Akomodasi

Apa sih Akomodasi? Apa sih Tujuan Akomodasi? Mungkin banyak dari kita yang belum tahu defisini serta pengertiannya. Oleh karena itulah dalam kesempatan kali ini Pintarnesia akan membahas materi seputar Akomodasi.

Langsung saja simak pembahasan dari Pinternesia berikut ini.

  1. Pengertian Akomodasi
    1. Tujuan Akomodasi
    2. Karakteristik Akomodasi
    3. Bentuk - Bentuk Akomodasi

Pengertian Akomodasi

Akomodasi merupakan suatu upaya atau cara untuk menyelesaikan suatu masalah yang terjadi antara dua belah pihak atau lebih sehingga tercapai kesepakatan atau penyelesaian yang adil.

Ada juga pendapat lain tentang pengertian akomodasi, akomodasi adalah upaya menyelesaikan suatu masalah antara beberapa pihak tanpa menjatuhkan atau merugikan salah satu pihak.

Dengan adanya akomodasi maka memungkinkan semua pihak yang sedang bertikai mendapatkan win win solution

akomodasi adalah istilah yang sering diucapkan sosiolog untuk mewakili suatu keadaan dimana individu atau kelompok yang bertikai/berkonflik menyelesaikan masalah mereka dan berusaha mengatasi masalah yang terjadi

Sebenarnya akomodasi sering digunakan dalam berbagai bidang, contohnya psikologi traveling dan mata dan dibawah ini adalah pengertian akomodasi menurut psikologi, traveling dan mata

  • Psikologi : Kata akomodasi yang berkaitan dengan tingkah laku
  • Traveling : Kata akomodasi yang dikaitkan dengan penginapan bagi orang yang berpegian
  • Mata : Pemfokusan penglihatan atau penyesuaian mata untuk melihat.

Baca Juga : Interaksi Sosial

Tujuan Akomodasi

Tujuan utamanya adalah menyelesaikan atau mengurangi masalah antar individu atau kelompok, tak jarang permasalahan yang terjadi sulit ditangani sehingga pihak ketiga sangat dibutuhkan. Dibawah ini beberapa tujuan akomodasi selain yang ada diatas :

  • Meminimalisir terjadinya pertikaian antar individu atau kelompok yang diakibatkan perbedaan paham
  • Mencegah pembesaran konflik yang bisa mengakibatkan perang
  • Memungkinkan kerja sama antar kelompok yang terpisah karena perbedaan budaya dan tradisi
  • Menyatukan kelompok yang memiliki tujuan sama

Karakteristik Akomodasi

Secara umum akomodasi dengan upaya mengurangi sumber masalah dari beberapa pihak yang sedang bertikai sehingga masalah bisa diatasi secepatnya dan seadil – adilnya. Dibawah ini merupakan karakteristik akomodasi

  • Akomodasi terjadi karena adanya konflik atau pertikaian
  • Akomodasi memiliki sifat universal
  • Akomodasi merupakan proses yang berkesinambungan atau terus menerus
  • Akomodasi adalah gabungan dari rasa benci dan cinta

Baca Juga : Konflik Sosial

Bentuk – Bentuk Akomodasi

Sama dengan pengertian yang ada di atas tadi, ada beberapa bentuk akomodasi yang terjadi untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau konflik yang terjadi, dan dibawah ini merupakan bentuk – bentuk dari akomodasi.

1. Kompromi

Bentuk akomodasi yang pertama adalah kompromi,kompromi merupakan dimana pihak pihak yang sedang bertikai melakukan musyawarah untuk mengurangi tuntutannya sehingga pertikaian secepatnya dapat diselesaikan.

2. Konsiliasi

Yang kedua adalah konsiliasi, konsiliasi merupakan bentuk akomodasi dimana pihak pihak yang sedang berkonflik melakukan pertemuan untuk mencari jalan tengah agar pertikaian dapat diselesaikan.

3. Stalemate

Yang ketiga adalah stalemate, stalemate adalah bentuk akomodasi dimana salah satu pihak berhenti pada suatu titik agar terjadi keseimbangan kekuatan pada semua pihak.

4. Coercion

Dan yang ke empat adalah Coercion,Coercion merupakan bentuk akomodasi dimana cara pelaksanaannya dengan paksa,umumnya dilakukan karena kedua belah pihak tidak seimbang yaitu salah satu pihak pada posisi yang lemah.

Baca Juga : Kelompok Sosial

5. Arbitrasi

Yang kelima adalah arbitrasi ,Arbitrasi merupakan bentuk akomodasi yang membutuhkan pihak ketiga sebagai perantara atau penengah, biasanya pihak ketiga dipilih atas persetujuan pihak pihak yang sedang bertikai sehingga mereka dapat melakukan kompromi.

6. Toleransi

Yang ke enam adalah toleransi dan mungkin sudah tidak asing bagi kalian, Toleransi merupakan bentuk akomodasi yang mengandalkan asas saling pengertian atar pihak yang bertikai, toleransi dilakukan tanpa adanya persetujuan dari salah satu pihak yang sedang bertikai.

7. Ajudikasi

Dan yang terakhir adalah ajudikasi, adalah bentuk akomodasi yang terakhir karena menggunakan proses pengadilan untuk menyelesaikan suatu konflik atau masalah yang terjadi, biasanya ajudikasi terjadi jika pihak pihak yang bertikai tidak bisa mengatasinya dengan berbagai cara.

Ya itulah sedikit ilmu yang bisa saya sampaikan tentang pengertian, arti, tujuan, karakteristik dan bentuk akomodasi, pasti kalian sudah tidak bingung tentang akomodasi,dan jika masih bingung tulis saja dikolom komentar semoga artikel ini bisa  bermanfaat dan berguna bagi kalian