10+ Perbedaan Haji dan Umroh: Lengkap

By

perbedaan haji dan umroh lengkap

Sebagai umat muslim tentu kita sudah tidak asing lagi dengan dua ibadah yang dilakukan pada saat sudah mempunyai harta yang cukup, yaitu ibadah haji dan juga ibadah umroh. Kedua ibadah ini menjadi impian yang diinginkan oleh setiap muslim sebagai bentuk ibadah penyempurna.

Namun tentunya antara haji dan umroh ini mempunyai perbedaan yang harus kalian ketahui sebelum melaksanakan salah satu dari dua ibadah tersebut. Saat melaksanakan haji dan umroh, para calon jamaah harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dan juga harus menjaga kesehatan.

Bukan cuma itu saja, para calon jamaah juga harus mempelajari tata cara dari kedua ibadah tersebut dan juga perbedaan yang ada diantara ibadah haji dan umroh. Nah, pada kesempatan kali ini pintarnesia akan membahas tentang perbedaan ibadah haji dengan ibadah umroh.

 

Perbedaan Haji dan Umroh

perbedaan haji dan umroh

Dalam ibadah haji dan umroh ada beberapa perbedaan, memang kedua ibadah ini sama-sama pergi ke mekah namun ada perbedaan diantara keduanya. Berikut ini akan pintarnesia jelaskan perbedaan-perbedaan yang ada diantara kedua ibadah tersebut.

 

1. Tujuan Melaksanakan Haji dan Umroh

Perbedaan pertama dalam haji dan umroh dapat kita ketahui melalui tujuan dari kedua ibadah tersebut. Tujuan utama dari dilakukannya ibadah haji adalah untuk mendatangi rumah Allah dengan niat penuh dengan kepasrahan sambil mengamalkan ibadah yang biasa dilakukan para nabi.

Sedangkan untuk umroh bertujuan untuk mengunjungi atau ziarah ke tanah suci untuk mengagumi kebesaran dari Allah SWT.

Selama melakukan ibadah haji, para jamaah harus fokus dengan rangkaian ibadahnya selama berada di tanah suci, hal ini juga berlaku untuk ibadah umroh. Namun karena mempunyai perbedaan dalam mencapai tujuan ibadahnya.

Ibadah umroh ini bisa dikatakan sebagai ibadah rekreasi yang dilakukan dengan santai dan juga bebas, namun masih harus terikat dengan beberapa hukum.

 

2. Hukum Pelaksanaan Ibadah Haji dan Umroh

Para ulama sepakat bahwa perbedaan antara haji dan umroh yang paling mencolok adalah pada hukum yang ada diantara kedua ibadah tersebut. Haji adalah ibadah yang wajib hukumnya untuk semua umat muslimi yang sudah mampu secara finansial dan juga hatinya.

Sedangkan untuk umroh, para ulama menyepakati bahwa ibadah ini mempunyai hukum sunah muakad, yang artinya tidak diwajibkan namun sangat disarankan.

Jadi ibadah haji bisa dikatakan sebagai ibadah yang wajib dilakukan karena ada pada rukun Islam. Sebagai umat Islam tentu kita paham tentang kewajiban mengikuti 5 rukun Islam yang sudah menjadi pedoman hidup seorang muslim.

Sedangkan untuk umroh sendiri tidak termasuk dalam rukun Islam, jadi ibadah tersebut tidak diwajibkan namun sangat disarankan untuk yang mau melaksanakannya sebagai ibadah tambahan atau pahala tambahan.

 

3. Waktu Pelaksanaan Ibadah Haji dan Umroh

Perbedaan selanjutnya pada ibadah haji dan umroh adalah waktu pelaksanaan kedua ibadah tersebut. Ibadah haji hanya dilakukan di bulan haji saja, yaitu dimulai pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai dengan 13 Dzulhijjah.

Di luar tanggal dan bulan haji sesuai dengan penanggalan hijriah maka pelaksanaan haji akan dinyatakan tidak sah.

Sedangkan untuk ibadah umroh tidak ada batasan waktu, jadi setiap umat muslim yang dirasa mampu bebas dalam melaksanakan ibadah umroh ini. Waktu pelaksanaan ibadah haji dan umroh juga berbeda.

Ibadah haji memerlukan waktu yang lebih lama dalam pelaksanaannya. Sedangkan untuk ibadah umroh tidak sepanjang pelaksanaan ibadah haji.

 

4. Tempat yang Dituju Selama Umroh dan Haji

Dalam pelaksanaan ibadah haji, ada beberapa tempat yang harus dilewati oleh para jamaah haji namun tidak harus dilakukan oleh mereka yang melakukan ibadah umroh. Mengunjungi tempat ibadah yang ada di luar mekkah merupakan rangkaian dalam ibadah haji.

Hal ini juga menjadi pembeda antara ibadah haji dengan umroh yang perlu  kalian ketahui jika kalian ingin melaksanakan salah satu dari kedua ibadah tersebut.

Dalam pelaksanaan ibadah haji, para jamaah diwajibkan melakukan beberapa rukun yang rukun tersebut dilakukan di luar mekkah. Contohnya adalah wukuf yang dilakukan di Arafah, melempar jumroh di Mina dan mabi di Muzdalifah yang menjadi kewajiban untuk siapa pun yang berhaji.

Sedangkan dalam ibadah umroh para jamaah hanya terpusat di dalam kota mekkah saja.

 

5. Rukun dan Tata Cara Haji dan Umroh

Perbedaan antara haji dan umroh yang paling terlihat dan menjadi pembeda utama antara ibadah haji dan umroh adalah rukun dan juga tata cara pelaksanaannya. Secara umum pelaksanaan rukun dan tata cara pelaksanaan haji lebih panjang dan juga harus dilakukan dengan urut.

Konsekuensi yang ditanggung para jamaah haji bisa dibilang berat jika mereka lalai dalam mengerjakan ibadah yang ada.

Sedangkan untuk rukun tata cara yang dilakukan dalam pelaksanaan ibadah umroh cukup sederhana dan juga tidak memakan waktu yang lama jika dibandingkan ibadah haji.

Namun meskipun begitu kedua ibadah tersebut  mempunyai persamaan larangan yang diberlakukan pada saat melaksanakan ibadah. Yaitu bagi yang melanggar akan mendapat konsekuensi yang cukup berat.

 

6. Tingkat Jamaah Selama Ibadah

Tingkat jamaah yang datang ke mekkah dapat terlihat dengan jelas perbedaannya pada saat ibadah haji dan ibadah umroh. Jamaah yang melaksanakan haji lebih banyak dibandingkan jumlah jamaah yang melaksanakan ibadah umroh.

Hal ini berhubungan dengan jadwal ibadah haji yang hanya dilakukan satu kali dalam satu tahun saja. Karena itulah pada saat bulan haji datang, semua umat muslim dari seluruh dunia berbondong-bondong pergi ke mekkah.

Karena adanya lonjakan jamaah yang ada, pemerintah di Indonesia memberlakukan sistem tunggu dan juga kuota sehingga jumlah jamaah yang berangkat ke mekkah dibatasi setiap tahunnya.

 

7. Persiapan Lahir dan Batin Selama Beribadah

Ibadah haji memerlukan waktu yang cukup lama dalam pelaksanaannya. Karena itulah pada saat jamaah haji yang diberangkatkan ke mekkah tersebut harus melakukan serangkaian pemeriksaan yang ketat.

Namun meski begitu bukan berarti sebelum melaksanakan ibadah umroh para jamaah tidak diberikan treatmen tertentu untuk menjaga kesehatan mereka. perbedaan dalam ibadah haji dan umroh juga ada dalam pengurusan dokumen untuk keberangkatannya.

Seperti yang kita ketahui bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang cuma dilakukan satu tahun sekali, karena itulah  pengurusan dokumennya tidak semudah ibadah umroh.

Ada banyak langkah atau prosedur yang perlu dilakukan para jamaah dalam persiapan menuju tanah suci. Sedangkan untuk umroh sendiri pengurusannya tidak memakan banyak waktu, ibadah umroh ini bisa dilakukan secara fleksibel pengurusannya.

 

8. Biaya Sebelum Berangkat ke Mekkah

Perbedaan antara umroh dengan haji selanjutnya adalah biaya yang perlu dikeluarkan oleh  para jamaah umroh dan juga haji. Tinggi rendahnya biaya yang dikeluarkan ini tergantung dari waktu yang diperlukan oleh para jamaah selama menunaikan ibadah di mekkah.

Memang tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa biaya ibadah haji lebih mahal dibandingkan ibadah umroh, hal ini karena serangkaian ibadah haji yang lebih lama dan dilakukan di berbagai tempat.

Selisih biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakan ibadah umroh ini tidak terlalu jauh dengan ibadah haji. Biaya umroh tidak semahal ibadah haji karena waktu yang dihabiskan oleh jamaah di tanah suci cukup singkat.

Biasanya ada beberapa agen travel umroh yang menawarkan biaya  keberangkatan dan juga akomodasi yang lebih murah untuk kelompok orang atau rombongan sehingga biayanya lebih mudah dijangkau atau menjadi lebih murah.

Baca Juga : Sholat Dhuha Lengkap

 

 

Persamaan Haji dan Umroh

persamaan haji dan umroh

Jika kita membahas persamaan, tentu akan kurang rasanya jika kita tidak membahas persamaan yang ada antara ibadah haji dengan umroh. Nah karena itulah berikut ini akan pintarnesia sebutkan beberapa persamaan yang ada pada kedua ibadah tersebut, yaitu:

  • Kedua ibadah ini dilakukan terlebih dahulu dengan mengambil miqat makani.
  • Antara ibadah haji dengan ibadah umroh diawali dengan berihram.
  • Kedua ibadah ini mempunyai rukun ihram, sa’i, thawaf, dan Tahalul.
  • Kegiatan haji dan umrah akan mendatangkan Pahala untuk mereka yang melakukannya.

Baca Juga : Bacaan Doa Mandi Taubat

 

Nah itulah tadi penjelasan tentang perbedaan haji dan umroh yang bisa pintarnesia sampaikan kepada kalian, selain itu kami juga menambahkan persamaan-persamaan yang ada pada kedua ibadah tersebut.

Sekian dulu apa yang bisa kami sampaikan, jika ada kesalahan kata dan informasi yang kurang tepat dalam artikel ini harap dikoreksi di kolom komentar. Jika kalian masih bingung dengan penjelasan perbedaan haji dan umroh di atas silahkan komen di bawah, terima kasih.



Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *