Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

14 Perbedaan DNA dan RNA: Penjelasan, Tabel Perbedaan

3 min read

perbedaan dna dan rna

Perbedaan DNA dan RNA – Apa kamu tau kegunaan dari DNA dan RNA? kemudian apakah kamu sendiri tahu apa itu dna serta RNA. sebelum mengetahui lebih dalam alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu DNA dan RNA. DNA adalah dua organel sel yang menjadi suatu awal dari semua kehidupan. DNA dan RNA merupakan rangkaian asam amino yang digunakan untuk menyimpan informasi biologi setiap makhluk hidup.

Keduanya, DNA ataupun RNA atas makromolekul sederhana yang bekerja di dalam proses sintesis protein.  setelah kau mengetahui apa itu DNA dan RNA berikut adalah penjelasan tentang perbedaan antara DNA dan RNA. Berikut adalah penjabaran ya.

 

Perbedaan DNA dan RNA

Berdasarkan menurut bahasa adalah akronim dari kata Deoxyribo Nucleic Acid atau asam deoksiribosa nukleat, sedangkan RNA adalah akronim dari kata Ribonucleic Acid atau Asam Nukleat. Sedangkan Jika menurut berdasarkan pengertiannya DNA adalah gugus asam amino rantai ganda yang berfungsi untuk mengendalikan aktivitas genetik dalam sintesis protein dengan kandungan 3 basa nitrogen ( Purin, Pirimidin, dan Gugus fosfat. Sedangkan menurut pengertian RNA adalah gugus asam amino rantai tunggal yang mengandung dua basa nitrogen yaitu Purin dan pirimidin dan hanya berfungsi untuk melakukan sintesis protein.

perbedaan dna dan rna

Berdasarkan pengertian di atas pasti kamu sudah dapat mengidentifikasikan manakah yang menjadi perbedaan di antara DNA dan juga RNA. Perbedaan diantara keduanya terletak pada fungsi letak ukuran komponen gula, bentuk dan basa nitrogen yang terkandung di dalamnya. Serta terdapat juga perbedaan pada fluktuasi kadarnya.

perbedaan rna dan dna

Untuk dapat mengetahui secara lebih jelas maka aku perlu untuk melihat tabel yang ada di bawah ini. Supaya kamu makin bisa memahami perbedaan diantara DNA dan juga RNA. Di bawah ini merupakan penjelasan perbedaan DNA dan RNA dan tabel sebagai berikut:

perbedaan dna dan rna

 

1. Perbedaan Fungsi

Perbedaan DNA dan RNA yang pertama terletak pada kedua fungsinya. Fungsi DNA lebih kompleks yaitu sebagai pengendali aktivitas genetik atau faktor keturunan dan juga sebagai pengendali kegiatan sintesis protein. Sementara itu RNA hanya berfungsi sebagai pengendali sintesis protein saja.

 

2. Perbadaan Letak

Adapun perbedaan antara DNA dan RNA yang kedua kedua adalah perbedaan pada letaknya. Menurut hasil penelitian terdapat tempat yang dimana khusus untuk suatu DNA dan ada tempat yang di khususkan untuk RNA. Pada umumnya DNA hanya dapat kita temukan pada tempat inti sel, sementara RNA dapat ditemukan pada beberapa organel sel antara lain seperti contohnya inti sel, sitoplasma, atau ribosom. Perbedaan ini adalah menonjol karena sudah jelas-jelas DNA hanya terdapat pada inti sel dan RNA berada di tempat lain selain inti sel.

 

3. Perbedaan Bentuk dan Ukuran

Perbedaan DNA dan RNA yang selanjutnya adalah bentuk serta ukurannya. DNA adalah gugus asam amino rantai ganda, sedangkan RNA adalah gugus amino rantai pendek. Oleh karena itu berdasarkan ukuran, bentuk DNA pada umumnya lebih panjang dengan bentuk membulat daripada ukuran RNA yang lebih pendek serta memiliki bentuk yang lebih tipis. Hal ini dapat terlihat secara jelas karena perbedaan tersebut sangatlah signifikan.

 

4. Perbedaan Komponen Gula

Perbedaan DNA dan RNA dapat dilihat pula dengan komponen gulanya,  yang di mana gugus gula yang menyusun DNA adalah gugus deoksiribosa, dan sedangkan gugus gula yang menyusun RNA adalah ribosa. Kemudian secara ringkas pengertian deoksiribosa merupakan gabungan yang terjadi antara dua gugus gula ribosa.

 

5. Perbedaan Jenis Basa Nitrogen

Perbedaan DNA dan RNA juga dapat dilihat atau dibedakan berdasarkan jenis nitrogen berdasarkan kandungannya. DNA mengandung 3 basa nitrogen antara lain yaitu Purin (ademin dan guanin), Pirimidin (sitosin dan timin), dan Pirimidin (sitosin dan urasil).

 

6. Perbedaan Kadar

Pada perbedaan DNA dan RNA yang selanjutnya adalah kadarnya yang di mana kadar yang terdapat pada RNA dapat berubah dikarenakan adanya aktivitas sintesis protein, sedangkan kadar yang terkandung pada DNA bersifat statis dikarenakan tidak dipengaruhi oleh aktivitas sintesis protein ataupun aktivitas genetis. Hal ini pun bisa menjadi suatu pembeda yang di bisa dibilang jelas.

 

Di atas merupakan penjelasan serta uraian tentang perbedaan DNA dan RNA yang dapat saya sampaikan secara singkat dan jelas.  semoga artikel diatas benar-benar dapat membuat kamu paham antara perbedaan dari DNA dan RNA. Artikel ini dapat juga dijadikan referensi atau sumber pengetahuan kamu tentang perbedaan DNA dan RNA serta penjelasan DNA serta RNA nya.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi yang di mana DNA adalah akronim dari kata Deoxyribo Nucleic Acid atau yang dapat kita bilang sebagai Asam Deoksiribosa Nukleat. Dan untuk RNA yang merupakan gugus asam amino rantai tunggal yang memiliki atau mengandung 2 basa nitrogen, yang fungsinya adalah melakukan sintesis protein.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight