Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Perubahan Sosial Budaya: Pengertian, Ciri, Bentuk, Contoh

7 min read

perubahan sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang sudah pasti selalu mengalami adanya perubahan sosial. Perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan sosial sejatinya bersifat dinamis pada manusia. Perubahan yang dapat kita alami sebagai makhluk sosial dapat berupa perubahan fisik ataupun perubahan intelektualisasi.

Perubahan sosial budaya ya yang kita alami sebagai makhluk sosial merupakan salah satu hal yang wajar. Perkembangan selalu dialami oleh manusia sebagai makhluk sosial, perkembangan tersebut agar manusia dapat menjadi seseorang yang lebih baik kedepannya atau justru malah menjadi lebih buruk dibandingkan dengan sebelumnya.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa perubahan sosial budaya merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tidak terlepas dari diri kita sebagai makhluk sosial.

 

Pengertian Perubahan Sosial Budaya

Secara umum pengertian perubahan sosial budaya adalah suatu tahap atau proses pergeseran yang dapat dibilang merupakan perubahan dari struktur dan tatanan yang ada di dalam masyarakat. perubahan yang terjadi dan dialami oleh manusia sebagai makhluk sosial dapat meliputi sikap, perubahan pola pikir, dan kehidupan sosialnya untuk bisa mendapatkan suatu kehidupan yang lebih layak.

Secara aspek terbentuknya perubahan sosial budaya merupakan suatu hal yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat yang mencangkup mengenai perubahan budaya yang ada di dalamnya serta terdapat pula perubahan nilai-nilai dan tata cara kehidupan dari yang tadinya tradisional menuju menjadi lebih modern.

 

 

Pengertian Perubahan Sosial Budaya Menurut para Ahli

Selain pengertian an sosial budaya secara umum yang telah dijelaskan di atas, terdapat pula para ahli yang menjelaskan pengertian atau mendefinisikan perubahan sosial budaya menurut pendapat dan gagasan mereka. Berikut ini yang merupakan pengertian perubahan sosial budaya menurut para ahli di antaranya yaitu:

 

1. L Gillin dam J. P Gillin

Terdapat pendapat yang yang dikemukakan oleh J.L Gillin dan J.P Gillin tentang pengertian perubahan sosial. Menurut J.L Gillin dan J.P Gillin pengertian perubahan sosial adalah variasi dari mode atau cara-cara cara hidup yang telah diterima.

Variasi yang diterima dapat berupa berbagai hal, seperti halnya perubahan kondisi geografis, komposisi penduduk atau ideologi, dapat disebabkan pula oleh difusi atau penemuan penemuan baru dalam suatu kelompok, dan dalam kebudayaan materil.

 

2. Kingsley Davis

Pengertian perubahan budaya kali disampaikan oleh Kingsley Davis. Beliau berpendapat tentang pengertian dari perubahan budaya yaitu dimana perubahan yang mencangkup keseluruhan cara berpikir dan tingkah laku yang muncul danau tersebut disebabkan karena adanya interaksi yang bersifat komunikatif.

  1. Kornblum
  2. Kornblum menyampaikan pendapatnya mengenai perubahan sosial budaya adalah perubahan suatu budaya yang dialami oleh masyarakat secara bertahap dalam jangka waktu yang lama.

 

3. Max Weber

Max Weber berpendapat tentang pengertian dari perubahan sosial budaya. Menurut dia pengertian perubahan sosial budaya adalah yang terjadi di dalam masyarakat sebagai akibat dari adanya ketidak sesuaian terhadap unsur-unsur yang ada didalamnya.

 

4. Selo Soemardjan

Pengertian perubahan sosial budaya menurut para ahli yang selanjutnya dijelaskan oleh Selo Soemardjan. Dirinya memiliki pendapat tentang pengertian dari perubahan sosial. Perubahan sosial adalah segala bentuk perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan yang ada di dalam suatu  masyarakat. Perubahan yang terjadi di dapat mempengaruhi sistem sosial bagi masyarakatnya.

Perubahan sosial dalam hal ini yang dimaksud adalah mencangkup mengenai nilai-nilai dan pola perilaku yang ada di antara kelompok-kelompok di dalam suatu masyarakat.

Baca Juga : 10 Faktor Pendorong Perubahan Sosial

 

 

Ciri – Ciri Perubahan Sosial Budaya

Setelah mengetahui pengertian tentang perubahan sosial budaya yang telah dijelaskan di atas. Untuk dapat memahami lebih jelasnya, terdapat ciri-ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh perubahan sosial budaya yang terjadi di dalam masyarakat. Berikut yang merupakan ciri-ciri perubahan sosial budaya antara lain yaitu:

  • Perubahan sosial budaya berlangsung atau terjadi secara terus-menerus dan selalu mengalami perubahan.
  • Semua manusia yang merupakan makhluk sosial selalu mengalami perubahan sosial budaya (masyarakat dinamis)
  • Perubahan sosial dapat terjadi pada bidang material atau immaterial.
  • Perubahan sosial budaya berlangsung secara cepat akan dapat menyebabkan adanya integrasi.
  • Perubahan sosial budaya selalu diikuti dengan perubahan perubahan sosial yang lainya.

 

 

Bentuk dan Contoh Perubahan Sosial Budaya

perubahan sosial budaya

Dolmen merupakan bentuk-bentuk perubahan sosial yang terjadi terhadap manusia sebagai makhluk sosial di dalam lingkungan masyarakat. Secara umum bentuk perubahan sosial budaya dapat diklasifikasikan menjadi 3 macam yang akan dijelaskan masing-masing jenisnya dibawah ini, antara lain adalah sebagai berikut:

 

1. Perubahan Cepat (Revolusi) dan Perubahan Lambat (Evolusi)

Berikut ini adalah pengertian dan contoh dari perubahan cepat (revolusi).

Pengertian Perubahan Cepat (Revolusi)

Perubahan cepat atau revolusi adalah perubahan yang terjadi secara cepat dalam waktu yang singkat. Akan tetapi ciri khas dari revolusi tidak hanya definisikan sebagai perubahan waktu yang cepat, akan tetapi mencakup juga mencangkup skala yang besar. Revolusi atau perubahan cepat menimbulkan dampak yang pada umumnya terhadap seni seni dari kehidupan masyarakat.

Contoh Perubahan Cepat  (Revolusi)

Contoh dari perubahan cepat atau revolusi misalnya seperti gerakan gerakan politik revolusioner berusaha untuk dapat membandingkan sistem politik yang mapan untuk dapat menggantikannya dengan suatu hal yang baru. Dengan kata lain revolusi dapat berorientasi pada suatu perubahan dengan sistem secara menyeluruh.

 

Berikut ini adalah pengertian dan contoh dari perubahan lambat (evolusi).

Pengertian Perubahan lambat (Evolusi)

Pengertian dari evolusi adalah perubahan sosial budaya yang berlangsung atau membutuhkan waktu yang lama terhadap prosesnya. Perubahan evolusi memiliki ciri-ciri atau karakteristik itu membutuhkan waktu yang lama dalam proses perubahan, bahkan banyak pula masyarakat yang tidak menyadari akan perubahan lambat atau evolusi yang terjadi.

Secara umum proses revolusi Tidak melibatkan kekerasan ataupun konflik karena evolusi terjadi di dalam lingkungan an8 skala yang kecil serta dampak yang diberikan pun relatif sedikit.

Contoh Perubahan lambat (Evolusi)

Contoh dari evolusi si antara lain seperti penggunaan uang kertas yang dijadikan sebagai alat pertukaran jual beli atau alat untuk untuk melakukan transaksi. Semakin berkembangnya zaman karena semakin majunya teknologi saat ini penggunaan uang kertas sudah mulai jarang digunakan, dan masyarakat sudah mulai beralih melalui internet banking atau ATM.

Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa semakin berkembangnya zaman proses barter sudah mulai jarang digunakan, kemudian beralih ke penggunaan uang kertas sampai uang elektronik.

Baca Juga : Penjelasan Konflik Sosial Lengkap

 

2. Perubahan yang Berdampak Besar dan Kecil

Berikut ini adalah penjelasan dari perubahan yang berdampak besar dan contoh perubahan berdampak besar.

Perubahan Berdampak Besar

Perubahan berdampak besar adalah perubahan yang hampir ear menyeluruh terhadap sendi-sendi kehidupan di dalam masyarakat dan struktur sosial masyarakat yang telah ada sebelumnya. Perubahan berdampak besar pada umumnya disebabkan oleh adanya faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar.

Contoh perubahan berdampak besar

Contoh dari perubahan yang berdampak besar misalnya seperti, pengelolaan sistem pertanian dengan menggunakan alat pertanian yang tradisional sampai dengan menggunakan mesin atau traktor yang biasa digunakan oleh masyarakat agraris yang merupakan perubahan dan membawa pengaruh yang begitu besar terhadap masyarakat.

 

Berikut ini adalah penjelasan dari perubahan yang berdampak kecil dan contoh perubahan yang berdampak kecil.

Perubahan Berdampak Kecil

Gerbang berdampak kecil adalah perubahan yang tidak berpengaruh langsung terhadap kehidupan masyarakat. Perubahan berdampak kecil tersebut dialami oleh salah satu apa apa unsur budaya di dalam masyarakat tanpa mempengaruhi unsur-unsur budaya yang lainnya. Dampak yang ditimbulkan dari perubahan kecil akan membuat masyarakatnya tidak terlalu menghiraukan hal ini.

Contoh Perubahan Berdampak Kecil

Contoh dari perubahan kecil misalnya perubahan terhadap model rambut, model pakaian, dan lain sebagainya tidak berpengaruh secara signifikan terhadap masyarakat secara keseluruhan.

Baca Juga : Gejala Sosial Lengkap

 

3. Perubahan yang Direncanakan dan Tidak Direncanakan

Berikut ini adalah perubahan yang direncanakan dan contoh dari perubahan yang direncanakan.

Perubahan yang Direncanakan

Perubahan yang direncanakan adalah perubahan yang telah dipersiapkan sebelumnya oleh masyarakat ke perubahan yang telah dikehendaki. Karena perubahan ini telah direncanakan secara matang maka perubahan ini dapat dilakukan.

Perubahan yang ada haruslah direncanakan terlebih dahulu. Perubahan dapat yang telah direncanakan sebelumnya merupakan perubahan yang di anggap baik oleh sebagian masyarakat akan tetapi, memberikan hal buruk kepada yang lainnya.

Contoh Perubahan yang Direncanakan

Maraknya virus Corona baru baru ini membuat pemerintah was was Dan merencanakan untuk membawa para WNI yang berada di Wuhan, Cina kembali ke Indonesia. Hal ini juga untuk menghindari para WNI terkena penyakit yang membahayakan tersebut.

 

Berikut ini adalah penjelasan dari perubahan yang tidak direncanakan dan contoh dari perubahan yang tidak direncanakan.

Perubahan Tidak Direncanakan

Pengertian perubahan yang tidak direncanakan adalah suatu perubahan yang dapat terjadi tanpa adanya kesengajaan atau secara tiba-tiba. Perubahan yang muncul bisa jadi merupakan perubahan yang tidak diinginkan oleh masyarakat, akan tetapi perubahan tersebut akan terjadi sesuai dengan kondisi.

Biasanya perubahan yang dilakukan oleh masyarakat berupa tindakan yang responsif terhadap berbagai dampak yang muncul.

Contoh Perubahan Tidak Direncanakan

Contoh dari perubahan sosial yang tidak direncanakan misalnya seperti terdapat suatu kota yang dulunya tidak pernah mengalami bencana banjir, akan tetapi sekarang hampir setiap hujan turun, kota itu selalu terendam banjir.

 

Demikian penjelasan pada kesempatan kali ini tentang perubahan sosial budaya. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat dan berguna serta menjadi ilmu tambahan yang bisa kamu dapatkan pada kesempatan kali ini. Apabila dalam penulisan artikel ini ada kalimat atau penjelasan yang kurang tepat mohon dimaafkan.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.
Baca Lainya PantaiNesia:
  1. Pantai Pink
  2. Pantai Bajul Mati
  3. Pantai Sari Ringgung
  4. Pantai Dewi Mandapa
  5. Pantai Parangtritis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight