Metode Penelitian

By Hasif Priyambudi -

Dalam melakukan sebuah riset atau penelitian, kita pasti membutuhkan suatu proses, cara, dan metode yang tepat. Metode yang perlu digunakan itu sebenarnya tergantung berdasarkan keperluan dan kebutuhan dari penelitian atau riset yang tengah dilakukan.

Pada artikel kali ini, di Pintar Nesia akan berbagi materi seputar Pengertian Metode Penelitian, Jenis-Jenis Metode Penelitian, dan Contoh Metode Penelitian. Jika kalian sedang mencari informasi ini, silahkan langsung saja lanjut ke pembahasannya.

Pengertian Metode Penelitian

Pengertian Metode Penelitian

Sebelum kita masuk lebih jauh, mari kita cari tahu terlebih dahulu apa yang dimaksu dengan metode penelitian. Biasanya definisi akan dibedakan menjadi 2, yaitu secara umum dan menurut para ahli.

1. Pengertian Umum Metode Penelitian

Metode riset atau metode penelitian merupakan suatu cara yang dilakukan oleh seseorang saat sedang melakukan penelitian suatu objek untuk mengumpulkan data ataupun mengumpulkan informasi dari objek yang diteliti tersebut, dapat berupa benda, hewan, tumbuhan, dan objek yang lainnya. Dimana informasi tersebut akan digunakan untuk tujuan tertentu.

2. Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli

  • Prof. Dr. Sugiyono, Pengertian metode penelitian menurut Prof. Dr. Sugiyono adalah cara ilmiah yang digunakan untuk mendapatkan dan mengumpulkan data untuk tujuan atau kegunaan tertentu.
  • Muhiddin Sirat, Pengertian metode penelitian menurut Muhiddin Sirat sebuah cara memilih topik suatu riset.
  • Prof M.E. Winarno, Pengertian metode penelitian menurut Prof M.E. Winarno yaitu melakukan kegiatan ilmiah dengan teknik yang sistematik dan teliti.

Baca Juga : Jenis Penelitian

Macam-Macam Metode Penelitian

Jenis Metode Penelitian

Metode yang dapat dilakukan dalam melakukan penelitian ini pun cukup beragam dan bermacam macam. Berikut di bawah ini Pintar Nesia berikan pembahasan mengenai Beberapa jenis metode penelitian :

1. Metode Deskriptif Dalam Penelitian

Meetode Penelitian Deskriptif merupakan metode penelitian yang memiliki tujuan untuk menjelaskan suatu objek, bisa juga dalam bentuk peristiwa yang sedang terjadi pada masa lalu, ataupun peristiwa yang terjadi di masa sekarang.

Metode riset Deskriptif bisa dapat kelompokan menjadi dua jenis, yaitu Cross Sectional (dalam jangka waktu tertentu) dan Longitudinal (dalam jangka sepanjang waktu) .

2. Metode Penelitian Kualitatif

Di dalam metode penelitian ini ada juga metode penelitian kualitatif, dimana metode tersebut memiliki sifat untuk memberikan suatu keterangan dengan sebuah analisis. Metode penelitian kualitatif ini bersifat subjektif  karena saat melakukan penelitian dengan metode kualitatif ini si peneliti akan lebih fokus terhadap teori teori yang ada.

3. Metode Penelitian Kuantitatif

Selanjutnya ada juga metode kuantitatif, berkebalikan dari metode penelitian kualitatif yang bersifat subjektif. Metode penelitian kuantitatif ini memiliki metode penelitian yang lebih sistematis, terperinci, dan juga terstruktur. Seperti namanya kuantitatif, metode ini lebih terfokus pada data yang berupa seperti angkat, diagram, grafik, dan hal sejenisnya untuk dikumpulkan.

4. Metode Penelitian Ekspos Facto

Ekspos Facto merupakan metode penelitian yang digunakan untuk meneliti atau meriset sebab dan akibat pada suatu peristiwa.

5. Metode Penelitian Survei

Mungkin ini salah satu metode yang sering digunakan dalam melakukan sebuah penelitian dan riset, metode ini mencari hasil dengan cara menggali opini dan pendapat dari orang yang berhubungan dengan objek yang akan diteliti.

Contoh Metode Penelitian

Berikut di bawah ini Pintar Nesia berikan beberapa link untuk melihat contoh metode penelitian yang pernah dibuat dan di upload ke internet oleh orang. Contoh Metode Penelitian :

  • Contoh Metode Penelitian Untuk Karya Ilmiah (cek disini).
  • Contoh Metode Penelitian Skripsi (cek disini).
  • Contoh Metode Kuantitatif Penelitian (cek disini).
  • Contoh Metode Kualitatif Penelitian (cek disini).

Baca Juga : Contoh Proporsal Penelitian

Itulah sedikit penjelasan seputar metode penelitian yang bisa kami berikan. Mudah mudahan artikel metode penelitian dari Pintar Nesia ini bisa bermanfaat dan berguna untuk teman teman semua ya :D. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi website ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Hasif Priyambudi
Hasif Priyambudi
Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Amikom Yogyakarta, asli Banjarnegara dan disini saya menulis seputar konten umum pendidikan.

Artikel Terkait

Jenis-Jenis Paragraf
Jenis-Jenis Paragraf
Oleh Mexi Prizkia
Contoh Kalimat Efektif & Tidak Efektif
Contoh Kalimat Efektif & Tidak Efektif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kalimat Ajakan
Contoh Kalimat Ajakan
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Kata Kerja Transitif & Intransitif
Kata Kerja Transitif & Intransitif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kalimat Persuasif
Contoh Kalimat Persuasif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kata Baku dan Tidak Baku
Contoh Kata Baku dan Tidak Baku
Oleh Hasif Priyambudi

Baca Lainya Tastynesia:
  1. Nasi Goreng Hongkong
  2. Nasi Goreng Seafood
  3. Nasi Goreng Kambing
  4. Nasi Goreng Ikan Asin
  5. Nasi Goreng Telur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *