Manajamen Pemasaran

Jika kalian berada pada dunia bisnis mungkin sudah tidak asing dengan istilah mamajemen pemasaran namun bagi kaum awan mungkin hal tersebut masih belum akrab. Nah bagi kalian yang belum tahu mengenai manajemen pemasaran simak penjelasannya dibawah ini.

  1. Pengertian Manajemen Pemasaran
  2. Pengertian Manajeman Pemasaran Menurut Para Ahli
    1. 1. American Marketing Association
    2. 2. Basu Swastha (2008:5)
    3. 3. Ben M. Eniy (2007:130)
    4. 4. Buchari Alma (2004:130)
    5. 5. Winardi
  3. Konsep Manajemen Pemasaran
    1. 1. Konsep Manajemen Pemasaran
    2. 2. Konsep Penjualan
  4. Fungsi Manajemen Pemasaran
  5. Tujuan Manajemen Pemasaran
  6. Strategi Pemasaran
    1. 1. Target Market
    2. 2. Bauran Pemasaran
  7. Tahap Perkembangan Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran

pengertian manajamen pemasaran

Manajemen pemasaran adalah kegiatan analisis untuk perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta pengendalian dalam kegiatan pemasaran untuk mencapai target perusahaan secara efektif dan efisien.

Pengertian lain menyebutkan bahwa menejemen pemasaran merupakan media dalam menganalisis, merencanakan, menerapkan dan mengendalikan kegiatan pemasaran dalam sebuah perusahaan guna membangun dan mempertahankan pertukaran untuk mencapai keuntungan agar meraih tujuan utama.

Secara umum manajemen pemasaran diartikan sebagai proses penganalisaan, perencanaan, pelaksanan dan pengawasan sebuah program yang mempunyai tujuan untuk menciptakan sebuah pertukaran dengan pasar yang ditujukan serta berujung terhadap pencapaian tujuan perusahaan secara efektif sekaligus efisien.

Pengertian Manajeman Pemasaran Menurut Para Ahli

Selain pengertian manajemen pemasaran diatas terdapat pula beberapa ahli yang menyampaikan pendapatnya mengenai manajemen pemasaran antara lain sebagai berikut

1. American Marketing Association

Berdasarkan American Marketing Association pemasaran adalah suatu proses perencanaan serta melaksanakan konsep, promosi, harga dan juga distribusi beberapa ide, barang atau jasa untuk menghasilkan pertukaran yang dapat memuaskan tujuan individu serta organisasi.

2. Basu Swastha (2008:5)

Menurut Basu Swastha manajemen pemasaran adalah sebuah sistem keseluruhan dari beragam aktivitas bisnis yang bertujuan untuk perencanaan, penentuan harga, mempromosikan, serta mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik untuk pembeli yang ada ataupun pembeli potensial.

3. Ben M. Eniy (2007:130)

Berdasarkan pendapat yang disampaikan oleh Ben M. Eniy manajemen pemasaran adalah suatu proses guna meningkatkan efisiensi serta efektivitas dari aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan.

4. Buchari Alma (2004:130)

Berdasarkan pendapat yang disampaikan oleh Buchari Alma manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, serta pengawasan seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan ataupun bagian dipemasaran.

5. Winardi

Berdasarkan pendapat yang disampaikan oleh Winardi manajemen pemasaran adalah proses pengambilan suatu keputusan, perencanaan, pengawasan aspek-aspek pemasaran sesuatu perusahaan sehubungan dengan konsep pemasaran, di dalam sistem pemasaran.

Baca Juga : Pengertian Laporan Keuangan

Konsep Manajemen Pemasaran

konsep manajemen pemasaran

Dalam manajemen pemasaran terdapat dua konsep didalamnya antara lain sebagai berikut

1. Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep manajemen pemasaran atau the marketing concept merupakan tugas perusahaan untuk menentukan kebutuhan, keinginan dan penilaian pasar sasaran agar perusahaan dapat menyesuaikan kegiatan sehingga perusahaan dapat memperoleh keuntungan yang memaksimalkan tujuan utama yang harus sesuai dengan kepuasan konsumen pula.

2. Konsep Penjualan

Konsep penjualan atau the selling concept terbagi lagi menjadi beberapa konsep antara lain sebagai berikut.

a. Konsep Produksi

Konsep produksi digunakan pada perusaahan yang mementingkan konsumen yang ingin produk dengan harga murah dan mudah didapatkan.

Sehingga pendistribusian barang akan lebih luas dan efisien sehingga perusahaan harus melakukan produksi dengan jumlah besar pendistribusian lebih luas dan konsumen akan mudah menerima produk tersebut.

b. Konsep Produk

Konsep produk digunakan karena menganggap konsumen akan lebih memperhatikan kualitas dan mutu produk yang dibutuhkan daripada membeli produk yang lebih mudah didapatkan meski harganya akan lebih tinggi.

Sehingga perusahaan harus sangat mementingkan kualitas dan mutu produk meskipun pemasarannya tidak menyeluruh.

c. Konsep Penjualan

Konsep yang satu ini sama sekali tidak berkaitan dengan produk maupun konsumen, perusahaan hanya perlu menjual barang produksinya secara besar-besaran dan terus-menerus agar memperoleh keuntungan tanpa memperdulikan kepuasan konsumen.

d. Konsep Pemasaran Sosial

Konsep yang satu ini lebih memperhatikan keperluan konsumen dan kebutuhan serta keinginan pasar sehingga perusahaan yang seperti ini biasanya akan memiliki nilai lebih dan konsumen akan menjadi pelanggan produk tersebut.

e. Konsep Pemasaran Global

Konsep terakhir ini merupakan konsep baru yang akan memperhatikan konsumen secara umum dengan fokus yang tidak hanya keuntungan perusahaan namun juga kepuasan konsumen.

Baca Juga : Pengertian Perusahaan Jasa

Fungsi Manajemen Pemasaran

Adanya manajemen pemasaran memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai berikut

  • Barang yang diproduksi dapat diketahui oleh masyarakat
  • Mempermudah melakukan riset konsumen
  • Sebagai komunikasi dengan konsumen sebagai sasaran penjualan
  • Memabntu mengembangkan produk
  • Sebagai strategi distribusi
  • Menentukan harga tetap dari produk
  • Menambag nilai produk

Tujuan Manajemen Pemasaran

Adanya manajemen pemasaran memiliki beberapa tujuan didalamnya antara lain sebagai berikut

  • Mempelajari kebutuhan dan keinginan pasar dari konsumen
  • Mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen
  • Membuat desain unik untuk menarik konsumen
  • Mengatur pendistribusian dan memeriksa penjualan
  • Meciptakan komunikasi pasar secara efektif dan efisien
  • Menentukan harga agar mendapat return on investment yang sesuai

Strategi Pemasaran

strategi pemasaran

Strategi pemasaran atau marketing strategy merupakan hal penting karena digunakan untuk menggaet target pasar. Trdapat dua strategi pemasaran yaitu sebagai berikut.

1. Target Market

Target market merupakan sekumpulan konsumen pasar yang keinginan dan kebutuhannya ingin terpenuhi oleh perusahaan pemroduksi.

2. Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran atau marketing mix merupakan variabel yang disusun oleh perusahaan untuk memuaskan targetnya yang merupakan gabungan dari empat variabel inti dari sistem pemasaran perusahaan pemroduksi. Bauran pemasaran ini digunakan sebagai dasar strategi mengambil posisi strategis di pasaran.

Baca Juga : Pengertian Peluang Usaha

Tahap Perkembangan Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran yang berlaku hingga saat ini telah mengalami perkembangan beberapa fase antara lain sebagai berikut

  1. Fase Orientasi Produksi
  2. Fase Orientasi Penjualan
  3. Fase Orientasi Pemasaran
  4. Fase Orientasi Sosial atau Masyarakat

Demikian sedikit informasi mengenai Manajemen Pemasaran : Pengertian, Konsep, Fungsi, Tujuan, Strategi. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.