Makalah

By Hasif Priyambudi -

Pasti kalian pernah diperintahkan dosen atau guru untuk membuat mahalah, kadang kita juga bingung untuk membuat makalah. Perlu kamu ketahui ada 8 struktur dalam makalah diantaranya adalah Cover, Abstrak, Daftar isi, Kata Pengantar, Pendahuluan, Latar Belakang, Rumusan Masalah dan yang terakhir adalah Tujuan Pembahasan.

Dari 8 struktur yang sudah Pintar Nesia sebut diantaranya ada struktur Kata Pengantar, struktur ini sering kali membuat bingung bagi orang yang ingin membuat makalah, karena belum pernah membuat kata pengantar makalah atau belum pernah melihat contoh kata pengantar makalah yang ingin dibuat. Berikut ini Pintar Nesia akan menjelaskan tentang Makalah, biasanya pembelajaran makalah ini ada pada pelajaran Bahasa Indonesia, simak dengan baik!

Pengertian Makalah

Pengertian Makalah secara umum adalah salah satu karya tulis yang bersifat ilmiah dengan pembahasan permasalahan tertentu berdasarkan hasil kajian lapangan dan kajian teori, dan ditulis secara selaras serta sistematis.

Teks Makalah merupakan salah satu karya tulis yang ditulis berdasarkan fakta, tidak memihak dan logis. Biasanya majalah ini disajikan dalam tugas yang terstruktur atau forum ilmiah.

Jenis-Jenis Makalah

Tahukah kamu bahwa dalam jenisnya, makalah dibagi menjadi makalah induktif, deduktif dan campuran. Adapun jenis-jenis makalah sebagai berikut.

1. Makalah Induktif

Makalah Induktif adalah makalah yang ditulis berdasarkan atau disusun berdasarkan data empiris, yang didapat dari lapangan yang relevan dengan masalah yang dibahas.

2. Makalah Deduktif

Makalah Deduktif adalah makalah yang ditulis berdasarkan kajian yang teoritis, (Pustaka yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas dalam makalah).

3. Makalah Campuran

Makalah Campuran adalah makalah yang ditulis berdasarkan data empiris digabung dengan kajian teoritis yang releven dengan masalah yang dibahas dalam makalah tersebut.

4. Makalah Ilmiah

Makalah ilmiah merupakan makalah yang dibuat untuk membahas sebuah permasalahan hasil studi ilmiah. Isi dari makalah ilmiah tidak boleh hanya berdasarkan pendapat yang bersifat subjektif.

5. Makalah Kerja

Makalah kerja merupakan makalah yang dibuat dari hasil penelitian. Isi dari makalah kerja memberi ruang penulis untuk mengemukakan pendapat yang bersifat subjektif dari permasalahan yang dibawakan.

6. Makalah Kajian

Makalah kajian merupakan makalah yang dibuat untuk memberi cara untuk memecahkan masalah bersifat kontroversial.

7. Makalah Posisi

Makalah posisi merupakan makalah yang dibuat atas permintaan suatu pihak yang dapat digunakan sebagai alternatif pemecahan suatu masalah.

8. Makalah Analisis

Makalah analisis merupakan makalah yang dibuat untuk menganalisis suatu masalah bersifat objektif dan empiris.

9. Makalah Tanggapan

Makalah tanggapan merupakan makalah yang biasanya ditugaskan kepada siswa atau mahasiswa yang berisi pendapat penulis terhadap suatu permasalahan yang terjadi.

Baca Juga : Ciri – Ciri Kalimat Imperatif

Manfaat Makalah

Tentunya dengan dibuatnya teks makalah pasti memiliki tujuan, berikut ini adalah beberapa tujuan dibuatnya makalah. Simak dengan Baik!

  1. Menerapkan pengetahuan untuk dipraktekkan dalam lapangan
  2. Mengasah kemampuan menulis
  3. Belajar berpikir sistematis
  4. Berpikir lebih kritis saat meilihat suatu permasalahan
  5. Membuka pikiran supaya lebih memahami permasalahan yang ada di lapangan
  6. dan masih banyak lagi lainnya

Ciri-Ciri / Karakteristik Makalah

Supaya kamu bisa membedakan teks makalah dengan teks yang lain berikut ini adalah ciri-ciri atau karakteristik teks makalah, simak dengan baik!

  1. Mendemonstarasikan kemampuan untuk meramu beragam sumber informasi disatu kesatuan yang lengkap
  2. Hasil laporan pelaksanaan sebuah kegiatan lapangan yang cocok dengan meliputi permasalahan atau kajian literatur
  3. Menunjukan pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber-sumber yang digunakan untuk membuat teks makalah
  4. Mendemonstrasikan pemahaman mengenai masalah teoritik yang dikaji atau kemampuan dalam menerapkan suatu teori, prinsip atau prosedur yang berkaitan dengan makalah

Baca Juga: Indeks Buku.

 

Struktur Makalah

pengertian makalah

Karena merupakan salah satu karya tulis yang bersifat resmi, makalah memiliki struktur tersendiri yang harus kalian ketahui sebelum membuat makalah antara lain.

1. Cover

Cover merupakan sampul atau bagian paling depan dari makalah yang umumnya mencantumkan judul, logo, identitas penulis, tempat dan tahun terbit. Agar cover makalah lebih rapi dan menarik gunakan style center atau rata tengah dalam penulisan.

2. Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan bagian yang harus ada di sebuah makalah karena selain sebagai pelengkap kata pengantar digunakan sebagai kata pembuka agar pembaca memiliki gambaran tentang makalah yang dibuat.

3. Daftar isi

Daftar isi merupakan bagian makalah yang mencantumkan informasi halaman dari makalah yang dibuat agar pembaca lebih mudah mencari informasi tertentu.

4. Pendahuluan

Pendahuluan biasanya terbagi menjadi 3 bagian yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan

5. Latar Belakang

Latar belakang merupakan jawaban yang memuat inti dari pembuatan makalah seperti pemilihan topik penelitian, fungsi penelitian, faktor pendorong penelitian dan sebagainya didukung data yang penulisannya harus jelas serta mudah dipahami.

6. Rumusan Masalah

Rumusan masalah biasanya berisi beberapa pertanyaan yang jawabannya akan dicantumkan pada bagian pembahasan.

7. Tujuan

Tujuan merupakan bagian yang memuat tujuan dan manfaat secara singkat dibuatnya makalah tersebut.

8. Isi/Pembahasan

Isi / pembahasan merupakan bagian terpenting dari makalah karena berisi uraian masalah pokok seperti landasan teori, uraian materi, dan juga penyelesaian yang tentu saja harus berkaitan dengan latar belakang, rumusan masalah dan juga tujuan.

9. Penutup

Penutup biasanya terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu kesimpulan dan saran, antara lain.

a. Kesimpulan

Kesimpulan merupakan ringkasan hasil pembahasan atau poin penting yang dibahas sebelumnya pada makalah.

b. Saran

Saran merupakan bagian seperti harapan penulis yang ditujukan kepada pembaca agar makalahnya tersebut dapat bermanfaat.

10. Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan bagian terkahir dari makalah yang berisi daftar referensi yang digunakan oleh penulis dalam membuat makalah baik informasi dari media cetak maupun internet.

Baca Juga : Pengertian Makalah Lengkap

Cara Membuat Makalah

cara membuat makalah

Meskipun telah mengetahui struktur makalah namun dalam pembuatan makalah tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, dibawah ini merupakan cara membuat makalah.

1. Tentukan Tema / Topik

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat makalah adalah mencari tema atau topik pembahasan yang akan diteliti dan diangkat dalam makalah. Jika makalah tersebut telah ditentukan tema atau topiknya oleh guru atau dosen maka kalian bisa langsung menuju ke tahap selanjutnya.

Namun jika belum kalian perlu menentukan tema atau topiknya terlebih dahulu, karena tema atau topik ini akan berpengaruh terhadap waktu dan tingkat kesulitan pembuatan makalah. Sehingga sebisa mungkin pilihlah tema yang memang kalian kuasai dan ketahui secara luas.

2. Tentukan Judul Makalah

Setelah tema atau topik ditentukan selanjutnya kalian juga perlu menentukan judul dari makalah yang akan kalian buat dan usahakan buat judul dengan semenarik mungkin yang tentu saja harus berhubungan dengan tema atau topik yang telah kalian tentukan.

3. Kumpulkan Bahan Referensi

Setelah menentukan tema atau topik dan judul selanjutnya kalian perlu mencari dan mengumpulkan referensi yang akan menjadi bahan pendukung makalah yang akan kalian buat dari berbagai sumber baik media cetak maupun internet yang sumbernya jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

4. Tulis Makalah Secara Sistematis

Setelah semua bahan terkumpul tinggal tahap penyusunan makalahnya. Dalam penulisan makalah alangkah baiknya disusun secara sistemastis sesuai dengan struktur makalah.

5. Sunting Makalah

Setelah keseluruhan proses pembuatan makalah telah dilewati untuk selanjutnya adalah mengecek ulang penulisan, bahasa, ejaan dan perbaikilah jika terdapat kesalahan dalam artikel yang kalian buat agar tersusun dengan baik dan sesuai struktur makalah.

Kriteria Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah beberapa kriteria kata pengantar yang baik dan benar, simak dengan baik!

  1. Penjelasan mengenai penulisan karya ilmiah yang dibahas
  2. Ucapan syukur kepada yang diatas (Tuhan Yang Maha Esa)
  3. Penjelasan pelaksanaan penulisan karya ilmiah
  4. Harapan si penulis atas makalah tersebut
  5. Menerima kritik dan saran
  6. Ucapan terima kasih kepada lembaga atau sesorang yang sudah membantu
  7. Menyebut nama kota, tanggal, bulan, tahun dan nama lengkap si penulis tanpa tanda tangan
  8. Penjelasan adanya tugas penulisan teks karya ilmiah tersebut

Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa contoh kata pengantar yang baik dan benar, berikut ini adalah beberapa kata pengantar yang baik dan benar, simak dengan baik!

Contoh Kata Pengantar Makalah #1

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur kita atas kehadirat-Nya dan Karunia-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-Nya kepada kami, sehinnga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang “Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar Pintar Nesia”.

Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami mengucapkan banyak termia kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.

Terlepas dari semua itu, kami juga menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi penyusunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu, kami dengan tangan terbuka menerima segala kritik dan saran dari pembaca makalah ini agar kami bisa memperbaiki makalah ilmiah ini menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah ini bisa bermanfaat untuk masyarakat dan dapat memberikan manfaat maupun inspirasi terhadap para pembaca makalah ini.

Banjarnegara, Juni 2019

Pintar Nesia

Contoh Kata Pengantar Makalah #2

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur kita atas kehadirat-Nya dan Karuni-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang “Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar Pintar Nesia”. Atas dukungan moral dan materil yang diberikan dalam penyusunan makalah, maka penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :

1. Bapak Hanif Pramono, M.Pd, selaku kepala desa Susukan yang memberikan bimbingan, saran, ide dan support dalam menulis makalah ini.

2. Bapak Handi Pramono, M.Pd, selaku guru pembimbing kami dan memberikan dorongan serta masukan kepada penulis.

3. Ibu Fatma, S.Pd, selaku wali kelas kami yang banyak memberikan materi, dukungan, masukan bimbingan kepada penulis makalah ini.

Saya menyadari bahwa makalah ini belum sempuurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari pembaca untuk menyempurnakan makalah ini.

Banjarnegara, 24 Juni 2019

Hengki Kristianto

Bagi kamu yang ingin lebih lengkap tentang makalah, kamu dapat download contoh makalah gratis, sebagai bahan pembelajaran.

>> Download Contoh Makalah

Nah, itulah beberapa contoh kata pengantar majalah yang baik dan benar. Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang sedang mengerjakan makalah. Jika teman-teman punya pertanyaan silahkan, bertanya dikolom komentar artikel ini ya.

Hasif Priyambudi
Hasif Priyambudi
Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Amikom Yogyakarta, asli Banjarnegara dan disini saya menulis seputar konten umum pendidikan.

Artikel Terkait

Contoh Kalimat Efektif & Tidak Efektif
Contoh Kalimat Efektif & Tidak Efektif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kalimat Ajakan
Contoh Kalimat Ajakan
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Kata Kerja Transitif & Intransitif
Kata Kerja Transitif & Intransitif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kalimat Persuasif
Contoh Kalimat Persuasif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kata Baku dan Tidak Baku
Contoh Kata Baku dan Tidak Baku
Oleh Hasif Priyambudi
Teks Eksplanasi
Teks Eksplanasi
Oleh Hasif Priyambudi

Baca Lainya Tastynesia:
  1. Rujak Buah
  2. Jus Jeruk
  3. Kue Balok
  4. Kue Lumpur
  5. Kue Pancong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *