Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Permainan Bola Voli: Teknik Dasar, Peraturan, dan Sejarah Bola Voli

5 min read

permainan bola voli

Permainan Bola Voli – Pasti diantara kamu sudah tidak asing lagi dengan permainan atau olahraga yang satu ini, permainan yang satu ini merupakan salah satu cabang olahraga yang sudah diajarkan kita sejak masih di Sekolah Dasar (SD). Bahkan olah raga yang satu ini sudah termasuk dalam cabang olahraga yang sangat populer di dunia. Permainan ini dimainkan oleh 2 (dua) tim, dimana masing – masing tim memiliki 6 orang anggota.

Permainan ini merupakan permainan lempar bola dari satu tim ke tim lawan, dengan cara begitu tim lawan juga harus melempar bola yang datang melewati net ke tim lainnya atau lawan. Bagi kamu yang menggemari olah raga yang satu ini, kamu harus tahu tujuan dari permainan yang sati ini. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menjaga bola yang terpantul supaya tidak jatuh ke tanah di area tim kita, serta berusaha menjatuhkan bola yang terpantul ke daerah tim lawan kita.

 

Teknik Bermain Bola Voli

Nah, sebelum kita membahas lebih dalam,, pintarnesia akan memaparkan terlebih dahulu mengenai teknik bermain bola voli. Teknik dasar bermain bola voli sangat penting, karena jika kamu ingin menguasai permainan ini, kamu harus terlebih dahulu menguasai teknik dasar permainan bola voli. Tapi, bukan hanya teknik saja yang perlu kamu kuasai untuk menguasai permainan bola voli, kamu juga harus memiliki kesiapan mental, kondisi tubuh yang fit, serta strategi yang pas.

Nah, berikut ini adalah 4 (empat) teknik dasar dari permainan bola voli. Tapi sebelum kita membahas lebih dalam mengenai teknik bermain bola voli, pintarnesia akan membahas lebih singkat terlebih dahulu. Teknik – Teknik dasar dari permainan ini dibagi menjadi 4 (empat) macam, yakni attacking, setting, serving dan passing. Berikut ini adalah beberapa teknik dasar yang perlu kamu kuasai supaya bisa bermain permainan bola voli secara mahir, di antaranya adalah:

 

1. Teknik Dasar Bola Voli Service

Dalam permainan bola voli, servis merupakan pukulan awal dari luar lapangan untuk memulai rally dalam suatu pertandingan bola voli. Ada beberapa teknik dasar service dalam bola voli, diantarnya adalah service lompat, service bawah, service samping serta service atas. Nah, berikut ini adalah penjelasan dari keempat service diatas.

  • Service Lompat, merupakan servis dengan cara melambungkan bola voli ke arah atas depan,setelah itu pemain melompat serta memukul bola voli saat di udara ke arah daerah lawan.
  • Service Bawah, merupakan servis dengan cara melambungkan bawah secukupnya (perlahan), setelah itu pemain memukul bola dari arah bawah bola dengan cara tangan pemain mengepal.
  • Service Atas, merupakan servis dengan cara melambungkan bola ke arah atas dengan ketinggian bola yang ideal, setelah itu pemain memukul bola dengan telapak tangan ketika bola voli berada pada atas kepala.
  • Servis Samping, merupakan servis bola voli dengan cara melambungkan bola dengan ketinggian secukupnya, setelah itu pemain memukul bola dengan cara menyamping sambil pemain tersebut memutar tubuh.

 

2. Teknik Dasar Bola Voli Passing

Dalam permainan bola voli, passing merupakan cara mengarahkan bola langsung ke daerah lawan ataupun memberikan umpan kepada rekan satu tim. Dalam permainan bola voli, ada 2 (dua) teknik passing yang sering dilakukan oleh para pemain bola voli, yakni:

  • Passing Bawah, merupakan passing yang dilakukan pemain saat menerima bola, dimana posisi bola oli lebih rendah dari posisi kepala pemain bola voli yang akan menerima bola tersebut. Teknik passing ini umumnya digunakan saat menerima servis dari lawan permainan.
  • .Passing Atas, merupakan passing yang bisa dilakukan saat menerima bola dimana posisi bola tersebut berada pada atas kepala pemain bola voli yang akan menerima bola tersebut. Teknik passing yang satu ini umumnya dilakukan saat memberikan umpan kepada rekan satu tim, tapi teknik ini juga bisa digunakan untuk menerima servis dari lawan.

 

3. Teknik Dasar Bola Voli Smash

Pada permainan bola voli, smash merupakan teknik menyerang dengan cara memukul bola sekeras mungkin supaya bola tersebut jatuh ke daerah lapangan lawan. Teknik smash bisa dilakukan dengan beberapa teknik, di antaranya adalah:

  • Push Smash (Third Tempo), merupakan teknik smash yang dilakukan saat setter memberikan umpan bola (passing) sangat tinggi, setelah itu penyerang berlari dan melompat ke arah bola, serta memukul bola ke daerah lawan.
  • Ace Smash, merupakan teknik smash yang dilakukan oleh seorang ace pada tim bola voli dengan cara melakukan pukulan yang keras ke daerah lapangan lawan.
  • Quick Smash (First Tempo), merupakan teknik smash yang dilakukan oleh pemain depan tengah. Teknik menyerang yang satu ini dilakukan saat seorang setter memberikan umpan (passing) dan si penyerang sudah melompat untuk memukul bola ke daerah lawan.
  • Semi Smash (Second Tempo), merupakan teknik smash yang dilakukan saat seorang setter memberikan umpan bola (passing) tidak terlalu tinggi, lalu penyerang yang akan memukul bola sudah mulai melompat setelah mengetahui arah bola serta kemudian memukul bola ke daerah lawan.
  • Pull Smash, merupakan teknik smash disertai dengan gerakan menipu lawan, sehingga membuat lawan menebak teknik serangan yang digunakan si penyerang, antara Quick Smash atau Semi Smash (yang tadi sudah dijelaskan).

 

4. Teknik Dasar Bola Voli Blocking

Dalam permainan ini, blocking merupakan salah satu teknik yang perlu dikuasai untuk memainkan permainan bola voli. Teknik ini merupakan teknik untuk menghalau serangan smash dari lawan, supaya bola tidak bisa melewati net dan terjatuh di daerah lawan. Teknik Blocking hanya bisa dilakukan oleh pemain yang berada di depan garis serangan. Sedangkan untuk pemain yang berada pada posisi belakang garis serang tidak diperbolehkan untuk melakukan blocking.

Teknik ini umumnya diberikan kepada pemain yang memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dibandingkan yang lainnya. Karena dengan posisi yang tinggi tersebut, bisa memudahkan pemain untuk menghalau atau membalikkan bola yang di smash oleh tim lawan.

 

 

Peraturan Permainan Bola Voli

Seperti olahraga yang lain, olahraga ini juga memiliki beberapa peraturan dasar yang ditetapkan oleh FIVB ( Fédération Internationale de Volleyball) dan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Berikut ini merupakan beberapa peraturan dasar dalam permainan bola voli, di antaranya adalah:

  • Jumlah pemain antar tim terdiri dari 6 (enam) orang.
  • Pemain wajib menggunakan pakaian olahraga dengan warna yang sama sesama satu tim, nomor dada dan nomor punggung harus ada.
  • Pergantian saat melakukan servis dilakukan searah dengan jarum jam.
  • Permainan dipimpin oleh 1 (satu) wasit dan dipimpin oleh 4 (empat) asisten wasit yang memiliki tugas untuk menjaga gratis dan 1 (satu) orang untuk mengatur skor pertandingan.
  • Masing – masing tim diberikan kesempatan untuk memainkan bola sebanyak 3 (tiga) x sentuhan, serta masing – masing pemain tidak diperkenankan untuk menyentuh bola lebih dari 1 (satu) x berturut – turut.
  • Poin bertambah jika bola masuk atau kena area bagian dalam atau garis pas lapangan.
  • Durasi permainan bola voli tergantung pada total poin pada 1 (satu) set, rally poin baru didapat saat sudah mencapai 15 poin.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai permainan bola voli, sejarah bola voli, peraturan bola voli, dan teknik dasar dalam permainan bola voli. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam menyelesaikan tugas penjasorkes, dan semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu mengenai permainan bola voli. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight