Globalisasi

Sekarang ini merupakan zaman yang sudah memasuki era globalisasi. Dengan mulainya dampak globalisasi ini sendiri bisa menjadi hal yang bagus bagi umat manusia, namun bisa juga berdampak buruk kepada setiap manusia yang ada di muka bumi ini.

Kali ini untuk menambah pengetahuan kita semua mengenai globalisasi, Pintar Nesia akan membagikan artikel mengenai Pengertian Globalisasi, Penyebab Globalisasi, Teori Globalisasi, dan Dampak Globalisasi. Silahkan simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

  1. Pengertian Globalisasi
    1. 1. Pengertian Globalisasi Secara Umum
    2. 2. Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli
  2. Faktor Penyebab Globalisasi
    1. 1. Pesatnya Perkembangan Teknologi dan Informasi
    2. 2. Sumber Daya Alam Tidak Sebanding Dengan Kebutuhan Manusia
    3. 3. Kesadaran Manusia Yang Semakin Bagus
  3. Teori Globalisasi
    1. 1. Para Tradisionalis
    2. 2. Para Globalis
    3. 3. Para Transformallis
  4. Dampak Globalisasi
    1. 1. Dampak Negatif Globalisasi
    2. 2. Dampak Positif Globalisasi

Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi

Di bagian pengertian Globalisasi ini, Pintar Nesia akan mengelompokannya menjadi 2 jenis pengertian, yaitu pengertian globalisasi secara umum, dan pengertian globalisasi menurut pendapat para ahli :

1. Pengertian Globalisasi Secara Umum

Globalisasi merupakan proses dimana terjadinya integrasi di seluruh dunia yang disebabkan oleh pertukaran pandangan, pemikiran, produk, ataupun kebudayaan yang ada di dunia ini. Oleh karena itu, globalisasi ini bisa berdampak besar di semua aspek seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini.

2. Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

  • Martin Albrow, Pengertian Globalisasi menurut pendapat Martin Albrow adalah semua proses manusia yang terhubung dengan komunitas dunia (bisa dunia tunggal dan dunia global).
  • Malcom Waters, Pengertian Globalisasi menurut pendapat Malcom Waters, yaitu sebuah proses bidang sosial yang bisa berakibat pada pembatasan geografis di suatu keadaan budaya dan sosial menjadi tidak terlalu penting, yang terbentuk di kesadaran manusia.
  • Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan, Pengertian Globalisasi menurut pendapat Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan ialah proses yang bisa meliputi kasus, konsekuensi, dan penyebab dari suatu integrasi transkultural dan transnasional aktivitas manusia ataupun bukan manusia.

Baca Juga : Westernisasi

Faktor Penyebab Globalisasi

Penyebab Globalisasi

Terjadinya era globalisasi ini tentu saja karena sesuatu penyebab, tentu saja ada sebab baru ada akibat. Tidak mungkin globalisasi ini terjadi tanpa suatu sebab, berikut beberapa sebab terjadinya globalisasi.

1. Pesatnya Perkembangan Teknologi dan Informasi

Mungkin ini faktor yang paling sering disebut sebut oleh orang sebagai penyebab masuknya kita ke era globalisasi. Dengan adanya teknologi yang sekarang ini kita bisa bertukar informasi ke seluruh dunia dalam hitungan detik. Tidak seperti zaman dahulu ketika belum ada perangkat perangkat pintar, terutama ponsel.

2. Sumber Daya Alam Tidak Sebanding Dengan Kebutuhan Manusia

Seperti yang kita tau kebutuhan manusia akan sumber daya alam semakin hari pasti semakin meningkat. Dan berbanding terbalik dengan ketersediaan sumber daya alam yang ada semakin sering di ambil dan digunakan oleh manusia maka pasokan sumber daya alam akan semakin berkurang.

Dengan hal tersebut maka suatu negara akan mencari sumber daya alam yang mereka butuhkan ke negara lain, contohnya saja adalah tambah Freeport.

3. Kesadaran Manusia Yang Semakin Bagus

Kini manusia sebagian besar sudah memiliki kesadaran yang bagus akan masalah hubungan antar sesama manusia ketimbang mereka melakukan permusuhan maka akan lebih menguntungkan jika membuat kerja sama yang saling menguntungkan satu sama lain.

Baca Juga : Contoh Sikap Westernisasi

Teori Globalisasi

Teori Globalisasi

Banyak sekali para ahli yang berpendapat mengenai teori terjadinya masa masa globalisasi ini. Di bawah ini berupakan garis besar teori globalisasi yang pernah dikemukakan oleh para ahli, bahwa sebenarnya globalisasi ini dipengaruhi oleh tiga jenis pelaku. Berikut pembahasannya :

1. Para Tradisionalis

Merupakan kelompok yang beranggapan bahwa sebenarnya globalisasi ini tidak sedang terjadi, dan hanya menganggapnya sebagai suatu yang dilebih-lebihkan.

2. Para Globalis

Kebalikan dari kelompok tradisionalis, kelompok globalis ini merupakan kelompok yang sangat percaya dan beranggapan bahwa globalisasi ini tengah berlangsung, dan berakibat pada seluruh komponen masyarakat dunia.

3. Para Transformallis

Ini merupakan kelompok yang beranggapan bahwa globalisasi ini memang tengah terjadi, namun dampaknya tidak seperti apa yang di katakan oleh para globalis. Kelompok ini ada di tengah tengah antara kelompok tradisionalis dan kelompok globalis.

Dampak Globalisasi

Dampak Globalisasi

Berjalannya era globalisasi ini memiliki dampak pada seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Dimana ada dampak positif dan juga negatif globalisasi. Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Dampak Negatif Globalisasi

  • Munculnya kesenjangan sosial.
  • Banyak manusia menjadi bersifat individualis.
  • Masyarakat menjadi memiliki perilaku yang lebih konsumtif.
  • Hilangnya budaya lokal karena tergerus budaya asing.
  • Banyak masuk ideologi yang tidak sepaham dengan ideologi suatu negara, sehingga merusak negara tersebut.

2. Dampak Positif Globalisasi

  • Hubungan antar negara semakin banyak terjalin.
  • Mudahnya akses transportasi.
  • Di mudahkannya manusia dalam hal untuk berkomunikasi.
  • Semakin di mudahkan dalam mencari ilmu pengetahuan.
  • Penyebaran informasi dan berita yang bisa sangat cepat.

Itulah pembahasan Pintar Nesia kali ini seputar Globalisasi. Semoga apa yang telah dijelaskan diatas bisa dmengerti dan menambah banyak ilmu pengetahuan. Apabilada yang kurang jelas, silahkan tanyakan di kolom komentar.