Sejarah Perkembangan Islam Di Indonesia

By Arwina Nur Dyah Utami -

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang mana mayoritas dari penduduknya menganut kepercayaan sebagai Muslim atau beragama Islam. Berbicara mengenai sejarah perkembangan Islam di Indonesia, tidak terlepas dari adanya peranan warga negara asing yang masuk ke Indonesia dan mulai memperkenalkan agama Islam.

Masuknya Islam ke Indonesia terbagi menjadi beberapa kelompok penjelasan. Terdapat tiga teori yang menjelaskan an-nas sukanya agama Islam ke negara Indonesia. Dari masing-masing teori memiliki penjelasan yang berbeda mengenai cara masuk agama Islam ke Indonesia. Teori-teori tersebut antara lain yaitu teori Gujarat (India), teori Persia (Iran), dan teori Arab.

Dari penjelasan ketiga teori tersebut sama-sama menjelaskan tentang perkembangan Islam di Indonesia yang dilakukan oleh para pedagang ahli agama. Semenjak agama Islam masuk ke negara Indonesia banyak perubahan yang terjadi pada tatanan kehidupan di dalam masyarakat.

Dan semenjak berdirinya kerajaan-kerajaan Islam di negara Indonesia yang menjadikan agama Islam menyebar luas sampai seluruh wilayah Indonesia. Dari situlah perkembangan Islam di Indonesia terus mengalami kemajuan yang pesat sampai saat ini.

 

Perkembangan Islam di Indonesia

sejarah masuknya islam

Perkembangan Islam di Indonesia disebarkan melalui kegiatan yang damai, yaitu melalui perdagangan, pendidikan, budaya dan pernikahan. Perkembangan Islam di Indonesia tidak disebarkan melalui peperangan ataupun kekerasan sehingga masyarakat Indonesia lebih mudah menerima kedatangan agama Islam masuk ke wilayah Indonesia.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai perkembangan Islam di Indonesia mulai dari perjalanan an-nas suka Islam ke Indonesia seperti berikut ini.

 

1. Masuknya Islam Ke Indonesia

Secara umum terdapat tiga teori yang menjelaskan mengenai masuknya Islam ke Indonesia. Dan penyebaran dari ketiga teori tersebut umumnya memiliki proses yang sama atau cara penyebaran yang sama. Masuknya Islam ke Indonesia didukung oleh teori seperti perdagangan, pendidikan dan perkawinan.

 

2. Munculnya Krajaan-Kerajaan Di Indonesia Yang Bercorak Islam

Kerajaan yang ada di Indonesia yang bercorak Islam pertama adalah kesultanan samudera pasai, kerajaan ini terletak di wilayah pulau Sumatera tepatnya berada di pesisir pantai utara yang dijadikan sebagai pusat dari pemerintahan Kerajaan samudra pasai di dekat Lhokseumawe.

Kerajaan samudra pasai merupakan salah satu tu kerajaan yang bercorak Islam di Indonesia yang kemudian terdapat pula kerajaan Islam lainnya yang berdiri mulai dari Pulau Jawa sampai ke wilayah Indonesia bagian timur.

Baca Juga : Penjelasan Norma Agama Lengkap

 

3. Pengaruh Masuknya Penjajah Pada Tatanan Masyarakat Indonesia

Setelah masa kerajaan di Indonesia berlangsung munculah masa di mana Indonesia pada saat itu dijajah oleh eh negara asing. Pada waktu itu kebebasan untuk berpolitik, berekonomi terutama kebebasan untuk dapat beragama dan kebebasan untuk dapat bertahan hidup sulit untuk ditemukan.

Dalam hal ini ini masyarakat umat muslim turut serta mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia untuk dapat terbebas dari penjajahan.

 

4. Masa Abad Ke-20

Pada masa awal abad ke-20 ini para umat muslim di Indonesia mencoba untuk kembali bangkit dari keterpurukan sejarah sebelumnya mengenai penjajahan di Indonesia yang dilakukan oleh negara Belanda.

Hal ini berhubungan dengan perkembangan Islam di Indonesia, dimana para umat Islam mendirikan gerakan umat Islam agar dapat membebaskan diri dari kolonialisme dan imperialisme barat secara global.

Seiring perkembangan zaman banyak organisasi organisasi yang didirikan oleh masyarakat Indonesia terutama oleh umat Islam. Seperti misalnya organisasi yang berlandaskan agama dan sosial.

Contoh dari organisasi yang berlandaskan sosial dan agama yang bermunculan yaitu persatuan Islam di kota Bandung, Nahdlatul ulama di Kota Surabaya, Serikat dagang Islam di kota Bogor. Dan masih banyak lagi organisasi lainnya yang secara tidak langsung dapat membangun rasa nasionalisme bangsa Indonesia.

Dalam perkembangan Islam di Indonesia pada masa penjajahan Jepang, terdapat beberapa pendapat yang disampaikan oleh para ahli bahwa para organisasi Islam diberikan akses lebih untuk dapat lebih berkembang. Akan tetapi sebagian pendapat lainnya Jepang memiliki maksud tersendiri.

Setelah Jepang dapat dikalahkan oleh sekutu, pada masa itu tokoh-tokoh pergerakan Indonesia segera mengambil keputusan untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia ditengah terancamnya bangsa Jepang. Pada awalnya beberapa tokoh pergerakan Indonesia agama Islam dijadikan sebagai dasar negara Indonesia.

Akan tetapi, usulan tersebut ditolak oleh beberapa tokoh lainnya yang lebih memilih Pancasila untuk dijadikan sebagai dasar negara.

 

5. Keberadaan Islam di Akui Oleh Bangsa Indonesia Pada Selain Bidang Perpolitikan

Pertentangan dan perlawanan dari para umat Islam yang anti pemerintahan dibuktikan dengan terciptanya gerakan seperti DI/TII yang ada di beberapa daerah. Kemudian terdapat bidang lain yang salah satunya adalah pendidikan Islam yang masuk di sekolah sekolah formal, yang dijadikan sebagai pelajaran agama dari tahun 1946.

Kemudian setelah itu bermunculan pula susunan buku mata pelajaran agama yang ada di jenjang madrasah yang mengikuti pelajaran jenjang sekolah umum. Adanya peningkatan kurikulum madrasah serta terbentuknya sekolah agama Islam untuk hakim dan guru.

 

6. Masa Akhir Abad Ke-20

Pada masa ini kemajuan dan perkembangan Islam di Indonesia semakin pesat yang ditandai dengan berdirinya Majelis ulama Indonesia pada tahun 1975. Selain itu terdapat pula lembaga-lembaga dan juga organisasi Islam yang mulai didirikan seperti organisasi masa Islam, dan lembaga keuangan Islam.

Baca Juga : Sejarah Perang Salib

 

 

Perkembangan Islam di Indonesia Pada Masa Modern

berkembangnya islam di indonesia

Semakin majunya perkembangan zaman maka perkembangan Islam di Indonesia juga semakin pesat, hal tersebut dapat kita lihat dari berbagai bidang misalnya seperti beberapa pendapat yang disampaikan oleh para ahli pada ada bidang politik, bidang seni dan masih banyak lagi.

Perkembangan Islam di Indonesia pada masa modern, tindakan, pola pikir serta sikap dari manusia disesuaikan dengan zaman yang ada ada. Semakin majunya zaman maka semakin berubah pula kehidupan sosial dari masyarakat. Misalnya seperti pada akhir abad pertengahan umat Islam mundur karena disebabkan oleh penguasaan dari para kaum imperialis barat dan juga kolonialis.

Kemunduran para umat Islam tidak hanya dialami di Indonesia saja Jakarta tapi juga secara global. Akan tetapi setelah masa itu, para umat Islam kembali bangkit semakin perkembangan zaman dengan pola pikir serta sikap yang disesuaikan.

Pada abad ke-20 negara Indonesia masih dalam kondisi dijajah oleh bangsa asing. Dan berita mengenai bangkitnya para umat Islam mulai bermunculan yang menyebabkan umat Islam di Indonesia pun menjadi semangat dan dapat mendirikan kembali gerakan-gerakan untuk dapat bangkit serta membebaskan diri dan merdeka.

Hal tersebut juga dialami oleh para umat Islam yang mulai bangkit dan kembali bermunculan organisasi organisasi sosial seperti misalnya organisasi syarikat Islam, persatuan Islam, Muhammadiyah dan yang lainnya yang berlatar belakang agama.

Organisasi-organisasi sosial tersebut lah yang menjadi tombak untuk organisasi Islam lainnya berdiri. Di mana organisasi yang telah disebutkan di atas merupakan organisasi yang memulai perkembangan Islam di Indonesia pada masa modern. Kemudian masalah itu mulailah bermunculan organisasi organisasi Islam yang lainnya seperti misalnya Nahdatul Ulama (NU) dan masih banyak lagi.

 

 

Perkembangan Islam di Indonesia Pada Masa Sekarang Ini

berkembangnya islam di indonesia

Pada abad ke-21 yang merupakan masa sekarang ini, yang merupakan era globalisasi si si dan berbagai informasi si dapat diakses secara bebas. Perkembangan Islam di Indonesia sekarang ini juga semakin maju. Hal tersebut dikarenakan pada masa sekarang ini ni internet sudah tersebar di seluruh wilayah dan maraknya penggunaan sosial media.

Kemajuan zaman memberikan fasilitas yang lebih pula kepada para masyarakatnya. Akan tetapi hal tersebut juga perlu diwaspadai oleh manusia karena na-eun fasilitas yang ada tidak selamanya akan memberikan bentuk yang positif kepada manusia, akan tetapi terdapat pula sisi negatif dari berkembangnya layanan informasi dan juga komunikasi apabila digunakan dengan tidak bertanggung jawab.

Pada sisi perkembangan Islam di Indonesia di masa sekarang ini pulau yang memanfaatkan kecanggihan media sosial untuk menyebarkan dakwah serta nilai-nilai Islam. Pada satu sisi banyak pula masyarakat yang memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan melakukan hal-hal yang positif salah satunya dengan berbuat kebaikan melalui media sosial.

Baca Juga : 10 Kerajaan Islam Pertama di Indonesia

 

 

Faktor Perkembangan Islam di Indonesia

Agama Islam yang masuk ke wilayah Indonesia akan menyebabkan adanya perubahan budaya ya di Indonesia. Budaya lokal yang dulunya ada di Indonesia telah lama berubah menjadi budaya Islam. Pada saat itulah dakwah dan ajaran Islam mulai mudah diterima oleh masyarakat Indonesia.

Tentu hal tersebut tidak terlepas oleh beberapa faktor yang mempengaruhi mudahnya Islam dapat diterima di Indonesia. Berikut ini merupakan faktor perkembangan Islam di Indonesia.

  • Bagi masyarakat yang ingin memeluk agama Islam, syarat yang dibutuhkan tidaklah sulit. Cukup melafalkan 2 kalimat seperti “aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah”.
  • Agama Islam mengajarkan ajaran yang cukup sederhana mudah diterima dan mudah untuk dimengerti.
  • Kekuatan pada bidang politik pada pedagang muslim banyak berasal dari kalangan menengah atas.
  • Agama Islam disebarkan dengan cara damai.
    Upacara keagamaan Islam tidaklah sulit dan sangat sederhana.
  • Agama Islam tidak mengakui kasta, yang mana agama Islam tidak membeda-bedakan seseorang dari kelompok sosial atau status masyarakatnya. Agama Islam mengajarkan kerukunan dan kebersamaan.
  • Banyak berpendapat bahwa muslim dianggap kuat pada bidang militer.
  • Runtuhnya kerajaan Majapahit dan kerajaan Sriwijaya merupakan penyebab kuatnya perkembangan an-nur jalan Islam yang pesat di wilayah Indonesia.
  • Agama Islam mengajarkan moralitas kepada para penduduk asli.
  • Agama Islam mengajarkan bahwa ibadah dapat dilakukan di mana saja asalkan tempat tersebut suci dan tidak harus menetap pada daerah-daerah tertentu.

 

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang perkembangan Islam di Indonesia. Saat ini cara penyebaran Islam sudah mulai banyak dilakukan melalui media sosial dengan cara cara menyebarkan nilai-nilai kebaikan dan dan pengetahuan kepada para masyarakat umum.

Semoga penjelasan yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan baru. Apabila terdapat kekurangan atau kesalahan Mohon dimaafkan.

Arwina Nur Dyah Utami
Arwina Nur Dyah Utami
Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Artikel Terkait

Manusia Purba
Manusia Purba
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Kolonialisme dan Imperialisme
Kolonialisme dan Imperialisme
Oleh Mexi Prizkia
Senjata Tradisional Indonesia
Senjata Tradisional Indonesia
Oleh Hanif Pramono
Masa Penjajahan Portugis
Masa Penjajahan Portugis
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Masa Penjajahan Belanda
Masa Penjajahan Belanda
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Revolusi Perancis
Revolusi Perancis
Oleh Hasif Priyambudi

Baca Lainya Tastynesia:
  1. Ayam Geprek Crispy
  2. Nasi Goreng Merah
  3. Nasi Goreng Padang
  4. Nasi Goreng Pattaya
  5. Nasi Goreng Hongkong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *