Pola Lantai Tari: Pengertian, Jenis, Macam, Fungsi, Contoh Gambar

By


Menari mungkin menjadi hobi beberapa orang terutama perempuan namun tidak sedikit pula laki-laki yang menjadikan menari sebagai hobi. Tari yang saat ini sedang marak dipelajari oleh sebagian besar orang adalah tari modern, meskipun demikian masih banyak orang yang tetap mempertahankan tari tradisional.

Menari dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok, jika kita menari secara individu kita tidak perlu pusing memikirkan pola lantainya namun jika berkelompok kita harus menentukan pola lantainya agar pada saat menari posisi para penari tidak berantakan.

 

Pengertian Pola Lantai Tari

Pola lantai merupakan formasi atau posisi para penari pada saat menari. Jika digambarkan pola lantai ini dibagi menjadi dua jenis yaitu garis lurus dan melengkung yang didalamnya terbagi lagi menjadi beberapa cabang pola.

Baca Juga : Tarian Daerah dan Asalnya Provinsi Indonesia

 

 

Jenis Pola Lantai

jenis-jenis pola

Secara garis besar pola lantai terbagi menjadi dua jenis yaitu garis lurus dan melengkung namun didalam kedua jenis pola lantai tersebut masih terdapat beberapa cabang pola lagi didalamnya antara lain.

 

a. Garis Lurus

Berikut ini adalah beberapa jenis garis lurus, antara lain.

 

1. Vertikal

Pola garis lurus vertikal ini merupakan pola lantai yang formasinya adalah lurus memanjang baik kedepan maupun kebelakang, biasanya penari akan berbaris lurus jika menggunakan pola ini.

 

2. Horizontal

Pola garis lurus horizontal ini merupakan pola lantai yang formasinya sama dengan pola garis lurus bertikal hanya saja posisinya melebar alias memanjang ke samping kanan maupun kiri.

3. Diagonal

Pola garis lurus selanjutnya yaitu diagonal, pola ini merupakan pola lantai yang formasinya memanjang dari pojok ke pojok alias miring, pola lantai ini juga merupakan salah satu pola yang dapat memenuhi area panggung.

 

4. Bentuk Lain

Pola dengan bentuk lain ini maksudenya dapat berupa pla zig-zag, segitiga, segi empat dan yang lainnya yang dasarnya berbentuk garis lurus.

 

b. Garis Melengkung

Pola lantai garis melengkung ini merupakan pola lantai yang formasinya berbentuk lengkungan contohnya membentuk huruf U, membentuk huruf S, membentuk lingkaran dan yang lainnya yang dasarnya garis melengkung.

Baca Juga : Tari Adat Tradisional Jawa Tengah

 

 

Fungsi Pola Lantai

Pola lantai ini penting adanya dalam tari baik tari tradisional maupun tari modern, pola lantai pada tari memiliki fungsi sebagai berikut

  • Menambah nilai keindahan pada tari
  • Menjaga formasi para penari agar tidak berantakan
  • Untuk memudahkan menata gerakan tarian
  • Menciptakan keserasian dan kekompakan para penari
  • Memebntuk komposisi pada tari

 

 

Contoh Gambar Pola Lantai Tari

Untuk memahami lebih dalam mengenai pola lantai, berikut ini contoh gambar pola lantai tari dengan lengkap.

pola lantai

 

Demikian sedikit informasi mengenai Pola Lantai Tari mulai dari Pengertian, Jenis, Macam, Fungsi, Contoh Gambar. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.


Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Nasi Tumpeng
  2. Opor Ayam Kuning
  3. Dalgona Coffee
  4. Tongseng Sapi
  5. Rawon Daging Sapi
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *