Sandy Kurnia Fajar Hobi ngegame, jadi top player dan disayang mamah. Biar jadi orang yang berguna bagi banyak orang.

Teks Cerita Sejarah: Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis dan Kaidah

4 min read

kaidah teks cerita sejarah

Teks Cerita Sejarah – Sejarah adalah suatu kejadian atau peristiwa yang telah terjadi di masa lalu yang disusun dengan didasarkan dari peninggalan peninggalan oleh berbagai macam peristiwa. Suatu peninggalan peninggalan tersebut disebut sebagai sumber sejarah.

Nah pada kesempatan kali ini Pintarnesia akan berbagi artikel yang berkaitan dengan hal tersebut, artikel kali ini akan mengulas mengenai Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Ciri Teks Cerita Sejarah, Jenis, Kaidah. Oke, silakan teman teman simak pembahasannya di bawah ini dengan baik dan benar ya.

 

Pengertian Teks Cerita Sejarah

pengertian teks cerita sejarah

Seperti yang sudah sedikit Disinggung diatas tadi berdasarkan dari pengertian sejarah, jadi pengertian cerita sejarah adalah suatu teks yang didalamnya berisi mengenai seputar cerita atau kisah nyata serta kejadian yang pernah terjadi masa lampau atau masa lalu sebagai suatu alasan terjadinya suatu hal yang memiliki nilai sejarah.

 

 

Struktur Teks Cerita Sejarah

Setelah kalian sudah mengerti apa itu pengertian teks cerita sejarah mungkin ada diantara kita yang ingin membuat teks cerita sejarah namun bingung dengan struktur teksnya. berikut dibawah ini merupakan struktur teks cerita sejarah mulai dari orientasi, runtutan peristiwa, dan reorientasi

  1. Orientasi adalah bagian pertama yang ada di dalam struktur teks cerita sejarah, bagian ini berisi mengenai pengenalan serta pembuka suatu kisah atau cerita sejarah.
  2. Runtutan Peristiwa / Urutan Peristiwa adalah bagian kedua dalam struktur teks cerita sejarah, di dalam bagian ini puisi mengenai rekaman peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu dengan disampaikan secara kronologis.
  3. Reorientasi adalah bagian terakhir dalam struktur teks cerita sejarah, di bagian ini biasanya berisi mengenai pendapat pribadi dari seorang penulis yang mengisahkan cerita sejarah dalam teks tersebut. Bagian ini bersifat opsional (boleh ada, boleh juga tidak)

 

 

Jenis Jenis Teks Sejarah

jenis jenis teks cerita sejarah

Kemudian kita berlanjut ke macam-macam teks cerita sejarah, secara umum sebenarnya teks sejarah ini dapat dibedakan menjadi dua jenis itu teks sejarah fiksi dan teks sejarah non fiksi.

Berikut dibawah ini pembahasan mengenai perbedaan teks sejarah fiksi dan teks sejarah non fiksi. Perbedaan Sejarah Fiksi dan Sejarah Non Fiksi :

 

Teks Sejarah Fiksi :

  • Memaparkan suatu kehidupan dari sudut pandang seorang pengarang.
  • Gambaran mengenai kehidupan batin seseorang yang ada di dalam teks tersebut biasanya lebih dalam
  • Jalan ceritanya disusun dengan didasarkan dari dunia nyata.
  • Dalam proses pengembangan tokoh, karakter tidak di ungkapkan secara penuh

Contoh teks cerita sejarah fiksi adalah Novel, Cerpen, Legenda, dan Roman. Sesuai namanya fiksi, jadi cerita yang di angkat dapat bersifat karangan sepenuhnya, atau karangan yang di dasarkan dari suatu kenyataan yang dikembangkan sesuai dengan pikiran penulis.

 

Teks Sejarah Non Fiksi :

  • Dalam proses penjabaran kehidupan tokoh, karakter yang ada di teks tersebut digambarkan secara lengkap dengan berdasarkan fakta yang ada.
  • Disusun dengan berdasarkan dari fakta yang bersifat objektif
  • Menceritakan suatu kehidupan yang sesuai dari data fakta

Contoh teks cerita sejarah non fiksi adalah Biografi, Cerita Sejarah, Cerita Pengalaman, Cerita Perjalanan, Autobiografi, dan Biografi. Sedangkan teks sejarah non fiksi adalah teks yang mengangkat kisah nyata lampau (sejarah) yang di dasarkan dari bukti nyata yang pernah ada di masa lalu.

 

 

Ciri Ciri Teks Sejarah

Kemudian selanjutnya supaya kalian bisa memahami lebih dalam mengerti apa itu teks cerita sejarah dan dapat digunakan untuk membedakan dengan jenis teks lainnya. berikut dibawah ini Indonesia berikan karakteristik teks cerita sejarah. Ciri Ciri Teks Cerita Sejarah :

  • Isinya merupakan suatu fakta atau kenyataan.
  • Memiliki tiga bagian struktur, yaitu orientasi, runtutan peristiwa, dan reorientasi.
  • Teksnya berbentuk cerita recount / ulang.
  • Diceritakan secara kronologis dan sesuai dengan urutan kejadian atau peristiwa yang di kisahkan.
  • Banyak terdapat penggunaan konjungsi temporal

 

 

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

Setelah kalian sudah mengetahui ciri-ciri teks cerita sejarah, Jika kalian ingin membuat suatu teks cara dengan baik dan benar sebaiknya Kalian juga belum mengerti dah kebahasaan yang ada di dalam teks cerita sejarah. Berikut di bawah ini adalah beberapa Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah :

  • Penggunaan Konjungsi Temporal, konjungsi temporal adalah kata sambung yang digunakan untuk hubungkan keterangan waktu, ini sangat berguna untuk mengurutkan kejadian yang ada dalam suatu cerita. sehingga teks cerita sejarah sering menggunakan konjungsi temporal.
  • Frasa Adverbial. frasa adverbial adalah Suatu bentuk kata yang menunjukkan mengenai peristiwa, kejadian, tempat, atau waktu.
  • Pronomina / Kata Ganti, pronomina adalah suatu kata yang digunakan untuk menggantikan kata objek lain secara tidak langsung.
  • Verba Material, verba material adalah Suatu bentuk kata yang memiliki kegunaan untuk menunjukkan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan seseorang. entah itu perbuatan fisik atau seperti memakan, menulis, mengganti, atau yang lainnya.

 

 

Contoh Teks Cerita Sejarah

contoh teks cerita sejarah

Borobudur adalah merupakan tempat wisata yang cukup terkenal di negara Indonesia. Candi Borobudur Candi ini terletak di kunci Jawa Tengah tepatnya yaitu di daerah Magelang jalan Badrawati.

Candi Borobudur merupakan candi peninggalan dari umat Hindu yang diperkirakan dibangun sejak tahun 780 Masehi hingga 840 Masehi.

Candi Borobudur memiliki ketinggian kurang lebih sektiar 400 meter, ketika berada di atas Candi Borobudur kita bisa melihat pemandangan yang indah dan menyejukkan mata di sekitar Candi tersebut.

Candi Borobudur ini memiliki 504 daerah arca yang berada bagian candi Borobudur, kita harus menaiki cukup banyak anak tangga untuk bisa mencapai Candi Borobudur, Candi Borobudur ini sendiri memiliki luas kurang lebih sekitar 2500 m² atau 2,5 km².

Candi Borobudur banyak menarik perhatian turis asing ataupun wisatawan lokal berkunjung tempat tersebut.

Kamu harus berjalan dengan jarak ratusan meter dari pusat pemberhentian agar bisa mencapai Pusat Candi Borobudur titik pintu masuk.

Dari perjalanan pintu masuk menuju pusat Candi Borobudur biasanya di sekeliling jalan tersebut akan banyak para pedagang yang berjualan produk produk lokal seperti kaos, gantungan kunci, gelang, dan benda lain yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Di pinggiran jalan menuju pusat candi dari pintu masuk terdapat banyak pohon yang cukup rindang dan asri.

 

Baik seperti itulah artikel kali ini dari Pintarnesia mengenai Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Ciri Teks Cerita Sejarah, Jenis, Kaidah. Mudah mudahan artikel tersebut dapat berguna untuk membantu teman teman semuanya.

Apabila ada salah kata atau kalimat dalam artikel di atas mohon maaf, jika ada sesuatu yang ingin di sampaikan bisa teman teman tulis di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Terimakasih telah berkunjung di Pintarnesia, jangan lupa baca artikel menarik lainnya juga.

Sandy Kurnia Fajar Hobi ngegame, jadi top player dan disayang mamah. Biar jadi orang yang berguna bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight