Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.

21+ Peraturan Permainan Sepak Bola: Lengkap, Penjelasan

6 min read

peraturan permainan sepak bola

Peraturan Permainan Sepak Bola – Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling digemari oleh orang-orang baik laki-laki maupun perempuan dari segala jenjang usia. Sepak bola juga menjadi olahraga yang sudah sangat sering dilombakan baik dalam kejuaraan besar maupun hanya sebatas pertandingan biasa.

Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui peraturan dalam sepak bola meskipun hanya secara garis besar saja. Bagi pemain sepak bola sangat penting untuk mengetahui peraturan dalam permainan sepak bola secara keseluruhan untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran. Di bawah ini terdapat peraturan dalam permainan sepak bola

Peraturan Permainan Sepak Bola

Ada beberapa peraturan yang harus diperhatikan dalam permainan bola besar yang satu ini. Dibawah ini terdapat peraturan permaian sepak bola, antara lain

 

1. Lapangan

Lapangan pada permainan sepak bola memiliki standar dan ukuran khusus hal ini dikarenakan jumlah pemainnya yang banyak dan juga teknik permainan sepak bola itu sendiri.

  • Panjang lapangan : 100 – 110 m
  • Lebar lapangan : 64 – 75 m
  • Luas daerah gawang : 18,35 x 5,5 m
  • Jari-jari lingkaran tengah : 9,15 m
  • Daerah hukuman pinalti : 40,39 x 16,5 m
  • Jarak titik hukuman dengan garis gawang : 11 m

 

2. Gawang

Sama halnya denga lapangan sepak bola, gawang untuk permainan yang satu ini pun memiliki standar dan ukuran khusus menyesuaikan teknik sepak bola dimana untuk tinggi gawang adalah 2,44 m dan lebarnya adalah 7,32 m.

Baca Juga : Sejarah Bola Basket: Pengertian, Tata Cara dan Peraturan Permainan Bola Basket

 

3. Bola

Dalam permainan sepak bola tentu saja bola merupakan hal yang paling penting untuk berlangsungnya permainan. Bola yang digunakan dalam sepak bola juga memiliki standar tersendiri dimana bola harus berbentuk bulat sempurna yang terbuat dari bahan kulit dengan keliling bola sekitar 68-71 cm dan berat bola sekitar 396-453 gram.

 

4. Peraturan Awal Pertandingan

Peraturan paling awal saat pertandingan sepak bola berlangsung adalah semua pemain dari kedua tim diharuskan berbaris dan saling berjabat tangan di lapangan tempat diadakannya pertandingan. Setelah acara berjabat tangan selesai wasit akan datang dengan membawa uang logam yang akan digunakan untuk memilih gawang dan bola awal dengan cara masing-masing kapten tim akan memilih sisi uang logam dan yang sisi uang logamnya muncul dapat memilih terlebih dahulu.

 

5. Jumlah Pemain Sepak Bola

Permainan sepak bola dimainkan oleh 2 buah tim yang masing-masingnya terdiri dari 11 orang termasuk 1 orang penjaga gawang, jika dalam pertandingan 4 orang anggota tim terkena kartu merah atau keluar dan yang bertahan kurang dari 7 orang makan tim tersebut akan dinyatakan kalah dalam pertandingan tersebut.

 

6. Pemimpin Tim (Captain)

Setiap tim dalam permainan sepak bola diharuskan memiliki pemimpin alias captain hal ini bertujuan agar tim didalamnya memiliki orang yang bisa mengatur dan mengkoordinasi anggota timnya serta menjadi orang yang akan berdiskusi dengan wasit apabila terdapat kendala dalam tim saat berlangsungnya permainan.

 

7. Peraturan Berpakaian

Pakaian yang dimaksudkan disini bukan hanya sebatas baju saja namun juga apa yang menempel pada para pemain dalam memainkan sepak bola ini

  • Jersey, Dalam pertandingan masing-masing tim diharuskan memakai jersey sesuai dengan identitasnya sendiri dan tidak diperbolehkan mengenakan jersey dengan warna yang serupa antar tim yang bertanding. Biasanya setiap tim diharuskan memiliki 2 identitas jersey yang digunakan pada saat pertandingan rumah (home) dan pertandingan tandang (away) agar tidak sama.
  • Kaos Kaki, Kaos kaki merupakan salah satu hal penting yang digunakan selain agar tidak licin saat mengenakan sepatu, kaos kaki juga berfungsi untuk melindungi tulang kering kaki agar tidak cedera. Untuk pertandingan resmi penggunaan kaos kaki diharuskan memiliki warna yang sama dengan jersey.
  • Sarung Tangan, Sarung tangan disini hanya diperbolehkan digunakan oleh penjaga gawang agar saat menangkap bola lebih mudah dan tidak licin serta meredam tangan dari tendangan bola yang biasanya keras dengan catatan lain pemain boleh menggunakan sarung tangan dalam pertandingan yang berlangsung pada cuaca dingin atau berslju.
  • Penutup Kepala, Penutup kepala bukan merupakan alat wajib bagi pemain sepak bola, hanya pemain yang mengalami cedera kepala yang boleh menggunakan penutup kepala ini.
  • Aksesoris yang Dilarang, Beberapa aksesoris dilarang penggunaannya pada permainan sepak bola karena dapat menggangu. Aksesoris yang dilarang dalam permainan sepak bola ini diantaranya gelang, anting, kalung, jam tangan dan lain sebagainya.

 

8. Wasit

Wasit merupakan orang yang berkuasa penuh dalam berjalannya permainan sepak bola, wasit juga merupakan orang yang memberi keputusan jika terdapat pelanggaran dalam pertandingan. Biasanya seorang wasit akan didampingi oleh 2 orang asisten wasit untuk membantu wasit dalam pertandingan.

 

9. Asisten Wasit

Asisten wasit atau yang sering disebut sebagai linesman ini merupakan 2 orang yang membantu wasit mengawasi jalannya pertandingan dan juga mengawasi trhrow in serta tendangan sudut, asisten wasit juga biasanya akan memberitahukan apabila terjadi offside dengan memberikan tanda bendera kepada wasit utama.

Baca Juga : Sepak Takraw: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Aturan Sepak Takraw

 

10. Peraturan Waktu Permainan Sepak Bola

Permainan sepak bola berjalan selama 90 menit  yang dibagi mejadi 2 babak yang artinya setiap babak berlangsung selama 45 menit dengan waktu istirahat maksimal 15 menit. Jika bermain selama 90 menit tersebut habis tanpa adanya tim yang menang maka akan diberi waktu tambahan atau ektra time selama 2 x 15 menit dan jika selama waktu tambahan tersebut tidak juga didapatkan pemenangnya maka akan dilakukan adu finalty sebagai jalan terakhir.

 

11. Peraturan Kick Off

Kick off merupakan tendangan yang dilakukan jika akan memulai suatu permainan dalam sepak bola seperti memulai pertandingan, setelah terjadi gol, memulai babak baru dan juga memulai babak waktu tambahan.

 

12. Peraturan Gol

Bola dinyatakan gol apabila bola berhasil masuk kedalam jaring melewati kedua tiang gawang dengan pemainnya yang tidak dalam posisi offside, pelanggaran, maupun hands. Dan yang menghitung sah atau tidaknya gol adalah wasit.

 

13. Peraturan Offside dan Onside

Pemain dinyatakan offside apabila pemain mengoper ke teman satu timnya namun sedikit berada pada depan bek pertahanan lawan sedangkan onside merupakan kebalikannya. Dan yang menentukan offside atau onside adalah asisten wasit dengan cara mengangkat bendera untuk memberitahu wasit utama.

 

14. Peraturan Out (Bola Keluar)

Disini wasitlah yang berhak menyuruh pemain untuk mengeluarkan bola apabila terdapat pemain yang mengalami cedera. Jika bola keluar dari lapangan bagian samping maka akan dilakukan lemparan kedalam, jika bola keluar di bagian samping gawang maka akan dilakukan tendangan sudut.

Baca Juga : Sejarah Sepak Bola: Peraturan, Teknik Permainan Sepak Bola

 

15. Peraturan Throw In (Lemparan Kedalam)

Throw in atau lemparan kedalam dilakukan apabila bola keluar dari lapangan pertandingan dan tim yang tidak mengeluarkan bola adalah tim yang berhak melakukan lemparan kedalam. Pemain tidak boleh mengulur waktu terlalu lama saat melakukan lemparan dan juga tidak boleh mengangkat kaki.

 

16. Tendangan Gawang

Tendangan gawang dilakukan apabila bola keluar melewati garis gawang karena pemain lawan, jika ini terjadi maka pemain atau penjaga gawang tim itu boleh melakukan tendangan gawang ini dengan catatan bola tidak melebihi garis area penjaga gawang.

 

17. Tendangan Sudut (Corner Kick)

Tendangan sudut atau corner kick dilakukan apabila bola keluar melewati garis gawang karena pemain bek, jika ini terjadi maka pemain lawanlah yang akan melakukan tendangan ini. Tendangan ini dilakukan sesuai dengan tempat bola keluar.

 

18. Peraturan Pergantian Pemain

Dalam satu pertandingan pasti akan dilakukan pergantian pemain yang hanya dilakukan maksimal 3 kali namun berbeda dengan pertandingan persahabatan dimana boleh dilakukan pergantian pemain hinga 7 kali dalam satu pertandingan.

Baca Juga : 15+ Teknik Dasar Sepak Bola dan Gambar: Lengkap 2020

 

19. Peraturan Pelanggaran

Pelanggaran dalam permainan sepak bola biasnya memiliki berbagai macam sebab seperti hands ball, tackle terlalu keras, menarik baju lawan dan masih banyak yang lainnya yang bisa membuat pemain terkena kartu kuning maupun kartu merah dari wasit.

Kartu kuning merupakan peringatan keras kepada pemain yang melakukan pelanggaran, jika sudah 2 kali mendapatkan kartu kuning maka selanjutnya akan mendapatkan kartu merah yang mengharuskan pemain keluar dari pertandingan.

 

20. Peraturan Tendangan Bebas (Free Kick)

Tendangan bebas akan dilakukan di tempat terjadinya pelanggaran, biasanya pemain yang melakukan tendangan bebas bisa langsung menendang ke gawang atau bisa juga mengoper ke teman satu timnya.

 

21. Penalty

Penalti terjadi apabila pemain melakukan pelanggaran di sekitar area gawang  seperti tackle, hands dan lain sebagainya. Jika pelanggaran ini dilakukan maka salah satu pemain dari tim yang lawan akan melakukan tendangan

 

Itu dia tadi sedikit informasi mengenai peraturan permainan sepak bola. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.

Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight