Renang Gaya Bebas: Pengertian, Teknik, Latihan, Manfaat

By

Renang gaya bebas

Renang Gaya Bebas – Renang merupakan salah satu olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki beragam manfaat dan fungsi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Banyak bola orang yang olahraga renang air yang untuk bersantai atau sekedar hanya untuk hiburan. Di dalam olahraga renang sendiri terdapat berbagai macam jenis gaya, salah satunya adalah teknik renang gaya bebas.

Renang gaya bebas atau yang biasa disebut dengan istilah Crawl Stroke merupakan gaya renang yang pertama kali dilombakan pada tahun 1844 dan dalam perlombaan tersebut gaya yang paling difavoritkan adalah renang gaya bebas. Teknik renang gaya bebas sangat difavoritkan karena manfaat salah satu teknik yang mudah untuk dipelajari.

Jika kamu ingin mengetahui bagaimana teknik renang dengan menggunakan gaya bebas, berikut ini akan dijelaskan secara lengkap teknik renang gaya bebas sebagai berikut.

 

Pengertian Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas

Renang gaya bebas adalah melakukan teknik berenang dengan posisi dada menghadap ke arah permukaan air. Posisi kedua belah lengan tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan melakukan gerakan mengayuh, Sedangkan untuk kedua belah kaki secara bergantian di cambukan naik turun ke atas dan juga ke bawah. Gaya bebas merupakan salah satu teknik yang paling cepat diantara gaya-gaya yang lain.

Baca Juga : Teknik Dasar Permainan Bola Voli

 

 

Teknik Renang Gaya Bebas

Berikut ini merupakan teknik renang gaya bebas yang dapat kamu pelajari agar kamu juga bisa melakukan teknik renang gaya bebas dengan baik dan benar.

 

1. Posisi Tubuh

Posisi tubuh Saat ingin melakukan teknik renang gaya bebas yaitu posisi badan harus streamline. Pengertian streamline dalam hal ini yaitu posisi kepala sampai kaki sejajar lurus. Posisi ini merupakan awal mula dari posisi pada saat kamu ingin masuk ke dalam air.

 

2. Teknik Meluncur

Sama halnya dengan menggunakan teknik renang gaya jenis lainnya. Teknik renang gaya bebas bahkan juga sama seperti renang dengan menggunakan gaya punggung karena terdapat teknik meluncur. Meluncur dengan menggunakan teknik renang gaya bebas perlu dilatih untuk menghindari terjadinya kecelakaan ataupun cidera tubuh atau yang lainnya saat melakukan kegiatan berenang.

Untuk dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat akan melakukan renang dengan menggunakan teknik renang gaya bebas pada saat meluncur, langkah-langkah yang dapat digunakan sebagai latihan adalah sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama yaitu memposisikan diri dengan berdiri di tepi kolam renang dan posisi satu kaki berada menempel di dinding kolam renang.
  • Posisi tubuh kemudian dibungkukkan ke depan dan sejajar dengan permukaan air, kemudian kedua tangan diluruskan.
  • Untuk melakukan tolakan, kuatkan posisi kaki yang tadinya menempel di dinding kolam serta menjaga keseimbangan tubuh. Dan yang paling terpenting posisi tubuh harus tetap lurus.
  • Pastikan untuk posisi tangan dan posisi kaki tetap lurus sejajar dengan permukaan air hingga berhenti saat ingin melakukan renang gaya bebas.
  • Pada saat posisi tubuh dalam kondisi meluncur, ambillah nafas dengan menggunakan cara yang benar.

Langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas dapat dilakukan sebagai latihan secara rutin jika kamu ingin menguasai teknik renang gaya bebas. Lakukan Teknik ini secara terus-menerus supaya kecepatan kamu saat berada di dalam air bisa bertambah.

 

3. Teknik Lengan

Terdapat pula teknik renang gaya bebas yang dipusatkan pada gerakan lengan atau tangan. Terdapat dua jenis latihan yang yang penting untuk kamu lakukan saat ingin melakukan renang gaya bebas dengan baik dan benar. Latihan tersebut misalnya latihan saat berada di tempat dan pada saat berada di atas kolam untuk meluncur.

Latihan Di Tempat

Berikut ini merupakan teknik yang berhubungan dengan kedua lengan tangan untuk melakukan renang gaya bebas dengan benar.

  • Bersatu dengan melakukan latihan teknik gerakan lengan atau posisi tangan pada saat berada ditempat, hal tersebut dimulai dengan posisi tubuh berdiri dan sambil melambungkan tubuh serta posisi kedua tangan diluruskan.
  • Tangan kanan ditarik ke bawah seraya kamu menekan air sampai akhirnya posisi tangan berada di bawah tubuh.
  • Periksa tangan kanan sudah berada posisinya di bawah tubuh, lakukan dengan cepat untuk membengkokkan atau menekuk siku dan tangan diangkat.
  • Hal tersebut juga sama untuk dilakukan pada tangan kiri. Lakukan langkah tersebut secara bergantian pada tangan kanan dan juga tangan kiri.
  • Secara umum untuk melakukan gerakan ini dengan benar dibutuhkan latihan gerakan secara berulang atau konsistensi dalam berlatih untuk dapat melakukan latihan ini secara sempurna dan tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.

Latihan Saat Meluncur

Berikut ini adalah latihan saat meluncur, antara lain.

  • Pada saat akan melakukan latihan untuk meluncur, posisi kedua tangan pastikan dilempar terlebih dahulu ke depan secara bergantian tangan kanan dan tangan kiri. Kemudian melakukan gerakan mendayung untuk dapat memulai gerakan.
  • Pada saat mendayung dengan menggunakan kedua tangan yang secara bergantian, dan posisi tubuh agak dimiringkan sedikit.
  • Supaya menyeimbangkan laju  posisi tubuh dan dapat terus stabil maka posisi tangan dimasukkan ke dalam air 1 detik.

 

4. Teknik Kaki

Setelah kita melakukan ketika rangkaian latihan yang telah dijelaskan di atas seperti teknik meluncur, dan teknik posisi lengan yang baik. Kemudian selanjutnya kita akan membahas teknik latihan gerakan kaki agar renang gaya bebas dapat dilakukan dengan baik dan benar. Dalam teknik gerakan kaki tentunya dibutuhkan latihan langkah-langkah seperti berikut ini:

  • Latihan gerakan kaki dapat dilakukan dengan cara bersamaan pada saat waktu latihan meluncur.
  • Selain itu gerakan kaki juga dapat dilakukan dengan mengambil posisi berdiri dan tubuh menghadap ke dinding kolam, untuk kedua tangan memegang ke dinding kolam.
  • Posisi kedua kaki berada di belakang dan tubuh berada dalam posisi yang telungkup.
  • Lakukan gerakan terhadap kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian, dan selalu pastikan saat melakukan gerakan ini posisi kedua kaki selalu rileks dan tidak kaku. Karena apabila posisi kedua kaki kaku maka latihan gerakan pun juga menjadi tidak sempurna.
  • Lakukanlah latihan gerakan kaki yang diawali dari pangkal paha.

 

5. Teknik Pernapasan

Dalam melakukan tenang apapun jenis gayanya nya, tentunya teknik untuk melakukan pernapasan sangat penting dilakukan dalam hal ini. Bagaimana dengan menggunakan teknik gaya bebas pengambilan pernapasan pun juga sangat penting agar saat melakukan renang tubuh kita tetap rileks. Berikut ini merupakan teknik latihan an-nur melakukan pernapasan di dalam renang gaya bebas:

  • Saat kamu ingin mengambil nafas maka posisi kepala dimiringkan sampai mulut berada diatas permukaan air, dan ambillah nafas di atas permukaan air.
  • Setelah pengambilan nafas maka posisi kepala kembali masuk ke dalam air dan nafas yang tadi diambil di atas permukaan air dihapuskan.
  • Renang dengan menggunakan teknik gaya bebas pengambilan nafas hanya dapat dilakukan dengan menggunakan satu arah kepala. Maksudnya saat ingin mengambil nafas maka posisi kepala desain untuk berada di kiri atau dikanan saja.
  • Gerakan saat ingin mengambil pernapasan dilakukan secara bersamaan dengan posisi tangan mendayung.

 

6. Teknik Kombinasi Pernapasan Dan Gerakan Lengan

Untuk melakukan teknik yang selanjutnya adalah teknik pernapasan dan posisi untuk melakukan gerakan lengan dalam renang gaya bebas. Di bawah ini merupakan latihan atau langkah-langkah untuk melakukan kombinasi pernapasan dan posisi gerakan lengan:

  • Posisi siap awal pada saat gerakan meluncur akan dilakukan kan yang setelahnya melakukan gerakan tangan.
  • Kemudian setelah itu pengganti gerakan dan dilemparkan ke depan sambil dilakukan secara bergantian seperti yang telah dijelaskan pada teknik latihan lengan di atas.
  • Pada saat akan melakukan gerakan mendayung maka posisi kepala dimiringkan dan pengambilan nafas juga dilakukan pada posisi ini.
  • Mungkin setelah melakukan pengambilan nafas serta gerakan mendayung, muka kembali berada di bawah permukaan dan nafas sebutkan supaya posisi tubuh tetap rileks.
  • Lakukan gerakan tersebut secara terus menerus dan latihan yang dilakukan secara rutin serta konsisten maka nantinya akan menghasilkan gerakan yang sempurna.

 

7. Teknik Kombinasi Gerakan Lengan Dan Kaki

Posisi kaki dalam melakukan teknik renang gaya bebas perlu dilakukannya latihan supaya posisi kaki dan lengan dapat seimbang satu sama lain dan menciptakan satu kesatuan gerakan yang baik. Untuk melakukan teknik kombinasi gerakan lengan dan kaki, berikut ini penjelasannya:

  • Pertama, kedua kaki digerakkan ke atas dan ke bawah secara bergantian dan kemudian pangkal paha dijadikan sebagai pusat untuk melakukan gerakan.
  • Tarik lengan kanan ke bawah dada dan dilakukan sambil menekuk bagian siku, kemudian dilanjutkan dengan gerakan lengan kanan didorong ke belakang dan diluruskan.
  • Pada saat melakukan gerakan tersebut maka pastikan untuk telapak tangan dihadapkan ke belakang posisinya tepat berada di sisi paha.
  • Kemudian tangan kanan ditarik ke atas dan siku ditekuk, lalu telapak tangan dimasukkan ke depan sampai posisi telapak tangan lurus.
  • Tariklah lengan kiri ke bawah seperti yang telah dijelaskan di atas secara bergantian.

 

8. Teknik Koordinasi Kaki Dan Lengan Serta Pernapasan

Kemudian berikut ini merupakan teknik yang terakhir dalam melakukan renang gaya bebas, yaitu koordinasi kaki dan lengan serta pernapasan. Berikut ini merupakan teknik latihan untuk melakukan hal tersebut:

  • Pastikan posisi awal saat akan melakukan peluncuran di dalam posisi yang tepat.
  • Kemudian gerakan kaki dilakukan secara bergantian dan dipukulkan ke atas dan ke bawah.
  • Posisi lengan juga digerakkan dengan dilemparkan ke arah depan serta hal tersebut dilakukan secara bergantian.
  • Pada saat lengan berada pada posisi untuk mendayung maka kepala dimiringkan satu arah dan berada pada posisi diatas permukaan air untuk mengambil nafas. Setelah itu, buka kembali dihadapkan ke dasar air untuk menghapuskan nafas.

Baca Juga : Lompat Tinggi Lengkap

 

 

Latihan Renang Gaya Bebas

renang gaya bebas

Untuk dapat melakukan teknik-teknik yang telah dijelaskan di atas maka terdapat pula latihan dan juga tips untuk melakukan renang gaya bebas dengan benar. Berikut ini merupakan latihan renang gaya bebas yang perlu kamu ketahui.

  • Untuk melakukan renang gaya bebas maka posisi kaki harus terus bergerak dan tidak boleh berhenti, supaya laju tubuh tetap seimbang.
  • Posisi tangan kanan dan tangan kiri bergerak secara terus menerus dan dilakukan secara bergantian.
  • Posisi telapak tangan menghadap ke luar saat akan menyentuh ke permukaan air. Dan seakan-akan posisi ibu jari terlebih dahulu menyentuh permukaan air.
  • Saat akan mengambil nafas dan mengarahkan posisi kepala ke samping dilakukan secara cepat, dan kemudian posisi kepala langsung menghadap ke dasar air. Tanpa menunggu gerakan tangan dan gerakan kaki selesai.
  • Supaya dalam melakukan gerakan renang gaya bebas terus stabil, maka pengambilan nafas dilakukan setelah 2 atau 3 sheet dari gerakan tangan.

 

 

Manfaat Renang Gaya Bebas

Seperti yang telah kita tahu secara umum bahwa manfaat dari melakukan an-najah renang yaitu dapat membuat tubuh sehat dan lebih bugar. Selain itu terdapat pula manfaat yang dimiliki oleh renang gaya bebas bagi kesehatan dan bagi tubuh kamu jika dilakukan dengan baik dan benar. Berikut ini merupakan manfaat yang dimiliki oleh renang gaya bebas bagi kesehatan.

 

1. Melatih Kerja Otak

Melakukan renang dengan menggunakan teknik gaya bebas merupakan salah satu teknik yang paling cepat dibandingkan dengan teknik-teknik renang yang lainnya. Hal tersebutlah yang membuat renang gaya bebas disebut sebagai renang dengan menggunakan gaya yang dinamis dengan sinkronisasi seluruh Gerakan tubuh yang maksimal jika dilakukan secara benar dan tepat.

Sinkronisasi yang dilakukan antara gerakan anggota tubuh yang satu dengan anggota tubuh yang lainnya akan membuat daya kerja otak dan melatih kerja otak. Hal tersebutlah yang membuat renang gaya bebas dapat membantu kemampuan otak menjadi lebih terlatih.

Tidak seram teknik renang gaya bebas banyak dilakukan kan koleh anak-anak yang memiliki kelainan mental. Karena kinerja otak akan semakin meningkat dan bertambah saat melakukan teknik renang gaya bebas.

 

2. Menambah Tinggi Badan

Siapa yang tidak tahu bahwa manfaat terbesar dari melakukan kegiatan renang adalah dapat menambah tinggi badan. Dan hal tersebut memang tidak hanya omongan semata dari orang-orang namun benar adanya. Salah satu cara untuk menambah tinggi badan yaitu dengan melakukan teknik renang gaya bebas.

Gaya bebas menjadi teknik renang yang paling banyak diminati oleh beberapa orang karena dipercaya dapat mengefektifkan tingkat tinggi badan. Hal itu dikarenakan dalam melakukan teknik renang gaya bebas dibutuhkan gerakan yang cepat dan harmonis sehingga secara otomatis posisi tubuh akan tertarik ke depan dan ke belakang naik dan turun yang secara tidak langsung hal tersebut membantu menambah pertumbuhan tinggi badan.

 

3. Melatih Pernapasan

Semua jenis renang dibutuhkan pernapasan yang stabil saat akan melakukan peluncuran dan posisi tubuh berada di dalam air. Hal tersebutlah yang menuntut kita untuk mempunyai tingkat pernapasan yang tinggi agar dapat bertahan di dalam air. Dengan menggunakanteknik renang gaya bebas dapat menjadi salah satu cara untuk dapat melatih tingkat pernapasan kamu yang dilakukan secara rutin.

 

4. Pembentukan Postur Tubuh

Selain untuk menambah tinggi badan manfaat renang juga sangat baik bagi pembentukan postur tubuh. Renang dengan menggunakan teknik gaya bebas dapat membentuk postur tubuh yang lebih baik yang dapat menunjang penampilan kamu.

Hal tersebut karena melakukan renang gaya bebas dibutuhkan adanya gerakan yang dinamis supaya kerja otot dan gerakan seluruh tubuh khususnya yaitu otot perut, paha, bahu, lengan, kaki, betis akan bergerak secara terus-menerus sehingga akan memperbaiki pembentukan postur tubuh.

Baca Juga : Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

 

5. Melatih Daya Tahan Tubuh

Rutin melakukan gerakan renang gaya bebas tentu akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, Salah satunya yaitu dapat menjadikan atau melatih daya tahan tubuh semakin kuat. Tanpa adanya latihan anne-marie k daya tahan tubuh akan menjadi lemah dan mudah terserang penyakit serta mudah lelah untuk melakukan berbagai kegiatan.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan melakukan renang gaya bebas, karena na-eun saat melakukan renang posisi otot-otot tubuh diharuskan dinamis dan seimbang. Hal tersebut yang membuat secara tidak langsung melatih otot akan membuat daya tahan tubuh meningkat.

 

6. Melatih Kerja Otot

Untuk melakukan renang kerja otot dalam hal ini tidak bisa dihindarkan karena hampir seluruh tubuh saat melakukan renang gaya bebas digerakkan. Misalnya gerakan kaki, gerakan lengan, bahu yang menjadi unsur utama dalam melakukan renang gaya bebas. Maka otot-otot pada bagian tersebut akan dilatih untuk dapat bekerja sesuai apa yang diinginkan.

Dan apabila latihan gaya bebas secara rutin dilakukan hal tersebut akan melatih kerja otot supaya lebih baik. Jadi dengan rajin melakukan renang gaya bebas akan membuat otot menjadi lebih kuat dan tidak mudah untuk mengalami kram ataupun kejang.

 

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang penjelasan dari renang gaya bebas. Telah dijelaskan di atas dan banyak diketahui juga oleh kita bahwa manfaat melakukan renang sangat banyak dan dan tentu hal itu gimana tuh oleh banyak orang.

Akan tetapi untuk mendapatkan hasil dan manfaat yang baik, perlu dilakukannya latihan teknik-teknik dalam melakukan renang gaya bebas yang baik dan benar. Semoga apa yang dapat saya sampaikan bisa bermanfaat dan menambah dapat pula menambah wawasan.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.
Baca Lainya Tastynesia:
  1. Nasi Goreng Jawa
  2. Nasi Goreng Kampung
  3. Kastengel Keju
  4. Nastar Coklat
  5. Nastar Daun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *