Masa Penjajahan Portugis: Sejarah, Tujuan, Latar Belakang, Pengaruh

By Arwina Nur Dyah Utami -

Masa penjajahan Portugis – Sebelum Indonesia menjadi negara yang merdeka, banyak sekali cobaan yang harus dihadapi oleh bangsa Indonesia salah satunya adalah karena datangnya para penjajah dari negara asing. Sebelum penjajahan belanda ternyata ada fakta lain.

Indonesia pertama kali dijajah oleh Portugis yang datang dan sampai di Malaka pada tahun 1509. Saat itu Portugis datang ke Indonesia dipimpin oleh Alfonso de Albuquerque dan menguasai wilayah Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki letak geografis yang strategis dan cukup terbuka, selain itu Indonesia juga merupakan negara cara yang dijadikan sebagai jembatan untuk melakukan perdagangan internasional antara Eropa dan Asia.

Dalam pembahasan kali ini pintarnesia akan menjelaskan tentang sejarah masa penjajahan Portugis di Indonesia secara lengkap. Oleh karena itu simak uraian berikut ini.

Sejarah Masa Penjajahan Portugis

Pada tahun 1520, setelah Portugis mengalami banyak penderitaan karena melakukan banyak pertempuran dan mengalami kekacauan internal, dengan melalui berbagai proses yang tidak mudah itu tampaknya Portugis hampir mencapai tujuannya. Sasaran yang paling bagi Portugis salah satunya adalah menyerang ujung perdagangan Asia di Malaka.

Tujuan awal Portugis adalah jalin hubungan persahabatan dengan penguasa Malaka dan menetap di sana yang diwakili oleh Diogo Lopez de Sequiera yang merupakan wakil Portugis di sebelah timur India

. Pada awalnya Sequiera disambut dengan baik oleh Sultan Mahmud Syah. Akan tetapi, para pedagang muslim India berhasil untuk meyakinkan Sultan Mahmud Syah bawah paksa Portugis adalah orang yang berbahaya dan merupakan ancaman berat bagi Malaka.

Dan kemudian Sultan Mahmud Syah bertujuan untuk menyerang balik Sequiera dan mengusir kapal Portugis dari perairan Malaka. Serangan yang dilakukan oleh Sultan tersebut pemicu kemarahan dari bangsa Portugis. Kemudian Portugis pembeli datang dengan mengirim gubernur Portugis di India, yang tidak lain adalah Alfonso de Albuquerque.

Bangsa Portugis yang dipimpin oleh Alfonso de Albuquerque berhasil menaklukan Malaka pada 10 Agustus 1511. Kemudian Alfonso juga memerintahkan pasukannya menahan segala serangan balasan yang dilakukan oleh orang-orang Melayu. Selain itu Alfonso juga memerintahkan kapal-kapal utama untuk mencari rempah-rempah.

Pada tahun 1522 Portugis mendirikan kantor dagang dan benteng di Ternate dan memperoleh hak monopoli di pusat rempah-rempah. Dan sebagai gantinya, dan sebagai gantinya maka orang Portugis harus membantu Ternate untuk menghadapi Kesultanan Tidore yang telah di dukung oleh Spanyol. Namun hubungan itu tidak berlangsung lama karena Portugis berlaku semena-mena terhadap rakyat Ternate dan bahkan membunuh Sultan Ternate.

Kemudian Portugis dan Spanyol maka untuk basis militer di Tidore dan beberapa kali mengirimkan ekspedisi militer untuk merebut berbagai kerajaan di sekitarnya. Saat bangsa Belanda datang ke Indonesia, Portugis dan Spanyol tidak ingin membagi wilayah kekuasaannya dengan Belanda. Apalagi Spanyol pada saat itu tengah menghadapi Perang kemerdekaan Belanda di Eropa.

Baca Juga: Perang Diponegoro.

Tujuan Bangsa Portugis Datang ke Indonesia

tujuan portugis ke indonesia

Bangsa Portugis datang ke Indonesia bukanlah tanpa alasan. Tentunya hal itu di karena wilayah Indonesia merupakan salah satu wilayah yang strategis dan sebagai penghasil rempah-rempah yang melimpah.

Seiain itu terdapat beberapa tujuan dari bangsa Portugis untuk datang ke Indonesia. Portugis datang ke Indonesia memiliki tujuan yang diikenal dengan 3G yang merupakan Glory, dan Gospel. Berikut ini merupakan pengertian 3 tujuan tersebut:

1. Gold

Gold yang dalam bahasa Inggris artinya adalah emas apakah tujuan pertama datangnya bangsa Portugis ke Indonesia. maksudnya adalah bangsa Portugis ingin mendapatkan keuntungan yang besar atau kekayaaan yang melimpah.

Keuntungan atau kekayaan tersebut ingin diambil oleh bangsa Portugis dalam hal hasil rempah-rempah. Dengan mengambil hasil rempah-rempah yang melimpah dan dengan harga murah yang ditetapkan di wilayah Maluku, kemudian bangsa Portugis akan menjualnya kembali kepada bangsa Eropa dengan harga yang tinggi.

2. Glory

Glory artinya adalah kemuliaan atau kerjaan. Dalam hal ini maksud Portugis datang ke Indonesia adalah untuk mencari kejayaan.

Di mana Portugis ingin memiliki suatu wilayah ah yang kemudian diperluas dan hal tersebut dilakukan dengan para pelaut dari bangsa Eropa. Glory atau kejayaan juga dapat diartikan sebagai pencarian daerah jajahan di wilayah Asia Tenggara yang kaya akan hasil rempah-rempah.

3. Gospel

Gospel atau artinya adalah penyebaran agama adalah Portugis datang ke Indonesia dengan tujuan untuk menyebarkan t yaitu agama Nasrani yang kuat.

Selain untuk mencari kekayaan dan kejayaan, Portugis juga memiliki tujuan lain yaitu menyebarkan agama Nasrani ke daerah atau wilayah singgahan. Hal tersebut cukup berpengaruh pada daerah di Maluku yang saat itu pengaruh dari agama Nasrani cukup kuat.

Latar Belakang Kedatangan Portugis

penjajahan portugis

Telah kita ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang dijadikan sebagai pusat perdagangan internasional. Hal itu juga disebabkan karena letak geografis Indonesia yang sangat terbuka dan strategis.

Wilayah Indonesia berada diantara dua benua yaitu benua Australia dan benua, selain itu juga terletak diantara dua samudra yaitu samudra Pasifik dan samudra Hindia.

Hal itulah yang menjadikan Indonesia sebagai jembatan perdagangan internasional antara Asia dan Eropa. Indonesia juga merupakan pemasok utama terhadap hasil rempah-rempah dan berbagai barang lainnya.

Akan tetapi, peranan penting Indonesia tersebutlah yang menjadikan Indonesia sangat rentan terhadap adanya berbagai ancaman dari pihak asing. Terutama bangsa Portugis.

Bangsa Portugis datang ke Indonesia untuk menguasai jalur perdagangan rempah-rempah di Malaka. Portugis ingin merebut kekuasaan Malaka dan ingin menguasai perdagangan rempah-rempah.

Berbagai langkah telah dilakukan oleh bangsa Portugis, yang kemudian ditetapkan sistem monopoli. Untuk bisa mencapai tujuannya tersebut maka bangsa Portugis harus bekerja sama dengan pihak pihak yang dirasa menguntungkan.

Pengaruh Portugis di Indonesia

pengaruh portugis di indonesia

Selama bangsa Indonesia di jajah oleh bangsa Portugis, terdapat beberapa pengaruh dari bangsa Portugis yang dirasan oleh bangsa Indonesia bahkan sampai saat ini. Berikut ini adalah beberapa pengaruh penjajahan Portugis bagi Indonesia diantaranya yaitu:

1. Pada Bidang Kesenian

Salah satu pengaruh penjajahan Portugis bagi Indonesia yang dapat dirasakan sampai saat ini dalam bidang kesenian adalah musik keroncong. Menurut Victor Ganap, musik keroncong pada awalnya berasa dari wilayah Portugis yang dulunya pada abad ke-16 di beri nama Fado.

Berdasarkan sejarah, musik ini di bawa oleh orang negri dari Cape Verde, Afrika Barat. Kemudian lama kelamaan musik Fado berkembang menjadi musik iringan tari yang diberi nama Moresco.

Pada perkembangan selanjutnya, tarian Moresco kemudian juga ikut diiringi dengan irama gitar kecil yang disebut dengan nama Cavaquinho. Gitar kecil atau Cavaquinho tersebut merupakan salah satu media hiburan yang dibawa oleh para pelaut Portugis dalam perjalanan ke wilayah lain.

Saat telah sampai di Indonesia, bunyi alat musik gitar kecil tersebut seperti berbunyi crong-crong. Sehingga oleh bangsa Indonesia musik ini dinamakan dengan nama musik keroncong. Pada era sekarang ini musik keroncong adalah salah satu musik yang cukup populer terdengar di telinga orang Indonesia.

Meskipun musik keroncong ini di akui sebagai musik penjajah, namun lantunan musik keroncong menjadi salah satu musik favorit sebagiwn bangsa Indonesia.

2. Pada Bidang Bahasa

Pola interaksi yang terjalin secara langsung yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia dengan para bangsa penjajah, baik itu yang disadari atau yang tidak disadari memang cukup mengenalkan bahasa dan juga interaksi dengan komunikasi baru kepada rakyat Indonesia.

Salah satunya adalah dengan bentuk kosakata bahasa Indonesia saat ini. Terdapat cukup banyak kosakata yang awal mulanya berasal dari kata serapan Bahasa asing, salah satunya adalah pengaruh bahasa dari bangsa Portugis.

Contoh beberapa kosakata dari bajsa Portugis misalnya biola yang berasal dari kata (viola), pesiar (passear), meja (mesa), bangku (banco), boneka (boneca), pigura (figura), sepatu (sapato), bendera (bandeira), mentega (manteiga), pita (fita), bantal (avental) dan lain sebagainya.

3. Nama dan Perkampungan

Apabila di Indonesia terdapat keluarga dengan nama marga misal seperti Costa, Dias, de Fretas, Gonsalves, Mendoza, Rodriguez, da Silva Dan lain sebagainya, maka nama keluarga tersebut merupakan nama yang berada dari kebudayaan bangsa Portugis yang diwarisi oleh bangsa Indonesia.

Nama yang digunakan tersebut biasanya banyak di temukan di daerah Indonesia bagian timur, yang mana dulunya memang menjadi bekas jajahan bangsa Portugis.

Selain nama marga, terdapat pula peninggalan masa penjajahan Portugis yang ada di perkampungan tugu, Jakarta. Kampung ini merupakan kampung yang paling tua yang ada di Indonesia bagian barat.

Sebagian besar masyarakat daerah setempat menganut agama Kristen protestan yang merupakan bagian dari sejarah karena mereka harus meninggalkan kepercayaan yang sebelumnya untuk dijadikan sebagai syarat pembebasan diri dari tawanan perang.

Selain itu juga terdapat beberapa pengaruh lainya dari bangsa Portugis bagi Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Berkembangnya agama Kristen yang paling pesat terutama di daerah Maluku.
  • Terdapat beberapa peninggalan sejarah berupa benteng-benteng Portugis
  • Peninggalan berupa meriam.

Kebijakan Kerajaan Portugis di Indonesia

kebijakan portugis

Indonesia dijajah oleh Portugis mulai dari tahun 1512 M sampai dengan 1641 M. Terdapat beberapa kebijakan yang diterapkan oleh bangsa Portugis kepada Indonesia terutama pada daerah Maluku. Beberapa kebijakan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menanamkan kekuasaan di wilayah Maluku.
  • Menerapkan sistem monopoli perdagangan cengkih dan pala Ternate.
  • Menyebarkan agama Katolik pada daerah-daerah kekuasaan.
  • Mengembangkan bahasa dan juga musik keroncong.

Berbagai kebijakan yang telah ditetapkan oleh bangsa Portugis tersebut juga tidak memperbolehkan para petani Ternate untuk memiliki kebebasan dalam menjual dan menentukan harga dari hasil panennya. Para petani Ternate hanya para petani Ternate hanya boleh menjual hasil panennya kepada bangsa Portugis saja.

Pengaruh Kebijakan Portugis

pengaruh kebijakan portugis

Bebagai kebijakan tersebut diterapkan kepada rakyat Maluku. Kebijakan yang dibuat oleh bangsa Portugis ini dapat bersifat posisi dan dapat pula merugikan atau negatif. Berikut merupakan pengaruh dari adanya kebijakan yang diterapkan oleh bangsa Portugis.

  • Banyak orang-orang yang memiliki kepercayaan Katolik di daerah yang berpenduduk Portugis.
  • Bangsa Portugis juga banyak meninggalkan arsitektur yang bercorak Portugis dan juga senjata api atau meriam di daerah pendudukan.
  • Adanya percampuran Bahasa yang membuat dan mempengaruhi nama keluarga khususnya di daerah Maluku. Bahasa Portugis tersebut turut memperkaya perbendaharaan kata dan kosakata salah satunya pada nama keluarga misalnya seperti da Costa, Dias, de Fretes, Gonsalves, da Silva, dan lain sebagainya.
  • Rakyat Indonesia merasa benci atas apa yang telah dilakukan oleh bangsa Portugis.
  • Jaringan perdagangan menjadi kacau dan terganggu.
  • Rakyat Indonesia menjadi semakin menderita dan miskin.
  • Munculnya rasa persatuan dan kesatuan dari rakyat Maluku untuk menentang kebijakan dari Portugis.
  • seni musik keroncong yang terkenal di Indonesia sia merupakan salah satu peninggalan bangsa Portugis yang namanya adalah keroncong morisko.

Periode Kejayaan Portugis di Indonesia

Selama bangsa Portugis menjajah Indonesia, ada beberapa periode kejayaan bagi bangsa Portugis di Indonesia. Berikut ini merupakan periode kejayaan bangsa Portugis yang menduduki wilayah nusantara, di antaranya yaitu:

  • Pada tahun 1511 sampai dengan tahun 1526, dimana selama kurang lebih 15 tahun Portugis menjadi kerajaan yang menguasai sebagian dari wilayah Sumatera, wilayah Jawa Banda dan wilayah Maluku.
  • Pada tahun 1512 Portugis mengadakan perjanjian dagang yang didalamnya merupakan monopoli lada pada kerajaan Sunda.
  • Kemudian pada tahun 1511 Portugis berhasil mengalahkan pemerintah Malaka dan menguasai wilayah Malaka.

Demikian penjelasan yang dapat pintarnesia sampaikan tentang masa penjajahan Portugis di wilayah Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan atau penjelasan, mohon dimaklumi.

Tanya Jawab

Kapan portugis datang ke Indonesia?

Portugis datang ke indonesia pada tahun 1511 di Malaka.

Apa tujuan bangsa portugis ke indoensia?

Mereka datang ke Indonesia dengan Glory, Gospel, dan Gold. Atau dalam bahasa indonesia kejayaan, penyebaran agama nasrani dan kekayaan.

Dimana bangsa portugis pertama kali datang ke indonesia?

Datang pertama kali di daerah kerajaan malaka yang saat itu merupakan bagian dari wilayah nusantara.

Apa Pengaruh bangsa portugis dalam peradaban nusantara?

Salah satu bentuk pengaruh dalam bidang kesehatan, bahasa, dan perkampungan.

Arwina Nur Dyah Utami
Arwina Nur Dyah Utami
Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Artikel Terkait

Manusia Purba
Manusia Purba
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Kolonialisme dan Imperialisme
Kolonialisme dan Imperialisme
Oleh Mexi
30+ Senjata Tradisional Indonesia: Penjelasan, Gambar
30+ Senjata Tradisional Indonesia: Penjelasan, Gambar
Oleh Hanif Pramono
Penjajahan Belanda: Sejarah, Tujuan, Latar Belakang, Penyebab
Penjajahan Belanda: Sejarah, Tujuan, Latar Belakang, Penyebab
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Revolusi Perancis: Sejarah, Penyebab, Dampak, Kronologi, Latar Belakang
Revolusi Perancis: Sejarah, Penyebab, Dampak, Kronologi, Latar Belakang
Oleh Hasif Priyambudi
Contoh Konflik Sosial di Indonesia
Contoh Konflik Sosial di Indonesia
Oleh Hasif Priyambudi

Baca Lainya Tastynesia:
  1. Ayam Geprek Sambal Matah
  2. Ayam Geprek Kremes
  3. Ayam Geprek Crispy
  4. Nasi Goreng Merah
  5. Nasi Goreng Padang
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *