10 Permainan Bola Besar: Sejarah, Materi, Contoh

By

bola besar

Terdapat dua jenis permainan bola pada cabang olahraga itu permainan bola besar dan permainan bola kecil. Kedua jenis permainan bola tersebut termasuk ke dalam permainan bola yang cukup banyak dikenal dan digemari oleh para penggemar olahraga, dan sering menjadi salah satu bagian dari cabang turnamen atau perlombaan baik itu pada tingkat nasional ataupun tingkat internasional.

Pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai 10 permainan bola besar, mulai dari sejarah, materi dan contoh. Bagi para penggemar permainan bola besar tentunya sudah mengenal dan tahu apa saja olahraga yang termasuk ke dalam permainan bola besar. Tentunya cara bermain dan teknik yang digunakan oleh permainan bola besar berbeda dengan teknik atau cara yang digunakan oleh permainan bola kecil.

 

Pengertian Permainan Bola Besar

bola besar

Tentunya permainan bola besar sudah tidak asing lagi terdengar di telinga masyarakat dunia. Permainan bola besar merupakan salah satu cabang olahraga yang sudah cukup banyak digemari oleh para penggemar olahraga karena dalam permainan bola besar tersebut haruslah menggunakan tenaga yang ekstra, maka apabila seseorang ingin melakukan olahraga secara maksimal dapat dengan menggunakan permainan bola besar.

Untuk pengertian permainan bola besar sendiri adalah salah satu jenis olahraga yang dimainkan dengan cara menggunakan bola yang berukuran cukup besar dan memiliki diameter lebih dari 50 cm. Pada umumnya olahraga jenis ini biasa di mainkan dengan membentuk kelompok dan dilakukan di area sebuah lapangan.

Untuk dapat memainkan permainan bola besar secara umum sama dengan jenis permainan yang lainnya yaitu dengan menggunakan teknik dan memiliki aturan permainan masing-masing. Berikut ini terdapat beberapa jenis permainan bola besar yang perlu kamu ketahui, antara lain yaitu:

  • Bola Voli
  • Sepak Bola
  • Bola Futsal
  • Bola Basket
  • Bola Bowling

Jenis-jenis permainan tersebut tentunya sangat menarik dan sudah banyak pula yang memainkannya. Teknik bermain permainan bola besar berbeda-beda pada masing-masing jenis permainan dan bahkan tidak hanya melibatkan satu anggota saja, Naum terdapat pula yang melibatkan banyak anggota di dalam satu tim, masing-masing anggota dalam satu tim saling bekerja sama untuk membentuk suatu tim agar dapat menjadi juara dalam permainan bola besar tersebut.

 

 

10 Permainan Bola Besar

Setelah kamu memahami tentang pengertian permainan bola besar, kemudian selanjutnya akan diberikan 10 contoh permainan bola besar secara terperinci diantaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Bola Voli

bola besar

Permainan bola voli merupakan salah satu jenis cabang olahraga yang masuk ke dalam permainan bola besar. Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan. pada tahun 1895. Awal mula nama permainan bola voli ini adalah Minitonette. Darn permainan bola besar yang satu ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama volley ball.

Pengertian

Voli merupakan salah satu cabang olahraga yang menggunakan teknik bermain yaitu memindahkan bola melalui udara di atas net dengan tujuan agar bola tersebut dapat jatuh di daerah untuk mendapatkan poin. Pada permainan bola voli alat yang digunakan adalah bola khusus voli yang memiliki ukuran keliling lingkaran 6 cm dan berat bola tersebut adalah 260-280 gram. Selain bola permainan voli juga menggunakan net yang memiliki tinggi 2,24 untuk pemain putri dan 2,34 untuk pemain putra.

Jumlah Pemain

Dalam permainan voli terdiri dari dua tim dan dari masing-masing tim tersebut terdapat 6 anggota yang berlaku pada setiap permainan bola voli, baik itu dalam permainan bola voli putra atau pada permainan bola voli putri. Pertandingan bola voli dapat dimainkan dalam jangka waktu sampai salah satu tim bisa mencapai angka atau poin sampai 25.

Lapangan Bola Voli

Permainan bola voli dapat dilakukan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Lapangan yang digunakan oleh permainan bola voli memiliki ukuran 9×28 meter. Dalam setiap tim memiliki batas permainan batas serang untuk pemain belakang memiliki jarak 3 meter yang dihitung dari garis tengah. Sedangkan jarak garis menuju tepi lapangan adalah 5 meter.

Baca Juga : Permainan Bola Voli Lengkap

 

2. Sepak Bola

bola besar

Permainan sepak bola adalah salah satu jenis permainan bola besar yang cukup populer seluruh belahan dunia. Cara bermain permainan sepak bola ini yaitu salah satu tim haruslah mencetak gol sebanyak mungkin menuju ke arah gawang lawan. Set-upper pemain juga harus dapat mempertahankan gawangnya dari serangan lawan.

Jumlah Pemain

Sepak bola merupakan salah satu jenis permainan bola besar beregu dan dari tiap-tiap regunya terdiri dari 11 orang pemain. Pada setiap tim atau regu memiliki 1 orang kiper atau penjaga gawang yang mana pada peraturan permainan bola besar jenis ini sang kiperlah yang merupakan pemain yang hanya dapat diperbolehkan memegang bola saat permainan berlangsung.

Lama Permainan

Lama waktu permainan sepak bola ini terdiri dari dua babak di mana pada setiap babaknya berlangsung selama 45 menit, sehingga total waktu permainan dalam satu kali pertandingan adalah 90 menit. Dimana diantara dua jeda waktu tersebut terdapat waktu istirahat selama 15 menit. Apabila selama 90 menit tersebut masih seri maka akan di berikan waktu tambahan apabila memang diharuskan ada pemenang yaitu 2×15 menit.

Lapangan Sepak Bola

Ukuran lapangan yang digunakan dalam permainan sepak bola yaitu dengan panjang 100 sampai 200 meter dan memiliki lebar 65 sampai 75 meter, dengan bentuk persegi panjang. Data dapat ukuran gawang yang dimiliki oleh setiap tim yaitu dengan panjang 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter. Pada arwah gawang terdapat sebuah kotak yang dinamakan dengan kotak pinalti yang memiliki ukuran 40, 3 meter x 16,5 meter.

Baca Juga : Sejarah Sepak Bola Lengkap

 

3. Bola Futsal

bola besar

Permainan futsal  merupakan salah satu jenis permainan bola besar yang pada umumnya teknik dari yoga aturan dalam permainan bola futsal hampir sama dengan permainan sepak bola. Namum di antara keduanya terdapat perbedaan yang mencolok pada anggota dalam satu tim. Pada permainan kasti hanya beranggotakan 5 orang saja di dalam satu tim, dan memiliki jumlah pemain cadangan banyak adalah 7 orang.

Lapangan Bola Futsal

Permainan bola futsal memiliki ukuran lapangan dengan panjang 25 sampai 43 meter dan memiliki ukuran lebar 25 sampai 35 meter. Ukuran gawang yang digunakan dalam permainan bola futsal setinggi 2 meter memiliki lebar 3 meter. Untuk daerah pinalti pada lapangan futsal berbentuk busur dengan ukuran 6 meter dari jarak tiang gawang dengan titik penalti 6 meter dari titik tengah garis gawang.

Lama Permainan

Di dalam permainan futsal memiliki jangka waktu atau lama waktu yaitu 2 x 20 menit dan memiliki waktu istirahat selama 10 menit. Dan apabila terdapat perpanjangan waktu maka waktu akan ditambahkan 2 x 5 menit. Bola yang digunakan dalam permainan futsal merupakan bola yang berbeda dari bola yang digunakan dalam permainan sepak bola. Permainan futsal yaitu dengan keliling 62 sampai 64 cm.

 

4. Bola Basket

bola besar

Jenis permainan bola besar selanjutnya adalah bola basket. Permainan bola basket dilakukan oleh dua tim dalam satu pertandingan, dan dari masing-masing tim terdiri dari 5 anggota dengan anggota cadangan ya itu 5 orang. Dalam setiap pertandingan bola basket dipimpin oleh dua orang wasit, ysitau wasit referee dan wasit umpire.

Lama Pertandingan

Waktu pertandingan dalam setiap permainan bola basket adalah 4 x 10 menit orang yang ditetapkan berdasarkan ketentuan dari Federasi Bola Basket Internasional dan 4 x 12 menit berdasarkan ketentuan dari National Basketball Association. Dalam dalam setiap pertandingan memiliki jeda waktu selama 10 menit pada setiap babak. Apabila terdapat 2 tambahan babak maka istirahat babak tersebut selama 2 menit.

Lapangan Bola Basket

Terdapat 2 standar lapangan yang digunakan dalam permainan bola basket diantaranya yaitu 28,5 x 15 meter yang ditetapkan menurut National Basketball Association. Dan dengan ukuran 26 x 14 merupakan ketentuan yang ditetapkan oleh Federasi Bola Basket Internasional. Terdapat lingkaran yang ada di dalam lapangan basket dengan ukuran 1,8 meter.

Baca Juga : Permainan Bola Basket Lengkap

 

5. Bola Bowling

bola besar

Permainan bola voli merupakan salah satu jenis permainan bola besar yang dimainkan dengan cara menggelindingkan bola dari papan lempar. teknik untuk dapat menggelinding dan bola tersebut adalah dengan cara menjatuhkan bola yang disebut dengan strike. Olahraga bowling mungkin tidak terlalu populer di Indonesia. Namun kita dapat menemukan permainan bola bowling di dalam beberapa mall. Terdapat cara perhitungan poin dalam melakukan olahraga bowling diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Setiap pemain bowling harus memiliki 10 frame.
  • Setiap frame mempunyai dua kotak yang menandakan bahwa setiap kali bermain pemain hanya mempunyai dua kali kesempatan untuk melempar.
  • Frame memiliki kesempatan yang khusus 10 sampai dengan 3 kotak lemparan.
  • Pemain yang memiliki skor tertinggi disebut dengan perfect game.
  • Frame strike mendapatkan angka 2 dalam 1 kali lemparan dan tambahan angka satu lemparan berikutnya.

 

6. Bola Tangan

bola besar

Bola tangan merupakan salah satu jenis dari permainan bola besar. Permainan bola tangan terdiri dari 2 tim, yang masing-masing timnya beranggotakan 6 orang dengan 1 orang penjaga gawang. Secara umum teknik dan aturan yang diterapkan dalam permainan bola tangan ini hampir mirip dengan permainan sepak bola dan futsal. Di mana cara bermain bola tangan ini yaitu dengan memasukkan bola ke arah gawang namun dengan menggunakan tangan.

Waktu Permainan

Dalam satu kali bertanding pada permainan bola tangan memiliki jangka waktu selama 2 x 30 menit dengan waktu jeda istirahat selama 10 menit. Dan apabila terdapat waktu tambahan diberikan selama 2 x 5 menit, dengan waktu jeda istirahat 1 menit.

Lapangan Bola Tangan

Lapangan yang dijadikan sebagai tempat berlangsungnya permainan bola tangan memiliki ukuran 20 x 20 meter. Pada area sekitar gawang terdapat garis seluas 6 meter. Garis lemparan bebas pada bagian luar area gawang sejauh 9 meter atau 3 meter dari gawang. Sedangkan untuk garis penalti sejauh 7 meter.

Permainan bola tangan menggunakan 1 bola dalam setiap pertandingan. Gawang yang digunakan dalam permainan bola tangan yang setinggi 2 meter dengan lebar 3 meter. Ukuran bola yang digunakan dalam permainan bola tangan lebih kecil dibandingkan ukuran bola yang digunakan dalam permainan sepak bola.

Untuk pemain putri 8-14 tahun dan putra 8-12 tahun menggunakan bola yang berdiameter 50 sampai 52 cm dan memiliki berat 290 sampai 330 gram. Untuk putra yang berusia di atas 16 tahun bola yang digunakan berdiameter 58 sampai 60 cm dan memiliki berat 425-475 gram. Sedangkan untuk Putri di atas 14 tahun dan untuk remaja putra 12-16 tahun kegunaan bola yang berdiameter 54-56 cm dan memiliki berat 325-375 gram.

 

7. Polo Air

bola besar

Polo air juga termasuk kedalam jenis permainan bola besar permainan ini masih kurang populer di kalangan telinga masyarakat Indonesia khususnya. Namun olahraga ini merupakan salah jenis dari permainan bola besar. Permainan polo air sudah turnamen nasional seperti PON. Dan yang paling membanggakan yaitu atlet polo air asal Indonesia pernah mendapatkan medali emas dalam SEA Games tahun 2019.

Permainan bola besar polo air dimainkan dengan cara memasukkan bola kedalam gawang lawan. Namun terdapat hal yang menjadi kesulitan dalam melakukan olahraga ini yaitu cara memainkannya di dalam air.

 

8. Voli Pantai

bola besar

Berbeda dengan permainan bola voli jenis permainan bola besar yang tempat bermainnya berada di lapangan berpasir. Selain tempat pertandingan yang berbeda dengan permainan bola voli biasa, permainan voli pantai dalam satu tim juga hanya diisi oleh 2 orang anggota saja. Dan pada permainan voli pantai tidak ada pergantian pemain dalam setiap pertandingan. Sehingga dari awal sampai akhir permainan voli pantai akan terus dimainkan oleh orang yang sama.

 

9. Rugby

bola besar

Olahraga rugby merupakan salah satu jenis permainan bola besar yang pada umumnya hampir mirip dengan American football, akan tetapi di antara keduanya memiliki perbedaan. Olahraga rugby di Indonesia sendiri memang tidak terlalu familiar dan jarang terdengar di telinga masyarakat.

Jenis olahraga ini cukup populer di wilayah Eropa dan Amerika. Cara bermain olahraga rugby adalah membawa bola, melempar, atau menendang bola sampai menyentuh garis belakang pertahanan lawan untuk mendapatkan poin.

 

10. Sepak Bola Pantai

bola besar

Sepak bola pantai merupakan salah satu jenis yang hampir sama dengan permainan olahraga sepak bola. Apabila disamakan maka olahraga sepak bola pantai hampir mirip dengan olahraga futsal, namun permainan sepak bola pantai berada di lapangan berpasir.

Teknik atau cara bermain olahraga sepak bola pantai tidak diperbolehkan menggunakan alas kaki atau sepatu. Sistem untuk mendapatkan poin pada sepakbola pantai juga sama dengan cara bermain futsal, yaitu mencetak gol menuju kearah gawang lawan.

 

Itulah penjelasan tentang 10 permainan bola besar, dimana beberapa diantaranya merupakan olahraga yang populer dan bahkan sering kita mainkan. Semoga apa yang telah pintarnesia sampaikan dapat bermanfaat, apabila terdapat kesalahan baik dalam penulisan ataupun penjelasan, mohon dimaklumi.


Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

 


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *