Wiwit Febriandari Penyuka desain dan kreasi visual, selamat membaca artikel saya ya :)

40+ Makanan Khas Daerah Indonesia: Daging, Roti, Telur dan Ikan

5 min read

makanan khas daerah indonesia

Makanan Khas Daerah Indonesia – Setiap negara pasti memiliki makanan khas nya masing yang menjadikan kenunikan khusus serta ciri khas yang menggambarkan karakteristik suatu negara tersebut. Makanan khas suatu negara kerap kali merupakan olahan hasil panen atau hasil tangkapan asli dari daerah tersebut.

Dari makanan yang berbau modern ataupun berbau tradisional, ciri dari negara yang satu dengan negara yang lain pasti berbeda-beda.

Tidak lain hal dengan Indonesia, beragam makanan yang sudah tercipta dari tangan–tangan terampil masyarakat indonesia dari hiruk pikuk kota hingga ke pelosok pedalaman yang pasti rasa dari makanan tersebut unik serta beragam.

Dari makanan yang hanya sekedar untuk camilan, minuman, bahkan makanan berat pun banyak keberadaannya yang tak mampu dihitung hanya dnegan jari-jemari.

Apalagi dengan cita rasa rempah-rempah yang sangat menempel di lidah yang menyebabkan makanan Indonesia menjadi salah satu list makanan terlezat di dunia.

Banyaknya wisatawan domestik yang sedang berkunjung ke Indonesia kebanyakan merasakan ketagihan akan makanan-makanan khas Indonesia yang jarang ditemukan di luar negeri. Hal ini akan menjadikan makanan-makanan Indonesia banyak dikenal oleh manusia di kancah dunia.

Pada kesempatan kali ini, Pintarnesia akan membahas tentang beberapa makanan khas Indonesia yang biasa kita temui, lihat, dan dengar dalam kehidupan sehari – hari. Simak baik – baik ya!

 

40+ Makanan Khas Daerah Indonesia

Untuk lebih jelas apa saja makanan khas Indonesia yang pastinya hanya dengan melihat gambar saja dapat menggungah nafsu makan, mari kita bahas untuk bisa dijadikan bahan referensi masakan di rumah saat keluarga sedang berkumpul.

 

1. Rawon daging

Berasal dari Jawa Timur dan berbahan dasar daging sapi serta dengan kuah kental berwarna hitam ini sanat dikenal banyak orang dengan bumbu khas kluak.

Rasanya yang nikmat serta cocok dimakan bersandingan dengan nasi dan kerupuk ini menjadikan rawon daging memiiki banyak pecinta. Bagi para traveller yang berkunjung atau sedang berlibur ke Jawa Timur tidak lah pas jika belum mencoba nasi rawon daging ini.

 

2. Sate daging

Tidak lain dengan rawon daging, sate juga berbahan dasar daging, bedanya jika rawon mengkhususkan pada daging sapi kalau sate memiliki banyak jenis seperti sate ayam, sate kambing, sate taichan, sate lilit, sate padang. Sama – sama makanan yang ditusuk serta dibakar dan menggunakan sambal khusus untuk memadukannya.

 

3. Soto

Di Indonesia, banyak sekali daerah yang memiliki makanan khas soto seperti soto malang, soto kudus, soto semarang, soto jakarta, soto banjar, dan masih banyak lagi.

Sama – sama kita sebut soto, namun bentuk serta cita rasa antara soto daerah satu dengan soto daerah lain memiliki perbedaan yang signifikan seperti contoh pada kuah yang terkadang menggunakan santan atau tidak, dengan daging sapi atau ayam, campuran sayur atau tidak.

 

4. Bakso

Bentuknya dominan dengan bentuk bulat bola berbahan dasar daging yang dipadukan dengan mie, bihun dan kuah kaldu yang mantap, bagi pecinta pedas, bakso ini juga sangat cocok dipadukan dengan sambal yang menambah sensasi dari rasa yang dihasilkan.

 

5. Kerak Telor

Makanan khas dari ibukota Indonesia yaitu Jakarta ini merupakan makanan yang kebanyakan diperdagangkan secara keliling. Untuk sekarang ini sudah jarang ditemukan pedagang kerak telor meskipun di kota asalnya sekalipun.

 

6. Gado Gado

Bumbu kacangnya yang khas serta paduan dari beberapa sayuran ini cocok bagi para penikmat makanan yang mungkin vegetarian, pasalnya dalam seporsi gado – gado tidak terdapat unsur daging.

 

7. Pempek

Palembang merupakan daerah asal dari tangan pengracik pempek. Kuah ebi dipadu dengan timun ini sangat enak dipadukan dengan pempek yang sudah digoreng, terkadang di dalam pempek ini berisikan telur, daging, bahkan ada pula yang kosong.

Karena sudah merakyatnya makanan ini yang dominan disebut jajan, pempek tidak hanya dijual di Palembang, saat ini sudah banyak para pedagang – pedagang kaki lima yang menjajakan pempek dimanapun.

 

8. Gudeg

Makanan yang berisikan tahu, tempe, telur, olahan ayam kampung, serta sayur nangka dengan kuah yang kental ini lah yang dinamakan gudeg. Berasalkan dari Daerah Istimewa Yogyakarta, gudeg ini sangat marak dijajakan di sepinggir jalan di Jogja.

Bahkan tidak hanya on the spot, karena banyak penikmatnya yang mungkin berasalkan dari luar kota, sekarang gudeg sudah terdapat varian dalam bentuk kaleng dan siap sai.

 

9. Nasi Padang

Memang tidak berbeda dengan sajian nasi dan lauk pada umumnya. Nasi padang juga merupakan sajian nasi, sayur dan lauk seperti nasi kuning, nasi uduk ataupun sajian nasi lainnya.

Bedanya terletak pada lauk serta sayur yang menemani nasi tersebut, terdiri dari ayam, daging, ikan, telur yang bisa kita pilih sesuai selera serta sayur yang dominan dengan rasa pedas yang kuat.

Warung – warung penjual nasi padang ini sangat banyak di Indonesia, ya memang berasal dari tanah Minangkabau, Sumatera, tetapi keberadaanya sudah merakyat.

 

10. Rendang

Tidak berbeda dengan pempek dan nasi padang, rendang juga berasalkan dari tanah Sumatera yang sangat khas dengan santan kental hingga mengering dengan cita rasa rempah yang kuat serta daging sapi yang empuk yang menyebabkan rendang ini sangat cocok dimakan bersamaan nasi hangat sesuai selera.

 

11. Tude Bakar

Makanan khas yang satu ini berasal dari Manado. Manado sudah terkenal sebagai tempatnya pecinta seafood. Rasa yang ditawarkan berbeda dengan tempat di daerah lain. Keistimewaannya antara lain berada di Tude Bakar ini.

Tude merupakan ikan khas dari Manado yang memiliki struktur daging yang lembut dan berwarna putih, sehingga jika dipanggang akan menimbulkan aroma yang dapat menggugah selera.

 

12. Asinan

Baca Juga: Zat Aditif Pada Makanan.

 

13. Nasi Campur Bali

 

14. Tempoyak Ikan Patin

15. Rujak Buah

 

16. Rujak Cingur

17. Sop Buntut

 

18. Lumpia

 

19. Martabak Manis

 

20. Nasi Goreng

 

21. Nasi Langgi

 

22. Sup Konro

 

23. Tahu Gimbal

 

24. Gohu Ikan

 

25. Bika Ambon

 

26. Mie Aceh

 

27. Selat Solo

 

28. Nasi Kuning

 

29. Lontong Balap

 

30. Kupat Tahu

 

31. Mie Ongklok

 

32. Opor Ayam

 

33. Bubur Ayam

 

34. Aneka Sambel

 

35. Nasi Uduk

 

36. Pepes

 

37. Sayur Asem

38. Otak Otak

 

39. Semur Jengkol

 

40. Kolak

 

41. Martabak Telor

 

Tentunya masih banyak lagi makanan khas dari Indonesia yang kaya akan rempah – rempahnya. Kita sebagai warga negara Indonesia patutnya bersyukur dengan keberagaman yang ada dari Sabang hingga Merauke.

Setiap daerah memiliki ciri khas pada makanannya. Yuk cari tau lebih banyak tentang makanan khas! Kalian bisa menemukannya di pusat kuliner di daerah kalian ataupun bisa juga membuatnya di rumah.

Sekian yang dapat Pintarnesia sampaikan mengenai makanan khas dari Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan kita semua. Bila terdapat kesalahan kata mohon dimaafkan dan dimaklumi.

Wiwit Febriandari Penyuka desain dan kreasi visual, selamat membaca artikel saya ya :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight