Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

14+ Perbedaan Senyawa Organik dan Anorganik + Tabel

4 min read

senyawa organik dan anorganik

Senyawa Organik dan Anorganik- Sebelum mengetahui perbedaan antara senyawa organik dan senyawa anorganik, apakah kamu sudah mengetahui senyawa itu sendiri? atau kamu malah berpikir bahwa senyawa berarti satu nyawa yang digunakan bersama?.

Baiklah Senyawa adalah Zat yang terbentuk dari suatu penggabungan unsur-unsur dengan pembagian yang tertentu. Senyawa juga memiliki sifat yang berbeda dengan unsur unsur penyusunnya. Semisal terdapat contoh dua atom hidrogen dengan 1 atom oksigen bisa bergabung kemudian membentuk molekul air.

 

Pengertian Senyawa

perbedaan senyawa organik dan anorganik

Pengertian senyawa adalah suatu jenis zat tunggal yang dapat dibagi lagi menjadi dua unsur atau bahkan lebih yang melalui proses reaksi kimia. Secara umum zat tunggal merupakan zat yang berbentuk senyawa garam atau NaCl, gula pasir (C12H22011), air (H20) dan yang lainya.

 

 

Sifat Senyawa

Senyawa juga memiliki sifat yang berbeda-beda tiap senyawa sifatnya berbeda dengan unsur pembentuknya. Senyawa dapat diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya melalui reaksi reaksi kimia. Kemudian pada saat kondisi yang sama senyawa bisa memiliki wujud yang berbeda dengan unsur pembentuknya.

Kemudian secara singkat senyawa memiliki 5 sifat yang dapat Kita bedakan antara senyawa yang satu dengan senyawa yang lainnya. Kemudian berikut adalah 5 sifat senyawa yang dapat Kita bedakan.

  • Senyawa memiliki sifat-sifat tertentu yang berbeda dengan unsur pembentuknya seperti yang sudah dikatakan pada awal tadi.
  • Senyawa dapat atau bisa dikategorikan sebagai senyawa zat tunggal.
  • Senyawa tidak bisa dipisahkan dengan komponen penyusun kembali dengan melalui reaksi kimia
  • Komponen-komponen penyusun yang ada pada senyawa memiliki suatu perbandingan tertentu dan memiliki sifat tetap
  • Senyawa bisa terbentuk melalui proses reaksi kimia

 

 

Ciri-ciri Senyawa

Adapun ciri-ciri dari senyawa, dan ciri-ciri tersebut ada 4 yang akan dijelaskan seperti pada tulisan yang ada di bawah ini.

  • Kita diuraikan secara kimia tapi tidak bisa apabila secara fisika
  • Kehilangan sifat zat aslinya bila sudah jadi senyawa
  • Memiliki perbandingan komposisi yang tetap.
  • Terbentuk dari dua atau lebih unsur yang disusun secara reaksi kimia biasa.

Baca Juga : Letak Astronomis Indonesia: Pengaruh, Dampak, Keuntungan

 

 

Pengertian Senyawa Organik

Pengertian senyawa organik adalah jenis senyawa yang termasuk dalam karbon kompleks. Senyawa organik terdiri dari karbon ukuran bentuk dan panjang, serta gugus alkil yang berbeda-beda. Senyawa organik selain terdiri dari unsur utama yaitu atom karbon, senyawa organik juga didominasi oleh susunan yang berasal dari unsur hidrogen, nitrogen dan oksigen. Senyawa organik mempunyai ciri khas yaitu atom dan karbon yang menjadikan senyawa organik ini sangatlah kompleks dan rumit.

 

Contoh Senyawa Organik

Salah satu contoh dari senyawa organik yang paling sering dan setiap hari kita konsumsi merupakan makanan, nah Makanan juga mengandung karbohidrat yang mana karbohidrat termasuk salah satu senyawa organik.

Karbohidrat atau yang biasa dikenal dengan hidrat arang adalah golongan hidrokarbon gula.  Peranan dari senyawa organik dapat memberikan manfaat. Manfaat dari karbohidrat tentunya sangat berperan untuk dapat menjadi sumber energi yang utama supaya dapat mempertahankan bentuk tubuh, sebagai pembekuan darah dan memiliki manfaat yang lainnya.

Terdapat pula contoh lain dari senyawa organik selain dari karbohidrat terdapat pula protein.  Protein sendiri merupakan senyawa organik yang tidak dapat larut di dalam air yang mana protein tersusun dari nitrogen, hidrogen,oksigen, dan atom karbon. Protein mempunyai ciri-ciri yaitu mempunyai senyawa yang kompleks. Protein sendiri tersusun dari unit-unit kecil yang merupakan asam amino.

Terdapat pula yang termasuk ke dalam senyawa organik yaitu lemak. Lemak merupakan senyawa organik yang mana senyawa ini dapat larut di dalam air.   bapak sendiri tersusun dari hidrogen, atom karbon dan oksigen serta beberapa jenis gugus kimia. Lemak dapat dijadikan sebagai bantalan untuk dapat melindungi organ-organ vital yang ada di dalam tubuh kita misalnya itu paru-paru, hati, jantung, otak dan yang lainnya.

Baca Juga : Perubahan Fisika: Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh Perubahan Fisika

 

Sifat Senyawa Organik

Senyawa organik mempunyai dua sifat yaitu sifat fisik dan juga sifat kimiawi. Dari setiap jenis senyawa organik tentunya mempunyai sifat yang berbeda-beda yang dapat ditentukan berdasarkan dari bentuk molekul dan gugus penyusunnya. Secara umum sifat yang ada pada senyawa organik mempunyai titik didih, susah untuk dapat menghantarkan listrik, titik leleh yang rendah. Akan tetapi terdapat perbedaan sifat dari senyawa organik pada setiap jenisnya seperti alkana, alkuna, dan alkena.

 

Ciri-Ciri Senyawa Organik

Senyawa organik tentunya mempunyai ciri ciri yang dapat membedakan dengan senyawa anorganik. Berikut ini merupakan ciri-ciri senyawa organik.

  • Tidak tahan terhadap panas dan mudah untuk terbakar
  • Manusia pada umumnya non elektrolit
  • Hewan apa yang punya kaki depan mempunyai titik didih dan titik cair yang rendah
  • Hasil dari pembakaran akan pengaruh seperti air kapur
  • Reaksi berjalan dengan lambat
  • Lebih mudah untuk larut dalam pelarut non polar
  • Apabila dibakar maka akan menghasilkan karbon, CO2 dan H2O

 

 

Pengertian Senyawa Anorganik

Pengertian senyawa anorganik merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan zat yang dapat menggabungkan setidaknya dua atau lebih unsur kimia. Biasanya yang digolongkan ke dalam senyawa organik adalah berasal dari mineral.

Senyawa organik mempunyai 2 (dua) jenis antara lain yaitu:

  • Poliatimok,  yang dimaksud dengan poliatemok merupakan senyawa yang mempunyai lebih dari tiga jenis unsur.
  • Binner, yang dimaksud dengan biner merupakan senyawa yang terdiri dari 2 unsur unsur tersebut yaitu unsur logam dan unsur non logam.

Baca Juga : 5 Contoh Karya Ilmiah yang Baik dan Benar: Jenis, Topik Lengkap

 

Sifat Senyawa Anorganik

Senyawa anorganik merupakan senyawa yang berasal dari sumber daya alam seperti mineral akan tetapi bukan makhluk hidup.

 

Ciri – Ciri Senyawa Anorganik

Senyawa anorganik mempunyai ciri-ciri seperti dibawah ini:

  • Mempunyai senyawa yang tahan panas
  • Secara umum reaksinya dapat berjalan dengan cepat
  • Mudah larut dalam pelarut polar
  • Tidak mudah untuk terbakar
  • Umumnya elektrolit

 

 

Tabel Perbedaan Senyawa Organik dan Senyawa Anorganik

Berikut ini merupakan simpulan atau ringkasan dari Penjelasan diatas yang dijelaskan kembali dalam bentuk tabel tentang perbedaan senyawa organik dan senyawa anorganik secara lebih lengkap.

Perbedaan Senyawa Organik dan Anorganik
PembedaSenyawa OrganikSenyawa Anorganik
AsalKebanyakan berasal dari makhluk hidup dan beberapa dari hasil sintesis.Berasal dari sumber daya alam mineral (bukan makhluk hidup).
StrukturLebih rumitSederhana
Unsur KarbonSemua Senyawa Organik mengandung unsur karbon.Tidak semua Senyawa Anorganik mengandung unsur karbon.
Unsur Atom LogamAdaTidak ada
TerbakarLebih mudah terbakarTidak mudah terbakar
LarutDapat larut hanya dalam pelarut organik.Dapat larut dalam pelarut organik maupun pelarut air.
ReaksiLambatCepat
SifatUmumnya bersifat non-elektrolit.Umumnya bersifat elektrolit (konduktor listrik dalam larutannya).
Titik Lebur dan Titik DIdihRendahTinggi
PenyusunC, H, O, N, S, P, F, Cl, dan lain – lain.Hampir semua unsur
Ikatan KimiaCovalentIonik dan Covalent Polar
IsomerAdaTidak ada
ContohProtein, karbohidrat, lemak, asam lemak, asam format, vitamin, polimer, dan lain sebagainya.Garam, asam kakodilat, asam karbonat, kalsium kloridina, amoniak, dan lain sebagainya.

 

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang perbedaan senyawa organik dan senyawa anorganik. Secara umum keduanya mempunyai kesamaan Akan tetapi jika dipelajari secara memdalam keduanya berbeda. Semoga apa yang telah dijelaskan di dalam artikel ini dapat bermanfaat.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight