√ Kebugaran Jasmani: Pengertian, Manfaat, Fungsi, Faktor dan Komponen

Kebugaran Jasmani: Pengertian, Manfaat, Fungsi, Faktor dan Komponennya

Kebugaran Jasmani: Pengertian, Manfaat, Fungsi, Faktor dan Komponennya

Kebugaran Jasmani adalah salah satu materi pembelajaran yang ada pada pelajaran olahraga atau yang biasa kita kenal dengan nama penjasorkes. Salah satu manfaat dari materi pembelajaran ini adalah agar tubuh para sobat Pintar Nesia menjadi lebih kuat dan sehat.

Agar tubuh kita kebal terhadap penyakit yang ada, maka kita harus mempunyai tubuh yang sehat dan kuat. Maka dari itu kebugaran jasmani adalah salah satu pelajaran yang cukup penting, karena pada pelajaran ini kamu bisa meningkatkan daya immune tubuh terhadap serangan penyakit. Kali ini Pintar Nesia akan memaparkan pengertian kebugaran jasmani, manfaat, fungsi dan komponen kebugaran jasmani, simak dengan baik!

 

Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas dengan baik tanpa mengalami kelelahan, dan setelah melakukan aktivitas secara optimal, tubuh masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lainnya.

Secara umum, kesegaran jasmani atau kebugaran jasmani dapat di bagi menjadi dua bagian, yaitu :

  • Bugar, adalah kondisi dimana tubuh bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari secara optimal tanpa mengalami kelelahan yang sangat berlebihan dan tubuh masih memiliki cadangan tenaga.
  • Sehat, adalah kondisi tubuh baik itu fisik atau psikis terbebas dari segala penyakit.

 

Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Supaya kalian lebih mudah memahami ada definisi dari kebugaran jasmani, maka dari itu PIntar Nesia akan memaparkan pendapat para ahli mengenai pengertian kebugaran jasmani, simak dengan baik.

 

1. Sutarman

Pengertian kebugaran jasmani menurut Sutarman adalah suatu aspek fisik dan kebugaran secara menyeluruh / total fitness, yang memungkinkan seseorang mampu untuk menjalankan kehidupan yang produktif dan bisa menyesuaikan pada setiap stress fisik yang wajar atau pembebanan.

 

2. Djoko Pekik Irianto

Pengertian kebugaran jasmani menurut Djoko Pekik Irianto adalah kemampuan fisik dari seseorang untuk dapat melakukan kerja sehari hari secara efisien tanpa menimbulkan kelelahan yang sangat berlebihan, sehingga masih bisa menikmati waktu luangnya.

 

3. Muhajir

Pengertian kebugaran jasmani menurut Muhajir adalah kesanggupan tubuh dalam beradaptasi dengan kegiatan yang dilakukan tanpa rasa lelah yang berlebih atau berarti.

 

4. Rusli Lutan

Pengertian kebugaran jasmani menurut Rusli Lutan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan daya tahan, kekuatan dan fleksibilitas.

 

5. Sadoso Sumosardjono

Pengertian kebugaran jasmani menurut Sadoso Sumosardjono adalah kemampuan seseorang untuk melakukan tugas sehari-hari, dan tanpa mudah lelah yang sangat berlebihan. Serta masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan keperluan yang mendadak dan menikmati waktu yang senggang.

 

6. Soedjatmo Soemowardoyo

Pengertian kebugaran jasmani menurut Soedjatmo Soemowardoyo adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat tubuh dalam batas fisiologi terhadap lingkungan seperti kelembapan suhu, ketinggian. Dan kerja fisik dengan yang sangat cukup efisien tanpa lelah secara berlebihan.

 

7. Agus Mukholid, M.Pd

Pengertian kebugaran jasmani menurut Agus Mukholid, M.Pd adalah kemampuan seseorang untuk melakukan kerja atau aktivitas, tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

 

8. Judith Rink dan Mochamad Sajoto

Pengertian kebugaran jasmani menurut Judith Rink dan Mochamad Sajoto adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan sehari hari tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan dengan pengeluaran energi yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan geraknya dan menikmati waktu kuang.

 

 

Manfaat Kebugaran Jasmani

Sesudah kamu memahami pengertian kebugaran jasmani, maka kamu juga harus mengetahui apa saja manfaat dari kebugaran jasmani, berikut adalah manfaat dari kebugaran jasmani. Simak dengan baik!

  1. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Membantu mengurangi stress dan depresi
  3. Meningkatkan kekuatan tulang, persendian otot dan mencegah terjadinya tulang keropos atau osteoporosis
  4. Tampilan tubuh menjadi lebih terlihat atletis/proposional
  5. Meningkatkan kekuatan tubuh dan stamin sehingga tubuh menjadi lebih berenergi
  6. memperbaiki sistem kerja jantung dan sirkulasi darah
  7. Meningkatkan respon tubuh terhadap lingkungan sekitarnya
  8. Mencegah kegemukan (obesitas)
  9. Menurunkan tekanan darah tinggi
  10. Mengurangi potensi terkena serangan jantung

 

Fungsi Kebugaran Jasmani

Setelah kamu mengetahui manfaat dan pengertian kebugaran jasmani diatas, kali ini kamu perlu mengetahui fungsi dari kebugaran jasmani, berikut adalah fungsi kebugaran jasmani.

 

1. Fungsi Kebugaran Jasmani Berdasarkan Keadaan

Kebugaran jasmani sangat diperlukan oleh semua manusia, tak terkecuali dengan penyandang disabilitas. Selain itu, ibu menyusui dan hamil juga harus memiliki kebugaran tubuh yang sangat optimal karena membutuhkan banyak tenaga untuk mengurus anak maupun proses persalinan.

 

2. Fungsi Kebugaran Jasmani Berdasarkan Usia

Kebugaran jasmani sangat diperlukan semua orang, baik itu anak-anak orang dewasa atau lanjut usia, masing masing harus memiliki kebugaran jasmani yang optimal. Contohnya saja pada masa pertumbuhan, dengan kebugaran jasmani yang optimal maka proses perkembangan anak dan masa pertumbuhan akan menjadi lebih baik. Sementara bagi lansia (lanjut usia), kebugaran jasmani dapat menjaga daya tahan tubuh, sehingga dapat melakukan berbagai kegiatan dengan sangat baik.

 

3. Fungsi Kebugaran Jasmani Berdasarkan Aktivitas

Seperti yang sudah Pintar Nesia jelaskan, bahwa kebugaran jasmani sangat diperlukan bagi semua orang. Sehingga manusia bisa melakukan aktivitas dengan sangat baik.

 

 

Faktor Kebugaran Jasmani

Ada beberapa fakto yang bisa memengaruhi kebugaran jasmani seseorang, berikut ini adalah faktor dari kebugaran jasmani.

 

1. Pola Hidup Sehat

Yang pertama pola hidup sehat, faktor yang satu ini sangat berpengaruh pada kebugaran jasmani seseorang. Ada beberapa kebiasan yang merusak kebugaran jasmani seseorang seperti merokok, menggunakan narkoba, minum minuman keras dan masih banyak lagi lain-lain.

 

2. Kebiasan Olah Raga

Yang kedua adalah kebiasaan olah raga, melatih tubuh dengan berolahraga bisa membantu meningkatkan kebugaran jasmani. Tubuh manusia jika tidak mendapatkan latian secara rutin maka akan menjadi kau atau menjadi kerusakan secara perlahan. Olah raga yang dilakukan tidak perlu yang berat, tapi perlu dilakukan secara rutin. Sehingga tubuh tidak rusak maupun kaku, contoh olah raga yang ringan adalah berjalan dengan santai, berlari kecil, bersepeda dan masih banyak lagi lainnya.

 

3. Asupan Makanan Bergizi

Setiap orang membutuhkan makanan yang sehat dan bergizi sebagai pembentukan sel dalam tubuh dan sumber energi. Faktor yang satu ini menjadi salah satu penentu kebugaran tubuh manusia. Selain jenis makanan, porsi makanan yang dikonsumsi juga punya peranan yang sangat penting. Penuhi kebutuhan makanan yang bergizi untuk tubuh secukupnya (tidak berlebihan atau kekurangan).

 

4. Istirahat dengan Cukup

Faktor yang ke empat adalah istirahat, menurut beberapa ahli kesehatan rata-rata manusia dewasa membutuhkan tidur selama  5 –  6 jam dalam satu hari. Tapi, kebutuhan tidur untuk masing – masing usia berbeda. Untuk pelajar butuh tidur sebanyak 6 – 8 jam sehari untuk anak anak biasanya butuh tidur selama 10 – 12 jam dalam sehari, sedangkan untuk para lansia butuh tidur selama 6 – 7 kam dalam sehari.

 

 

Unsur – Unsur dan Komponen Kebugaran Jasmani

Untuk mencapai kebugaran jasmani yang optimal dibutuhkan beberapa unsur unsur dan komponen yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah beberapa komponen kebugaran jasmani yang harus dipenuhi, simak dengan baik!

1. Strength / Kekuatan

Adalah kemampuan otot dalam memikul beban atau melakukan aktivitas sehari hari. Setiap individu pasti memiliki batas kemampuan masing masing dalam menggunakan ototnya untuk melakukan aktivitas. Untuk melatih fisik dalam meningkatkan otot, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini, diantaranya adalah :

  • SIt up, untuk melatih otot perut
  • Squat jump, untuk melatih otot perut dan tungkai
  • Pull up, untuk melatih kekuatan tangan dan bahu
  • Push up, untuk memperkuat otot lengan

 

2. Speed / Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan tubuh dalam melakukan suatu gerakan dalam waktu yang singkat. Berikut ini adalah latihan untuk melatih kecepatan diantaranya adalah :

  • Lari Sprint
  • Plyometric
  • Split Squat Jump

 

3. Endurance / Daya Tahan

Adalah kesanggupan badan dalam menggunakan organ tubuhnya seperti paru-paru, ginjal, jantung dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini adalah beberapa latihan yang bisa meningkatkan daya tahan, diantaranya adalah :

  • Berlari kecil secara teratur
  • Senam kesehatan
  • Berenang

 

4. Flexibility / Daya Lentur

Adalah kesanggupan tubuh dalam menyesuaikan diri dengan berbagai gerakan yang membutuhkan kelenturan. Berikut ini adalah beberapa latian uang bisa meningkatkan daya lentur, diantaranya adalah :

  • Glutes dan lower back, untuk melenturkan punggung atas, bawah dan glutes
  • Swan stretch, untuk melenturkan oto punggung, bahu, dada, obilique, abs, hip flexor
  • Hip flexor, untuk melenturkan otot pinggul, hamstrings dan quads

 

5. Koordinasi

Adalah kemampuan tubuh dalam mengintegrasikan beberapa gerakan secara cepat dan efektif. Salah satu gerakan yang memerlukan kordinasi adalah juggling, dimana dalam gerakan tersebut memerlukan koordinasi gerakan bahu, kepala, kaki dan anggota tubuh lainnya.

 

6. Balance / Keseimbangan

Adalah kemampuan tubuh dalam mengontrol organ tubuh dan syaraf sehingga dapat mengendalikan kegiatan tubuh dengan baik. Setiap aktivitas yang dilakukan manusia memerlukan kemampuan keseimbangan, diantaranya adalah :

  • Berdiri dengan satu kaki
  • berjalan diatas tali, batang bambu

 

7. Accuracy / Ketepatan

Adalah kemampuan tubuh dalam membidik target dan mengendalikan gerakan dengan tepat. Beberapa olahraga yang memerlukan akurasi adalah bowling, golf, basket, sepak bola, memanah dan masih banyak lagi lainnya.

 

8. Reaction / Reaksi

Adalah kemampuan tubuh dalam memberikan tanggapan secara cepat dari objek lain. Sebagian besar jenis olah raga memerlukan kemampuan reaksi.

 

Nah, itulah pengertian, manfaat, fungsi dan komponen kebugaran jasmani. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu dan Pintar Nesia. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.



15 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh, dan Kesehatan

15 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh, dan Kesehatan

Kebugaran Jasmani adalah salah satu materi pembelajaran yang ada pada pelajaran olahraga atau yang biasa kita kenal dengan nama penjasorkes. Salah satu manfaat dari materi pembelajaran ini adalah agar tubuh para sobat Pintar Nesia menjadi lebih kuat dan sehat.

Agar tubuh kita kebal terhadap penyakit yang ada, maka kita harus mempunyai tubuh yang sehat dan kuat. Maka dari itu kebugaran jasmani adalah salah satu pelajaran yang cukup penting, karena pada pelajaran ini kamu bisa meningkatkan daya immune tubuh terhadap serangan penyakit. Kali ini Pintar Nesia akan memaparkan pengertian kebugaran jasmani, manfaat, fungsi dan komponen kebugaran jasmani, simak dengan baik!

 

Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas dengan baik tanpa mengalami kelelahan, dan setelah melakukan aktivitas secara optimal, tubuh masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lainnya.

Secara umum, kesegaran jasmani atau kebugaran jasmani dapat di bagi menjadi dua bagian, yaitu :

  • Bugar, adalah kondisi dimana tubuh bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari secara optimal tanpa mengalami kelelahan yang sangat berlebihan dan tubuh masih memiliki cadangan tenaga.
  • Sehat, adalah kondisi tubuh baik itu fisik atau psikis terbebas dari segala penyakit.

 

Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Supaya kalian lebih mudah memahami ada definisi dari kebugaran jasmani, maka dari itu PIntar Nesia akan memaparkan pendapat para ahli mengenai pengertian kebugaran jasmani, simak dengan baik.

 

1. Sutarman

Pengertian kebugaran jasmani menurut Sutarman adalah suatu aspek fisik dan kebugaran secara menyeluruh / total fitness, yang memungkinkan seseorang mampu untuk menjalankan kehidupan yang produktif dan bisa menyesuaikan pada setiap stress fisik yang wajar atau pembebanan.

 

2. Djoko Pekik Irianto

Pengertian kebugaran jasmani menurut Djoko Pekik Irianto adalah kemampuan fisik dari seseorang untuk dapat melakukan kerja sehari hari secara efisien tanpa menimbulkan kelelahan yang sangat berlebihan, sehingga masih bisa menikmati waktu luangnya.

 

3. Muhajir

Pengertian kebugaran jasmani menurut Muhajir adalah kesanggupan tubuh dalam beradaptasi dengan kegiatan yang dilakukan tanpa rasa lelah yang berlebih atau berarti.

 

4. Rusli Lutan

Pengertian kebugaran jasmani menurut Rusli Lutan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan daya tahan, kekuatan dan fleksibilitas.

 

5. Sadoso Sumosardjono

Pengertian kebugaran jasmani menurut Sadoso Sumosardjono adalah kemampuan seseorang untuk melakukan tugas sehari-hari, dan tanpa mudah lelah yang sangat berlebihan. Serta masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan keperluan yang mendadak dan menikmati waktu yang senggang.

 

6. Soedjatmo Soemowardoyo

Pengertian kebugaran jasmani menurut Soedjatmo Soemowardoyo adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat tubuh dalam batas fisiologi terhadap lingkungan seperti kelembapan suhu, ketinggian. Dan kerja fisik dengan yang sangat cukup efisien tanpa lelah secara berlebihan.

 

7. Agus Mukholid, M.Pd

Pengertian kebugaran jasmani menurut Agus Mukholid, M.Pd adalah kemampuan seseorang untuk melakukan kerja atau aktivitas, tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

 

8. Judith Rink dan Mochamad Sajoto

Pengertian kebugaran jasmani menurut Judith Rink dan Mochamad Sajoto adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan sehari hari tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan dengan pengeluaran energi yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan geraknya dan menikmati waktu kuang.

 

 

Manfaat Kebugaran Jasmani

Sesudah kamu memahami pengertian kebugaran jasmani, maka kamu juga harus mengetahui apa saja manfaat dari kebugaran jasmani, berikut adalah manfaat dari kebugaran jasmani. Simak dengan baik!

  1. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Membantu mengurangi stress dan depresi
  3. Meningkatkan kekuatan tulang, persendian otot dan mencegah terjadinya tulang keropos atau osteoporosis
  4. Tampilan tubuh menjadi lebih terlihat atletis/proposional
  5. Meningkatkan kekuatan tubuh dan stamin sehingga tubuh menjadi lebih berenergi
  6. memperbaiki sistem kerja jantung dan sirkulasi darah
  7. Meningkatkan respon tubuh terhadap lingkungan sekitarnya
  8. Mencegah kegemukan (obesitas)
  9. Menurunkan tekanan darah tinggi
  10. Mengurangi potensi terkena serangan jantung

 

Fungsi Kebugaran Jasmani

Setelah kamu mengetahui manfaat dan pengertian kebugaran jasmani diatas, kali ini kamu perlu mengetahui fungsi dari kebugaran jasmani, berikut adalah fungsi kebugaran jasmani.

 

1. Fungsi Kebugaran Jasmani Berdasarkan Keadaan

Kebugaran jasmani sangat diperlukan oleh semua manusia, tak terkecuali dengan penyandang disabilitas. Selain itu, ibu menyusui dan hamil juga harus memiliki kebugaran tubuh yang sangat optimal karena membutuhkan banyak tenaga untuk mengurus anak maupun proses persalinan.

 

2. Fungsi Kebugaran Jasmani Berdasarkan Usia

Kebugaran jasmani sangat diperlukan semua orang, baik itu anak-anak orang dewasa atau lanjut usia, masing masing harus memiliki kebugaran jasmani yang optimal. Contohnya saja pada masa pertumbuhan, dengan kebugaran jasmani yang optimal maka proses perkembangan anak dan masa pertumbuhan akan menjadi lebih baik. Sementara bagi lansia (lanjut usia), kebugaran jasmani dapat menjaga daya tahan tubuh, sehingga dapat melakukan berbagai kegiatan dengan sangat baik.

 

3. Fungsi Kebugaran Jasmani Berdasarkan Aktivitas

Seperti yang sudah Pintar Nesia jelaskan, bahwa kebugaran jasmani sangat diperlukan bagi semua orang. Sehingga manusia bisa melakukan aktivitas dengan sangat baik.

 

 

Faktor Kebugaran Jasmani

Ada beberapa fakto yang bisa memengaruhi kebugaran jasmani seseorang, berikut ini adalah faktor dari kebugaran jasmani.

 

1. Pola Hidup Sehat

Yang pertama pola hidup sehat, faktor yang satu ini sangat berpengaruh pada kebugaran jasmani seseorang. Ada beberapa kebiasan yang merusak kebugaran jasmani seseorang seperti merokok, menggunakan narkoba, minum minuman keras dan masih banyak lagi lain-lain.

 

2. Kebiasan Olah Raga

Yang kedua adalah kebiasaan olah raga, melatih tubuh dengan berolahraga bisa membantu meningkatkan kebugaran jasmani. Tubuh manusia jika tidak mendapatkan latian secara rutin maka akan menjadi kau atau menjadi kerusakan secara perlahan. Olah raga yang dilakukan tidak perlu yang berat, tapi perlu dilakukan secara rutin. Sehingga tubuh tidak rusak maupun kaku, contoh olah raga yang ringan adalah berjalan dengan santai, berlari kecil, bersepeda dan masih banyak lagi lainnya.

 

3. Asupan Makanan Bergizi

Setiap orang membutuhkan makanan yang sehat dan bergizi sebagai pembentukan sel dalam tubuh dan sumber energi. Faktor yang satu ini menjadi salah satu penentu kebugaran tubuh manusia. Selain jenis makanan, porsi makanan yang dikonsumsi juga punya peranan yang sangat penting. Penuhi kebutuhan makanan yang bergizi untuk tubuh secukupnya (tidak berlebihan atau kekurangan).

 

4. Istirahat dengan Cukup

Faktor yang ke empat adalah istirahat, menurut beberapa ahli kesehatan rata-rata manusia dewasa membutuhkan tidur selama  5 –  6 jam dalam satu hari. Tapi, kebutuhan tidur untuk masing – masing usia berbeda. Untuk pelajar butuh tidur sebanyak 6 – 8 jam sehari untuk anak anak biasanya butuh tidur selama 10 – 12 jam dalam sehari, sedangkan untuk para lansia butuh tidur selama 6 – 7 kam dalam sehari.

 

 

Unsur – Unsur dan Komponen Kebugaran Jasmani

Untuk mencapai kebugaran jasmani yang optimal dibutuhkan beberapa unsur unsur dan komponen yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah beberapa komponen kebugaran jasmani yang harus dipenuhi, simak dengan baik!

1. Strength / Kekuatan

Adalah kemampuan otot dalam memikul beban atau melakukan aktivitas sehari hari. Setiap individu pasti memiliki batas kemampuan masing masing dalam menggunakan ototnya untuk melakukan aktivitas. Untuk melatih fisik dalam meningkatkan otot, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini, diantaranya adalah :

  • SIt up, untuk melatih otot perut
  • Squat jump, untuk melatih otot perut dan tungkai
  • Pull up, untuk melatih kekuatan tangan dan bahu
  • Push up, untuk memperkuat otot lengan

 

2. Speed / Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan tubuh dalam melakukan suatu gerakan dalam waktu yang singkat. Berikut ini adalah latihan untuk melatih kecepatan diantaranya adalah :

  • Lari Sprint
  • Plyometric
  • Split Squat Jump

 

3. Endurance / Daya Tahan

Adalah kesanggupan badan dalam menggunakan organ tubuhnya seperti paru-paru, ginjal, jantung dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini adalah beberapa latihan yang bisa meningkatkan daya tahan, diantaranya adalah :

  • Berlari kecil secara teratur
  • Senam kesehatan
  • Berenang

 

4. Flexibility / Daya Lentur

Adalah kesanggupan tubuh dalam menyesuaikan diri dengan berbagai gerakan yang membutuhkan kelenturan. Berikut ini adalah beberapa latian uang bisa meningkatkan daya lentur, diantaranya adalah :

  • Glutes dan lower back, untuk melenturkan punggung atas, bawah dan glutes
  • Swan stretch, untuk melenturkan oto punggung, bahu, dada, obilique, abs, hip flexor
  • Hip flexor, untuk melenturkan otot pinggul, hamstrings dan quads

 

5. Koordinasi

Adalah kemampuan tubuh dalam mengintegrasikan beberapa gerakan secara cepat dan efektif. Salah satu gerakan yang memerlukan kordinasi adalah juggling, dimana dalam gerakan tersebut memerlukan koordinasi gerakan bahu, kepala, kaki dan anggota tubuh lainnya.

 

6. Balance / Keseimbangan

Adalah kemampuan tubuh dalam mengontrol organ tubuh dan syaraf sehingga dapat mengendalikan kegiatan tubuh dengan baik. Setiap aktivitas yang dilakukan manusia memerlukan kemampuan keseimbangan, diantaranya adalah :

  • Berdiri dengan satu kaki
  • berjalan diatas tali, batang bambu

 

7. Accuracy / Ketepatan

Adalah kemampuan tubuh dalam membidik target dan mengendalikan gerakan dengan tepat. Beberapa olahraga yang memerlukan akurasi adalah bowling, golf, basket, sepak bola, memanah dan masih banyak lagi lainnya.

 

8. Reaction / Reaksi

Adalah kemampuan tubuh dalam memberikan tanggapan secara cepat dari objek lain. Sebagian besar jenis olah raga memerlukan kemampuan reaksi.

 

Nah, itulah pengertian, manfaat, fungsi dan komponen kebugaran jasmani. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu dan Pintar Nesia. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.