Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Pelaku Ekonomi: Pengertian, Contoh, Peran, Macam

6 min read

pelaku ekonomi

Pelaku ekonomi – semakin bertambahnya teknologi dan majunya perkembangan zaman semakin pula ketatnya persaingan di dalam dunia bisnis. Baik itu usaha yang dijalankan di dalam negeri apapun di luar negeri yang mana perkembangan bisnis saat ini telah mencangkup wilayah global.

Oleh karena itu untuk dapat menyeimbangkan semakin majunya perkembangan zaman juga harus diikuti oleh adanya pengetahuan yang tinggi untuk dapat mengembangkan setiap bisnis atau usaha bagi para pelaku ekonomi untuk dapat meningkatkan mutu kerja.

Peranan pelaku ekonomi dalam hal ini sangat penting serta adanya peran juga dari pemerintah yang merupakan pemegang serta pemberi kebijakan kepada para pelaku ekonomi, kebijakan yang diberikan dapat berupa kebijakan yang berdampak langsung ataupun kebijakan yang tidak berdampak langsung bagi pelaku ekonomi itu.

 

Pengertian Pelaku Ekonomi

pelaku ekonomi

Pengertian pelaku ekonomi adalah seseorang (individu) atau kelompok (lembaga) yang terlibat di dalam jam-jam kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi tersebut berupa produksi, distribusi ataupun konsumsi.

Jadi di dapat disimpulkan bahwa pelaku ekonomi di dalam masyarakat dapat berupa rumah tangga, produsen, lembaga keuangan serta pihak-pihak yang lainnya. Yang mana di dalam pihak-pihak tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain di dalam suatu lingkaran sistem perekonomian pada suatu negara.

Baca Juga : Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

 

 

Contoh Pelaku Ekonomi

pelaku ekonomi

Secara umum pelaku ekonomi dapat dibagi menjadi 4 bagian. Dan Dari keempat kelompok pelaku ekonomi tersebut mempunyai peranan masing-masing sebagai pelaku ekonomi dalam kegiatan perekonomian. Berikut ini merupakan contoh pelaku ekonomi.

  1. Rumah tangga keluarga
  2. Perusahaan
  3. Pemerintah
  4. Masyarakat luar negeri

 

 

Peran Pelaku Ekonomi

Pelaku ekonomi yang merupakan an-nur koh utama dapat berlangsungnya suatu kegiatan ekonomi memiliki peranan yang kuat dalam hal ini. Berikut ini merupakan peran pelaku ekonomi berdasarkan jenisnya.

 

1. Peran Rumah Tangga Keluarga

Berhubungan dengan berbagai kegiatan ekonomi peran dari pelaku ekonomi rumah tangga adalah sebagai berikut.

  • Mencari pendapatan atau penghasilan dengan berusaha dan bekerja pada suatu perusahaan atau produsen yang nantinya akan dibayar dengan gaji atau upah.
  • Memperoleh pendapatan dari suatu lembaga keuangan yang dapat berupa bunga dari hasil simpanan mereka.
  • Membelanjakan serta mengeluarkan pendapatan yang pernah didapatkan dari hasil bekerja untuk membeli sesuatu baik itu barang ataupun jasa.
  • Menyisihkan sebagian pendapatan dari hasil usaha atau bekerja kepada suatu lembaga keuangan tertentu.
  • Membayar wajib pajak kepada pemerintah.
  • Melakukan transaksi pembayaran terhadap pemberian barang atau jasa untuk keperluan sehari-hari.

 

2. Peran perusahaan

Dalam setiap hal yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh perusahaan, yang mana dalam hal ini perusahaan sebagai produsen memiliki peranan antara lain sebagai berikut.

  • Menciptakan produk, produk yang dihasilkan dari suatu perusahaan an-nur merupakan produsen dalam kegiatan ekonomi dapat berupa barang atau jasa. Peran perusahaan and1 sebagai pemasok barang atau jasa yang ada di pasar perekonomian.
  • Membeli ke berapa faktor pendukung produksi, misalnya seperti bahan baku, tenaga kerja serta modal.
  • Menjual barang atau jasa yang dihasilkan untuk untuk rumah tangga keluarga yang berperan sebagai konsumen, masyarakat luar negeri ataupun dalam negeri, pemerintah dan yang lainnya.
  • Bertanggung jawab atas kesejahteraan dari para karyawan serta masyarakat sekitar lingkungan perusahaan.
  • Membayar pajak atas hasil penjualan barang atau jasa yang diperoleh, kepada pemerintah.

 

3. Peran pemerintah

Dalam kegiatan ekonomi pemerintah dapat berperan sebagai produsen dan konsumen serta dapat pula sebagai pengatur dalam kegiatan perekonomian. Berikut ini merupakan penjelasan peran pemerintah sebagai pelaku ekonomi.

a. Peran pemerintah sebagai produsen

Peran pemerintah sebagai produsen tugasnya yaitu sebagai penyedia jasa layanan umum kepada masyarakat. Berikut ini merupakan contoh hasil produksi dari perusahaan pemerintah sebagai produsen.

  • Listrik yang dijalankan oleh PT PLN persero.
  • Pendidikan Sekolah Negeri dan Perguruan Tinggi negeri (PTN)
  • Pos yang dijalankan oleh PT POS Indonesia
  • Hukum serta keamanan dalam wujud badan kepolisian, TNI dan juga peradilan.

b. Peran pemerintah sebagai konsumen

Peran pemerintah sebagai produsen tidak terlepas dari adanya dukungan dan tidak terlepas dari peran pemerintah sebagai konsumen. Tentunya apabila suatu pemerintah mempunyai kantor maka didalam kantor tersebut dibutuhkan adanya bahan-bahan serta peralatan untuk menunjang keperluan kantor. Dalam hal inilah peran pemerintah sebagai konsumen dilakukan. Misalnya seperti membeli peralatan kantor, meja, kursi, kertas dan alat-alat penunjang kebutuhan usahaan yang lainnya.

c. Peran pemerintah sebagai pengatur kegiatan perekonomian

Tidak hanya sebagai produsen dan juga konsumen, pemerintah juga memiliki peranan sebagai pengatur dari setiap kegiatan perekonomian. Dalam hal ini ini peranan pemerintah yaitu itu ber hak mengeluarkan peraturan dan juga kebijakan terkait dengan kegiatan ekonomi. Peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah juga mengacu kepada Pancasila dan juga UUD 1945.

Baca Juga : Mobilitas Sosial Lengkap

 

4. Masyarakat luar negeri

Berikut ini merupakan peranan dari masyarakat luar negeri sebagai pelaku ekonomi dalam setiap kegiatan perekonomian.

  • Melakukan kegiatan impor dan ekspor dengan negara lain untuk dapat saling memenuhi kebutuhan dari masing-masing negara.
  • Menyediakan keperluan suatu barang yang nantinya akan diekspor ke negara lain.
  • Melakukan investasi dengan menyediakan kredit untuk dapat membiayai kegiatan pembangunan tertentu, apa itu yang dijalankan oleh swasta ataupun oleh pemerintah dalam negeri.
  • Sebagai media untuk dapat menghubungkan pasar uang di dalam negeri dengan pasar uang di luar negeri.

 

 

Macam-macam Pelaku Ekonomi

Secara umum pelaku ekonomi dapat dibagi menjadi 4 macam. Rumah tangga keluarga (customer), perusahaan (produsen), pemerintah, rumah tangga luar negeri. Berikut ini merupakan penjelasan dari keempat macam pelaku ekonomi yaitu.

 

1. Rumah tangga Keluarga (customer)

Pelaku ekonomi yang tidak pernah terlepas di dalam kehidupan sehari-harinya untuk menjalankan kegiatan ekonomi adalah rumah tangga keluarga. Dalam hal ini rumah tangga keluarga disebut sebagai konsumen. Hal tersebut dikarenakan di dalam rumah tangga tentu membutuhkan kebutuhan untuk dapat menunjang keberlangsungan hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Rumah tangga tentu membutuhkan adanya barang atau jasa yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, maka rumah tangga harus melakukan beberapa aktivitas untuk bisa mendapatkan penghasilan. Penghasilan tersebut yang nantinya akan digunakan untuk penuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membeli barang ataupun jasa.

 

2. Perusahaan (produsen)

Tidak dapat dipungkiri bahwa negara Indonesia saat ini telah banyak didominasi oleh para pengusaha baik itu pengusaha perorangan atau swasta dan perusahaan milik negara. Seperti yang kita telah ketahui bahwa rumah tangga merupakan pelaku ekonomi utama dalam melakukan kegiatan ekonomi yang memanfaatkan perusahaan atau produsen untuk bisa mendapatkan penghasilan. Oleh karena itu perusahaan (produsen) juga terlibat dalam kegiatan ekonomi dan termasuk pelaku ekonomi.

Perusahaan anne-marie lupakan segala bentuk usaha yang dijalankan atau au mempunyai suatu bisnis yang sifatnya secara terus-menerus dan tetap, hal tersebut dilakukan untuk dapat memperoleh keuntungan di dalam bidang perekonomian, dan berada serta beroperasi di dalam suatu wilayah pada negara tertentu.

Baca Juga : Kelompok Sosial Lengkap

 

3. Pemerintah

Pemerintah juga termasuk pelaku ekonomi yang melakukan kegiatan ekonomi. Pemerintah dapat berlaku sebagai produsen, konsumen serta dapat pula sebagai pengatur dari setiap kegiatan perekonomian. Tugas dari pemerintah sebagai pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi yaitu untuk mengatur serta mengendalikan perekonomian di dalam suatu negara dengan kebijakan ekonomi yang telah ditetapkan untuk dapat mensejahterakan masyarakatnya.

 

4. Masyarakat luar negeri

Suatu negara tentunya akan terikat dengan negara yang lainnya, hal itu yang menjadi salah satu faktor bagi suatu negara untuk melakukan hubungan kegiatan ekonomi. Di setiap wilayah negara tentunya memiliki kondisi geografis serta kondisi masyarakat yang berbeda-beda, sehingga hal tersebut menjadikan masing-masing negara memiliki sumber daya alam serta memiliki sumber daya manusia yang berbeda dengan negara lainnya.

Adanya perbedaan yang dimiliki oleh tiap-tiap wilayah negara menjadikan adanya hubungan atau keterkaitan dengan negara lain untuk dapat memenuhi kebutuhan negaranya sendiri. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hubungan ekonomi dapat terjalin antar negara.

 

Itulah penjelasan tentang pelaku ekonomi dalam kegiatan perekonomian. Sebagai manusia, tentu kita tidak akan bertahan hidup tanpa melakukan kegiatan perekonomian dan dalam hal inilah pentingnya pelaku ekonomi untuk dapat terjadinya suatu kegiatan ekonomi. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai referensi pembelajaran serta menambah wawasan ilmu pengetahuan. Apabila terdapat kesalahan atau kekurangan dalam penulisan, mohon dimaafkan.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight