Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Pengertian Gabut: Artinya, Sejarah dan Penyebab Gabut

3 min read

gabut

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah kata yang satu ini, yakni istilah kata Gabut. Kamu tahu nggak sih kalau kata – kata yang sering kamu gunakan tersebut adalah contoh kata bahasa slang. Bahasa slang adalah bahasa yang digunakan oleh komunitas atau kelompok masyarakat bahasa lainnya.

Sebenarnya bahasa slang bukan merupakan bahasa yang resmi, kata-kata tersebut umumnya muncul karena tidak sengaja saat sedang berkomunikasi dengan orang lain. Slang bisa berupa satuan ekspresi kepada suatu peristiwa atau pun kata – kata yang kemudian mengalami perubahan makna dan bentuk.

Bahasa slang umumnya digunakan oleh para remaja atau kelompok sosial tertentu untuk berkomunikasi antar sesama kelompok dengan tujuan orang diluar kelompok yang tidak mengerti apa yang mereka sedang bicarakan.

 

Pengertian Gabut

Kata Gabut merupakan akronim dari Gaji Buta, gaji buta yang dimaksud sebenarnya adalah upah atau gaji yang diterima oleh seseorang yang hanya melakukan sebagian pekerjaannya saja. Tapi saat ini kata gabut mempunyai makna yang beragam, mulai dari malas, tidak ada kegiatan, dan bosan.

Apa yang terjadi jika kita terlalu banyak merasa gabut? Perasaan gabut membuat kita cenderung tidak melakukan kegiatan apapun, terutama hal yang merepotkan. Hal tersebut bisa membawa pengaruh yang negatif kepada diri sendiri dan kepada orang sekitar. Menghindari hal tersebut, kamu yang merasa terlalu sering merasa gabut sebenarnya punya jalan keluar kok. Yang paling sederhana untuk keluar dari rasa gabut adalah mengisi waktu liang dengan mencari kesibukan atau kegiatan yang lebih bermanfaat.

Manajemen waktu sangat diperlukan supaya kita menjadi pribadi yang konsisten serta disiplin, sehingga tidak ada lagi waktu yang terbuang sia-sia dan menyebabkan kita menjadi gabut. Untuk mengatasi rasa gabut kamu juga bisa berinteraksi dengan orang lain yang mempunyai aktivitas yang bersifat positif, sehingga kamu terbawa menjadi positif.

 

 

Sejarah Kata Gabut

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas jika kata gabut merupakan akronim dari kata Gaji Buta. Kata gabut seringkali digunakan oleh para remaja untuk mendefinisikan orang yang tidak melakukan apa apa, malas, tidak ada kegiatan. Kata gabut sering digunakan oleh para remaja pada zaman saat ini.

 

 

Penyebab Gabut

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi gabut, antara lain.

  • Kurang kegiatan
  • Malas melakukan kegiatan
  • Tidak melakukan kegiatan apa apa
  • Orang itu tidak jelas

 

 

Cara Mengatasi Gabut

Jika kamu sedang dilanda rasa gabut, berikut ini ada beberapa tips atau cara untuk mengatasi rasa gabut, antara lain.

 

1. Ikuti Workshop Edukatif dan Asyik

Tidak semua acara wokshop membosankan loh, saat ini kamu bisa dengan mudah mengikuti dan menemui workshop edukatif yang asyik. Tidak usah ditanyakan lagi, akan ada banyak sekali manfaat dari mengikuti acara workshop. Mulai dari mendapat teman baru, ilmu bari, serta juga pengalaman baru. Ilmu yang kita dapatkan dari acara workshop bisa menjadi nilai tambah untuk diri kita sendiri loh..

 

2. Menonton Film di Laptop

Jika kamu ingin menghabiskan waktu di rumah sambil melakukan kegiatan yang sekiranya menghilangkan rasa gabut, kamu bisa mengambil posisi yang paling nyaman serta membuka laptop untuk menonton film di laptop kamu. Kamu bisa menonton film yang belum kamu tonton atau kamu bisa menonton film favorit kamu. Jika kamu masih merasa sepi, kamu bisa nobar dengan keluarga atau teman kamu.

 

3. Olahraga

Menjaga kesehatan adalah hal yang perlu kita lakukan, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan cara berolahraga. Olahraga baiknya dilakukan secara rutin setiap hari, tapi karena ada beberapa kesibukan biasanya membuat orang melupakan hal penting yang satu ini.

Waktu gabut adalah waktu yang sangat cocok untuk kamu mulai memperhatikan kesehatan dengan cara berolahraga. Mulailah dengan kegiatan olahraga yang ringan seperti joging atau berjalan kaki, kamu juga bisa melakukan aktivitas olahraga yang bisa dilakukan dirumah seperti push up, sit up dan masih banyak lagi lainnya.

 

4. Membaca Buku

Membaca buku bisa menjadi kegiatan yang kamu lakukan untuk menghilangkan rasa gabut kamu. Selain untuk merilekskan pikiran kamu, membaca buku juga bisa membantu kamu untuk melupakan tekanan yang ada sejenak. Kamu tidak perlu membaca buku yang berat, pilihlah buku yang sesuai dengan dirimu sendiri. Cari posisi yang paling nyaman, sehingga kamu menjadi lebih fokus saat membaca. Jika persediaan buku kamu sudah habis, kamu bisa meminjam buku milik kerabat kamu atau membaca buku di internet.

 

5. Tidur

Hal ini adalah kegiatan yang sangat digemari oleh banyak orang saat mereka merasa gabut. Jika kamu sedang merasa gabut, kemu bisa pergi ke kamar dan pejamkan mata kamu. Manfaatkan waktu gabut kamu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, tidur yang berkualitas sangat baik untuk kesehatan kamu.

 

Nah, itulah penjelasan mengenai gabut, mulai dari pengertian gabut, sejarah gabut, dan cara mengatasi gabut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan di maklumi.

Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight