Review Text

Tentunya Kamu pernah mendengar apa itu review text. Dalam kehidupan sehari-hari kita tentunya sering menjumpai berbagai jenis film, buku, lagu atau hal hal lainya.

Di dalam bahasa Inggris terdapat salah satu jenis teks yang membahas atau akan mengulas tentang kajian dari film, buku, lagu dan hal lainya yang disebut dengan review text.

Bagi kamu yang belum paham dan mengerti apa itu yang dimaksud dengan review text. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan an-nur review text secara lengkap mulai dari pengertian, fungsi, tujuan, ciri-ciri, struktur, dan contoh review text.

  1. Pengertian Review Text
    1. Ciri - Ciri Review Text
    2. Fungsi Review Text
    3. Tujuan Review Text
  2. Generic Structure Review Text
    1. 1. Introduction (Pengenalan)
    2. 2. Evaluation
    3. 3. Interpretation
    4. 4. Summary (Kesimpulan)
  3. Cara Membuat Review Text
  4. Contoh Review Text

Pengertian Review Text

teks review

Sebagian orang punya pernah melihat mungkin bahkan pernah membuat teks. Pengertian dari review text sendiri adalah salah satu dari jenis teks bahasa Inggris yang bertujuan untuk dapat meninjau, mengkritik atau mengulas suatu karya ataupun kejadian yang ada di masyarakat, suatu karya yang dapat di ulas berupa film, buku, lagu, dan beda lainnya.

Tujuan dari dibuatnya review text itu untuk dapat mengetahui kualitas dari suatu karya baik itu yang berupa kelebihan ataupun kekurangan yang dimiliki oleh karya tersebut. Review text ditujukan kepada para pembaca ataupun pendengar khalayak ramai.

Baca Juga : Procedure Text

Ciri – Ciri Review Text

Pada review text terdapat ciri-ciri atau karakteristik khusus yang dimiliki oleh review text. pada kesempatan kali ini Indonesia akan memberikan ciri-ciri kebahasaan dari review text antara lain adalah sebagai berikut:

  • Review text menggunakan present tense
  • Bahasan yang ada di dalam review text harus fokus pada hal tertentu.
  • Menggunakan adjective atau kata sifat misalnya seperti bad, good, valuable, dan lain sebagainya.
  • Menggunakan klausa yang pangan dan juga kompleks atau long and complex clauses.

Fungsi Review Text

Fungsi dari sebuah review text yaitu untuk dapat memberikan penilaian terhadap suatu karya bagi para pembaca gar dapat mempunyai gambaran tentang suatu karya.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa fungsi dari review text yaitu untuk dapat memberikan informasi bagi para pembaca yang tertarik dengan suatu karya. Selain itu terdapat pula fungsi lain yang dimiliki oleh review text, sebagai berikut:

  • Review text secara umum berfungsi untuk dapat memberikan informasi tentang suatu karya dengan selengkap mungkin untuk diberikan kepada para pembaca.
  • Review text berfungsi untuk dapat memberikan komentar, kritikan atau evaluasi tentang suatu karya dengan menggunakan kemampuan bahasa yang kita miliki.
  • Review text juga dapat berfungsi untuk membantu kita untuk dapat menuliskan ide ataupun gagasan yang kita miliki mengenai suatu hal.

Tujuan Review Text

teks review

Selain fungsi yang dimiliki oleh review text, terdapat pula tujuan dari dibuatnya review text. Pada umumnya tujuan dari dibuatnya teks berbeda-beda namun intinya review text bertujuan untuk dapat memberikan informasi, gambaran umum serta gagasan mengenai suatu karya yang ada di masyarakat.

Review text memiliki jangkauan yang lebih luas, karena refleks tidak hanya menyangkut mengenai ulasan buku saja, akan tetapi juga termasuk ulasan mengenai film, ulasan tentang suatu lagu ataupun produk dan lain sebagainya.

Hal tersebutlah yang dapat dilihat dari banyaknya forum-forum yang menjelaskan mengenai review dari suatu produk atau karya dalam masyarakat.

Baca Juga : Contoh Procedure Text

Generic Structure Review Text

Di dalam setiap jenis teks bahasa Inggris bakso terdekat ciri-ciri atau karakteristik generik struktur yang berbeda antara satu dengan yang lainnya yang disesuaikan dengan tujuan komunikatif yang akan disampaikan kepada para pembaca.

Untuk generik struktur review text sendiri terdapat empat bagian yaitu introduction, evaluation, interpretation, dan summary. Keempat generic structure review text tersebut akan dijelaskan di bawah ini sebagai berikut:

1. Introduction (Pengenalan)

Sama halnya dengan jenis teks bahasa Inggris yang lainnya, bahwa struktur pertama yang ada di dalamnya adalah introduction atau pengenalan.

Bagian introduction terletak pada awal paragraf dari review text, yang berisikan mengenai pengenalan dari suatu karya atau pokok dengan gambaran umum suatu karya yang akan dievaluasi atau ditinjau.

Gambaran umum yang ada di dalam bagian introduction yang terletak di dalam review text dapat berupa nama, kegunaan dan bahasa dan lain sebagainya yang akan dibahas di dalam bagian ini.

2. Evaluation

Urutan pada generik struktur yang kedua dalam review text adalah evaluation. Pada bagian evaluation sebuah review text memberikan mengenai gambaran secara detail dari suatu karya atau suatu hal yang yang diulas atau di review.

Bagian evaluation berisikan mengenai keunikan yang dimiliki oleh suatu karya serta kualitas yang yang dihasilkan dari karya tersebut.

Janganlah terlalu detail dalam memberikan evaluasi pada review text, berikan saja hal-hal yang sekiranya penting dan dibutuhkan untuk para pembaca ketahui.

Di dalam paragraf bagian evaluation review text cukup menuliskan kata “baik” atau “tidak” karya atau sesuatu yang di review. Di dalam paragraf evaluation biasanya terdiri lebih dari satu evaluasi dari suatu karya. Di dalam evaluation dijelaskan mengenai suatu gambaran secara lebih mendetail dari suatu karya yang diulas.

3. Interpretation

Interpretation merupakan genetik struktur dalam teks yang ketiga. Pada bagian ini penulis review text mengulas suatu karya menurut pandangannya sendiri.

Dimana sebelumnya evaluasi telah dijelaskan dan selanjutnya adalah bagian interpretation yang berguna untuk dapat memperkuat pandangan dari si penulis mengenai suatu karya atau benda yang diulasnya.

Di dalam review text pada bagian interpretation penulis membandingkan karya atau benda yang diulas dengan karya lain yang mirip. Pada bagian ini penulis juga tentang nilai dari tiap tiap bagian dari karya yang di review.

Perbandingan yang dituliskan dalam interpretation ini berupa penilaian terhadap part mana yang sekiranya memiliki nilai lebih dan part mana yang kurang memiliki nilai.

Dengan kata lain pada bagian interpretation ini penulis menuliskan kelebihan ataupun kekurangan yang dimiliki dari suatu karya yang direview.

4. Summary (Kesimpulan)

Summary merupakan bagian terakhir pada generic structure dalam review text. Pada bagian summary ini penulis akan memberikan garis besar atau kesimpulan di bagian akhir dari review text kepada para pembaca terhadap suatu karya atau benda yang telah di ulas.

Setelah penulis memberikan kesimpulan dari suatu karya atau benda yang telah diulas atau di reviewnya, kemudian selanjutnya pada bagian ini pula penulis berikan komentar tentang karya atau benda yang telah diulasnya. Komentar yang diberikan dapat berupa pendapat menurut si penulis apakah karya tersebut bagus untuk di beli atau justru sebaliknya.

Baca Juga : Contoh Procedure Text

Cara Membuat Review Text

Terdapat beberapa cara atau tahapan yang perlu kamu perhatikan apabila kamu ingin membuat sebuah review text. Contohnya itu apabila kamu ingin membuat review buku tahapan perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut:

  • Ulaslah buku dengan menggunakan kalimat yang bisa mendeskripsikan isi dari buku yang kamu review.
  • Tulislah segala yang yang kamu sukai dari buku tersebut.
  • Tulislah juga hal-hal yang tidak kamu sukai dari buku tersebut.
  • Review buku merupakan ulasan tentang pendapat kita terhadap buku tersebut. Jadi menulis review haruslah dengan ringkas dan jelas berdasarkan pendapat yang kamu miliki. Kamu juga dapat menuliskan rekomendasi kepada para pembaca apakah baca harus membeli karya tersebut atau sebaliknya.
  • Kemudian apabila kamu ingin membuat review text kamu dapat memberikan rating terhadap buku yang telah kamu baca.

Apabila kamu ingin membuat review produk atau pilek pada umumnya hampir sama dengan review buku, hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan yaitu penyesuaian dengan berbagai kondisi saat membuat review atau film.

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat menulis sebuah review. Sebelum kamu membuat review text pastikan terlebih dahulu kamu mengetahui secara jelas atau benda yang ingin kamu review.

Apabila itu review produk maka kamu harus mencoba terlebih dahulu tersebut, apabila review film maka kamu harus terlebih dahulu menonton film tersebut, begitupun yang lainnya.

Saat kamu akan menulis review text, pastikan kamu menggunakan teknik menulis yang baik. Penulisan review teks yang baik akan membuat para pembaca menjadi semakin tertarik untuk membaca review yang kamu buat.

Dan sebaliknya apabila tulisan yang kamu buat kurang menarik dan tidak mudah dipahami, maka pembaca pun juga tidak tertarik dengan apa yang kamu review.

Selain itu pastikan juga kamu menulis teks yang sesuai dengan pengalaman yang kamu miliki. Akan tetapi, untuk review text film atau buku sebaiknya kamu menuliskan hal-hal penting saja namun tidak secara mendetail karena hal itu membuat spoiler bagi para pembaca. Pada akhir review text kamu dapat menambahkan hati sedih juga saran kepada para pembaca.

Baca Juga : Contoh Recount Text

Contoh Review Text

Setelah pembahasan tentang review text telah kita ketahui, kemudian selanjutnya adalah bagian contoh review text. Terdapat beberapa contoh review text yang pintarnesia berikan agar kamu dapat lebih memahami lebih dalam review text.

Contoh Review Text Film “Assalamu’alaikum Beijing”

Title                           : Assalamu’alaikum Beijing
Genre                        : Romantic-Religious

Playwritter               : Asma Nadia
Director                    : Guntur Soeharjanto
Cast                           : Ibnu Jamil, Revalina S. Temat, Morgan Oey, Laudya C. Bella, Desta, Cynthia Ramlan, Jajang C. Noer, Ollyne Apple, and many others.

I truly love all of the novels written by Asma Nadia. So when this novel, Assalamu’alaikum Beijing, is filmed , I can’t bear to watch for the movie in theater. Because it is a high quality movie. Having directed by Guntur Soeharjanto, the film emerged with the tagline “If you don’t find any love, let love find you”. In relation with the novel title, the film generally discusses about religion and love.

Therefore, it is considered as romantic religious genre. The film brings up the love story experienced by Asmara (Revalina) who was broken heart knowing that her fiance, Dewa(Ibn Jamil) had had an affair with her friend Anita (Cynthia Ramlan) just a day before the wedding took place.

At the same time, finally Asmara received a job in Beijing due to the help of Sekar (Laudya Cynthia Bella). On her way to Beijing Asma met Zhongwen (Morgan Oey). Shortly, Asma began to open her heart to Zhongwen but, before continuing their relationship, Asma was diagnosed to suffer APS, a syndrome that made her life in danger and could die at any time.

Itulah dia penjelasan secara menyeluruh tentang teks review, mulai dari pengertian teks review, fungsi teks review, tujun teks review, dan struktur teks review serta di akhir artikel terdapat contoh dari teks review. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian.

Originally posted 2020-08-15 16:35:21.