Renang Gaya Dada: Pengertian, Sejarah, Manfaat, Teknik

By

Teknik Dasar Gaya Dada

Siapa diantara kalian yang tidak bisa berenang? Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa kita tidak bisa berenang. Salah satu jawaban yang paling akurat adalah teknik yang kita gunakan adalah salah.

Benar sekali, berenang merupakan sebuah olahraga yang tak semudah kelihatannya. Untuk dapat menjaga tubuh tetap terapung, ada berbagai macam teknik khusus yang biasanya digunakan.

Salah satu yang paling umum dan dipakai oleh banyak orang adalah gaya renang dada. Ini merupakan gaya yang cocok dipelajari terutama bagi para pemula. Karena gaya dada ini sesuai untuk kegiatan renang santai dan tidak terlalu memerlukan banyak tenaga.

Pengertian Renang Gaya Dada

Pengertian-Renang-Gaya-Dada

Teknik yang satu ini biasa juga disebut sebagai gaya katak, karena memang gerakan yang dilakukan mirip seperti seekor katak yang sedang berenang. Gaya dada merupakan salah satu teknik yang cocok dipelajari oleh para pemula.

Ia tergolong cukup mudah dipelajari oleh siapapun dibandingkan gaya renang yang lainnya. Selain itu, dalam gaya katak ini kita juga akan lebih mudah untuk mengatur pernapasan serta keseimbangan tubuh.

Baca Juga : Renang Gaya Bebas

Teknik Dasar Renang Gaya Dada

Untuk mempelajari tentang bagaimana cara melakukan gaya dada atau katak ini, setidaknya ada 4 hal dasar yang harus kalian ketahui. Meliputi tentang gerakan tangan, kaki, teknik meluncur dan juga pernapasan.

1. Teknik Meluncur

Teknik Meluncur Gaya Dada

Teknik renang daya dada akan dimulai dengan gerakan meluncur. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan terutama dalam sebuah perlombaan. Karena teknik meluncur yang baik akan memberikan keuntungan lebih dibandingkan peserta lainnya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketiga melakukan teknik meluncur antara lain :

  • Posisikan tubuh berdiri di tepi kolam renang, tempelkan satu kaki ke arah dinding.
  • Buat tubuh membungkuk sejajar dengan permukaan air, kemudian lakukan lompatan untuk memulai gerakan meluncur.
  • Dorong tubuh ke arah depan dengan posisi lurus sejauh mungkin.
  • Usahakan untuk menjaga keseimbangan tubuh, posisikan kaki, tangan dan tubuh lurus sejajar dengan permukaan air.

2. Teknik Gerakan Kaki

Teknik Gerakan Kaki Gaya Dada

Teknik gerakan kaki sangat berpengaruh terhadap laju dari renang gaya dada. Ia berfungsi untuk memberikan dorongan dari belakang agar tubuh mampu bergerak ke depan.

Kalian dapat melatih teknik gerakan kaki kalian dengan cara berikut ini :

  • Pertama, posisikan tubuh lurus sejajar dengan permukaan air.
  • Kemudian tekuk kedua kaki anda hingga tumit hampir menyentuh paha.
  • Lalu lakukan gerakan menendang sekuat mungkin sembari membuka ke arah yang berlawanan.
  • Gunakan telapak kaki untuk menghasilkan gaya dorong yang lebih maksimal.
  • Lalu tarik kembali kedua kaki berkumpul ke arah tengah, kemudian tekuk dan ulangi gerakannya.

3. Teknik Gerakan Tangan

Teknik Gerakan Tangan Gaya Dada

Dalam gaya katak, gerakan tangan juga memegang peranan yang sangat penting. Untuk dapat memberikan dorongan kepada tubuh, kita tak bisa hanya mengandalkan gerakan kaki saja.

Ayunan yang dihasilkan oleh tangan juga akan membantu memberikan dorongan kepada tubuh agar tetap meluncur. Selain itu, momentum gerakan tangan dan pengambilan napas juga harus tepat agar tidak menganggu satu sama lain.

Berikut ini beberapa tips dasar gerakan tangan dalam renang gaya dada :

  • Julurkan kedua tangan ke depan dan berkumpul di tengah, posisi kepada di dalam air.
  • Lalu tarik kedua tangan ke arah luar seperti menyapu air untuk memberikan gaya dorong kepada tubuh.
  • Tarik tangan dari arah depan ke luar, kemudian ke belakang dan julurkan ke depan lagi.
  • Saat melakukan tarikan tangan, ikuti dengan mengangkat kepada ke permukaan untuk mengambil napas.
  • Bayangkan untuk menggunakan kedua tangan kalian sebagai dayung dengan gerakan membuka dan menutup.

4. Teknik Pernapasan

Teknik Pernapasan Gaya Dada

Dalam renang gaya apapun, teknik pernapasan adalah hal yang sangat penting. Kita harus mampu mengatur ritme pengambilan serta pembuangan napas dengan baik saat melakukan olahraga renang.

Karena hal tersebut akan menjadi pasokan oksigen yang dibutuhkan bagi tubuh serta otot agar tetap rileks dan mampu bergerak sebaik mungkin. Berikut beberapa latihan untuk teknik pernapasan gaya dada :

  • Dalam renang gaya dada, proses pengambilan napas dilakukan bersamaan ketika kedua tangan mendayung.
  • Saat tangan menjulur ke depan lalu melakukan tarikan ke arah luar, angkat kepala kalian hingga diatas permukaan air.
  • Lalu lakukan pengambilan napas dengan menggunakan mulut.
  • Kemudian saat kedua tangan mulai menjulur ke depan lagi masukan kepala ke dalam air dan buang napas menggunakan hidung.
  • Saat kedua tangan melakukan gerakan mendayung ke arah luar, angkat kepala dan tarik napas menggunakan mulut.
  • Ulangi dan latihlah teknik pernapasan diatas agar kalian menjadi terbiasa.

Sejarah Renang Gaya Dada

Sejarah Berenang

Berenang merupakan salah satu bentuk olahraga yang paling tua di dunia. Bahkan ia sudah ada sejak masa prasejarah dimana manusia belum mengenal tulisan. Hal ini ditunjukan dengan berbagai gambar yang ditemukan pada dinding-dinding goa pada jaman batu.

Kemudian olahraga yang satu ini terus berkembang dan munculah berbagai macam gaya. Tahukah kalian bahwa gaya dada atau katak ini merupakan gaya renang pertama yang dikembangkan untuk sebuah pertandingan.

Matthew Webb adalah orang pertama yang menggunakannya pada tahun 1875. Saat itu ia memakainya untuk berenang melewati teluk Channel yang ada di Inggris. Hingga kemudian pada tahun 1930 ia dikembangkan dan terciptalah gaya kupu-kupu.

Baca Juga : Macam-Macam Gaya Renang

Manfaat Berenang

Manfaat Berenang

Berenang sendiri merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Selain itu, ia juga memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya :

1. Menguatkan Otot dan Tulang

Ketika berenang, hampir seluruh bagian tubuh kita akan bergerak. Hal tersebut sangat baik untuk melatih otot dan tulang serta membuatnya lebih kuat. Apalagi jika dilakukan secara rutin, maka akan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

2. Menyehatkan Jantung dan Paru-Paru

Ketika berenang, kita tidak hanya melatih bagian tubuh luar seperti tangan dan kaki. Namun juga organ-organ dalam seperti jantung dan paru-paru akan ikut terlatih.

Karena berenang membutuhkan teknik pernapasan yang baik sehingga akan melatih paru-paru kita. Selain itu, jantung juga akan semakin sehat dan memperlancar peredaran darah.

3. Menurunkan Berat Badan

Jika kalian sedang dalam proses diet, maka berenang bisa menjadi salah satu olahraga yang cocok. Karena kegiatan ini akan membuat seluruh tubuh bergerak sehingga kalori cepat terbakar. Dalam waktu 30 menit saja kalian sudah mampu membakar sekitar 200 hingga 300 kalori di dalam tubuh.

4. Meningkatkan Tinggi Badan

Pernah dengar bahwa berenang dapat membuat bertambah tinggi? Hal tersebut memang benar, olahraga yang satu ini mampu membantu pertumbuhan terutama pada anak-anak. Dimana mereka masih berada pada masa perkembangan.

5. Menghilangkan Stress

Berenang sambil bermain air memang sangat menyenangkan. Dan hal tersebut bisa menjadi salah satu obat dari stress serta beban pikiran yang kita alami. Bahkan berenang terlihat seperti olahraga yang sama sekali tidak membuat kelelahan. Justru yang timbul adalah kebahagiaan dan perasaan senang.

6. Membuat Awet Muda

Konon, salah satu cara agar awet muda adalah dengan tetap bahagia. Dan tentu saja berenang bisa menjadi salah satu solusinya. Karena ia mampu menyingkirkan berbagai macam pikiran yang bisa membuat kita stress. Selain itu juga akan menyehatkan tubuh dan membuatnya lebih terlatih.

7. Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Setiap orang pasti tidak ingin sakit, dan salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga. Namun faktanya masih banyak orang yang malas berolahraga dengan berbagai macam alasan.

Jika kalian salah satunya, maka bisa coba untuk mulai dengan hobi berenang. Karena ia termasuk kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Dengan begitu, selain mampu menghilangkan lelah juga akan membuat tubuh terus sehat dan terhindar dari resiko penyakit.

Demikian pembahasan tentang teknik-teknik dasar renang gaya dada. Tips-tips diatas bisa kalian coba khususnya bagi yang baru belajar cara berenang. Apabila ada kritik, saran atau pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah.


Danang Febriyandra Seorang yang suka dunia anime yang sangat akut, suka belajar hal baru.


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Nasi Tumpeng
  2. Opor Ayam Kuning
  3. Dalgona Coffee
  4. Tongseng Sapi
  5. Rawon Daging Sapi
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *