Otot Lurik

By Hasif Priyambudi -

Otot lurik atau biasa disebut dengan otot rangka merupakan sebuah sejenis otot yang biasa menempel pada rangka tubuh dan digunakan untuk pergerakan, sesuai dengan nama nya, oto tersebut mempunyai tampilan lurik antara gelap atau aktin dan terang atau miosin dengan tampilannya yang selang seling.

Otot lurik juga memiliki bentuk seperti layaknya serabut serabut halus yang memanjang atau miofibril dan mengandung banyak mitokondria dan inti sel di bagian tepi. Pada otot lurik sendiri tampak garis terang yang dibatasi oleh garis gelap. Nah pada setiap satu pola terang dan gelap tersebut akan disebut dengan sarkomer.

Otot rangka terbagi menjadi dua jenis berdasarkan pigmen mioglobinya. Miolobin adalah sebuah senyawa protein yang berfungsi untuk mengikat molekul oksigen. Oksigen yang diikat tersebut akan berperan dalam respirasi sel otot rangka.

Otot yang ada pada rangka tubuh ini bisa digerakan atas kehendak kalian atau kemauan kalian sendiri, sehingga bisa disebut dengan otot motorik, otot lurik juga bisa bekerja keras sebab mempunyai banyak inti sel, akan tetapi, otot tersebut juga membutuhkan istirahat setelah kalian beraktivitas, hal ini terjadi karena mudah lelah. Nah dari kalian yang belum mengenal atau masih asing dengan istilah otot lurik maka simak baik baik penjelasan berikut ini ya!

 

Pengertian Otot Lurik

pengertian otot lurik

Otot lurik atau atau biasa disebut dengan otot rangka adalah sejenis otot yang menempel pada rangka tubuh dan biasa untuk digunakan dalam pergerakan. Otot tersebut juga memiliki pigmen mioglobin dan mendominasi tubuh vertebrata.

Otot tersebut juga bisa disebut dengan lurik, hal ini dikarenakan jenis otot tersebut tampak daerah gelap atau aktin dan terang atau miosin yang berselang seling, namun otot tersebut juga bisa disebut dengan otot rangka karena bisa melekat dirangka dan juga otot sadar, sebab bekerja dibawah kesadaran kalian atau volunter.

Baca Juga : 12+ Fungsi Hati Manusia

 

 

Sifat – Sifat Otot Lurik

letak otot lurik

Berikut ini adalah beberapa sifat – sifat otot lurik, antara lain.

  • Konduktivitas, adalah sebuah otot yang mempunyai kemampuan untuk bisa melakukan potensial aksi.
  • Iritabilitas, adalah ketika dirangsang, otot akan berekasi cepat.
  • Kontraktilitas, adalah suatu otot yang bisa mempersingkat atau bisa menghasilkan ketegangan antara ujung ujungnya.
  • Relaksasi, adalah sebuah otot yang bisa kembali ke beristirahat setelah melakukan kontraksi.
  • Distensibilitas, adalah otot yang bisa ditarik oleh kekuatan luar otot itu sendiri, otot tidak bisa terluka yang penting tidak meregang dan melewati batas fisiologis.
  • Elastisitas, adalah salah satu otot yang akan menolak adanya perpanjangan dan akan kembali pada posisi semula setelah pasif atau aktif dalam perpanjangan. Elastisitas adalah sebuah kebaikan dari Disrensibilitas.

 

 

Ciri – Ciri Otot Lurik

Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri otot lurik, antara lain.

  • Ciri yang pertama adalah berbentuk silindris yang memanjang.
  • Mempunyai banyak inti sel atau multinuklei.
  • Bergerak dalam waktu yang cepat dan mudah lelah.
  • Berkeja dibawah kesadaran manusia atau volunter.
  • Mempunyai serabut yang jumlahnya ada ribuan dan membentuk jaringan otot yang tersusun dengan rapi.
  • Mempunyai diameter kurang lebih sekitar 50 mikro dan panjang sekitar 2,5 cm.
  • Menempel pada rangka tubuh dan semua bagiannya mempunyai kecepatan yang baik dalam berkontraksi atau berkerut.
  • Letak dari inti sel atau pusatnya akan berada di tepi atau parifier dan di dalam tubuh manusia akan berada pada otot paha, otot dada, otot betiss dan juga seluruh rangka tubuh manusia yang lainnya.

Baca Juga : Proses Pembekuan Darah dalam Tubuh

 

 

Fungsi Otot Lurik

Fungsi dari otot lurik sendiri adalah sebagai otot ranka yang menggerakan rangka tubuh manusia atau juga hewan. Oleh sebab itu manusia dan hewan bisa bergerak sesuai dengan kehendak manusia atau hewan masing masing sehingga bisa membantu mereka dalam beraktivitas sehari harinya.

 

 

Cara Kerja Otot Lurik

cara kerja otot lurik

Mekanismenya kerja otot lurik yang ada di hampis seluruh tubuh manusia yaitu dengan cara berkontraksi dan relaksasi, apa si dari maksud kontraksi? Kontraksi sendiri maksudnya ketika sedang melakukan suatu gerakan yang memerlukan kekuaran dan kerja lebih keras, contohnya seperti sedang menaiki anak tangga dengan kaki serta berlari.

Sedangkan relaksasi apa maksudnya?? Maksudnya adalah relaksasi akan dilakukan otot lurik setelah selesai melakukan tugas yang memberatkan dengan cara melenturkan pada bagian tubuhnya contohnya seperti merenggangkan tubuh yang dilakukan oleh manusia, seperti ketika kita setelah joging berapa putaran kemudian istirahat kakinya diselonjorkan kedepan.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegahnya hal hal yang tidak di inginkan seperti bagian tubuh ada yang kram atau tekanan sekaligus yang memberikan waktu untuk beristirahat, sebab setelah manusia melakukan aktivitas seperti berjalan atau berlari dan aktivitas berat lainnya akan selalu membutuhkan waktu.

Yang nantinya untuk bisa beristirahat sejenak yang berguna untuk mengembalikan kekuatan tubuh sehingga akan terhindar dari otot kram atau kelelahan yang dapt mempengaruhi fungsi tubuh lainnya. Semua fungsi gerak tersebut akan dikendalikan oleh para bagian otak manusia yang mengatur saraf pusatnya.

Dengan cara mengolah segala perintah manusia contohnya seperti perintah berjalan dan berlari kemudian meresponnya dengan cepat dan meminta otot pada bagian tubuh yang dibutuhkan untuk bergerak mengikuti kehendak manusia. Semua cara kerja yang akan dilakukan tersebut terjadi secara tidak sadar atau bisa disebut dikendalikan secara langsung oleh individu tersebut.

Baca Juga : Proses Pembentukan Urine

 

 

Bentuk dan Struktur Otot Lurik

bentuk dan struktur otot lurik

  • Sarkolema, adalah sebuah membran yang melapisi suatu sel otot yang nantinya berfungsi sebagai pelindung otot.
  • Sarkoplasma, adalah sebuah cairan otot yang mempunyai fungsi untuk tempat dimana miofibril dan miofilamen berada.
  • Miofibril, adalah berbagai serat serat yang ada di otot.
  • Miofilamen, adalah suatu benang benang atau filamen halus yang berasal dari miofibril, dan miofibril sendiri terdiri atas 2 macam, antara lain sebagai berikut :
    1. Miofilamen homogen ( yang ada pada otot polos )
    2. Miofilamen heterogen ( yang ada pada otot jantung atau otot cardiak dan pada otot rangka atau otot lurik )

 

Nah itulah artikel yang membahas mengenai otot lurik dari mulai pengertian, sifat, letak dan bentuk dan strukturnya, dengan pembahasan kali ini bisa membantu kalian dalam menambah wawasan ilmu pengenai bagian organ tubuh yang belum kalian ketahui sebelumnya. Semoga kalian semua paham betul mengenai otot lurik dan sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih.

Hasif Priyambudi
Hasif Priyambudi
Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Amikom Yogyakarta, asli Banjarnegara dan disini saya menulis seputar konten umum pendidikan.

Artikel Terkait

Organel Sel
Organel Sel
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Proses Spermatogenesis
Proses Spermatogenesis
Oleh Mexi Prizkia
Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis
Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Sistem Pencernaan Manusia
Sistem Pencernaan Manusia
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna
Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna
Oleh Hasif Priyambudi
Tumbuhan Dikotil dan Monokotil: Pengertian dan Perbedaan Dikotil & Monokotil
Tumbuhan Dikotil dan Monokotil: Pengertian dan Perbedaan Dikotil & Monokotil
Oleh Arwina Nur Dyah Utami

Baca Lainya Tastynesia:
  1. Rujak Buah
  2. Jus Jeruk
  3. Kue Balok
  4. Kue Lumpur
  5. Kue Pancong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *