Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Kata Kerja Material: Pengertian, Jenis, Ciri dan Contoh Kata Kerja Material

5 min read

kata kerja material

Kata Kerja Material – Dalam kehidupan sehari-hari dan dalam percakapan kita kepada orang lain tentunya menggunakan kata kerja material yang mana Dalam penggunaannya pada kehidupan sehari-hari tanpa disadari oleh kita.

Mungkin banyak yang belum mengerti secara lebih jelas apa yang dimaksud dengan kata kerja material. Kali ini pada artikel ini akan dibahas tentang kata kerja material secara lebih lengkap.

 

Pengertian Kata Kerja Material

Kata kerja material adalah kata-kata yang menunjukkan suatu subjek sedang bekerja, atau kata yang menunjukkan suatu aktivitas atau kata kerja yang menunjukkan aktivitas fisik yang dapat dilihat secara nyata dan yang dapat dikenali dengan jelas.

Berikut ini adalah contoh dari kata kerja material yaitu:

1. Melihat: Aku melihat buah mangga yang yang jatuh dari pohon.

2. Berlari: Untuk menjaga kesehatan aku berlari keliling kompleks.

3. Berenang: Rini pergi berenang.

4. Menulis: Bu Rina menulis data kehadiran di kelas 10.

5. Membaca: Aku dan adikku membaca Alquran setiap setelah shalat.

6. Makan: Keluargaku makan bersama di ruang tengah.

7. Berjalan: Kaki Andi sedang sakit jadi tidak bisa untuk berjalan.

8. Memotong: Ibu sedang memotong kuku adik.

9. Memegang: Aku memegang tangan adikku saat menyebrang.

10. Melempar: Doni melempar kuku ke Andi.

11. Menyanyi: Gita memiliki bakat menyanyi.

12. Memasak: Hari ini Ibu memasak makanan kesukaan Luna.

13. Menari: Raisa ternyata anak anak yang lincah dalam menari.

14. Mengendarai: setelah pulang sekolah Doni pergi ke minimarket mengendarai motor.

15. Memukul: Aku tidak sengaja memukul Ali.

16. Menarik: Ibu menarik baju baju yang kotor di dalam keranjang baju.

17. Mencetak: Rifki mencetak 3 gol dalam pertandingan sepak bola antar sekolah.

18. Merilis: Bank Indonesia pada tahun ini telah merilis uang kertas baru.

Struktur kalimat yang ada pada kata kerja material adalah subjek (aktor) + Verba Material + objek (sasaran)

Contoh kalimat:

  • Dimas membaca buku sebelum tidur.
  • Ibu memasak sayur kangkung hari ini.
  • Ayah memperbaiki sepeda adikku yang telah rusak.
  • Bu Vita membuat nasi kuning untuk ulang tahun anaknya.
  • Semua hewan mamalia menyusui anaknya.

Jadi sebenarnya apa yang dimaksud dengan kata kerja? Kata kerja adalah Kata yang menggambarkan terjadinya sesuatu atau proses, perubahan, atau keadaan yang bukan merupakan sifat. Pada kalimat kata kerja biasanya digunakan sebagai predikat.

 

 

Ciri Ciri Kata Kerja (Verb)

Sama halnya dengan kata benda, untuk dapat menentukan apakah sebuah kata termasuk ke dalam kata kerja atau bukan, maka kita perlu untuk mengikuti dua prosedur, kedua prosedur tersebut antara lain yaitu prosedur pencalonan dengan kriteria bentuk serta prosedur penetapan dengan kriteria morfologis.

Kumpulan Kata

Berbagai jenis kata yang telah disebutkan di atas, baik kata yang memiliki imbuhan yang dijadikan sebagai penanda dari kata kerja ataupun yang tidak memiliki imbuhan apapun, dilihat berdasarkan dari segi kelompok kata (fraseologis), memiliki suatu kesamaan dari struktur antara lain yaitu dapat diperluas dengan menggunakan sekumpulan kata dengan + kata sifat.

Contohnya:

  1. Orang itu dapat tidur dengan nyenyak.
  2. Seekor kucing berjalan dengan cepat.
  3. Lusiana merupakan gadis yang pandai menyanyi.

 

Bentuk Morfologis

Secara potensial tentunya semua kata imbuhan me-, ber-, kan-, di-, dan -i atau penggabungannya dapat dicalonkan sebagai kata kerja. Yang dapat mengandung bentuk-bentuk tersebut, akan tetapi secara tradisional dimasukkan ke dalam kelompok kata kerja.

Contohnya: lupa, ingat, turun, naik, mandi makan, bangun, pulang, tidur, datang, duduk, ikut, pergi, turut, partisipasi.

 

 

Jenis Kata Kerja Material

Terdapat begitu banyak jenis kata kerja, dan sering kamu ucapkan dalam dialog pada kehidupan sehari-hari yang tanpa kamu sadari.

Contoh kata kerja seperti menulis, mereparasi atau menggambar. Dikarenakan coba kata kerja yang banyak sekali maka kata kerja di bagian ke dalam dua jenis yaitu kata kerja material dan kata kerja relasional.

Apa yang dimaksud dengan kata kerja material? Kata kerja material adalah kata yang menunjukkan subjek melakukan sesuatu atau kata kerja yang menunjukkan aktivitas fisik yang dapat dilihat dengan cara nyata.

Sedangkan pengertian dari kata kerja relasional adalah kata kerja yang lebih menekankan kepada verba atau kata kerja yang digunakan sebagai tujuan untuk menghubungkan antar subjek dan dijadikan sebagai pelengkap dalam suatu kalimat.

Kalimat yang terdapat kata kerja relasional haruslah memiliki pelengkap, apabila suatu kata kerja relasional tidak memiliki pelengkap maka kalimat tersebut akan terlihat rancu.

Contohnya yaitu: menyebabkan, ketika, merupakan, sehingga.

 

Struktur Kalimat Verba Relasional Antara Lain Adalah

Subjek + verba relasional + pelengkap

Contoh dalam kalimat:

Tante merupakan adik dari ayah

“Tante” dijadikan sebagai objek, “merupakan” sebagai verba relasional, dan “adik dari ayah” adalah pelengkap yang harus ada ada dalam kalimat ini.

 

 

Bentuk Bentuk Kata Kerja (Verba)

1. Kata dasar: merupakan kata yang berdiri sendiri tanpa adanya afiks atau imbuhan.

Contoh misalnya: suka, tiba, turun, mandi, pergi, tidur, datang, ada, tinggal.

2. Kata turunan: kata turunan adalah kata yang wajib untuk menggunakan imbuhan.

Contoh misalnya: melebar, mendarat, mengering, membesar, berlayar, beristri, bersepeda, melebar, bertelur.

 

 

Contoh Kata Kerja Material

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Sama halnya dengan kata benda, untuk dapat menentukan apakah sebuah kata termasuk ke dalam kata kerja atau bukan, oleh karena itu di bawah ini diberikan contoh kata kerja berhubungan dengan Kalimantan.

 

1. “Ayah memiliki sawah seluas 10 hektar”

Penjelasan: “ayah” merupakan subjek, sedangkan “memiliki” merupakan kata kerja relasional, dan kalimat “sawah seluas 10 hektar” merupakan kata pelengkap. Yang mana telah dijelaskan di atas bahwa kalimat harus memiliki kata pelengkap, apabila tidak memiliki kata pelengkap makanan tersebut akan rancu. Karena kata pelengkap yang ada di kalimat tersebut berperan juga sebagai (objek + keterangan).

 

2. “Karina mendapat peringkat 2 di kelas”

Penjelasan: “Karina” sebagai subjek, sedangkan “mendapat” sebagai kata kerja relasional, “peringkat 3 di kelas” sebagai kata pelengkap. Apabila tidak menggunakan kata pelengkap maka kalimat tersebut akan rancu. Karena kata pelengkap dalam kalimat tersebut berperan juga sebagai (objek + keterangan).

 

3. “Pak Wahyu menjadi ketua RT di Bekasi”

Penjelasan: “Pak Wahyu” sebagai subjek, “menjadi” sebagai kata kerja relasional, “ketua RT di Bekasi” merupakan kata pelengkap. Apabila tidak menggunakan kata pelengkap maka kalimat tersebut akan rancu. Karena kata pelengkap dalam kalimat tersebut juga berperan sebagai (objek + keterangan).

 

4. “Valentino Rossi menempati urutan kedua pada klasifikasi MotoGP internasional”

Penjelasan: “Valentino Rossi” sebagai subjek, “menempati” sebagai kata kerja relasional, “menempati urutan kedua dalam klasifikasi MotoGP internasional” sebagai kalimat pelengkap, apabila tidak menggunakan kata pelengkap maka kalimat tersebut akan menjadi rancu. Karena kata pelengkap dalam kalimat tersebut berperan sebagai (objek + keterangan).

 

5. “Ayah merupakan kepala keluarga”

Penjelasan: ” Ayah” sebagai subjek, “merupakan” adalah kata kerja relasional, “kepala keluarga” adalah kata pelengkap, apabila tidak maka kalimat tersebut akan menjadi rancu. Karena kata pelengkap dalam kalimat tersebut juga berperan sebagai (objek + keterangan).

 

6. “Jokowi termasuk tinggi di negeri merah putih”

Penjelasan: “Jokowi” sebagai subjek, “termasuk” adalah kata kerja relasional, “tinggi di negeri merah putih” termasuk ke dalam kata pelengkap, apabila tidak maka kalimat ini akan menjadi rancu. Karena kata pelengkap dalam kalimat tersebut juga berperan sebagai (objek + keterangan).

 

7. “Kambing bagian dari hewan bertulang belakang”

Penjelasan: “kambing” merupakan subjek, “bagian” adalah kata kerja relasional, “hewan bertulang belakang” adalah kata pelengkap, jika tidak maka kalimat tersebut akan menjadi rancu. Karena kata pelengkap dalam kalimat tersebut juga berperan sebagai (objek + keterangan).

 

Berikut adalah contoh dari kata kerja material, kesimpulan yang dapat kamu pahami bahwa kata kerja relasional adalah kata yang menghubungkan subject dengan kata pelengkap, sehingga membentuk kata yang lebih mudah untuk dipahami.

 

Demikianlah penjelasan tentang kata kerja material, mulai dari pengertian kata kerja material, jenis kata kerja material, ciri-ciri kata kerja material, serta contoh kata kerja material.  Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk bisa lebih memahami tentang pelajaran yang berkaitan.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight