WC).
  4. Kasihan sekali tuna netra itu pergi berkelana mencari anaknya yang pergi meninggalkan dirinya sendirian. (Tuna netra adalah orang buta).
  5. Seorang tuna wisma terkapar pingsan di depan rumah, setelah sadar Ia mengaku belum makan selama 3 hari. (Tuna wisma adalah gelandangan).
  6. Anak yang baru lahir di kamar sebelah dinyatakan dokter mengalami tuna wicara karena sudah gangguan sejak di dalam janin. (tuna wicara adalah orang bisu).
  7. Polisi itu dikenakan sanksi berupa dibebastugaskan karena telah melakukan pungli terhadap masyarakat daerah Banjar. (Dibebastugaskan adalah dipecat).
  8. Ibu yang sedang mengandung anak usahakan selalu menjaga makanan yang masuk kedalam tubuhnya, supaya bayi dalam kandungannya tidak mengalami tuna daksa. (tuna daksa adalah cacat fisik).
  9. Orang yang mengaku sebagai paranormal itu setelah diselidik lebih dalam ternyata melakukan penipuan hingga merugikan banyak orang sampai nominal 2 miliar rupiah. (paranormal adalah dukun).
  10. Andi terburu buru ingin pergi ke kamar kecil untuk buang air kecil sampai Ia terbirit birit. (buang air kecil adalah kencing, Kamar kecil adalah WC).

 

 

Pengertian Majas Epifora

Defisinis Majas epifora adalah merupakan suatu jenis majas yang digunakannya pengulangan kata pada suatu kalimat di bagian akhir kalimat secara urut. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas epifora yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Epifora

  • Tunggulah diriku karena aku akan datang padamu, nantikanlah diriku karena aku akan datang padamujangan kau pergi dariku karena aku akan datang padamu. (pengulangan kata ‘aku akan datang padamu’).
  • Janganlah dirimu khawatir padanya karena pasti akan pulang padamujanganlah dirimu resah karena pasti akan pulang padamu, janganlah dirimu takut karena pasti akan pulang padamu. (pengulangan kata ‘karena pasti akan pulang padamu’).
  • Sungguh diriku ini menyayangimu, tak akan pernah lupa untuk menyayangimusampai akhir diriku kan terus menyayangimu. (pengulangan kata ‘menyayangimu’).
  • Ayah selalu minum kopi, ketika pagi Ayah minum kopi, ketika siang Ayah juga minum kopi, hingga ketika akan tidur ayah juga minum kopi. (pengulangan kata ‘minum kopi’).
  • Hamba bisa hidup karena-Mu, Hamba bisa menikmati sehat karena-Mu, Hamba bisa melaksanakan ibadah karena-Mu, hingga nanti hamba binasa pasti juga karena-Mu. (pengulangan kata ‘karena-Mu’).

 

 

Pengertian Majas Pleonasme

Defisinis Majas pleonasme adalah merupakan suatu jenis majas yang biasanya digunakan untuk memberikan penjelasan yang lebih kepada suatu hal yang sebenarnya bisa dikatakan sudah jelas, namun supaya bisa lebih jelas sekaligus mempertegas maksud dari kalimat tersebut digunakanlah majas pleonasme. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas pleonasme yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Pleonasme

  1. Perasaanku sangat riang dan gembira karena mendapat hadiah dari dirimu.
  2. Suara kamu saat berteriak sangat keras sampai terdengar di depan rumah.
  3. Aku sangat senang pergi ke taman bunga, karena bisa melihat banyak tanaman yang belum pernah kulihat sebelumnya.
  4. Kemarin saya menyaksikan kejadian kecelakaan maut di depan sekolah dengan mata kepala ini sendiri.
  5. Saat guru datang ke kelas, spontan kelas kamu menjadi sepi dan senyap.
  6. Sekarang perasaanku terhadap ujian ini sudah ikhlas secara lahir dan batin.
  7. Melihat senyumu jantungku ini berdegup sampai mau copot karena manisnya dirimu.
  8. Andi menolah ke arah belakang untuk mencari sumber suara yang Ia dengar.
  9. Ayah memiliki berbagai binatang unggas, misalnya bebek dan ayam.
  10. Supir bus pariwisata itu menghentikan kendaraannya karena terjadi kecelahakan di depannya.

 

 

Pengertian Majas Paralelisme

Defisinis Majas paralelisme adalah merupakan suatu jenis majas yang di dalamnya berisi untuk mengungkapkan suatu kesejajaran. Biasanya fungsi Majas Paralelisme digunakan untuk melakukan kesejajaran pada suatu arti frasa di dalam bahasa karya tulis. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas paralelisme yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Paralelisme

  1. Sekarang ini kesetaraan gender dalam mencari pekerjaan seperti sudah tidak ada lagi antara kaum pria dan kaum wanita.
  2. Hari terus berganti siang dan malam, meski begitu diriku masih tanpamu.
  3. Kita harus selalu melaksanakan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam keadaan apapun entah itu sehat atau sakit.
  4. Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah di daratan maupun di lautan.
  5. Kita tidak bisa menilai seseorang dari warna kulit saja, entah hitam atau putih semua sama saja, yang membedakan adalah perilaku orang tersebut.
  6. Orang kadang berada di atas kadang berada di bawah. Kaya atau miskin itu tidak hakiki, seperti yang kita tahu roda kehidupan selalu berputar.
  7. Sudah biasa terjadi dalam kehidupan susah atau senang setiap harinya.
  8. Dirimu selalu terlihat cantik dan menawan, meski tanpa make up ataupun dengan make up.
  9. Usia bukanlah patokan untuk kematian menghampiri seseorang, tua dan muda sama saja, hal itu bisa terjadi pada siapapun dan kapanpun.
  10. Kamu tidak boleh patah semangat untuk belajar, meski nilai yang kamu capai kadang bagus kadang jelek.

 

 

Pengertian Majas Hiperbola

Mungkin majas hiperbola merupakan salah satu jenis majas yang cukup terkenal dan banyak masyarakat Indonesia sudah mengetahuinya.

Bagi kalian yang belum tahu apa itu Majas Hiperbola, Defisinis Majas Hiperbola adalah merupakan suatu jenis majas yang biasanya digunakan untuk menjelaskan atau menggambarkan suatu hal dengan cara yang berlebihkan (dilebih lebihkan) daripada kenyataannya.

Fungsi majas hiperbola ini biasanya digunakan supaya audiens / pembaca / pendengar bisa lebih tertarik akan hal yang kita sampaikan. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas Hiperbola yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Hiperbola

  1. Jangan sampai dirimu menjadi buta akan perbuatan salah yang Ia lakukan karena kekagumanmu terhadap dirinya.
  2. Kamu membawa apa saja hari ini, tas kamu terlihat sangat besar seperti gajah.
  3. Suara ayah yang sedang memarahi Andi sangat menggelegar seperti guntur hingga Ia tak bisa berkutik.
  4. Rayuanmu maut sekali untuk mendapatkan perasaan seseorang.
  5. Pria itu memiliki wajah yang tampan dan suara yang merdu, semua wanita meleleh karenanya.
  6. Kisah perjuangan adik kecil itu untuk mencari sesuap nasi membuat diri ini seperti akan banjir air mata.
  7. Hatiku terasa tersayat sayat saat kau menghinaku seperti itu.
  8. Andi rela menguras uang tabungannya untuk membeli barang yang sudah lama Ia inginkan.
  9. Para juri terhipnotis dengan merdunya suara yang dihasilkan dari mulut peserta audisi itu.
  10. Motivator itu memberikan kata kata motivasi yang dapat menyulut semangat kita menjadi terus membara dan jangan pernah menyerah

 

 

Pengertian Majas Paradoks

Defisinis Majas paradoks adalah merupakan suatu jenis majas yang di dalamnya berisi pertentangan, biasanya pertentangan tersebut digunakan untuk menjelaskan pertentangan antara suatu realita / kenyataan dengan suatu pernyataan.

Majas paradoks biasanya sering digunakan dalam tulisan karya novel. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas Paradoks yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Paradoks

  1. Orang itu sangat kaya raya, tetapi miskin.
  2. Dirinya merasa sepi meskipun tinggal di kota yang ramai.
  3. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sekaran ini juga berakibat dengan kemunduran nilai sosial dan moral orang orang.
  4. Naiknya harga pangan di pasar, berakibat dengan turunnya kesejahteraan yang di dapat rakyat.
  5. Pikiran kita harus selalu dingin, meskipun cuaca di sekitar sedang panas.
  6. Anak itu ingkar terhadap kewajiban yang Ia miliki, namun Ia menepati janji terhadap ibunya.
  7. Orang yang mengalami kecelakaan di depan rumah sangat sial sekali, namun beruntung Ia tidak terluka parah.
  8. Pemilik rumah itu sangat jorok, tetapi rumahnya sangat bersih.
  9. Aku tidak bermaksud untuk mencaci namun dirimu memang patut untuk diberi pujian.
  10. Semangat kakek yang sudah tua itu tidak kalah dengan remaja yang masih muda.

 

 

Pengertian Majas Tautologi

Defisinis Majas tautologi adalah merupakan suatu jenis majas yang menggunakan bahasa secara berulang (bisa menggunakan kata yang berbeda untuk menegaskan satu makna) dalam suatu kalimat, hal itu biasanya dilakukan dengan tujuan majas taotologi berfungsi untuk melakukan penegasan dari kalimat tertentu.

Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas tautologi yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Taotologi

  1. Kau terlihat begitu sempurna. Kau terlihat begitu indah.
  2. Selama waktu ini aku sudah menanti. Selama waktu ini aku sudah mengerti bahwa suatu saat kau pasti akan datang kembali.
  3. Hatiku terasa hancur lebur saat melihat dirimu berjalan dengannya.
  4. Tangis dan tawamu merupakan bagian dari hidupnya diriku.
  5. Dimalah yang sepi dan sunyi ini terasa hampa diriku tanpa dirimu.
  6. Bukanya aku tak sayang dan tak mencitai dirimu.
  7. Sungguh terlihat canti jelita wajah wanita itu, ingin sekali setiap hari menatapnya.
  8. Betapa pintar dan cerdasnya anak itu bisa menyelesaikan soal ujian matematika dengan hasil yang sempurna secara cepat.
  9. Cerita hidup Andi sungguh sangat kelam dan begitu menyedihkan.
  10. Dirimu memang selalu kuat dan tabah sudah mau menunggu dirinya yang kian tak datang kembali.

 

 

Pengertian Majas Metonimia

Defisinis Majas metonimia adalah merupakan suatu jenis majas yang biasanya digunakan untuk tujuan menjelaskan suatu kata / kalimat yang mempunyai kaitan cukup dekat.

Majas metonimia ini biasanya digunakan untuk kata sepertu merk barang sebagai pengganti kata tertentu. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas metonimia yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Metonimia

  1. Tetangga kita itu sepertinya kebingungan antara ingin membeli mobil toyota atau avanza.
  2. Menyambut datangnya tahun baru Matahari memberikan diskon besar besaran.
  3. Orang itu kehilangan ponsel iphone 11 yang baru saja Ia beli satu minggu yang lalu.
  4. Hadiah untuk pemenang lomba melukis, mewarnai, dan menggambar di sponsori oleh pihak Greebel.
  5. Saat ini Elpiji 12 kg sudah mulai langka dan sulit untuk ditemui, sehingga harganya melonjak naik.
  6. Promo rinso saat ini beli 2 gratis 1 piring cantik, untuk periode sampai minggu depan.
  7. Anak itu mendapatkan hadiah sepeda motor tanpa diundi dari minuman Ale Ale.
  8. Kini sepertinya Indomie menjadi makanan favorit / kesukaan anak kos terutama saat akhir bulan.
  9. Sebentar lagi mudik lebaran, harga tiket sinarjaya melonjak hampir dua kali lipat.
  10. Ibu menyuruhku membelikan Aqua satu kardus untuk acara nikahan kakak.

 

 

Pengertian Majas Ironi

Defisinis Majas ironi adalah merupakan suatu jenis majas yang seringkali digunakan sebagai alat untuk menyatakan suatu hal yang bertolak belakang dari hal / keadaan aslinya. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas ironi yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Ironi

  1. Saking wanginya bau tubuh Andi, sampai tidak ada orang yang kuat berada di dekatnya.
  2. Cahaya lampu jalan itu sungguh terang sekali, hingga aku tak bisa melihat orang yang ada di depanku.
  3. Andi suka sekali kebersihan, sampai sampai banyak lalat terdapat di kamarnya.
  4. Jakarta merupakan salah satu kota paling aman, setiap hari selalu terjadi kasus kriminalitas.
  5. Kamu memiliki suara yang sangat merdu sekali, namun akan lebih baik jika kamu berhenti untuk bernyanyi dan diam.
  6. Harga sepatu itu murah sekali, aku perlu menjual ginjal terlebih dahulu untuk membelinya.
  7. Tau waktu sekali kamu nak, sampai kau pulang dirumah jam 2 pagi ketika semua orang sudah tidur.
  8. Anak itu sangat taat dengan aturan di jalan raya, bahkan ketika lampu merah Ia tetap berjalan melewatinya.
  9. Andi sangat pintar dalam hal matematika, setiap ulangan Ia pasti tidak pernah mendapat nilai lebih dari 40.
  10. Kamu berkata sangat baik pada Ibu, sering ibu kamu menangis karena perkataan yang keluar dari mulut kamu menyakitinya.

 

 

Pengertian Majas Asosiasi

Defisinis Majas asosiasi adalah merupakan suatu jenis majas yang digunakan untuk membandingkan 2 objek / hal berbeda, namun objek itu mempunyai ciri / sifat yang mirip. Fungsi Majas asosiasi ini seringnya ditujukan untuk kata penghubung seperti misalnya adalah juga, ibarat, bagai. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas asosiasi yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Asosiasi

  1. Kepalanya sangat keras seperti batu sulit sekali untuk dinasehati.
  2. Semangat Andi untuk menimba ilmu di sekolah seperti bara api yang membara, Ia tak pernah patah semangat meski banyak kendala.
  3. Orang itu seperti kuda saja tidak memiliki rasa lelah.
  4. Dadang dan Dudung memiliki wajah seperti pinang dibelah dua.
  5. Suara kamu seperti knalpot rusak ketika bernyanyi.
  6. Pandangan mata singa itu sangat tajam seperti silet ketika mengintai mangsannya.
  7. Kecepatan lari hewan cheetah seperti pesawat jet tempur yang sedang melesat.
  8. Kurus sekali badan kamu sekaran ini, seperti kerangka hidup.
  9. Menemukan cinta sejati itu seperti mencari jarum di tumpukan jerami, sulit sekali.
  10. Bagaimana caranya melatih otak kamu hingga encer layaknya air seperti itu?.

 

 

Pengertian Majas Antitesis

Defisinis Majas antitesis adalah merupakan suatu jenis majas yang digunakan untuk menyatakan dua kata, dimana kata tersebut mempunyai makna / arti berlawanan satu sama lain.

Kata yang dimuat dalam majas antitesis ini ditampilkan secara urut. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas antitesis yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini:

 

Contoh Majas Antitesis

  1. Benarkah jika ketebalan atau ketipisan dari hasil skripsi mempengaruhi nilai ketika di sidang akhir?.
  2. Aku ingin tahu apakah dia jujur atau berbohong kepada diriku selama ini.
  3. Jangan kita mencari sahabat dengan didasarkan dari kaya atau tidaknya orang tua orang tersebut.
  4. Tampan jeleknya seorang Pria tidak bisa dijadikan sebagai patokan utama untuk calon suami.
  5. Naik dan turunya harga bahan pangan di pasar, berpengaruh sangat penting terhadap kesejateraan rakyat.
  6. Tinggi atau rendahnya derajat dari seseorang di mata Tuhan Yang Maha Esa dinilai dari perbuatan dan ketakwaannya, bukan di dasarkan dari kekayaan.
  7. Sukses atau gagalnya kamu di masa yang akan mendatang, di tentukan oleh dirimu mulai dari sekarang juga.
  8. Rumit tidaknya kerajinan kayu itu berpengaruh terhadap harga jual yang bisa di dapat.
  9. Hidup ini selalu berputar, kadang di atas dan kadang di bawah. Yang paling penting adalah kita harus selalu bersukur dan berusaha.
  10. Tinggi atau rendahnya minat anak terhadap sekolah dipengaruhi oleh banyak faktor.

 

 

Pengertian Majas Antonomasia

Defisinis Majas antonomasia adalah merupakan suatu jenis majas yang umumnya digunakan untuk memberikan istilah / menyebut objek / hal / benda tertentu tanpa menggunakan istilah aslinya, tetapi menggunakan sifat yang dimiliki dari objek yang disebutkan itu.

Fungsi majas antonomasia ini biasanya digunakan untuk melakukan variasi kalimat / kata di dalam interaksi manusia sehari hari, supaya bahasa yang digunakan tidak memilki kesan monoton.

 

Contoh Majas Antonomasia

  1. Kemana perginya anak pemalas itu? Ia selalu saja bisa menemukan tempat untuk membolos sekolah yang bagus.
  2. Tahukah kau jika banyak orang menjulukimu sebagai si dungu? Sampai sampai kerbau saja akan merasa malu jika disamakan denganmu.
  3. Apa yang terjadi? hingga si cantik dan manis itu tidak masuk ke sekolah hari ini.
  4. Aku tak bisa menahan untuk tertawa ketika mendengar celotehan dari si pembual itu.
  5. Sungguh aku merasa sangat rindu terhadap anak berkacamata itu, kapan lagi kau bisa untuk mempertemukan aku dengan dirinya lagi?
  6. Si pintar itu sekarang sudah berhasil untuk mendapatkan besiswa delapan universitas negeri untuk berkuliah yang ada di Indonesia.
  7. Kapankah kau terakhir kali menemui si pria tampan itu?
  8. Dirimu bagaikan berlian yang sangat berharga dalam hidupku.
  9. Kenapa si gemuk itu tidak mau juga untuk membenarkan pola makan setiap harinya? Apakah Ia tidak menginginkan tubuh ideal?
  10. Aku tidak ingin lagi untuk menjalin hubungan bersama pria yang serakah itu.

 

 

Pengertian Majas Simile

Defisinis Majas simile adalah merupakan suatu jenis majas yang biasanya digunakan sebagai alat untuk membandingkan 2 objek / kata / hal dengan cukup jelas dan tegas memiliki sifat / karakter yang sama.

Majas simile ini memiliki ciri yaitu menggunakan kata penghubung, misalnya adalah bagai, bak, layaknya. Majas simile ini sedikit mirip dengan majas asosiasi sebenarnya, namun tetap saja berbeda. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas simile yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Simile

  1. Perkataannya seperti sembilu yang bisa menyayat hati.
  2. Suhu tubuh anak itu panas sekali seperti kompor panas.
  3. Persahabatan 3 anak itu seperti besi yang kokoh dan kuat.
  4. Sombong sekali anak itu, seperti fir aun saja dirinya.
  5. Wajah gadis itu sangat cantik seperti kembang yang baru mekar.
  6. Kasih sayang ibu terhadap anak anaknya seperti surya yang menyinari dunia.
  7. Indah sekali wajahmu bagaikan mentari pagi yang menyejukan hati.
  8. Andi berlari sangat cepat bagaikan kilat.
  9. Bayi saat baru lahir layaknya kertas putih yang masih kosong dan suci tanpa dosa.
  10. Semoga cinta kita kekal seperti layaknya kisah cinta dari Rama dan Shinta

 

 

Pengertian Majas Litotes

Defisinis Majas litotes adalah merupakan suatu jenis majas yang digunakan untuk melakukan penjelasan pada suatu ungkapan dengan cara direndahkan daripada dengan aslinya.

Fungsi majas litotes ini biasanya digunakan untuk mengungkapkan suatu hal dengan cara rendah hati dari si penulis kepada audiens / pemaca. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas litotes yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Litotes

  1. Untuk hiburan kami setiap harinya hanya TV butut itulah.
  2. Setiap harinya keluarga saya hanya makan seadanya saja.
  3. Saya merasa hanya orang baisa yang kurang pantas untuk menerima penghargaan dari Anda ini.
  4. Kendaraan yang saya dapat ini hanyalah hasil usaha kecil yang kami kerjakan siang dan malam.
  5. Aku hanya menggunakan tas plastik ini untuk pergi ke sekolah.
  6. Tidak pantas diriku ini jika disandingkan dengan dirimu yang sempurna itu, bagaikan langit dan bumi.
  7. Lembaran lembaran kertas ini mudah mudahan bisa menutupi hutang yang kamu miliki.
  8. Kamu pasti belum pernah menemui orang yang sebodoh aku ini.
  9. Kami hanya keluarga yang hidup dengan pas pasan di kota yang besar ini.
  10. Maukah kau menerima tanda cinta dariku yang sangat kecil ini?.

 

 

Pengertian Majas Alusio

Defisinis Majas alusio adalah merupakan suatu jenis majas yang mimiliki gaya bahasa dengan menggunakan kata lampau / masa lalu untuk memberikan penjelasan mengenai kejadian tertentu.

Kata lampau / yang digunakan untuk menjelaskan masa lalu tersebut biasanya berupa legenda, kejadian, tokoh, atau cerita tertentu. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh majas alusio yang dapat Pintarnesia berikan dalam artikel ini :

 

Contoh Majas Alusio

  1. Suara dari Budi Cilok saat bernyanyi sangat mirip dengan suara penyanyi Iwan Flas.
  2. Wajah nenek itu sangat mirip dengan wajah Titiek Puspa.
  3. Kisah hidup wanita itu mirip sekali dengan kisah yang ada di Cinderella.
  4. Menurutku nuansa musik dari grup Naif hampir mirip dengan nuansa musik dari grup band The Beatles.
  5. Perlakuan anak itu seperti malin kundang yang memperlakukan ibunya dengan sangat tidak baik.
  6. Ia memainkan drum dengan sangat baik dan lincah, hingga mendapatkan julukan sebagai the next Gilang Ramadhan.
  7. Gaya rambut penyanyi kribo itu mengingatkan kita dengan Ahmad Albar yaitu vokalis God Bless.
  8. Kisah cinta perempuan itu sangat tragis seperti kisah dari Siti Nurbaya.
  9. Kisah hidup dari Siti seperti kisah dalam cerita Bawang Merah dan Bawang Putih.
  10. Gempa bumi kemarin dikhawatirkan bisa berdampak dengan terjadinya sunami seperti yang terjadi di Acek saat tahun 2004.

 

Baik seperti itulah artikel kali ini dari Pintarnesia mengenai Macam-Macam Majas, Jenis Jenis Majas, dan Contohnya. Mudah mudahan artikel mengenai tentang majas ini bisa berguna untuk kita semua supaya bisa bertambah wawasan Ilmu pengetahuannya.

Mohon maaf apabila ada salah kata / kalimat dalam artikel Pintarnesia ini, jika ada sesuatu yang ingin di tanyakan bisa teman teman tulis di kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini. Terimakasih telah berkunjung di Pintarnesia, jangan lupa kunjungi juga artikel menarik lainnya.

Sandy Kurnia Fajar Hobi ngegame, jadi top player dan disayang mamah. Biar jadi orang yang berguna bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight