Permintaan dan Penawaran

Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang Permintaan dan Penawaran. Permintaan dan penawaran sendiri cukup melekat dalam lingkungan perekonomian, karena dua hal sangat mendasar di era perekonomian.

Sesuai namanya permintaan adalah sejumlah barang atau jasa yang akan dibeli untuk memenuhi kebutuhan dari berbagai tingkatan harga dan waktu tertentu di pasar ataupun dimana saja.

Penawaran sendiri bisa berupa barang yang ditawar atau jasa yang tersediadari berbagai tingkatan harga dan waktu tertentu di pasar ataupun dimana saja. Biasanya kedua hal ini ada dalam lingkungan jual beli atau tempat untuk mencari jasa atau menawarkan jasa.

Baca Juga : Pembangunan Ekonomi

  1. Pengertian Permintaan dan Penawaran
  2. Hukum Permintaan dan Penawaran
    1. Hukum Permintaan
    2. Hukum Penawaran
  3. Faktor Permintaan dan Penawaran
    1. Faktor - Faktor Permintaan :
    2. Faktor - Faktor Penawaran :
  4. Contoh Permintaan dan Penawaran
    1. Contoh Penawaran dan Permintaan
  5. Contoh Soal Permintaan dan Penawaran

Pengertian Permintaan dan Penawaran

Permintaan adalah suatu barang atau jasa yang ditawarkan untuk dibeli guna memenuhi kebutuh dari berbagai tingkatan harga dengan waktu tertentu dan bisa berubah sewaktu – waktu.

Sedangkan penawaran adalah suatu barang atau jasa yang tersedia dalam dunia pemasaran untuk dijual dengan tingkatan harga yang berbeda – beda.

Hukum Permintaan dan Penawaran

Berdasarkan pengertianya masing – masing, permintaan dan penawaran memiliki hukumnya tersendiri. Berikut hukum permintaan dan hukum penawaran.

Hukum Permintaan

Hukum permintaan menyatakan bahwa ketika harga suatu barang atau jasa yang mengalami penurunan, maka jumlah barang atau jasa tersebut akan naik secara signifikan. Sebaliknya ketika harga barang atau jasa meningkat, maka jumlah barang atau jasa tersebut akan berkurang.

Hukum Penawaran

Hukum permintaan menyatakan bahwa peningkatan harga barang atau jasa akan berpengaruh penawaran terhadap barang atau jasa tersebut yang meningkat. Sebaliknya dengan asumsi dari faktor – faktor lain yang dianggap tetap.

Baca Juga : Perdagangan Internasional

Faktor Permintaan dan Penawaran

Ada beberapa faktor – faktor permintaan dan penawaran, karena pada dasarnya manusia mempunyai kebutuhan yang berbeda – beda setiap harinya. Berikut faktor – faktor permintaan dan penawaran.

Faktor – Faktor Permintaan :

1. Barang Pengganti atau Subtitusi

Barang pengganti sangat berpengaruh terhadap jumlah barang dan jasa yang diminta saat barang utama dibutuhkan habis atau bahkan tidak ada.

Misal dari harga daging yang meningkat, masyarakat akan menganggap bahwa sayuran atau jenis ikan adalah sebagai barang pengganti daging dan dari daging tersebut akan dialihkan pembelianya melalui saran dari sayur atau ikan tersebut dan pada saat itu sayur atau ikan akan meningkat jumlahnya.

2. Pertambahan Penduduk

Semakin besar penduduk maka semakin besar juga barang atau jasa yang dibutuhkan. Karena permintaan terhadap barang atau jasa akan terus meningkat seiring berjalanya pertambahan masyarakat itu sendiri.

3. Distribusi Pendapatan

Jika suatu distribusi pendapatan terus merata dan terus diterima, maka jumlah permintaan terhadap barang atau jasa juga akan terus meningkat. Namun jika yang menerima hanya beberapa masyarakat atau kelompok makan akan mendapat pendapatan yang sedikit juga dan barang akan terus menurun.

4. Intensitas Kebutuhan

Jika suatu barang atau jasa semakin penting maka akan meningkat juga harganya. Artinya permintaan terhadap barang atau jasa tersebut dianggap penting dan akan terus meningkat dari sisi jumlah maupun harga.

5. Harga Barang

Harga sangat berpengaruh terhadap barang atau jasa. Karena jika barang yang dianggap penting dan mulai sulit dicari maka harga akan semakin meningkat. Sebaliknya dengan barang mudah dicari dan jumlahnya semakin banyak makan harga yang ditentukan sesuai dengan mudahnya barang yang dicari tersebut.

6. Selera

Selera dari kalangan masyarakat berbeda – beda terhadap lingkungan, barang, jasa dan pendidikan. Karena di era modern ini semua jenis apapun itu dapat dicari dan mudah disesuaikan dari individu yang mencari selera tersebut.

Baca Juga : Manajemen Keuangan

Faktor – Faktor Penawaran :

1. Harapan Harga Di Masa Mendatang

Jika produsen bisa menahan barang yang dianggap penting maka akan terlaku lebih menguntungkan karena barang yang dicari bisa sangat langka bahkan harganya bisa mencapai sangat tinggi. Biasanya barang akan dibatasi penjualanya guna mendapat keuntungan lebih di masa mendatang.

2. Kebutuhan Uang Tunai

Semakin banyak kebutuhan semakin juga uang yang dikeluarkan. Dalam perusahaan mendesaknya kebutuhan akan menghambat produksi barang atau jasa yang akan dipasarkan.

3. Biaya Produksi

Besar kecilnya biaya produksi dapat mempengaruhi jumlah dan harga jual barang. Jika barang yang diproduksi semakin terbatas maka harga dari barang tersebut bisa cenderung lebih tinggi.

Sebaliknya jika biaya produksi besar atau berarti banyak maka barang yang ditawarkan jauh lebih murah karena gampang dicari.

4. Teknologi

Semakin canggih suatu perusahaan menggunakan teknologi maka akan lebih efisien dalam menawarkan barang atau jasa yang diproduksi. Karena dalam era modern banyak dari perusahaan – perusahaan memanfaatkan teknologi untuk menambah keuntungan yang lumayan.

Contoh Permintaan dan Penawaran

Ada beberapa contoh dari permintan dan penawaran yang akan dijelaskan sebagai berikut.

Contoh Penawaran dan Permintaan

  • Di pasar kota terdapat pembeli sebagai permintaan dan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya melakukan kesepakatan dan terjadilah transaksi pada harga yang sudah ditentukan dari hasil tawar – menawar.
  • Ada pengunjung datang ke toko buku dan ia membeli novel seharga Rp 10.000. Dua bulan kemudian ia membeli lagi sebanyak 3 dengan harga Rp 30.000. Dan setiap bulanya ia bisa membeli novel sebanyak 2 seharga Rp 20.000.

Contoh Soal Permintaan dan Penawaran

Yang bukan merupakan ciri dari penawaran yaitu.

  1. Meningkat saat harga barang atau jasa tersebut meningkat
  2. Menurun saat harga barang atau jasa tersebut menurun
  3. Dipengaruhi oleh selera
  4. Dipengaruhi dengan teknologi
  5. Dipengaruhi dengan harapan akan harga di masa mendatang

Pembahasan:

Jawaban yang benar yaitu (c) dipengaruhi selera. Sebab, selera akan mampu mempengaruhi permintaan konsumen, tetapi tidak dapat mempengaruhi penawaran oleh produsen.

Kurang lebih itu penjelasan dari Permintaan dan Penawaran. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk terus mensupport Pintarnesia agar senantiasa memberikan info – info terupdate. Terima kasih atas kunjunganya.

Originally posted 2020-07-13 16:47:32.