10+ Teknik Dasar Permainan Bola Voli: Service, Passing, Smash dan Blok

By

teknik dasar bermain bola voli

Teknik Permainan Bola Voli – Permainan bola voli perlu membutuhkan teknik serta penguasaan cara permainan yang baik untuk dikuasai oleh setiap pemain.

Teknik dasar yang baik meliputi beberapa faktor seperti kondisi fisik, mental, dan juga taktik, teknik dasar yang perlu dikuasai oleh setiap pemain yang paling utama adalah kekompakan dari seluruh pemain dalam satu tim.

Apabila di dalam suatu tim memiliki koordinasi yang baik antar pemain yang satu dengan pemain lainnya dengan dukungan dari penguasaan teknik dasar dari setiap pemain maka sudah dapat dipastikan tim tersebut memperoleh kemenangan dari tim lawan.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Teknik dalam permainanbola voli sangat penting untuk dikuasai oleh setiap pemain dalam permainan bola voli. Terdapat 5 teknik dasar bola voli yang akan dijelaskan seperti di bawah ini yaitu:

  1. Teknik Servis (Service)
  2. Teknik Passing bawah
  3. Teknik Passing atas
  4. Teknik Smash
  5. Teknik Blok
  6. Dorearm Passing
  7. Volleying
  8. Setting
  9. Screening
  10. Digging

Kelimateknik dalam permainan bola voli tersebut akan dijelaskan satu persatu secara detail seperti di bawah ini sebagai berikut.

1. Teknik Dasar Servis Bola Voli

Teknik dasar dalam permainan bola voli yang pertama yang sangat perlu untuk dikuasai adalah servis (service). Servis adalah penyajian bola voli yang pertama dalam permainan bola voli.

Hal yang perlu untuk diperhatikan dalam teknik servis adalah sikap badan dan juga pandangan, lambungan bola, serta waktu yang tepat pada saat memukul bola.

Servis yang merupakan teknik dasar dari permainan bola voli dapat dibedakan menjadi dua terdapat servis atas dan juga servis bawah. Servis atas dapat dibedakan menjadi di tenis servis, floating service, dan cekis.

Teknik Servis Bawah

Dalam setiap permainan terutama olahraga harga pasti terdapat teknik untuk mendukung pergerakan pemain supaya hasil dari pergerakan tersebut sesuai yang diinginkan. Dibawah ini merupakan teknik untuk melakukan servis bawah dalam permainan bola voli.

  1. Yang pertama pemain berdiri di kotak servis dalam posisi kaki kiri lebih maju dibandingkan kaki kanan.
  2. Kedua bola dipegang dengan menggunakan tangan kiri.
  3. Langkah selanjutnya bola kemudian dilambungkan namun tidak terlalu tinggi dan tangan kanan ditarik ke belakang-kebawah.
  4. Palu setelah bola melambung kira-kira setinggi pinggang, tangan kanan diayunkan dan diluruskan ke depan untuk memukul bola.
  5. yang terakhir tangan ditegangkan dengan posisi telapak tangan ke depan untuk mendapatkan pantulan secara maksimal, posisi tangan dapat menggenggam ataupun terbuka pada saat ingin memukul bola.

Baca Juga: Pengertian Sepak Takraw.

Teknik Servis Atas

Di atas telah dijelaskan mengenai teknik dalam melakukan servis bawah. Kemudian akan dijelaskan pula teknik untuk melakukan servis atas dengan tennis servis seperti dibawah ini.

  1. Sikap pertama yaitu posisi kaki kiri lebih ke depan dibandingkan dengan kaki kanan, dan kemudian lutut merendah.
  2. Langkah yang selanjutnya bola dipegang dengan menggunakan kedua tangan dan posisi tangan kiri menyangga bola serta posisi tangan kanan diatas bola.
  3. Kemudian lambungan bola ke atas dengan menggunakan kan tangan kanan sampai tinggi bola kira-kira setengah meter di atas kepala.
  4. Lalu tangan kanan ditarik ke belakang-atas hingga berada di belakang kepala.
  5. Lakukan gerakan memukul bola dengan pandangan fokus ke arah bola.
  6. Kemudian tarik tangan ke depan sampai mengenai bola dengan menggunakan kekuatan sepenuhnya agar bola melambung melewati net.

2. Teknik Passing Bawah Bola Voli

Yang dimaksud dengan passing dalam bola voli adalah usaha yang dilakukan oleh setiap pemain untuk mengoper atau mengarahkan bola ke teman lain satu tim dengan menggunakan teknik tertentu.

Teknik passing dalam bola voli sangat penting dalam serangan terhadap tim lawan. Di bawah ini merupakan teknik passing bawah bola voli sebagai berikut.

  1. Yang pertama yang perlu dilakukan dalam passing bawah bola voli adalah berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu dan lutut ditekuk.
  2. Langkah yang kedua adalah rapatkan kedua tangan kemudian luruskan sampai kedua jempol menjadi sejajar.
  3. Kemudian ayunkan kedua tangan secara bersamaan dari bawah ah ke atas hingga posisi tangan setinggi bahu.
  4. Lalu langkah selanjutnya yaitu lutut diluruskan pada saat bola mengenai kedua lengan tangan.
  5. Usahakan untuk bola terkenal dengan di atas pergelangan tangan.

3. Teknik Passing Atas Permainan Bola Voli

Selain teknik passing bawah passing atas juga diperlukan dalam setiap permainan bola voli. Akan dijelaskan pula teknik passing atas permainan bola voli sebagai berikut.

  1. Langkah pertama ma yaitu kedua kaki dibuka selebar bahu, kemudian lutut agak ditekuk, badan sedikit bungkuk ke depan dan berat badan bertumpu pada ujung kaki, seperti posisi kuda-kuda.
  2. pada saat bola datang tempatkanlah badan di bawah bola dengan tangan diangkat dan siku sedikit ditekuk. Telapak tangan terbuka lebar, dan kedua jempol serta telunjuk yang berdekatan membentuk setengah lingkaran atau segitiga.
  3. Pada saat bola sampai tepat di atas badan kita maka kemudian tangan ditekuk pada bagian siku dan pergelangan tangan. Posisi tangan berada agak sedikit di atas dahi. Pada saat bola jatuh tepat pada jari-jari tangan, lalu cari ditegangkan dan kemudian didorong dengan menggunakan gerakan kedua tangan yang dibantu dengan meluruskan siku. Hal yang dapat mempengaruhi pendorongan bola adalah ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah.
  4. Langkah terakhir adalah gerakan yang diakhiri dengan siku sedikit terangkat, pinggul dan lutut dinaikkan, serta kedua lengan lurus dan pandangan mengikuti arah dari pergerakan bola.

4. Teknik Smash Dalam Permainan Bola Voli

Teknik smash merupakan teknik serangan yang dilakukan oleh pemain dengan memukul bola secara keras sambil melompat yang diarahkan ke daerah lawan yang kosong.teknik smash merupakan teknik yang sangat perlu untuk dikuasai oleh setiap pemain khususnya pemain penyerang.

Teknik smash biasanya dilakukan pada pukulan ketiga setelah ah Tama yang dilakukan dengan passing bawah dan kedua dilakukan dengan passing atas kemudian finishing dengan menggunakan teknik smash.

Dalam melakukan teknik smash permainan bola voli terbagi menjadi 4 bagian yaitu terdiri dari awalan, tolakan, pukulan bola dan teknik saat mendarat.keempat teknik tersebut akan dijelaskan secara rinci di bawah ini sebagai berikut.

Awalan

  1. Untuk awalan langkah pertama yaitu posisi badan berada dalam jarak 2,5 sampai 4 meter dari posisi net.
  2. Kemudian tubuh rileks dan agak condong ke depan.
  3. Yang terakhir berat tubuh di seimbangkan dengan use kedua kaki.

Tolakan

  1. Yang pertama jari kaki dan tumit dihentakkan ke tanah atau lantai.
  2. Yang kedua posisi kedua lengan diayunkan ke arah depan.
  3. Telapak kaki pinggul dan juga badan digerakkan dengan serasi.
  4. Lakukan lompatan secara vertikal dan gerakan eksplosif.
  5. Pukulan bola
  6. pada saat bola berada diatas dengan jangkauan lengan sebagai pemukul.
  7. kemudian melanjutkan tangan dengan cepat dan pukul bola sekuat mungkin agar bola melambung tinggi.
  8. Kemudian telapak tangan menyentuh bola untuk memukulnya.
  9. Setelah memukul bola kemudian dilanjutkan dengan lengan melakukan gerakan ke arah garis setengah badan.
  10. Apabila pukulan benar maka akan menghasilkan bola yang cepat dan stop spin.

Sikap Mendarat

  1. setelah melakukan pukulan kemudian kembali ke posisi tubuh seperti semula dengan sikap sempurna.
  2. Usahakan supaya tubuh tetap rileks dan selalu siap apabila terjadi serangan selanjutnya.
  3. Mendarat dengan kedua kaki mengeper.
  4. dan yang terakhir adalah mendarat dengan menggunakan lutut dan jari kaki dilenturkan.

5. Teknik Blok Dalam Permainan Bola Voli

Teknik blok dalam permainan bola voli adalah teknik yang dilakukan untuk membendung serangan yang dilakukan oleh pemain lawan supaya bola tidak melewati net dan tetap berada di daerah lawan.

Teknik blok juga perlu untuk dikuasai oleh setiap pemain untuk permainan yang diberikan oleh lawan. Di bawah ini merupakan teknik blok dalam permainan bola voli.

  1. Pemain yang berada di dekat net dengan melakukan gerakan ke kanan dan juga ke kiri hal tersebut bertujuan untuk mendekati lawan yang melakukan serangan.
  2. Selalu bersikap siap untuk melakukan blocking yaitu posisi jongkok yang siap melompat dan posisi tangan di depan dada untuk membendung bola dari arah lawan.
  3. Kemudian pemain melompat ke arah atas dengan posisi rapat dan lurus ke atas untuk dapat membendung bola.
  4. Kemudian langkah terakhir adalah mendarat dengan menggunakan kedua kaki secara lentur.

Baca Juga: 15+ Teknik Dasar Sepak Bola dan Gambar: Lengkap 2020.

6. Forearm passing

Teknik Dasar Bola VOil Forearm Passing

Forearm passing adalah teknik dasar bola voli yang digunakan untuk mengoper bola ke pemain lainnya. Cara melakukan teknik ini adalah menggunakan lengan depan tangan untuk mengoper bola voli, tujuan teknik forearm passing adalah mengoper bola ke arah rekan tim.

7. Volleying

Teknik Dasar Bola Voli Volliying

Banyak orang yang mengira jika volleying dan setting adalah 2 (dua) teknik yang sama, tapi pada dasarnya kedua teknik tersebut berbeda. Volleying merupakan teknik mengoper bola ke pemain lain supaya rekan tim yang menerima bola bisa melakukan setting, teknik menggunakan daya lentur jari.

Bola yang datang ke rekan tim akan ditangkap dengan jari yang membentuk diamond-shaped.

8. Setting atau Assist

Teknik Dasar Bola Voli Volliying

Setting merupakan teknik dasar permainan bola voli yang digunakan sesudah pemantul bola pertama melakukan volleying. Setelah pemain pertama melakukan volleying, bola akan mengarah ke pemain kedua yang akan melakukan setting atau assist.

Pemain kedua mengatur gerakan dan putaran bola supaya pemain ketiga bisa melakukan serangan.

9. Screening

Teknik Dasar Bola Voli Screening

Teknik ini digunakan untuk menghalangi penglihatan lawan supaya rekan setim bisa melakukan teknik tertentu, tapi ternyata screening adalah teknik curang permainan voli, lhoo.

Teknik screening tidak dibolehkan untuk digunakan para pemain voli, alasannya adalah karena tidak merepresentasikan nilai sportivitas.

10. Digging

Teknik Dasar Bola Voli Digging

Blocking bukan satu-satunya cara yang bisa kalian lakukan untuk menghindari bola serangan lawan jatuh ke area main tim kamu. Teknik ini bisa juga disebut dengan teknik beach dig, deep dish, atau diving.

Pemain menggunakan teknik ini jika dalam keadaan darurat, contohnya seperti bola lawan hampir jatuh ke area tim kamu. Cara menggunakan teknik ini pemain akan melompat ke arah bola supaya bola tidak jatuh ke area tim kamu.

Sekian penjelasan dari teknik dasar permainan bola voli.Seperti yang telah kamu baca bahwa terdapat 5 teknik yang dijelaskan kali ini yaitu teknik servis teknik passing bawah teknik passing atas teknik smash dan yang terakhir adalah teknik blok.

Dari kelima teknik tersebut harus dikuasai secara benar oleh setiap pemain agar dapat memperoleh nilai yang unggul dari tim lawan. Selain teknik menjadi faktor kemenangan, bagi suatu tim kekompakan juga merupakan faktor terpenting agar dapat meraih nilai yang lebih tinggi dari lawan.


Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

 


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *