√ 20 Manfaat Daun Kelor: Khasiat, Kandungan dan Kegunaan

20 Manfaat Daun Kelor: Khasiat, Kandungan dan Kegunaan

20 Manfaat Daun Kelor: Khasiat, Kandungan dan Kegunaan
Oleh : Hanif Pramono

Manfaat Daun Kelor – Bagi kalian yang menyukai tentang ilmu dari tumbuh – tumbuhan maka kalian harus tahu tentang daun kelor. Daun kelor merupakan salah satu contoh tumbuhan atau pohon yang manfaatnya sangatlah banyak sehingga tidak heran banyak ilmuwan yang menyebutnya sebagai miracle tree atau pohon ajaib.

Sampai ada pepatah yang mengatakan bahwa “dunia tak selebar daun kelor”. Pepatah itu bukan tanpa arti. Hal ini mengartikan bahwa daun kelor memiliki ukuran yang sangat kecil.

 

Bentuk Daun Kelor

Apabila kita membahas tentang bentuk dari daun kelor maka jawabannya adalah daun kelor berbentuk bulat lonjong. Ukuran yang dimiliki daun kelor adalah kecil dan posisi nya tersusun rapi di tangkai. Daun kelor biasanya bisa dimasak untuk dijadikan sebagai sayur yang bisa digunakan untuk pengobatan. Bagian daun kelor yang sudah di teliti adalah bagian bijinya, daunya, dan kemudian kulit batangnya. Penelitian yang dilakukan terhadap daun kelor sudah dilaksanakan dan dimulai sejak tahun 1980.

Anak – anak dan juga bayi yang sedang di dalam masa pertumbuhan sangat disarankan dan dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kelor ini. Badan yang memberikan anjuran tersebut adalah badan WHO.

 

Kandungan Daun Kelor & Khasiatnya

Alasan mengapa daun kelor baik dan bagus untuk di konsumsi adalah karena mempertimbangkan manfaat yang ada di dalam daun kelor. Manfaatnya antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Vitamin A yang jumlahnya lebih banyak dari wortel ( empat kali lipatnya )
  2. Kalsium yang jumlahnya empat kali lipat dari susu
  3. Proteinnya berjumlah dua kali lipat protein dari susu
  4. Kandungan vitamin C nya berjumlah tujuh kali lipat dibandingkan dengan jeruk
  5. Kandungan potassium nya berjumlah tiga kali lipat dibandingkan dengan pisang

Setelah kita membahas tentang kandungan yang ada di dalam daun kelor, selanjutnya kita akan membahas tentang manfaat penting atau khasiat penting dari daun kelor. Simak penjelasannya di bab berikutnya.

 

 

Manfaat Daun Kelor

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pohon kelor memiliki sebutan sebagai miracle tree, dan organisasi dunia WHO pun menyebutkan demikian. Ada juga artikel dan juga laporan yang jumlahnya 1.300 memberikan penjelasan tentang kemampuan dan manfaat dari daun kelor dalam bidangnya yang dapat menyembuhkan banyak penyakit. Bisa juga untuk mengatasi permasalahan seorang yang kurang gizi dan juga bisa untuk penangkal menghadapi wabah penyakit yang marak.

Bahkan menurut penelitian hampir semua bagian dari tanaman kelor ini memiliki banyak sekali khasiat yang bermanfaat. Berikut akan kami jelaskan dan tuliskan manfaat daun kelor yang mungkin belum kalian ketahui, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Daun Kelor Untuk Kecantikan

Daun kelor memang bisa digunakan untuk alternatif kecantikan dan bukan merupakan hal yang asing lagi. Bubuk kelor serta minyak atsirinya mampu digunakan untuk perawatan kecantikan yang alami. Selain dua hal diatas, daun kelor juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan secara langsung. Caranya pun sangatlah mudah berikut penjelasannya.

Yang pertama siapkan daun kelor untuk membuat pasta daun kelor, kemudian pilihlah daun kelor yang sudah terpisahkan dari rantingnya lalu pilih juga yang masih segar dan masih hijau. Setelah itu daun kelor dihaluskan dengan menambahkan sedikit air, hal ini dilakukan supaya pasta daun kelor terbentuk.

Jika sudah menjadi pasta, gunakan pasta tadi dan dijadikan sebagai masker wajah. Pasta yang terbuat dari daun kelor bisa disimpan di lemari es dan akan bertahan hingga tiga hari lamanya.

 

2. Untuk Kesehatan Mata

Apabila kita rutin dan rajin untuk mengkonsumsi daun kelor maka organ mata kita akan diyakini mampu sehat dan memiliki pandangan yang jernih. Kandungan vitamin A yang tinggi di daun kelor menjadikan nya sangat baik untuk kesehatan mata. Untuk mengkonsumsinya daun kelor bisa dimakan secara langsung setelah dibersihkan dan bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit mata.

Di dalam kandungan daun kelor terdapat kalsium yang banyak dan juga vitamin A yang tinggi sehingga daun kelor memang memiliki kandungan gizi yang baik. Hal itu dijelaskan oleh seorang pakar herbal yang berasal dari yayasan pengembangan tanaman obat karyasari yang bernama tati winarto.

Selain itu tati winarto juga menambahkan “kandungan vitamin A yang ada pada daun kelor memiliki manfaat guna melindungi kesehatan mata kita, contohnya adalah melindungi dari resiko mata katarak, mata minus, mata plus, dan mata silinder. Daun kelor juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi para pasien yang mengidap diabetes. Memiliki manfaat juga untuk dapat menjernihkan pandangan dari mata kita”.

 

3. Menjaga Berat Badan Kita

Manfaat ketiga dari daun kelor adalah bisa untuk menjaga berat badan. Mengatur dan menjaga supaya berat badan tetap seimbang sangatlah penting hukumnya. Ada sebuah studi yang mengatakan bahwa teh yang terbuat dari kelor bisa untuk menangani masalah pencernaan yang ada di dalam tubuh selain itu manfaatnya juga bisa untuk merangsang metabolisme tubuh kita supaya tetap optimal dalam fungsinya untuk membakar kalori.

Teh yang dibuatnya dari daun kelor bisa menjadi antioksidan karena di dalamnya mengandung polyphenol yang tergolong tinggi. Manfaat dari antioksidan sendiri adalah bisa untuk melakukan detoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh selain itu sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat dan terjaga.

 

4. Sebagai senyawa anti-inflamasi dan Antioksidan

Daun kelor sendiri memiliki kandungan fiftonutrien karotenoid, senyawa antibakteri, campuran asam amino esensial, dan juga antioksidan seperti quercetin yang fungsinya adalah untuk sebagai obat anti – inflamasi.

Selain kandungan diatas, daun kelor juga mengandung senyawa yang bisa untuk menjadi anti – penuaan dan bisa untuk menjadikan penurunan efek stress oksidatif dan juga peradangan yang ada. Untuk menghasilkan manfaat yang lebih maksimal dan optimal lagi harus mengandung vitamin C, quercetin, polifenol, asam klorogenat, dan juga karoten.

Semua senyawa yang sudah saya sebutkan diatas memiliki kaitannya dengan penurunan adanya risiko untuk banyak penyakit kronis, contohnya adalah diabetes, penyakit mata yang disebabkan factor usia, paru – paru, kanker usus besar, hipertensi, dan juga perut.

 

5. Untuk Menghilangkan Flek Wajah

Daun kelor bisa untuk menghilangkan flek di wajah jika sudah dibuat menjadi suatu ramuan. Dan cara membuat ramuannya pun sangatlah mudah kita hanya perlu memilih daun kelor yang masih muda lalu menumbuknya hingga sangat halus. Kemudian gunakanlah hasil tumbukan tersebut untuk bedak atau bisa juga kalian mencampurnya dengan bedak.

Ada juga yang mengatakan bahwa di berbagai Negara tertentu mereka sudah menggunakan ekstrak daun kelor untuk bahan baku pembuatan di dalam kosmetiknya. Biji, kulit batang, bunga, dan juga daun merupakan bagian dari tanaman kelor yang mana banyak digunakan untuk kulit.

Kandungan dari daun kelor sendiri sangat kaya akan asam amino dan juga mineral. Yang mana bila membantu produksi protein keratin dan juga produksi kolagen yang itu semua sangat berfungsi untuk kesehatan jaringan kulit yang ada di tubuh kita. Di daun kelor mengandung juga 30 zat antioksidan yang mana manfaatnya adalah sangat baik untuk kesehatan kulit.

Sudah banyak merek terkenal dari produk kosmetika yang mana menggunakan minyak kelor di dalam bahan baku produk pembuatannya. Contoh produknya adalah minyak aromaterapi, krim antiaging, krim pencerah, facial foam, krim antikerut, deodorant, dan juga lotion. Sedangkan bunga kelor sering digunakan untuk parfum.

 

6. Daun Kelor Bisa Mencukupi Gizi Ibu dan Anak

Yosi Bayu Murti yang menjadi seorang Dosen Farmasi UGM Yogyakarta pernah mengatakan bahwa pengembangan daun kelor di Negara kita yaitu Indonesia sangatlah lambat dan berbeda dengan luar negeri.

Untuk para ibu, sangat baik untuk mengkonsumsi daun kelor setelah ia melahirkan. Karena kandungan daun kelor 25 kali lipat lebih tinggi disbanding bayam zat gizinya. Dan untuk anak – anak, daun kelor sangat baik dikonsumsi saat sejak bayi yaitu bayi yang usianya sudah diatas enam bulan. Namun ada tambahan dari yosi yaitu ibu hamil disaat masa kehamilannya dan masa trisemester pertama harus tidak boleh mengkonsumsi daun kelor.

 

7. Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Ada sebuah studi yang menemukan fakta bahwa daun kelor bisa untuk mencegah kerusakan jantung dan juga bisa untuk sebagai antioksidan. Hal ini menurut studi di hewan pada laboratorium yang sudah diterbitkan oleh Journal of Medicinal Food pada Februari 2009.

Di dalam studi itu melakukan pemberian dosis sebesar 200 mg per kg berat badan di setiap harinya selama 30 hari berturut turut dan kemudian menghasilkan berupa tingkat lebih rendah dari lipid yang teroksidasi.

Setelah itu para peneliti menyimpulkan daun kelor mampu memberikan manfaat signifikan bagi kesehatan jantung. Untuk memperkuat hasil penelitiannya, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut lagi.

 

8. Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Apabila seseorang mengkonsumsi makanan sehat maka akan otomatis ginjal yang dia miliki fungsinya akan bekerja secara optimal. Sedangkan apabila mengkonsumsi makanan yang tidak sehat akan mengakibatkan menumpuk di ginjal contohnya adalah makanan yang tinggi lemak.

Apabila sudah menumpuk di ginjal, selanjutnya akan muncul suatu masalah kesehatan baru. Apabila ini sudah terjadi, cobalah untuk mengkonsumsi daun kelor supaya kondisi tubuh dapat kembaki membaik dan kondisi ginjal pun membaik.

 

9. Daun Kelor Untuk Anti Kanker

Daun kelor juga bisa untuk mencegah pertumbuhan dan juga mencegah reproduksi dari sel – sel kanker yang ada di dalam tubuh. Hal ini didasarkan pada studi yang membahas tentang kultur jaringan sel kanker serviks dari manusia. Yang mana telah diterbitkan oleh Food and Chemical Toxicology pada edisi juni tahun 2011. Daun kelor bisa juga mencegah potensi alami dari kanker, hal ini disampaikan oleh para peneliti.

Daun kelor juga bisa memperlambat dan juga bisa menghilangkan kanker yang ada di dalam tubuh manusia. Hal ini dikarenakan daun kelor mengandung antioksidan yang tinggi dan juga potasium yang tinggi.

 

10. Memperlambat Efek Penuaan Dini

Ada sebuah studi di tahun 2014 yang sudah diterbitkan oleh Journal of Ilmu dan Teknologi Pangan yang mana mereka melakukan penelitian dengan meneliti daun kelor. Semua peneliti ingin menyelidiki apakah daun kelor memiliki efek memperlambat penuaan atau tidak. Karena kandungan daun kelor mengandung enzim antioksidan yang tinggi dan juga antioksidan herbal alami tersebut mampu untuk menyeimbangkan hormone manusia.

Kemudian studi tersebut melibatkan tentang Sembilan puluh wanita yang sudah menopause yang berusia sekitar 45 hingga 60 tahun dan kemudian dibagi ke dalam tiga kelompok besar dengan berbagai tingkatan suplemen. Hasil dari penelitian tersebut adalah yang mengandung suplementasi kelor dan banyak peningkatan senyawa antioksidan di dalamnya sangatlah signifikan dan inilah yang mampu untuk memperlambat penuaan dini.

 

11 Untuk Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa daun kelor memiliki kandungan anti-inflamasi yang lumayan tinggi. Anti inflamasi tersebut mampu untuk mengobati dan juga mencegah penyakit hati, keluhan dari pencernaan, sakit maag, infeksi, dan juga rusaknya ginjal.

Minyak kelor memiliki kegunaan untuk meningkatkan fungsi dari hati. Itu semua di karenakan adanya manfaat detoksifikasi racun dan juga zat berbahaya di dalam tubuh manusia sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa bisa juga mengatasi dan juga mencegah penyakit sembelit, diare, batu ginjal, retensi cairan, dan infeksi saluran kemih.

 

12. Untuk Mengobati Rematik

Manfaat daun kelor yang selanjutnya adalah untuk mengobati rematik. Kenapa daun kelor bisa untuk mengobati rematik ? hal ini karena daun kelor bisa untuk mengurangi penumpukan asam urat yang ada di sendi, kemudian bisa juga untuk mengurangi rasa sakit yang ada di sendi. Bisa juga di gunakan untuk mengatasi asam urat, pegal linu, nyeri, dan masih banyak lagi lainnya.

 

13. Untuk Mengatasi Diabetes

Penyebab daun kelor bisa untuk mengatasi diabetes adalah karena di dalamnya mengandung mineral yang bernama seng sehingga membuat sifat dari daun kelor menjadi anti diabetes. Kemudian kandungan itu tadi sangat diperlukan di dalam produksi insulin yang semua kalimat diatas telah di kemukakan sebelumnya oleh peneliti yang berasal dari University of Wiconsin LaCrosse. Yang mereka semua melakukan studi hewan di laboratorium yang kemudian diterbitkan pada juni 2012 dari Journal of Diabetes.

Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa senyawa asa, chlorogenic yang ada di daun kelor mampu mengontrol dari kadar gula darah dan itu semua memungkinkan sel supaya bisa mengambil dan atau melepaskan gula yang diperlukan. Selain senyawa itu, senyawa isothiocyanate juga memiliki kaitan dengan perlindungan yang alami terhadap penyakit diabetes dari seorang manusia.

 

14. Untuk Menyehatkan Kulit

Yang berperan untuk menyehatkan kulit adalah antioksidan dan juga vitamin C. apabila kalian rutin dan sering memasak daun kelor untuk dijadikan sebagai sayur maka kalian akan mendapatkan khasiat untuk mencegah timbulnya jerawat dan juga khasiat untuk menghaluskan kulit kita.

Daun kelor juga bisa dijadikan sebagai masker wajah kita. Apabila kita menumbuk daun kelor, hasil tumbukan tersebutlah yang bisa menjadi masker wajah. Masker wajah dari daun kelor menjadikan kulit wajah menjadi sehat dan lebih halus.

Ada juga yang menyebutkan bahwa daun kelor memiliki kandungan antijamur, antibakteri alami, dan juga senyawa antiviral yang memiliki khasiat untuk melindungi kulit dari seluruh infeksi.

 

15. Untuk Bantuan Arthritis

Hal ini sesuai dengan hasil studi edisi februari 2011 yang telah di publikasikan oleh Journal of Chinese Integrative Medicine yang mengatakan bahwa daun kelor bisa untuk mengurangi peradangan serta rasa sakit kita dalam beberapa bentuk arthritis.

Ekstrak dari daun kelor juga bisa mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang mana sangat menyakitkan di dalam sendi rematik. Hal ini sesuai dengan studi hewan yang dilakukan di laboratorium. Para peneliti juga sepakat dan mencatat kominasi akar serta ekstrak daun dimana memiliki efek mengurangi rasa sakit atau efek sinergis.

 

16. Untuk Melindungi Kesehatan Otak dan Menstabilkan Mood

Yang selanjutnya akan saya bahas adalah tentang manfaat daun kelor yang dapat untuk melindungi kesehatan otak dan juga menstabilkan mood. Hal ini karena daun kelor mengandung protein yang tinggi dan juga mengandung neurotransmitter, dan kaya akan asam amino triptofan. Sehingga bisa membantu tubuh memiliki mood yang menjadi merasa lebih baik.

Setelah itu daun kelor juga memiliki manfaat untuk menjaga tingkat energi dari tubuh, hal ini karena daun kelor mengandung senyawa tiroid dan juga antioksidan. Kandungan itu tadi juga bisa mencegah depresi, insomnia, kelelahan yang sangat amat, dan juga suasana hatinya yang sangat buruk.

 

17. Untuk Melindungi Tubuh dari Bakteri

Hal ini telah di kemukakan oleh Tati Winarto yang mana dia adalah seorang pakar herbal. Menurutnya ekstrak daun kelor mengandung senyawa antibakteri. Ekstrak daun kelor juga berfungsi untuk menghalangi perkembangan dari mikroorganisme yang sangat bahaya contohnya adalah enterobacter aerogenes, staphylococcus aureus, Escherichia coli, dan juga pseudomonas aemenyesalnosa. Hal itu tadi didasarkan atas riset dari Bayero Journal of Pure and Applied Sciences.

 

18. Untuk Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Manfaat dari tanaman kelor yang terakhir adalah tentang fungsinya yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah serta menurunkan kolesterol. Hal ini adalah menurut dari ahli pakar herbal yang bernama tati winarto.

Hal tersebut didasarkan atas hasil yang dipaparkan pada journal phytotherapy research yang ternyata daun kelor memiliki manfaat yang termasuknya adalah tidak terduga. Manfaat tidak terduga tersebut adalah dapat mencegah kolesterol yang tinggi dan juga menjaga kadar darah.

Kenapa daun kelor bisa memiliki manfaat tidak terduga seperti diatas hal ini karena daun kelor memiliki kandungan dan khasiat di dalamnya yaitu adanya beberapa zat. Zat tersebut antara lain adalah glikosida minyak mustard, zat hiocarbamate glikosida, dan juga nitrile yang mana semua zat diatas memiliki manfaat dan khasiat untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi pada manusia.

 

Demikian artikel tentang Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua khususnya di dalam bidang tanaman tentang manfaat tanaman kelor. Jika ada penjelasan yang masih kurang jelas atau ada hal yang ingin ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar dibawah ini ya sobat.



10 Keutamaan Sedekah, Manfaat dan Ganjaran Sedekah

10 Keutamaan Sedekah, Manfaat dan Ganjaran Sedekah
Oleh : Hanif Pramono

Manfaat Daun Kelor – Bagi kalian yang menyukai tentang ilmu dari tumbuh – tumbuhan maka kalian harus tahu tentang daun kelor. Daun kelor merupakan salah satu contoh tumbuhan atau pohon yang manfaatnya sangatlah banyak sehingga tidak heran banyak ilmuwan yang menyebutnya sebagai miracle tree atau pohon ajaib.

Sampai ada pepatah yang mengatakan bahwa “dunia tak selebar daun kelor”. Pepatah itu bukan tanpa arti. Hal ini mengartikan bahwa daun kelor memiliki ukuran yang sangat kecil.

 

Bentuk Daun Kelor

Apabila kita membahas tentang bentuk dari daun kelor maka jawabannya adalah daun kelor berbentuk bulat lonjong. Ukuran yang dimiliki daun kelor adalah kecil dan posisi nya tersusun rapi di tangkai. Daun kelor biasanya bisa dimasak untuk dijadikan sebagai sayur yang bisa digunakan untuk pengobatan. Bagian daun kelor yang sudah di teliti adalah bagian bijinya, daunya, dan kemudian kulit batangnya. Penelitian yang dilakukan terhadap daun kelor sudah dilaksanakan dan dimulai sejak tahun 1980.

Anak – anak dan juga bayi yang sedang di dalam masa pertumbuhan sangat disarankan dan dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kelor ini. Badan yang memberikan anjuran tersebut adalah badan WHO.

 

Kandungan Daun Kelor & Khasiatnya

Alasan mengapa daun kelor baik dan bagus untuk di konsumsi adalah karena mempertimbangkan manfaat yang ada di dalam daun kelor. Manfaatnya antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Vitamin A yang jumlahnya lebih banyak dari wortel ( empat kali lipatnya )
  2. Kalsium yang jumlahnya empat kali lipat dari susu
  3. Proteinnya berjumlah dua kali lipat protein dari susu
  4. Kandungan vitamin C nya berjumlah tujuh kali lipat dibandingkan dengan jeruk
  5. Kandungan potassium nya berjumlah tiga kali lipat dibandingkan dengan pisang

Setelah kita membahas tentang kandungan yang ada di dalam daun kelor, selanjutnya kita akan membahas tentang manfaat penting atau khasiat penting dari daun kelor. Simak penjelasannya di bab berikutnya.

 

 

Manfaat Daun Kelor

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pohon kelor memiliki sebutan sebagai miracle tree, dan organisasi dunia WHO pun menyebutkan demikian. Ada juga artikel dan juga laporan yang jumlahnya 1.300 memberikan penjelasan tentang kemampuan dan manfaat dari daun kelor dalam bidangnya yang dapat menyembuhkan banyak penyakit. Bisa juga untuk mengatasi permasalahan seorang yang kurang gizi dan juga bisa untuk penangkal menghadapi wabah penyakit yang marak.

Bahkan menurut penelitian hampir semua bagian dari tanaman kelor ini memiliki banyak sekali khasiat yang bermanfaat. Berikut akan kami jelaskan dan tuliskan manfaat daun kelor yang mungkin belum kalian ketahui, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Daun Kelor Untuk Kecantikan

Daun kelor memang bisa digunakan untuk alternatif kecantikan dan bukan merupakan hal yang asing lagi. Bubuk kelor serta minyak atsirinya mampu digunakan untuk perawatan kecantikan yang alami. Selain dua hal diatas, daun kelor juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan secara langsung. Caranya pun sangatlah mudah berikut penjelasannya.

Yang pertama siapkan daun kelor untuk membuat pasta daun kelor, kemudian pilihlah daun kelor yang sudah terpisahkan dari rantingnya lalu pilih juga yang masih segar dan masih hijau. Setelah itu daun kelor dihaluskan dengan menambahkan sedikit air, hal ini dilakukan supaya pasta daun kelor terbentuk.

Jika sudah menjadi pasta, gunakan pasta tadi dan dijadikan sebagai masker wajah. Pasta yang terbuat dari daun kelor bisa disimpan di lemari es dan akan bertahan hingga tiga hari lamanya.

 

2. Untuk Kesehatan Mata

Apabila kita rutin dan rajin untuk mengkonsumsi daun kelor maka organ mata kita akan diyakini mampu sehat dan memiliki pandangan yang jernih. Kandungan vitamin A yang tinggi di daun kelor menjadikan nya sangat baik untuk kesehatan mata. Untuk mengkonsumsinya daun kelor bisa dimakan secara langsung setelah dibersihkan dan bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit mata.

Di dalam kandungan daun kelor terdapat kalsium yang banyak dan juga vitamin A yang tinggi sehingga daun kelor memang memiliki kandungan gizi yang baik. Hal itu dijelaskan oleh seorang pakar herbal yang berasal dari yayasan pengembangan tanaman obat karyasari yang bernama tati winarto.

Selain itu tati winarto juga menambahkan “kandungan vitamin A yang ada pada daun kelor memiliki manfaat guna melindungi kesehatan mata kita, contohnya adalah melindungi dari resiko mata katarak, mata minus, mata plus, dan mata silinder. Daun kelor juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi para pasien yang mengidap diabetes. Memiliki manfaat juga untuk dapat menjernihkan pandangan dari mata kita”.

 

3. Menjaga Berat Badan Kita

Manfaat ketiga dari daun kelor adalah bisa untuk menjaga berat badan. Mengatur dan menjaga supaya berat badan tetap seimbang sangatlah penting hukumnya. Ada sebuah studi yang mengatakan bahwa teh yang terbuat dari kelor bisa untuk menangani masalah pencernaan yang ada di dalam tubuh selain itu manfaatnya juga bisa untuk merangsang metabolisme tubuh kita supaya tetap optimal dalam fungsinya untuk membakar kalori.

Teh yang dibuatnya dari daun kelor bisa menjadi antioksidan karena di dalamnya mengandung polyphenol yang tergolong tinggi. Manfaat dari antioksidan sendiri adalah bisa untuk melakukan detoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh selain itu sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat dan terjaga.

 

4. Sebagai senyawa anti-inflamasi dan Antioksidan

Daun kelor sendiri memiliki kandungan fiftonutrien karotenoid, senyawa antibakteri, campuran asam amino esensial, dan juga antioksidan seperti quercetin yang fungsinya adalah untuk sebagai obat anti – inflamasi.

Selain kandungan diatas, daun kelor juga mengandung senyawa yang bisa untuk menjadi anti – penuaan dan bisa untuk menjadikan penurunan efek stress oksidatif dan juga peradangan yang ada. Untuk menghasilkan manfaat yang lebih maksimal dan optimal lagi harus mengandung vitamin C, quercetin, polifenol, asam klorogenat, dan juga karoten.

Semua senyawa yang sudah saya sebutkan diatas memiliki kaitannya dengan penurunan adanya risiko untuk banyak penyakit kronis, contohnya adalah diabetes, penyakit mata yang disebabkan factor usia, paru – paru, kanker usus besar, hipertensi, dan juga perut.

 

5. Untuk Menghilangkan Flek Wajah

Daun kelor bisa untuk menghilangkan flek di wajah jika sudah dibuat menjadi suatu ramuan. Dan cara membuat ramuannya pun sangatlah mudah kita hanya perlu memilih daun kelor yang masih muda lalu menumbuknya hingga sangat halus. Kemudian gunakanlah hasil tumbukan tersebut untuk bedak atau bisa juga kalian mencampurnya dengan bedak.

Ada juga yang mengatakan bahwa di berbagai Negara tertentu mereka sudah menggunakan ekstrak daun kelor untuk bahan baku pembuatan di dalam kosmetiknya. Biji, kulit batang, bunga, dan juga daun merupakan bagian dari tanaman kelor yang mana banyak digunakan untuk kulit.

Kandungan dari daun kelor sendiri sangat kaya akan asam amino dan juga mineral. Yang mana bila membantu produksi protein keratin dan juga produksi kolagen yang itu semua sangat berfungsi untuk kesehatan jaringan kulit yang ada di tubuh kita. Di daun kelor mengandung juga 30 zat antioksidan yang mana manfaatnya adalah sangat baik untuk kesehatan kulit.

Sudah banyak merek terkenal dari produk kosmetika yang mana menggunakan minyak kelor di dalam bahan baku produk pembuatannya. Contoh produknya adalah minyak aromaterapi, krim antiaging, krim pencerah, facial foam, krim antikerut, deodorant, dan juga lotion. Sedangkan bunga kelor sering digunakan untuk parfum.

 

6. Daun Kelor Bisa Mencukupi Gizi Ibu dan Anak

Yosi Bayu Murti yang menjadi seorang Dosen Farmasi UGM Yogyakarta pernah mengatakan bahwa pengembangan daun kelor di Negara kita yaitu Indonesia sangatlah lambat dan berbeda dengan luar negeri.

Untuk para ibu, sangat baik untuk mengkonsumsi daun kelor setelah ia melahirkan. Karena kandungan daun kelor 25 kali lipat lebih tinggi disbanding bayam zat gizinya. Dan untuk anak – anak, daun kelor sangat baik dikonsumsi saat sejak bayi yaitu bayi yang usianya sudah diatas enam bulan. Namun ada tambahan dari yosi yaitu ibu hamil disaat masa kehamilannya dan masa trisemester pertama harus tidak boleh mengkonsumsi daun kelor.

 

7. Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Ada sebuah studi yang menemukan fakta bahwa daun kelor bisa untuk mencegah kerusakan jantung dan juga bisa untuk sebagai antioksidan. Hal ini menurut studi di hewan pada laboratorium yang sudah diterbitkan oleh Journal of Medicinal Food pada Februari 2009.

Di dalam studi itu melakukan pemberian dosis sebesar 200 mg per kg berat badan di setiap harinya selama 30 hari berturut turut dan kemudian menghasilkan berupa tingkat lebih rendah dari lipid yang teroksidasi.

Setelah itu para peneliti menyimpulkan daun kelor mampu memberikan manfaat signifikan bagi kesehatan jantung. Untuk memperkuat hasil penelitiannya, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut lagi.

 

8. Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Apabila seseorang mengkonsumsi makanan sehat maka akan otomatis ginjal yang dia miliki fungsinya akan bekerja secara optimal. Sedangkan apabila mengkonsumsi makanan yang tidak sehat akan mengakibatkan menumpuk di ginjal contohnya adalah makanan yang tinggi lemak.

Apabila sudah menumpuk di ginjal, selanjutnya akan muncul suatu masalah kesehatan baru. Apabila ini sudah terjadi, cobalah untuk mengkonsumsi daun kelor supaya kondisi tubuh dapat kembaki membaik dan kondisi ginjal pun membaik.

 

9. Daun Kelor Untuk Anti Kanker

Daun kelor juga bisa untuk mencegah pertumbuhan dan juga mencegah reproduksi dari sel – sel kanker yang ada di dalam tubuh. Hal ini didasarkan pada studi yang membahas tentang kultur jaringan sel kanker serviks dari manusia. Yang mana telah diterbitkan oleh Food and Chemical Toxicology pada edisi juni tahun 2011. Daun kelor bisa juga mencegah potensi alami dari kanker, hal ini disampaikan oleh para peneliti.

Daun kelor juga bisa memperlambat dan juga bisa menghilangkan kanker yang ada di dalam tubuh manusia. Hal ini dikarenakan daun kelor mengandung antioksidan yang tinggi dan juga potasium yang tinggi.

 

10. Memperlambat Efek Penuaan Dini

Ada sebuah studi di tahun 2014 yang sudah diterbitkan oleh Journal of Ilmu dan Teknologi Pangan yang mana mereka melakukan penelitian dengan meneliti daun kelor. Semua peneliti ingin menyelidiki apakah daun kelor memiliki efek memperlambat penuaan atau tidak. Karena kandungan daun kelor mengandung enzim antioksidan yang tinggi dan juga antioksidan herbal alami tersebut mampu untuk menyeimbangkan hormone manusia.

Kemudian studi tersebut melibatkan tentang Sembilan puluh wanita yang sudah menopause yang berusia sekitar 45 hingga 60 tahun dan kemudian dibagi ke dalam tiga kelompok besar dengan berbagai tingkatan suplemen. Hasil dari penelitian tersebut adalah yang mengandung suplementasi kelor dan banyak peningkatan senyawa antioksidan di dalamnya sangatlah signifikan dan inilah yang mampu untuk memperlambat penuaan dini.

 

11 Untuk Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa daun kelor memiliki kandungan anti-inflamasi yang lumayan tinggi. Anti inflamasi tersebut mampu untuk mengobati dan juga mencegah penyakit hati, keluhan dari pencernaan, sakit maag, infeksi, dan juga rusaknya ginjal.

Minyak kelor memiliki kegunaan untuk meningkatkan fungsi dari hati. Itu semua di karenakan adanya manfaat detoksifikasi racun dan juga zat berbahaya di dalam tubuh manusia sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa bisa juga mengatasi dan juga mencegah penyakit sembelit, diare, batu ginjal, retensi cairan, dan infeksi saluran kemih.

 

12. Untuk Mengobati Rematik

Manfaat daun kelor yang selanjutnya adalah untuk mengobati rematik. Kenapa daun kelor bisa untuk mengobati rematik ? hal ini karena daun kelor bisa untuk mengurangi penumpukan asam urat yang ada di sendi, kemudian bisa juga untuk mengurangi rasa sakit yang ada di sendi. Bisa juga di gunakan untuk mengatasi asam urat, pegal linu, nyeri, dan masih banyak lagi lainnya.

 

13. Untuk Mengatasi Diabetes

Penyebab daun kelor bisa untuk mengatasi diabetes adalah karena di dalamnya mengandung mineral yang bernama seng sehingga membuat sifat dari daun kelor menjadi anti diabetes. Kemudian kandungan itu tadi sangat diperlukan di dalam produksi insulin yang semua kalimat diatas telah di kemukakan sebelumnya oleh peneliti yang berasal dari University of Wiconsin LaCrosse. Yang mereka semua melakukan studi hewan di laboratorium yang kemudian diterbitkan pada juni 2012 dari Journal of Diabetes.

Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa senyawa asa, chlorogenic yang ada di daun kelor mampu mengontrol dari kadar gula darah dan itu semua memungkinkan sel supaya bisa mengambil dan atau melepaskan gula yang diperlukan. Selain senyawa itu, senyawa isothiocyanate juga memiliki kaitan dengan perlindungan yang alami terhadap penyakit diabetes dari seorang manusia.

 

14. Untuk Menyehatkan Kulit

Yang berperan untuk menyehatkan kulit adalah antioksidan dan juga vitamin C. apabila kalian rutin dan sering memasak daun kelor untuk dijadikan sebagai sayur maka kalian akan mendapatkan khasiat untuk mencegah timbulnya jerawat dan juga khasiat untuk menghaluskan kulit kita.

Daun kelor juga bisa dijadikan sebagai masker wajah kita. Apabila kita menumbuk daun kelor, hasil tumbukan tersebutlah yang bisa menjadi masker wajah. Masker wajah dari daun kelor menjadikan kulit wajah menjadi sehat dan lebih halus.

Ada juga yang menyebutkan bahwa daun kelor memiliki kandungan antijamur, antibakteri alami, dan juga senyawa antiviral yang memiliki khasiat untuk melindungi kulit dari seluruh infeksi.

 

15. Untuk Bantuan Arthritis

Hal ini sesuai dengan hasil studi edisi februari 2011 yang telah di publikasikan oleh Journal of Chinese Integrative Medicine yang mengatakan bahwa daun kelor bisa untuk mengurangi peradangan serta rasa sakit kita dalam beberapa bentuk arthritis.

Ekstrak dari daun kelor juga bisa mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang mana sangat menyakitkan di dalam sendi rematik. Hal ini sesuai dengan studi hewan yang dilakukan di laboratorium. Para peneliti juga sepakat dan mencatat kominasi akar serta ekstrak daun dimana memiliki efek mengurangi rasa sakit atau efek sinergis.

 

16. Untuk Melindungi Kesehatan Otak dan Menstabilkan Mood

Yang selanjutnya akan saya bahas adalah tentang manfaat daun kelor yang dapat untuk melindungi kesehatan otak dan juga menstabilkan mood. Hal ini karena daun kelor mengandung protein yang tinggi dan juga mengandung neurotransmitter, dan kaya akan asam amino triptofan. Sehingga bisa membantu tubuh memiliki mood yang menjadi merasa lebih baik.

Setelah itu daun kelor juga memiliki manfaat untuk menjaga tingkat energi dari tubuh, hal ini karena daun kelor mengandung senyawa tiroid dan juga antioksidan. Kandungan itu tadi juga bisa mencegah depresi, insomnia, kelelahan yang sangat amat, dan juga suasana hatinya yang sangat buruk.

 

17. Untuk Melindungi Tubuh dari Bakteri

Hal ini telah di kemukakan oleh Tati Winarto yang mana dia adalah seorang pakar herbal. Menurutnya ekstrak daun kelor mengandung senyawa antibakteri. Ekstrak daun kelor juga berfungsi untuk menghalangi perkembangan dari mikroorganisme yang sangat bahaya contohnya adalah enterobacter aerogenes, staphylococcus aureus, Escherichia coli, dan juga pseudomonas aemenyesalnosa. Hal itu tadi didasarkan atas riset dari Bayero Journal of Pure and Applied Sciences.

 

18. Untuk Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Manfaat dari tanaman kelor yang terakhir adalah tentang fungsinya yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah serta menurunkan kolesterol. Hal ini adalah menurut dari ahli pakar herbal yang bernama tati winarto.

Hal tersebut didasarkan atas hasil yang dipaparkan pada journal phytotherapy research yang ternyata daun kelor memiliki manfaat yang termasuknya adalah tidak terduga. Manfaat tidak terduga tersebut adalah dapat mencegah kolesterol yang tinggi dan juga menjaga kadar darah.

Kenapa daun kelor bisa memiliki manfaat tidak terduga seperti diatas hal ini karena daun kelor memiliki kandungan dan khasiat di dalamnya yaitu adanya beberapa zat. Zat tersebut antara lain adalah glikosida minyak mustard, zat hiocarbamate glikosida, dan juga nitrile yang mana semua zat diatas memiliki manfaat dan khasiat untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi pada manusia.

 

Demikian artikel tentang Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua khususnya di dalam bidang tanaman tentang manfaat tanaman kelor. Jika ada penjelasan yang masih kurang jelas atau ada hal yang ingin ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar dibawah ini ya sobat.