Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

10 Nama-Nama Malaikat: Pengertian, Sifat dan Tugas Malaikat

6 min read

nama nama malaikat

Nama Nama Malaikat – Pengertian malaikat sendiri adalah jika secara etimologi “malaikat” ialah jamak dari kata malaka yang memiliki arti kekuatan serta berasal dari masdar Al-alukah yang memiliki arti risalah atau misi.

Malaikat adalah makhluk allah yang diciptakan dari cahaya atau nur, seperti pada hadist Rasulullah yang kurang lebih artinya ialah seperti : Telah diciptakan malaikat dari cahaya.

Rukun iman yang kedua merupakan beriman kepada malaikat, jadi bagi seorang muslim sangat diwajibkan untuk beriman kepada malaikat.

Kemudian untuk cara mengimani malaikat ialah dengan cara yakin bahwa malaikat itu ada walaupun kita tidak dapat melihatnya serta yakin bahwa malaikat merupakan makhluk allah yang terbuat dari cahaya. Dibawah ini merupakan 10 nama malaikat dan tugasnya:

 

Penjelasan Malaikat

malaikat

Sebagai muslim tentu istilah malaikat tidaklah asing ditelinga kita. Malaikat itu ada banyak jumlahnya namun terdapat 10 malaikat yang wajib untuk diketahui dan imani. Bagi semua umat muslim beriman kepada malaikat merupakan rukun iman yang dua.

Malaikat adalah makhluk allah yang selalu taat serta patuh pada perintah allah. Malaikat tidak pernah mempersekutukan Allah sehingga malaikat itu makhluk allah yang tidak pernah mempunyai dosa.

Manusia memanglah tidak bisa melihat seperti apa wujud malaikat dan bentuknya, Namun jika dengan izin Allah maka manusia dapat melihat malaikat seperti apa yang terjadi pada Rasul dan Nabi Allah.

Malaikat memanglah makhluk Allah yang tidak pernah melanggar segala perintah Allah dan selalu taat akan perintahnya, namun hal yang lebih disenangi oleh Allah adalah ketaatan yang dimiliki oleh manusia serta jin.

Kemudian memngapa Allah lebih menyukai ibadahnya manusia ketimbang malaikat? Hal ini dikarenakan manusia bisa memilih serta menentukan pilihanya sendiri, inilah yang membedakan antara manusia dan malaikat, karena malaikat tidak dapat memilih.

 

 

Sifat Malaikat

Sebelum masuk ke daftar Nama malaikat dan tugasnya berikut akan dijelaskan terlebih dahulu sifat dari malaikat. Malaikat adalah makhluk yang diciptakan Allah tanpa hawa napsu, sehingga yang malaikat tau hanyalah ketaatan yang ditujukan kepada Allah SWT.

Berikut adalah sifat yang dimiliki oleh para malaikat:

  • Malaikat pasti akan selalu mematuhi segala perintah yang diberikanya dari Allah SWT dan tidak akan pernah sekalipun membantah perintah Allah tersebut.
  • Malaikat tidaklah pernah melakukan apapun yang dilarang oleh Allah SWT.
  • Malaikat akan selalu beribadah kepada Allah SWT dengan cara bersujud, bertasbih atau segala hal lainya yang diperintahkan oleh Allah SWT.
  • Malaikat tidaklah mempunyai sifat sombong serta bangga sama sekali walaupun mereka selalu senantiasa beribadah kepada Allah SWT sampai hari akhir. Hal ini juga yang menjadi pembeda dengan manusia yang memiliki sifat berbangga serta terkadang sombong.
  • Malaikat juga senantiasa memohonkan ampun kepada orang orang yang beriman.
  • Malaikat akan merasa sangat bahagia apabila seorang muslim mendapatkan malang lailatul qodar.
  • Malaikat ternyata bisa berubah wujud menyerupai manusia atas izin dan kehendak Allah SWT.

Setelah mengetahui sifat-sifat malaikat maka kini akan masuk ke nama-nama malaikat dan tugasnya.  seperti yang akan tertera di bawah ini:

 

 

 10 Nama Nama Malaikat dan Tugasnya

Nama malaikat dan tugasnya pastilah sering dijadikan tugas atau materi yang diberikan oleh guru kalian. Jumlah dari malaikat juga sangat banyak dan tidak ada yang tahu pasti tentang jumlah malaikat yang ada di alam semesta ini, hanya Allah subhanahu wa ta’ala yang mengetahui jumlah mereka.

Tetapi terdapat 10 malaikat yang harus kita ketahui nama dan tugasnya. Kemudian dari masing-masing malaikat tersebut memiliki tugas tersendiri. Di bawah ini adalah 10 nama-nama malaikat dan tugasnya:

 

1. Malaikat Jibril

Malaikat dan tugasnya yang pertama kali ini adalah malaikat jibril. Malaikat Jibril merupakan malaikat yang tugasnya adalah menyampaikan wahyu, kepada seluruh Rasul Allah serta juga ditugaskan untuk meniupkan ruh yang terdapat pada janin saat keadaan masih di dalam kandungan seorang ibu.

Kemudian untuk saat ini, sebagian ulama memiliki pendapat jika Malaikat Jibril ditugaskan untuk membagi ilmu.  Hal ini dikarenakan oleh sebagaimana Wahyu yang merupakan bagian dari ilmu.

 

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail adalah malaikat yang diberi tugas oleh Allah untuk memberikan rizki kepada makhluk yang ada di bumi serta malaikat Mikail juga yang bertugas mengatur hujan, angin, serta tanaman untuk tumbuh subur dan berkembang.

 

3. Malaikat Israfil

Nama malaikat dan tugasnya yang selanjutnya adalah malaikat Israfil. Israfil adalah malaikat yang bertugas untuk meniup sangkakala pada hari kiamat kelak.

Malaikat inilah yang memiliki tugas untuk meniupkan trompet yang isinya merupakan roh atau nyawa dari seluruh makhluk yang telah hidup mulai dari Nabi Adam dan semua makhluk ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Lalu jika semuanya sudah meninggal, maka Allah menghidupkan kembali malaikat Israfil dan kemudian menyuruhnya untuk meniup kembali sangkakala agar semua ruh kembali ke jasadnya masing-masing agar mereka terhidup kan kembali.

Baca Juga: Pengertian Hari Kiamat.

 

4. Malaikat Izrail

Kemudian nama malaikat dan tugasnya yang selanjutnya adalah malaikat Izrail. Malaikat Izrail sendiri diberi tugas untuk mencabut nyawa seluruh makhluk hidup.

Kemudian munculah pertanyaan yang unik yaitu bagaimanakah malaikat pencabut nyawa ini akan mati?  kalau pun mati bagaimanakah cara proses kematinya?

Di dalam literatur yang ada, pada hari kiamat nanti malaikat Izrail akan melapor kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala jika semua makhluk yang ada sudah dicabut nyawanya. Namun Allah masih mengatakan kepadanya bahwa terdapat makhluk yang tersisa.

Mendengar hal itu malaikat Izroil kemudian mengelilingi alam semesta lagi untuk menemukan dimana beradaan makhluk tersebut.

Namun pada saat itu malaikat Izroil tidak menemukan satu makhluk pun ketika telah mengelilingi suatu alam semesta,  kemudian malaikat Israil setelah mengelilinginya lalu menghadap kembali kepada Allah Subhanahu wa ta’ala untuk melapor bahwa sudah tidak terdapat lagi makhluk yang tersisa di alam semesta.

Akan tetapi Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengatakan hal yang sama.  Hal ini sudah terulang sampai tiga kali. Sampai pada akhirnya Allah memberi tahu bahwa makhluk yang dimaksud oleh Allah subhanahu wa ta’ala adalah malaikat Izrail sendiri. Setelah mendengar hal itu secara langsung ia mencabut nyawanya sendiri.

 

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar merupakan salah satu nama-nama malaikat dan tugasnya yang harus diketahui oleh umat Islam. Tugas dari malaikat Munkar adalah menanyai orang yang telah dikubur. Ada orang melayat ini hanya datang kepada orang yang semasa hidupnya selalu berbuat keburukan.

Malaikat ini datang dengan perawakan yang menyeramkan serta membawa godam. Ketika orang yang ditanya tidak bisa menjawab maka ia akan memukul menggunakan godam sampai hancur lebur lalu dibangkitkan kembali untuk ditanya lagi. Begitu seterusnya hingga pada hari kiamat tiba.

 

6. Malaikat Nakir

Sama tugasnya dengan malaikat mungkar yaitu menanyakan perkara manusia yang sudah berada di alam kubur pada masa kehidupannya.

Kemudian perbedaannya dengan malaikat mungkar yaitu malaikat ini hanya mendatangi orang-orang yang pada hidupnya berbuat kebaikan dan memiliki perawakan yang sangat indah dan sedap untuk dipandang.

Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa orang-orang yang didatangi di alam kubur oleh malaikat mungkar pasti akan dimasukkan ke dalam neraka kemudian orang-orang yang didatangi oleh malaikat Nakir akan dimasukkan ke dalam surga.

 

7. Malaikat Raqib

Kemudian untuk nama-nama malaikat dan tugasnya yang harus diketahui oleh umat muslim selanjutnya adalah malaikat Raqib.  Malaikat Raqib bertugas untuk mencatat amal baik seluruh umat manusia semasa hidupnya.

Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir” (QS Qaf : 18) 

 

8. Malaikat Atid

Malaikat Atid adalah malaikat yang bertugas untuk mencatat amalan buruk setiap umat manusia pada saat manusia tersebut berbuat keburukan pada masa hidupnya di dunia.

Kedua malaikat ini (Raqib dan Atid) mencatat seluruh amal mulai dari bangun hingga tidur kembali.

 

9. Malaikat Malik

Tugas dari malaikat Malik Ya Allah menjaga pintu Neraka Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 

10. Malaikat Ridwan

Nama-nama malaikat dan tugasnya yang selanjutnya yang harus diketahui oleh setiap muslim adalah Malaikat Ridwan. Kebalikan dari malaikat Malik Malaikat Ridwan adalah malaikat yang ditugaskan untuk menjaga pintu Surga Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Dan Sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai. Di dalamnya setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga surga itu mereka mengatakan :

“Inilah yang mereka diberikan kepada kami dulu”. Mereka diberi buah-buahan dan istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (QS Al-Baqarah:25).

 

Demikianlah penjelasan tentang 10 nama-nama malaikat dan tugasnya yang perlu diketahui oleh setiap muslim yang hidup di dunia.

Sudah sepantasnya nama malaikat dan tugasnya perlu diketahui oleh manusia karena terdapat rukun iman yang dimana mengatakan bahwa iman kepada malaikat yang tujuannya adalah meyakini atau mempercayai bahwa malaikat itu ada dan mereka ditugaskan untuk mengawasi setiap gerak-gerik yang dilakukan oleh setiap manusia yang hidup di dunia.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight