Pergaulan Bebas: Ciri, Penyebab, Dampak, Contoh, Cara Mengatasi

By

pergaulan bebas

Pergaulan Bebas – Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju kedewasaan hingga biasanya remaja akan banyak belajar dan mengenal hal baru dimasa ini. Mereka akan mulai mengenal dunia luar yang mungkin sebelumnya belum pernah mereka ketahui.

Hal ini pun semakin memperluas pergaulan remaja. Remaja harus pandai memilih pergaulan agar tidak menyesal dikemudian hari karena tidak semua pergaulan yang mereka jamah merupakan pergaulan yang sehat. Jika salah remaja bisa saja terjerumus kedalam pergulan bebas. Apa sih pergaulan bebas itu? simak penjelasannya berikut.

 

Pengertian Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas dapat diartikan sebagai salah satu bentuk perilaku menyimpang melewati batas, aturan, tuntutan, syarat, dan perasaan malu. Pergaulan bebas biasanya dianggap sebagai perilaku menyimpang yang melanggar norma agama dan norma kesusilaan. Pergaulan bebas tentu saja merupakan sebuah perilaku yang dipandang sangat negatif.

Pergaulan bebas ini biasanya merupakan pelampiasan remaja yang mungkin kurang dapat berpikir jernih saat menjalani kehidupannya karena pada dasarnya masa remaja merupakan masa yang paling labil. Penyebab lain remaja melakukan pergaulan bebas bisa jadi karena kurangnya pemahaman dan penerapan norma-norma, mental yang tidak sehat, rasa kecewa terhadap sesuatu, dan masih banyak yang lainnya.

 

 

Ciri – Ciri Pergaulan Bebas

Seorang remaja yang memiliki pergaulan bebas biasanya tidak terlihat seperti remaja pada umumnya bahkan dapat dilihat secara fisik melalui teman-teman bermainnya, berikut beberapa ciri dari pergaulan bebas

  1. Seks pranikah.
  2. Menggunakan narkoba (obat-obatan terlarang).
  3. Mengkonsumsi alkohol.
  4. Menonton pornografi.
  5. Tawuran antar kelompok.
  6. Memakai pakaian terbuka.
  7. Clubbing.
  8. Menghalalkan segala cara demi suatu hal yang diharapkan.
  9. dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pergaulan Bebas: Pengertian, Penyebab, Ciri-Ciri dan Mengatasi Pergaulan Bebas

 

 

Penyebab Pergaulan Bebas Remaja

Remaja yang berada pada pergaulan bebas biasanya bukan tanpa alasan, terkadang mereka terjerumus kedalam pergaulan bebas karena hal tertentu yang membuat mereka berpikir terlalu keras. Dibawah ini terdapat beberapa penyebab dari pergaulan bebas diantaranya

 

1. Taraf Pendidikan Keluarga yang Rendah

Kurangnya pendidikan yang layak akan membuat seseorang menjadi kekurangan informasi yang mungkin tidak dapat didapatkan diluar salah satunya mencoba segala hal yang mungkin tidak baik hanya karena mengikuti temannya. Contohnya anak-anak yang gemar mengkonsumsi obat-obatan terlarang yang dapat membuat ketergantungan dengan alasan menghilangkan stress.

 

2. Keluarga yang Tidak Harmonis (Broken Home)

Keadaan keluarga yang tidak harmonis juga sangat mempengaruhi mental anak. Hal ini sering menjadi salah satu alasan para remaja keluar dari rumah dan bergaul dengan sembarang orang yang bisa saja membuat anak itu terjerumus kedalam pergaulan bebas.

 

3. Keadaan Ekonomi Keluarga

Keadaan ekonomi seseorang juga dapat berpengaruh karena seseorang yang ekonominya sulit dan tertekan bisa saja melakukan hal-hal instan yang tidak baik demi mendapatkan apa yang mereka mau.

 

4. Kurangnya Perhatian dari Orang Tua

Nyatanya anak remaja memang masih labil dan masih sangat memerlukan bimbingan orang tua untuk memberi saran terhadap masalah yang dialami oleh anak remaja. Jika orang tua acuh maka anak akan mencari pelampiasan di dunia luar dan hal ini dapat menjerumuskan anak remaja kedalam pergaulan bebas.

 

5. Lingkungan yang Kurang Baik

Lingkungan rumah, sekolah maupun lingkup temanteman sebaya juga sangat memiliki peran penting. Anak remaja sangat rentan terpengaruh dunia yang ada disekitar mereka sehingga jika lingkungan mereka sudah kurang baik itu beresiko untuk membawa seorang anak menuju pergaulan bebas.

 

6. Kurangnya Kesadaran Remaja

Beberapa remaja masih belum mengetahui dan menyepelekan dampak pergaulan bebas karena menurut mereka kesenangan adalah tujuan utama mereka.

 

7. Penyalahgunaan Internet

Semakin canggihnya informasi juga berpengaruh karena banyak sekali anak remaja yang menggunakan internet untuk hal-hal yang tidak bermanfaat bahkan buruk. Tidak jarang mereka mencoba hal-hal yang tidak baim itu juga dalam kehidupan mereka yang menuntun mereka kedalam pergaulan bebas.

 

 

Dampak Pergaulan Bebas

Selain meresahkan pergaulan bebas juga sudah jelas merupakan hal yang sangat negatif, dibawah ini terdapat beberapa dampak pergaulan bebas diantaranya

 

1. Ketergantungan Obat

Jika saat memiliki masalah seseorang mencoba mengkonsumsi obat terlarang mungkin itu akan selalu menjadi pelampiasannya secara terus-menerus dan menyebabkan ketergantungan padahal obat yang dikonsumsi tanpa resep dokter akan sangat berbahaya bahkan dapat menimbulkan dampak kematian.

 

2. Adanya Seks Bebas

Para remaja yang pubertas biasanya akan melakukan apa saja untuk orang yang ia cintai bahkan rela menjadi budak cinta. Hal ini kadang dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang tidak seharusnya mereka lakukan yaitu seks bebas yang biasanya berujung pada hamil diluar nikah dan tidak jarang mereka mengaborsi janin atau membunuh bayi mereka agar tidak ketahuan.

 

3. Kriminalitas Meningkat

Merka yang pergaulannya tidak jelas biasanya hidupnya juga kesulitan, hal itu membuat mereka rela melakukan segala hal meskipun itu buruk dan merupakan sebuah tindakan kriminal demi mendapatkan yang mereka inginkan.

 

4. Kesehatan Menurun

Mengkonsumsi sembarang obat secara terus-menerus dan berlebihan akan merusak tubuh selain itu maraknya seks bebas juga dapat membuat seseorang terserang penyakit berupa HIV/AIDS karena melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda.

 

5. Menurunnya Prestasi

Remaja yang telah masuk kedalam pergaulan bebas biasanya akan sulit untuk keluar dari dunianya. Biasanya mereka akan menjadi anak nakal dan suka membolos di sekolah dan tentu saja pretasi mereka akan menurun karena malas untuk belajar.

 

6. Hubungan Keluarga yang Renggang

Jika anak terjerumus kedalam pergaulan bebas biasanya mereka lebih suka menghabiskan waktu dengan teman-temannya dibanding keluarganya hal ini menyebabkan hubungan antar keluarga renggang.

 

7. Berdosa

Perbuatan yang melanggar aturan dari sebuah agama tentu saja akan menimbulkan dosa. Dan pergaulan bebas ini sudah sangat jelas melanggar nilai-nila agama.

 

 

Contoh Pergaulan Bebas

Contoh pergaulan bebas hampir sama seperti yang sudah di bahas pada ciri-cirinya yang dapat dilihat dari fisik, dibawah ini terdapat beberapa contoh pergaulan bebas

  • Seks Bebas
  • Narkoba
  • Kehidupan malam
  • Alkohol (Minuman Keras)
  • Tawuran
  • Merokok

 

Itu lah penjelasan singkat mengenai pergaulan bebas semoga dapat membantu anda menghindari pergaulan bebas. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan pada artikel ini. Terimakasih.


Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *