Pergaulan Bebas: Pengertian, Penyebab, Ciri-Ciri dan Mengatasi Pergaulan Bebas

By

pergaulan bebas

Pergaulan Bebas – Pergaulan bebas saat ini memang telah menjadi masalah yang tidak bisa untuk diremehkan terutama yang sering terjadi di kalangan remaja saat ini. adanya pergaulan bebas dapat memberikan hal-hal yang negatif bagi adanya perubahan yang diberikan oleh seseorang akibat dampak dari hal tersebut. Karena pergaulan bebas memiliki pengaruh yang sangat besar bagi proses terbentuknya kepribadian seseorang. Remaja yang menjadi korban dari adanya pergaulan bebas sangat rentan terpengaruh oleh lingkungannya. Kemudian bagi kamu yang belum mengerti apa itu pergaulan bebas simak penjelasan di bawah ini sebagai berikut.

 

Pengertian Pergaulan Bebas

Berdasarkan dari kalimat pergaulan bebas dapat diartikan bahwa tidak adanya batasan atau aturan yang mengatur tentang segala tingkah laku serta pergaulan dari seseorang ataupun kelompok. Akan tetapi secara umum pengertian pergaulan bebas adalah salah satu bentuk penyimpangan yang melewati batas dari aturan syarat tuntutan kewajiban serta dari perasaan malu. Pergaulan bebas juga bisa untuk diartikan sebagai adanya perilaku yang menyimpang serta melanggar norma agama ataupun melanggar norma kesusilaan.

Pergaulan bebas adalah salah satu perilaku atau perbuatan yang memiliki dampak negatif sebagai ekspresi dari penolakan remaja. Pergaulan bebas tentunya dapat merusak merubah sifat seseorang menjadi orang yang berani untuk melanggar suatu peraturan. Terdapat penyebab remaja bisa terkena dampak adanya pergaulan bebas di antara lain yaitu kegagalan remaja untuk menyerap norma-norma agama dan juga norma-norma Pancasila, pelampiasan rasa kecewa terhadap keluarga yang tidak harmonis, adanya sikap mental yang mengganggu pikiran seseorang dan masih banyak lagi pengaruh lainnya

 

 

Ciri Ciri Pergaulan Bebas

Bagi seseorang yang terkena dampak adanya pergaulan bebas tentunya berdasarkan dari ciri-ciri di bawah ini yang dapat menjerumuskan seseorang untuk melakukan hal yang tidak sewajarnya serta pelanggaran tata aturan yang telah ditetapkan. Di bawah ini merupakan ciri-ciri dari pergaulan bebas terutama yang saat ini banyak menyerang para remaja antara lain:

  1. Gemar untuk menghambur-hamburkan harta hanya sekedar untuk memenuhi keinginan seks bebas nya.
  2. Terjadi adanya perubahan perubahan tingkah laku emosi pikiran dan lain-lain.
  3. Memiliki rasa ingin tahu yang begitu besar.
  4. Adanya perilaku aku orang munafik dalam masyarakat akibat pengaruh dari pergaulan bebas.
  5. Terjerat dalam pesta yang bersifat negatif dengan menggunakan obat-obatan terlarang dan minum minuman keras serta lainnya.
  6. Akan memunculkan perilaku yang tidak baik.
  7. Ingin untuk mendapatkan harta serta uang secara cepat dengan menghalalkan segala cara termasuk dengan cara yang salah, haram, keji.
  8. Sering mengalami tekanan mental dan juga emosi.
  9. Mudah mengalami kegelisahan dan merasa selalu tidak sabar, emosional selalu ingin melawan, adanya perubahan dalam keinginan, malas, serta selalu menunjukkan eksistensi dan juga kebanggaan diri dan dan ingin selalu mencoba banyak hal.
  10. Sering kali memakai pakaian yang terbuka.
  11. Karena melakukan pergaulan yang salah akan menyebabkan pula adanya tawuran antar kelompok.
  12. Selalu meninggalkan ibadah, dan lupa akan Tuhan Yang Maha Esa.

 

 

Penyebab Pergaulan Bebas

Ciri-ciri dari pergaulan bebas yang telah dijelaskan di atas terutama yang terjadi pada kalangan remaja tentunya dikarenakan adanya faktor atau penyebab yang bisa menjadikan para remaja terjerumus dalam lingkungan pergaulan bebas. Di bawah ini ini merupakan beberapa penyebab pergaulan bebas beserta penjelasannya.

 

1.  Faktor Lingkungan yang Kurang Baik

Lingkungan sekitar merupakan faktor utama bagi terbentuknya sikap atau perilaku seseorang kedepannya karena lingkungan merupakan tempat yang mana apabila lingkungan tersebut baik maka akan membentuk seseorang memiliki kepribadian yang baik. Akan tetapi Sebaliknya apabila lingkungan tersebut membawa pengaruh buruk bagi seseorang maka seseorang tersebut juga akan memiliki sifat yang buruk pula karena adanya faktor lingkungan di sekitarnya. Karena lingkungan yang tidak baik akan merumuskan seseorang untuk terbawa ke dalam pergaulan bebas.

 

2. Taraf Pendidikan Keluarga yang Rendah

Taraf pendidikan keluarga yang rendah merupakan penyebab adanya pergaulan bebas yang terjadi bagi seseorang. Salah satu contoh dari adanya taraf pendidikan yang rendah dapat menyebabkan pergaulan bebas adalah adanya izin yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya yang masih dibawah umur untuk berpacaran tanpa adanya pengawasan dari orang tua. Tentunya hal ini akan menjadi penyebab anak tersebut terjerumus kedalam hal yang negatif seperti pergaulan bebas.

 

3. Kurangnya Perhatian dari Orang Tua

Perhatian serta nasehat ataupun saran yang diberikan oleh orang tua merupakan hal yang sangat penting supaya seorang anak tidak tidak menjadi seseorang yang diluar dari keinginan orang tua. Oleh karena itu kurangnya perhatian yang diberikan oleh orang tua dapat membuat anak bisa untuk bertingkah laku menjadi apapun yang dia inginkan. Hal tersebutlah tentunya dapat memicu terjadinya pergaulan yang kurang baik.

 

4. Keadaan Keluarga yang Tidak Harmonis

Masalah yang terjadi di keluarga serta Apabila anak mengetahuinya maka tentunya akan mengganggu mental pikiran atau psikis seseorang anak dapat menjadi terganggu. Penjelasan utamanya yaitu apabila dalam keluarga yang tidak harmonis maka seseorang akan mencari perhatian lain yang diinginkan yang mana jauh lebih baik menurut dia daripada keluarganya. Dalam kata lain anak tersebut berusaha untuk mencari kebahagiaan nya tersendiri dibandingkan di dalam rumah. Faktor tersebutlah yang menyebabkan seseorang anak menjadi terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

 

5. Keadaan Ekonomi Keluarga

Faktor dari adanya pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja Salah satunya yaitu keadaan ekonomi keluarga yang rendah. Faktor ekonomi yang rendah dapat menjadi pendorong seseorang terjerumus kedalam pergaulan bebas salah satunya seperti remaja yang putus sekolah karena kurang dalam hal biaya. hal tersebut dapat faktor pengaruh Karena kurangnya pengetahuan dan ilmu pembelajaran yang diberikan kepada anak sehingga anak tersebut sulit untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

 

6. Penyalahgunaan Internet

Semakin berkembangnya zaman serta semakin pula bertambah modern pula alat-alat sederhana yang dapat membantu kehidupan manusia sehari-hari. Salah satunya gadget yang mana tidaklah asing bagi para remaja untuk menggunakannya. Gadget yang digunakan oleh para remaja pasti memiliki koneksi internet titik yang mana apabila internet tersebut digunakan secara tidak semestinya tentu dapat menjadi faktor seorang anak terjerumus ke dalam hal yang negatif serta masuk ke dalam pergaulan bebas.

 

7. Kurangnya Kesadaran Bagi Remaja

Adanya dampak yang diberikan dari pergaulan bebas belum secara keseluruhan diketahui oleh para remaja serta para remaja yang belum mengetahui dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari adanya pergaulan bebas masih berani untuk melakukan pergaulan bebas serta bertingkah laku menjadi seperti apa yang mereka inginkan.

Baca Juga: 15 Cerita Cinta Romantis Remaja.

 

Contoh Contoh Pergaulan Bebas

Seperti yang telah dijelaskan di atas sebelumnya bahwa pergaulan di Indonesia terutama yang menyerang kalangan remaja sudah semakin meresahkan. Dalam kehidupan sehari-hari terdapat pula kegiatan yang sering ditemui akibat adanya pergaulan bebas yang menyerang para remaja. Contoh-contoh pergaulan bebas dikalangan di antaranya yaitu:

  1. Tawuran antar sesama pelajar bagi kita dengan adanya adu pukul ataupun dengan menggunakan senjata tajam.
  2. Keluar rumah, serta memutuskan untuk hidup di jalanan dan putus sekolah.
  3. Melakukan seks bebas serta melakukan perbuatan zina diluar nikah tanpa adanya pengawasan serta sering berganti-ganti pasangan.
  4. Merokok, minum-minuman keras serta menggunakan obat-obatan Terlarang seperti narkoba.
  5. Berfoya-foya atau clubbing itu berkunjung ke diskotik atau klub malam yang mana tempat itu merupakan gerbang menuju kearah pergaulan bebas. Clubbing adalah hiburan malam yang umumnya tidak dibatasi dengan norma-norma sosial masyarakat menganut budaya timur.

 

 

Dampak Pergaulan Bebas

Kegiatan yang menyimpang dari aturan atau yang disebut dengan nama pergaulan bebas dapat menyebabkan pengaruh buruk bagi siapapun yang terjerumus ke dalamnya. Yang pasti dampak dari kegiatan tersebut dapat berpengaruh negatif bagi diri sendiri maupun orang-orang di sekitarnya. Dampak dari adanya pergaulan bebas seperti:

 

1. Adanya Seks Bebas

Dampak yang pertama yang merupakan pengaruh dari pergaulan bebas adalah adanya seks bebas. Hal tersebut dapat berujung pada kehamilan diluar nikah dan hal ini sudah sangat sering kita jumpai bahkan banyak orang di lingkungan sekitar kita yang mungkin terjerumus dalam kasus seperti itu. Itulah yang dapat membahayakan diri sendiri serta orang lain yang timbul dari adanya pergaulan bebas.

 

2. Hubungan Keluarga yang Renggang

Hal tersebut dapat terjadi karena adanya komunikasi yang jarang antara orang tua kepada anaknya dan menyebabkan anak tersebut menjadi kehilangan rasa hormat kepada orang tua. Hal itu menyebabkan seorang anak menjadi putus komunikasi dengan keluarga sendiri.

 

3. Kriminalitas Meningkat

Orang yang terjerumus kedalam pergaulan bebas akan melakukan apapun yang dianggap olehnya itu benar. Seseorang yang terjerumus kedalam pergaulan bebas akan melakukan segala cara agar apa yang diinginkannya dapat terwujud. Hal tersebut dapat memicu nya tindak kekerasan atau lainnya seperti pencurian perampokan bahkan sampai berujung pembunuhan.

 

4. Menurutnya Prestasi

Seorang anak yang telah terjerumus kedalam pergaulan bebas anak tersebut akan memiliki sifat yang cenderung malas untuk meraih prestasi. Seperti memutuskan untuk keluar dari sekolah dan mencari kesenangan sendiri yang dianggapnya benar.

 

5. Ketergantungan Obat

Seseorang yang terjerumus dalam pergaulan bebas tentunya tidak akan segan-segan untuk mencoba hal-hal yang dilanggar oleh agama ataupun peraturan lainnya. Seperti menggunakan obat-obatan terlarang yang mungkin awalnya dimulai dari coba-coba atau diajak oleh teman ataupun orang terdekatnya namun kemudian berakhir ketagihan atau ketergantungan. Jika terjadi seperti itu akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian karena ketergantungan obat-obatan terlarang.

 

6. Kesehatan Menurun

Penyebab dari adanya pergaulan bebas yang berikutnya adalah kesehatan menurun. Seseorang yang terjerumus kedalam pergaulan bebas serta sering untuk melakukan seks bebas maka akan terserang penyakit HIV AIDS karena sering berganti-ganti pasangan dan melakukan hubungan seks. Hal tersebut dapat merusak generasi bangsa untuk bisa membanggakan negara.

 

7. Dosa

Seseorang yang terjerumus kedalam pergaulan bebas tentunya akan bertindak seenaknya tanpa menghiraukan adanya peraturan serta larangan-larangan yang telah ditetapkan oleh karena itu orang yang melakukan tindakan melanggar peraturan dari sebuah agama akan menimbulkan dosa.

 

 

Cara Mengatasi Pergaulan Bebas

Namun terdapat cara untuk mengatasi adanya pergaulan bebas yang mana hal tersebut telah diterapkan dapat mengurangi seseorang untuk tidak terjerumus ke dalam bebas. Beberapa cara untuk mengatasi para remaja melakukan pergaulan bebas seperti di bawah ini antara lain sebagai berikut.

 

1. Memiliki Kegiatan yang Positif

Apabila seseorang memiliki banyak kegiatan menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak bermanfaat atau yang cenderung menyimpang serta dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Karena apabila orang yang memiliki kegiatan positif akan fokus untuk melakukan kegiatannya tersebut dengan benar dan tidak memikirkan untuk melakukan hal lain.

 

2. Jujur Pada Diri Sendiri

Orang yang tidak akan terjerumus kedalam pergaulan bebas yang pasti merupakan orang yang yang memiliki sifat jujur terhadap apapun pada diri sendiri maupun orang lain. Diawali dari hal sekecil itu dapat membuat seseorang terhindar dari segala kegiatan yang memberikan pengaruh buruk.

 

3. Memperbaiki Cara Pandang

Apabila seseorang ingin terhindar dari adanya pengaruh buruk pergaulan bebas perlu adanya perubahan cara pandang bagi seseorang supaya lebih berpikir positif dan juga optimis. Tidak boleh untuk memikirkan hal-hal yang diluar Nalar yang dapat membawa kita terjerumus ke arah jalan yang salah yang mana Hal itu merupakan awal dari terjemahnya kita dalam pergaulan bebas.

 

4. Melakukan Sosialisasi

Pentingnya informasi yang diberikan kepada masyarakat mengenai pergaulan bebas dapat mengurangi banyaknya orang yang terjerumus kedalam pergaulan bebas. Terutama informasi mengenai bahaya yang ditimbulkan apabila seseorang terjerumus kedalam pergaulan bebas yang mana hal itu dapat merusak generasi bangsa.

 

5. Menjadi Pribadi yang Taat Agama

Apabila kita rajin melakukan ibadah serta taat akan perintah-perintah-Nya maka kita akan takut apabila melanggar larangan tersebut. Karena apabila kita taat kepada Tuhan maka kita akan takut untuk mencoba hal-hal yang bertentangan dengan aturan serta syariat agama.

 

6.  Berpikir Maju

Selalu memiliki sifat yang positif serta memiliki pikiran yang berorientasi ke depan merupakan salah satu cara untuk menjadikan seseorang tidak mudah terpengaruh serta terlena akan kesenangan sesaat yang mana hal itu dapat menjerumuskan seseorang ke dalam hal-hal yang tidak baik dan menuju kearah pergaulan bebas.

 

7.  Perbanyak Membaca

Orang yang sering membaca tentu akan memiliki banyak sekali pengetahuan pengetahuan baru dapatkan setelah membaca, sejarah tidak langsung hal itu dapat menjadikan seseorang menjadi pribadi yang memiliki pemahaman lebih menjadi pribadi yang memiliki pemahaman lebih tentang berbagai informasi terutama mengenai pergaulan bebas. Hal itu dapat membuat seseorang tidak mudah untuk terjerumus ke dalam hal yang negatif.

 

8. Menjaga Keseimbangan Hidup

Seseorang yang bisa untuk mengontrol pola pikir, waktu, serta dapat mengontrol emosinya untuk dapat menjadikan kehidupan yang dijalankan sehari-harinya menjadi lebih bermanfaat.

 

9. Mengurangi Menonton Acara yang Tidak Baik

Pentingnya suatu acara yang merupakan tuntunan bagi kamu untuk menjalankan kehidupan sehari-hari. Acara yang baik pasti akan memberikan dampak yang baik pula bagi penonton dan sebaliknya yang buruk dapat menyebabkan seseorang melakukan tindakan untuk meniru acara tersebut. Acara yang dapat menyebabkan seseorang menjadi terjerumus kedalam pergaulan bebas seperti acara yang mengandung unsur kekerasan dan juga pornografi.

 

10. Menjalin Komunikasi yang Baik

Adanya komunikasi yang baik antara teman ataupun keluarga harga dan orang-orang terdekat di lingkungan sekitar kita dapat menghindarkan kita untuk bisa berpengaruh dalam hal-hal yang sifatnya menyimpang yang mana hal tersebut dapat menyebabkan pengaruh buruk dan juga menuju ke arah pergaulan bebas.

 

Demikian penjelasan mengenai pergaulan bebas mulai dari pengertian ciri-ciri dampak serta cara mengatasi dan menghindarkan diri dari tindakan pergaulan bebas. Pergaulan pergaulan bebas banyak korban di kalangan remaja oleh karena itu untuk menghindari hal tersebut maka Dekatkanlah diri dengan Tuhan Yang Maha Esa agar kita menjadi pribadi yang baik dan senantiasa dalam lindungan-Nya.


Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

 


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *